×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Group Kpop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!

Posted on: 09/13/19 at 1:00 pm

Dalam industri hiburan khususnya K-pop, tidak sedikit label/agensi yang ‘sangat terlibat’ dalam kehidupan artis mereka, bukan hanya dalam urusan pribadi tetapi juga dalam hal karya mereka, yang sering kali diproduksi dengan sedikit atau bahkan tanpa masukan dari sang artis sendiri. 

Baca Juga: Single Yang Bikin Grup K-POP Ini Populer!

Namun belakangan, kian marak tren di mana para idol mendapat lebih banyak kontrol atas musik mereka, mengambil alih proses kreatif pembuatan hits yang kita suka. Ada semakin banyak grup idol yang memproduksi musik mereka sendiri—tapi sebelum kita lihat siapa saja grup-grup itu, berikut penjelasan singkat tentang maksud di balik ‘memproduksi musik sendiri’:

Meskipun ada banyak idol yang menulis lirik atau membantu menulis melodi untuk beberapa lagu mereka, produksi musik tetap perlu melibatkan pihak lain karena untuk membuat satu lagu saja, ada serangkaian proses panjang yang harus dilewati. Di sinilah peran seorang Produser diperlukan. Mereka sering terlibat sejak awal dengan aransemen musiknya, memberikan tips saat para artis merekam bagian mereka, serta membantu mengedit dan mixing menjadi versi akhir yang mantap—bergulat dengan banyak bagian vokal, instrumental, dan irama.

Dibutuhkan banyak usaha dan keterampilan khusus, itulah sebabnya jarang ada grup idol yang hampir sepenuhnya mampu memproduksi musik sendiri. Tapi bagi group kpop yang mampu, pasti akan terasa perbedaan di materinya: ketika artis memegang kendali dalam proses kreatif di balik lagu-lagu mereka sendiri, musiknya menjadi cerminan yang intim dari perasaan, pengalaman, dan kepribadian mereka, yang menjadikan musiknya sangat relatable dan lebih spesial.

Penasaran group kpop mana saja yang memproduksi sendiri sebagian besar musik mereka? Yuk, lihat daftarnya berikut ini dan jangan lupa apresiasi talenta besar mereka!

PENTAGON

Pentagon

Bukan rahasia lagi kalau ketua Pentagon, Hui, adalah penulis lagu yang jenius, setelah pernah menulis untuk artis-artis seperti Shinhwa dan Wanna One. Dalam hal musik, Hui dan rekan-rekan segrupnya aktif sepenuhnya terlibat dalam proses kreatifnya. Hui dan E’Dawn menggarap produksi lagu hit grup “Shine,” sementara Kino berperan menghadirkan “Violet” dari tahun 2017. Namun, untuk menangkap karakter penuh grup, kalian harus cek “Round 2” yang super kocak, yang dikerjakan kesembilan personil bersama-sama. Tidak heran lagunya sangat konyol!

WINNER

Winner

Selain menulis sebagian besar lirik mereka, personil Winner memiliki peran aktif dalam produksi musik mereka sejak awal. Kang Seung Yoon, Song Mino, dan Lee Seung Hoon membantu memproduksi banyak lagu-lagu hit grup: Yoon dan Mino di “Everyday” serta “Really Really,” yang mana liriknya mereka sendiri yang tulis.

EXID

EXID

Wajar saja kalau kita tidak bisa lepas dari EXID sejak debut mereka tujuh tahun yang lalu. Grup ini punya produser andalannya sendiri yaitu LE, yang telah membantu membuat sebagian besar lagu-lagu EXID. LE pernah bekerja sama dengan produser ternama Shinsadong Tiger di hits dari “Up & Down” hingga “Me & You.” Intip juga lagu keren berikut yang ditulis dan ikut diproduseri LE.

GOT7

GOT7

Meskipun awalnya mereka bukan grup yang membuat musiknya sendiri, GOT7 mulai semakin mengambil kendali atas karya musik mereka sejak EP mereka di 2016 Flight Log: Departure, dengan ketujuh member menggarap banyak trek sisi B di album-album mereka berikutnya. Single mereka di 2017, “You Are,” ikut disusun dan ditulis oleh JB.

