×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Band yang Ternyata Pernah Ganti Nama

Posted on: 11/1/19 at 2:21 pm

Seymour? The Hype? On A Friday? The Rain? Siapa sih mereka?

Baca juga: 5 Band Fiksi Ini Terlalu Keren Untuk Dihiraukan!

Kamu mungkin tidak sadar kalau kamu sebenarnya punya album-album dari band-band di atas dalam koleksimu. Untuk lebih jelasnya, simak kembali masa-masa kebangkitan awal dari 10 band klasik berikut ini.

Blur – Seymour

10 Band yang Ternyata Pernah Ganti Nama-1
Dave Rowntree, Damon Albarn, Graham Coxon dan Alex James dari Blur, 1991. (Foto: Mick Hutson/Redferns/Getty Images)

Ketika Albarn, Coxon, James dan Rowntree pertama kali bertemu di tahun 1988, mereka menamai grup mereka dari judul koleksi novela J.D. Salinger, Raise High the Roof Beam, Carpenters and Seymour: An Introduction. Andy Ross—bos label Food Records—tidak suka dengan nama itu dan menyarankan mereka menggantinya. Menurutnya, nama “Blur” yang hanya memiliki satu suku kata sesuai untuk nama band shoegaze/noise pada waktu itu, seperti Ride, Lush, Curve dan Loop.

Bloc Party – Superheroes Of BMX

10 Band yang Ternyata Pernah Ganti Nama-2
Bloc Party di 2005. (Foto: PYMCA/UIG via Getty Images)

Russell Lissack dan Kele Okereke memutuskan untuk membentuk band mereka sendiri saat menghadiri Reading Festival di 1999 dan, dengan bantuan Gordon Moakes dan Matt Tong, tampil di bawah sejumlah nama gila termasuk Superheroes of BMX, The Angel Range, Diet dan Union. Mereka akhirnya bertahan dengan nama Bloc Party di 2003, tak lama sebelum perilisan single debut mereka “She’s Hearing Voices.”

Joy Division – Warsaw

10 Band yang Ternyata Pernah Ganti Nama-3
Joy Division tampil live pada Maret 1979. (Foto: Martin O’Neill/Redferns/Getty Images)

Band asal Manchester, yang digawangi vokalis legendaris Ian Curtis, hampir dinamai Stiff Kittens oleh pentolan Buzzcocks Pete Shelley. Band ini lebih suka dengan nama Warsaw, yang diambil dari lagu David Bowie di album Low berjudul “Warszawa” dan merekam EP pertama mereka yang sangat nge-punk dengan judul itu. Namun, nama ini membuat orang-orang keliru dengan band asal London, Warsaw Pakt, sehingga perubahan nama dirasa perlu dan jenis musik yang lebih anggun pun mengikuti.

Baca juga: Noah Rilis Album Baru dan Uki Resmi Cabut dari Band

U2 – The Hype

10 Band yang Ternyata Pernah Ganti Nama-4
Adam Clayton, the Edge, Bono, dan Larry Mullen Jr dari U2 di 1984. (Foto: Aaron Rapoport/Corbis/Getty Images)

Larry Mullen mendirikan band sekolah bernama Feedback di Mount Temple Comprehensive School Dublin pada tahun 1976. Di tahun berikutnya, mereka mengubah nama menjadi The Hype dan baru menjadi kuartet U2 yang kita kenal dan cinta saat kakak The Edge keluar dari band ini di 1978.

Radiohead – On A Friday

10 Band yang Ternyata Pernah Ganti Nama-5
Radiohead di 1995. (Foto: Bob Berg/Getty Images)

Band yang akhirnya dikenal sebagai Radiohead pertama kali mulai berlatih di sekolah mereka di Abingdon, Oxfordshire pada tahun 1985. Hari-hari latihan mereka menginspirasi nama band, dan dengan nama On A Friday mereka pertama kali menarik perhatian label EMI sekitar enam tahun kemudian. Ketika mereka meneken kontrak rekaman, pihak label pun meminta mereka mengganti nama; “Radio Head” adalah judul lagu dari album Talking Heads di 1986, True Stories.

Oasis – The Rain

10 Band yang Ternyata Pernah Ganti Nama-6
Oasis di 1994. (Foto: Michel Linssen/Redferns/Getty Images)

Oasis yang mengguncang dunia tahun ’90-an hingga awal ’00-an awalnya bermula sebagai band yang namanya berasal dari lagu sisi B The Beatles “Paperback Writer.” Vokalis Chris Hutton digantikan oleh Liam Gallagher, tetapi perubahan nama mereka baru dipertimbangkan saat Noel bergabung ke dalam band (lagipula, sudah ada juga band dari Liverpool yang bernama Rain). Menurut legenda, Oasis berasal dari pusat rekreasi di Swindon yang Noel kunjungi saat menjadi kru untuk Inspiral Carpets.

