×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Fakta Tentang A-Yeon, Dramer Metal Paling Cantik & Seksi Dari Korea Selatan

Posted on: 02/16/21 at 9:00 am

A-Yeon saat meng-cover ‘Toxicity’-nya System of a Down. (Foto: via YouTube).

Kancah musik di Negeri Ginseng sebenarnya enggak melulu K-pop. Basi lah kalau cuma tahu BTS atau BLACKPINK, karena sebenarnya banyak artis berbakat lainnya yang layak mendapat perhatian khusus.

Baca juga: 30 Album Hard Rock & Heavy Metal Paling Diantisipasi Di Tahun 2021

Mungkin sebagian dari kalian sudah mengenal A-Yeon melalui YouTube. Cewek cantik nan seksi berwajah oriental ini menjadi sorotan publik dunia maya sejak video-videonya sering dibagikan ke berbagai layanan jejaring sosial. Bagaimana enggak, dalam video A-Yeon selalu tampil super kece saat bermain dram meng-cover lagu-lagu rock dan heavy metal.

Selain memiliki skill di atas rata-rata, kecantikan A-Yeon bikin netizen “gregetan” yang membuat nama cewek ini melejit sebagai seorang bintang YouTube. Bahkan gelar “the hottest drummer” disematkan kepadanya oleh situs web media sosial beken 9gag. Yang jelas, lo bakal gagal fokus tiap lihat videonya, bingung fokus ke permainan dramnya atau orangnya.

Pemilik akun Instagram @ayeon3131 ini telah memiliki lebih dari 234 ribu followers dan 1,13 juta subscribers di kanal YouTube-nya.

Baca juga: Mau Dengar Musik Korea Selain K-Pop? Inilah 10 Rekomendasi Band Keren!

Berikut ini adalah 10 fakta tentang A-Yeon yang kami kumpulkan dari beberapa hasil wawancaranya dengan media manca negara.

1. Sejak Kecil Punya Impian Jadi Seorang Bintang

Hyojin Sung adalah nama asli cewek yang lahir di Daegu, Korea Selatan pada 4 Juni 1990. A-Yeon adalah nama panggungnya sejak doi mulai menggeluti dunia hiburan. Minat musik A-Yeon sudah ditempa sejak kecil dengan belajar bermain piano secara serius. Dari usia belia itu, doi juga sudah memiliki impian menjadi seorang bintang. Pada saat SMU doi ikut dance academy sebagai bagian dari kegiatan ekstra kurikulernya dan grup dance-nya pernah tampil di berbagai acara.

Cewek berbintang Gemini ini hijrah ke Seoul pada usia 19 tahun. Di kota besar ini, A-Yeon kuliah mengambil jurusan Fashion Marketing. Selama masa kuliahnya, doi juga mengasah keterampilannya bermain instrumen musik yang doi sukai. Saat itu doi belum terpikirkan dan terbayangkan akan bermain dram seperti sekarang.

2. Mantan Personel Band Pop Rock Korea Selatan

Ketika A-Yeon masih berstatus trainee, perusahaan agensi musik di Korea Selatan yang menaunginya, HMI Entertainment pengen membuat sebuah grup yang berbeda dengan perusahaan-perusahaan lain.

“Sempat mencoba dance dengan mengenakan topeng, akrobatik dan break dance, kemudian perusahaan ini mengetahui bahwa aku bisa bermain piano dan trainee member lainnya bisa bermain gitar, dan kami dikumpulkan menjadi sebuah band. Aku bermain kibord,” tutur A-Yeon mengenang.

Band ini dinamai Bebop dan mengusung genre rock. K-rock? Awalnya Bebob debut dengan 4 member cewek. Namun enggak lama setelah itu pemain bass dan dramnya mengundurkan diri, dan debut band ini ditarik mundur, dari situ A-Yeon mulai mencoba bermain dram. “Karena saat itu enggak ada cewek yang mau main dram di band, jadi aku menjadi sukarelawan. Aku mulai main dram sejak September 2013, saat usiaku masih 24 tahun,” cetus cewek yang memiliki tinggi 162 cm dan berat 44 kilogram ini.

Pada 14 Februari 2014, Bebop resmi debut dengan formasi trio yang terdiri dari Ju-Woo (gitar/vokal), Ji-In (bass/vokal), dan A-Yeon (dram/vokal) melalui rilisan mini album Between Calm and Passion. Meski berhasil meroketkan nama A-Yeon, eksistensi band ini hanya seumur jagung. Pada tahun 2016, Bebop resmi dibubarkan sejak Ju-Woo dan Ji-In hengkang dari HMI Entertainment.

