×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Band Punk yang Wajib Dinantikan di 2020

Posted on: 11/30/19 at 4:59 am

Tahun 2020 sudah semakin dekat. Ini artinya, dekade ini akan segera berakhir. Seiring kita memasuki era ’20-an generasi kita, jangan sedih dan lihatlah beberapa band punk penting yang patut dinantikan comeback-nya di 2020. 

Baca juga: 5 Band Fiksi Ini Terlalu Keren Untuk Dihiraukan!

Mungkin punk memang bukan musik yang didengarkan Jay Gatsby di era ’20-annya, tetapi hampir bisa dipastikan, ada banyak hal dari genre ini yang bisa kita nantikan dalam dekade mendatang.

1. Green Day

Daftar band punk penting yang wajib ditonton tahun depan ini tidak afdal tanpa Green Day. Dengan album baru mereka, Father Of All Motherfuckers, yang akan dirilis awal Februari dan Hella Mega Tour bersama Fall Out Boy dan Weezer yang dimulai bulan Juni, rasanya tidak sabar melihat apa yang bakal mereka suguhkan. Band punk ikonik ini terus mengeluarkan album karena mereka suka itu. Setelah masuk dalam Rock And Roll Hall Of Fame di 2015, band ini tidak menunjukkan tanda-tanda memperlambat laju mereka meskipun sudah mendekati usia 50-an.

2. NOFX

NOFX belum secara resmi meluncurkan album penuh sejak First Ditch Effort di 2016. Tapi dengan adanya konfirmasi dari Fat Mike kalau band ini sudah masuk studio, perilisan di 2020 tampak sangat memungkinkan. Semoga saja kita bisa menikmati lebih banyak konten dari NOFX: The Hepatitis Bathtub And Other Stories.

3. Alkaline Trio

Matt Skiba saat ini mungkin sibuk dengan blink-182, tapi Alkaline Trio telah beberapa kali membuktikan mereka mampu merilis album setiap dua atau tiga tahun sekali. Album terakhir mereka, Is This Thing Cursed? dari 2018, disebut-sebut sebagai salah satu album terbaik mereka. Hal itu berkat Dan Andriano, yang maksimal memanfaatkan bakatnya sebagai penyanyi dan penulis lagu. Dengan begitu, Skiba bisa sedikit lepas tangan untuk album-album mendatang mengingat jadwalnya yang padat.

Baca juga: 10 Band yang Ternyata Pernah Ganti Nama

4. Jawbreaker

Jawbreaker—band kecil yang bisa tapi mungkin lebih memilih untuk tidak—semakin rajin mengadakan tur sejak 2017. Namun ini tidak berarti apa-apa karena Blake Schwarzenbach sudah berusia 50-an, dan sampai saat ini masih belum ada omongan tentang album baru Jawbreaker. Dilihat dari penampilan apik mereka di Riot Fest dan The Fest, semoga saja 2020 menjadi tahun comeback mereka yang sesungguhnya.

5. Taking Back Sunday

Mungkin tidak banyak yang menganggap Taking Back Sunday sebagai band punk penting, tapi para rocker ini jelas membuktikan mereka mampu bertahan selama 20 tahun terakhir. Awal tahun ini mereka merilis kompilasi lagu-lagu terbaik sepanjang karier mereka, Twenty, tetapi mereka belum merilis album orisinal sejak Tidal Wave di 2016. Dengan Adam Lazzara dkk yang terus menyibukkan diri, sepertinya aman-aman saja kalau kita mengharapkan sesuatu dari band emo/post-hardcore andalan ini di 2020.

6. Elway

Meskipun namanya mungkin kurang begitu dikenal dalam daftar ini, band ini tidak boleh diabaikan. Elway meluncurkan For The Sake Of The Bit di 2018 dan sejak saat itu mereka telah menyatakan akan merilis lagu baru pada akhir tahun ini. Jadi untuk sekarang, kita bisa menantikan beberapa single dan satu LP di 2020.

7. Dangers

Dangers belum mengeluarkan album baru sejak The Bend In The Break di 2016. Bahkan, mereka tampaknya ‘menghilang’ secara musik kecuali untuk menggelar beberapa pertunjukan live, dan ini bisa sangat mungkin berarti band hardcore asal California ini sedang mempersiapkan album terbaik mereka hingga saat ini.

8. Paint It Black

Waktu legenda hardcore Kid Dynamite bubar, dua band pun terbentuk: Paint It Black dan None More Black. Paint It Black digawangi oleh gitaris dan penulis Kid Dynamite, Dan Yemin (Lifetime). Meskipun mereka sempat merilis EP di 2013, sudah lebih dari satu dekade sejak album terakhir mereka, New Lexicon, hadir menyapa. Sepertinya, 2020 akan menjadi waktu yang tepat bagi Paint It Black untuk kembali dengan album baru.

9. Joyce Manor

Dengan Million Dollars To Kill Me yang baru dirilis tahun lalu dan Joyce Manor yang rutin menerbitkan album sekitar beberapa tahun sekali, fans jelas bisa mengharapkan sesuatu di 2020. Muda dan penuh talenta, band ini pantas diberi perhatian setidaknya selama lima tahun ke depan.

10. The Menzingers

The Menzingers memang baru merilis album, Hello Exile, pada bulan Oktober, namun kuartet ini menunjukkan mereka lebih dari bersedia meluncurkan beberapa single dan rilisan spesial di antara perilisan album. Saat ini sedang menjalani tur promosi Hello Exile, tidak mengherankan kalau setidaknya di 2020 The Menzingers merilis album live atau berpisah dengan rekan tur mereka Tigers Jaw.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Playlist Hammersonic 2020 Hari Kedua.

Playlist Hammersonic 2020 Hari Kedua Yang Seharusnya Kita Tonton!

Yup, inilah playlist lanjutan dari playlist hari pertama Hammersonic Festival 2020 yang gagal terselenggarakan gara-gara "Vid-Covad-Covid-Paman-Dolid-Pakai

on Mar 28, 2020
Green Day

Green Day Batalkan Jadwal Tur Mereka Di Asia Akibat Virus Corona

Green Day (Foto: Pamela Littky). Band punk-rock asal California, Amerika Serikat (AS) Green Day telah membatalkan serangkaian konser pada jadwal tur mereka

on Feb 28, 2020

Green Day Raih No.1 Di Seluruh Chart Inggris Dengan Album ‘Father of...

Green Day. (Foto: Instagram.com/@greenday). Album terbaru dari trio punk rock asal Amerika Serikat, Green Day, yang berjudul Father Of All..., mencapai punc

on Feb 18, 2020
GREEN DAY

Green Day Telah Merilis Lagu Baru Berjudul ‘Oh Yeah!’ Beserta Vide...

Green Day di ajang American Music Awards 2019 (Foto: NME/GettyImages) Kita semua hanya berjarak beberapa minggu lagi dari perilisan album terbaru Green Day,

on Jan 17, 2020