Baca juga: Salah Satu Pendiri Band Village People Tutup Usia!

Led Zeppelin – The New Yardbirds

10 Band yang Ternyata Pernah Ganti Nama-7
Led Zeppelin di 1968: John Bonham, Robert Plant, Jimmy Page, John Paul Jones. (Foto: Michael Ochs Archives/Getty Images)

Ketika Jimmy Page berusaha melanjutkan The Yardbirds—band R&B yang berbasis di London—dengan line-up baru di 1968, tampaknya wajar saja kalau nama “The New Yardbirds” dipilih untuk memanfaatkan ketenaran band sebelumnya. Namun, tawar-menawar kontrak membuat mereka mencari nama baru, dan saat Keith Moon (The Who) menyarankan agar band baru ini terjun “seperti kegagalan total”, inspirasi untuk nama Led Zeppelin pun muncul.

The Beatles – The Quarry Men

10 Band yang Ternyata Pernah Ganti Nama-8
The Beatles saat peluncuran Sgt Pepper pada Mei 1967. (Foto: John Downing/Getty Images)

Band terbesar dalam sejarah ini pertama kali dibentuk dengan nama yang diambil dari Quarry Bank School di Allerton, Liverpool—sekolah John Lennon dulu. Line-up mereka berubah sampai band ini akhirnya fokus di sekitar trio Lennon, McCartney dan Harrison. Mereka tampil dengan berbagai nama, termasuk Johnny And The Moondogs dan The Silver Beatles, sebelum menjadi hanya The Beatles di 1960, sebagai bentuk penghormatan kepada band Buddy Holly, The Crickets.

The Cure – Malice

10 Band yang Ternyata Pernah Ganti Nama-9
The Cure di Amsterdam, 1980. (Foto: Rob Verhorst/Redferns/Getty Images)

Awalnya bermula sebagai band sekolah bernama The Obelisk pada awal tahun ’70-an, Robert Smith pertama kali memulai karier musiknya dengan serius pada 1976 dengan nama Malice dan sering tampil di sekitaran area Crawley/Sussex. Ketika band ini bubar di tahun berikutnya, mereka dikenal sebagai Easy Cure seperti judul lagu dalam set mereka. Namun dengan lahirnya punk, Smith menginginkan nama yang lebih dinamis dan menghapus bagian pertama dari nama itu.

Coldplay – Starfish

10 Band yang Ternyata Pernah Ganti Nama-10
Coldplay pada tahun 2000: Guy Berryman, Will Champion, Chris Martin dan Jonny Buckland. (Foto: Mick Hutson/Redferns/Getty Images)

Chris Martin dan Jonny Buckland membentuk Pectoralz saat masih berkuliah di London pada tahun 1996. Dengan bergabungnya Guy Berryman di tahun berikutnya, grup ini menggelar pertunjukan di ibu kota dengan nama yang sama tidak menariknya, Starfish. Kemudian saat drumer Will Champion masuk, nama mereka diubah untuk terakhir kalinya menjadi Coldplay… dan ketenaran menyusul tidak lama setelahnya.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lars Urlich

Dramer Terbaik Sepanjang Masa, John Bonham Atau Neil Peart? Lars Ulric...

Lars Ulrich (Metallica). (Foto: Greg Chow/Shutterstock). Dramer Metallica, Lars Ulrich belum lama ini menjadi bintang tamu di program "The Howard Stern Show

on Sep 19, 2020
Noel Gallagher dan Corey Taylor

Anti-Masker, Noel Gallagher: Gue Nggak Peduli! Pro-Masker, Corey Taylo...

Noel Gallagher (Foto: Mitch Ikeda) / Corey Taylor (Foto: Scott Dudelson, Getty Images). Noel Gallagher memang terkenal blak-blakan dalam menyampaikan pendap

on Sep 16, 2020
Gorillaz

Rilis Single Baru Fitur Robert Smith (The Cure), Gorillaz Umumkan Albu...

Sepanjang tahun 2020, Gorillaz seperti bermain-main ke sana ke sini dengan seri audio-visual mereka yang bertajuk Song Machine, merilis lima single menawan

on Sep 10, 2020
Gorillaz

Di Episode 6 ‘Song Machine’, Lagu Gorillaz Bakal Fitur Robert Smit...

Gorillaz fitur Robert Smith (The Cure). Pernah terbayang nggak kalau kuartet kartun Gorillaz bakal menghadirkan karakter yang agak kontradiktif dengan merek

on Sep 8, 2020