3. Bebop Pernah Menuai Kritikan Di Asia’s Got Talent

Bersama Bebop, A-Yeon pernah tampil di salah satu ajang adu bakat paling prestisius, Asia’s Got Talent. Dewan juri pada saat itu termasuk Mel C (Spice Girls), Anggun, dan David Foster. Di episode pertama, Bebop membawakan lagu milik The Knack, ‘My Sharona’. Di akhir penampilannya, semua juri menyukai dan memutuskan Bebop lulus ke babak berikutnya, kecuali David Foster. Musisi legendaris ini mengkritisi Bebop sebagai band yang berada di persimpangan antara pop dan rock, yang doi bilang, Bebop enggak bisa berada di antaranya, harus menjadi salah satu. Dan akhir kata, doi bilang “NO”.

Di babak kedua, penampilan Bebop justru tidak lebih baik. Semua member dewan juri kali ini kompak mengkritisi Bebop dan menyarankan agar mereka “rebranding” band mereka menjadi pop, bukan rock. Bebop dinilai sangat bertalenta namun kurang layak menjadi band rock.

Mungkin kegagalan inilah salah satu “trigger” bubarnya Bebop. Usai komentar pedas dari para juri, presenter bertanya ke Bebop bagaimana menurut mereka sendiri penampilan malam itu, dan dijawab oleh A-Yeon sebagai perwakilan: “Kami sangat kecewa. Sejujurnya, aku sudah lama bermain piano, dan aku benar-benar ingin memainkan aransemenku sendiri, tetapi karena kami hanya dikasih waktu dua menit, kami harus memperpendek aransemennya”.

4. Pernah Menjadi Musisi Jalanan

Sejak Bebop bubar, A-Yeon tetap menekuni hobinya bermain dram. Bahkan hari demi hari dilaluinya dengan mempelajari teknik-teknik baru yang doi temukan dalam lagu-lagu yang doi cover. Dari Michael Jackson, Muse, Guns N’ Roses, Metallica, Slipknot, System Of A Down hingga Lamb Of God. Bahkan doi sering kali tampil sebagai street performer alias musisi jalanan. Enggak sedikit penonton yang merekam video aksi A-Yeon menabuh dram kemudian membagikannya ke media sosial dan viral.

A-Yeon mengungkapkan tentang awal orang-orang ‘menemukan’ dirinya sebagai dramer jalanan dalam wawancaranya dengan Close Up Culture, tahun 2018: “Aku enggak pernah membayangkan aku akan terkenal. Aku hanya ingin bekerja keras dan mungkin mendapat kesempatan tampil di depan orang-orang. Tetapi kemudian orang-orang mulai tertarik dengan pekerjaanku dan banyak orang mulai mengenaliku. Aku senang dan mencoba memberikan lebih banyak kesenangan”.

5. Seorang Metalhead Betulan Bukan “Kaleng-Kaleng”

Ketika ditanya seorang penggemar kenapa memilih musik heavy metal untuk content video main dramnya, A-Yeon secara tegas menjawab: “Simple, karena aku suka banget heavy metal. Genre favorit aku tentu saja heavy metal, tetapi aku juga suka lainnya, EDM termasuk K-pop. Awal aku suka heavy metal dimulai dengan Bon Jovi, Guns N’ Roses yang menurutku sangat seksi, dan Metallica yang benar-benar gila, sejak itu aku mulai mencari dan menemukan band-band rock favoritku, dan saya jatuh cinta dengan heavy metal”.

Jika dilihat dari daftar video “drum cover”-nya, lagu milik Avenged Sevenfold yang paling banyak. “Avenged Sevenfold adalah band favorit aku banget, semua personelnya keren banget, aku sudah meng-cover beberapa lagu mereka, mereka punya banyak lagu hits, masih banyak lagu mereka yang ingin aku cover, (selanjutnya) aku mau cover ‘Hail to the King’ dan ‘So Far Away’,” ungkap A-Yeon.

A-Yeon juga mengagumi banyak dramer musik cadas, terutama Travis Barker (Blink-182) yang menurut doi permainannya begitu powerful dan penuh presisi.

Inilah video terbaru yang doi upload ke YouTube, ‘Critical Acclaim’ dari Avenged Sevenfold.

6. Jadi YouTuber Karena Ingin Menyalurkan Hasrat Heavy Metal

A-Yeon mulai membuka akun YouTube sejak 13 Oktober 2015, dan sejauh ini telah meraih lebih dari 115 juta views. Setelah banyak cuplikan video ‘street performance’-nya beken melalui layanan jejaring sosial, doi mulai upload video kreasinya ke YouTube.

Selain itu ternyata doi punya alasan lain. “Aku enggak bisa main heavy metal waktu masih di band, tetapi sekarang dengan tampil solo aku bisa, jika aku lihat ke belakang, aku enggak bisa menampilkan video diriku jadi aku mulai menyimpan videoku sendiri, itu seperti “diary” heavy metal-ku, begitulah bagaimana aku mulai menjadi YouTuber”.

Inilah video pertama A-Yeon yang di-upload ke YouTube.

7. Pernah Kolaborasi Dengan Artis Global

Pada tahun 2015, saat masih tergabung dalam Bebop, A-Yeon pernah ambil bagian dalam sebuah proyek kolaborasi musik yang bernama GLOBAL ROCKSTAR UNITED. Para member-nya terdiri dari A-Yeon, Jhanniel dari Argentina, Christian Rabb dari Sweden, Syssi Mananga dari Kongo, Murray Yates dari Kanada, dan Katie Thompson dari New Zealand. Grup ini merilis sebuah single yang berjudul ‘To The Moon’, cek video klipnya, bray.

8. A-Yeon Adalah Seorang Penyanyi Solo & Model

Di samping bakatnya memainkan instrumen musik seperti piano dan dram, A-Yeon juga punya suara yang bagus. HMI Entertainment pun mendapuknya menjadi penyanyi solo bergenre pop sekaligus sebagai model. Pada 28 Juli 2018, HMI merilis album single berjudul Midsummer Night yang berisi foto-foto cantik nan seksi A-Yeon sebagai pendamping single ‘You&I’. Buat cowok, selamat melongo sampai ngeces melihat keindahan A-Yeon yang mengenakan bikini di sepanjang video kipnya ini.

9. A-Yeon Jago Nge-Dance

A-Yeon memang multi-talenta. Apa sih yang doi enggak bisa? Main piano, dram, nyanyi, terus di suatu wawancaranya doi juga pernah bilang, sedang belajar nge-DJ main turntable dan main gitar. Kapan-kapan mau doi tunjukkan katanya, nah loh. Satu lagi, salah satu hobi doi dari SMU, dance!

10. Namanya Lebih Besar Di Cina dan Artist Endorsee Brand Alat Musik Terkenal

Di sesi wawancaranya dengan Close Up Culture tahun 2018, A-Yeon menjawab pertanyaan mengenai ‘highlight’ selama kariernya di dunia hiburan dengan: “Dua tahun lalu, aku melakukan banyak aktivitas di Cina. Secara khusus, aku berada di program TV paling populer di China, Cheoncheonhyangsung, di mana aku melakukan wawancara dan bermain dram. Itu adalah suatu kehormatan dan aku dapat bertemu dengan penggemarku setelah siaran”.

Pada tahun 2016, A-Yeon melakukan tur sebanyak 30 pertunjukan dram di 10 kota besar di Cina. A-Yeon memiliki basis penggemar besar di Cina sejak salah satu video main dramnya viral ditonton hingga 100 juta views.

A-Yeon juga tercatat sebagai artis yang di-endorse oleh sederet brand instrumen musik terkenal, yakni Roland Drums, Pearl Drums, Paiste Cymbals, Techra Drumsticks, Westone, dan NUX Digital Piano.


Penulis & Editor: Dharma Samyayogi



Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Metallica the black album

    Metallica "The Black Album" Melonjak Kembali Ke 'Top Ten' Billboard 20...

    Metallica The Black Album (Gambar: via Metallica.com). Metallica "The Black Album" alias album self-titled nomor wahid rilisan tahun 1991 mereka melonjak ke

    on Sep 21, 2021
    John 5

    John 5 Rilis Single Baru Fitur Dave Mustaine Dari Album Solo Mendatang

    John 5 (Foto: Matt Wilson), Dave Mustaine (Foto: David Brendan Hall). John 5 baru saja mengumumkan album solo barunya, Sinner, yang jadwal rilisnya bertepat

    on Sep 19, 2021
    Gojira

    Gojira Dihormati Para Ilmuwan, Menamai Fosil Berdasarkan Anggota Band

    Foto: Gabrielle Duplantier. Gojira terkenal sebagai band yang selalu sadar lingkungan melalui pesan dalam karya-karyanya dan aksi nyatanya. Dan kini para il

    on Sep 18, 2021
    Nattmaran

    Nattmaran, Band NWOBHM Lintas Indonesia-Swedia-Jepang Rilis Album

    Formasi Nattmaran, gabungan personil antar 3 negara Berterimakasihlah kepada kemudahan yang dipersembahkan oleh teknologi kepada seluruh umat manusia. Setid

    on Sep 16, 2021