DAY6

Day6

Rekan selabel GOT7 di JYP, DAY6, juga aktif dalam proses kreatif di balik musik mereka, yang dirasa pantas untuk grup yang diperkuat oleh para instrumentalis dan vokalis berbakat! Young K, Jae, Sungjin, dan Wonpil mengambil bagian dalam produksi rilisan terbaru grup “Time of Our Life,” tetapi bahkan single debut DAY6 dari 2015 pun secara mengesankan disusun dan ditulis oleh seluruh member.

(G)I-DLE

Baca Juga: 5 Grup K-Pop Yang Lakukan Debutnya 10 Tahun Lalu!

(G)I-DLE

(G)I-DLE memang relatif baru di dunia K-pop, tetapi mereka sebagian besar memproduksi musik mereka sendiri, berkat bakat Soyeon sebagai penulis lagu dan produser. Soyeon ada di balik banyak lagu hit grup, tetapi dia tetap memuji personil lainnya karena menginspirasinya membuat lagu yang sesuai dengan bakat dan karakter unik mereka.

Personil lainnya dalam grup ini juga mulai menonjolkan keterampilan produksi mereka: EP kedua mereka diberi judul I Made karena semua member membantu membuat musiknya. Dengarkan single unik dari (G)I-DLE, “HANN,” yang ditulis dan ikut diproduseri Soyeon!

Stray Kids

Stray Kids

Tidak ada satu pun lagu Stray Kids yang tidak mengandung kontribusi personilnya, sebagian besar berkat unit produksi mereka, 3RACHA, yang terdiri dari Bang Chan, Changbin, dan Han (masing-masing dengan nama panggung CB97, SPEARB, dan J.ONE). 3RACHA telah berperan di hampir setiap trek Stray Kid, dari lagu pra-debut “Hellevator” sampai single terbaru mereka, “Side Effects.”

Beberapa lagu yang ketiganya tidak ikut andil menampilkan kredit personil Stray Kids lainnya di bagian produksi, dan lagu-lagu di mixtape mereka sepenuhnya ditulis dan diproduksi sendiri.

Block B

Block B

Zico terkenal karena bakatnya sebagai produser, dan dia tidak hanya pernah mengerjakan sebagian besar trek Block B sendiri, tetapi juga meminjamkan keterampilan produksinya untuk menciptakan lagu untuk acara TV seperti Show Me The Money dan Produce X 101. Tapi Zico tidak sendirian, karena personil lainnya, khususnya Park Kyung, juga pernah berpartisipasi dalam proses kreatif untuk banyak musik Block B. Meskipun Block B cenderung dikenal karena suara ala cowok tangguh yang khas, mereka ini serba bisa, lho! Salah satu lagu mereka yang lebih halus, “A Few Years Later,” ditulis oleh Zico dan Park Kyung, dan ikut diproduseri Zico:

BTS

BTS

Ada alasan mengapa musik BTS sukses merebut hati banyak orang di seluruh dunia, dan itu karena kamu bisa merasakan pengalaman pribadi, perjuangan, dan emosi para personil di setiap lagunya. Grup ini sudah menulis musik mereka sendiri sejak awal, dengan tanggung jawab yang semakin besar untuk produksi katalog musik mereka yang panjang, bersama dengan produser in-house Big Hit Entertainment, Pdogg, Slow Rabbit, dan Supreme Boi. RM, Suga, dan J-Hope mengantongi banyak kredit untuk lagu-lagu grup, seperti “Ddaeng” yang hype banget.

SEVENTEEN

SEVENTEEN

Mengakhiri daftar ini ada SEVENTEEN, grup yang pantas dijuluki “self-producing idols.” Woozi, bersama penyanyi/penulis lagu/produser Bumzu, terkenal bertanggung jawab untuk menulis dan memproduksi sebagian besar musik grup, dari “Very Nice” hingga “Clap.”

Woozi bahkan pernah memproduseri artis-artis lain seperti Ailee dan I.O.I! Tetapi dia hampir tidak pernah bekerja sendirian, dan personil SEVENTEEN lainnya sangat terlibat dalam proses kreatif, dari produksi sampai koreografi, dengan Hoshi secara khusus membantu menyusun beberapa tarian mereka yang luar biasa. Intip cara kerja Woozi saat proses rekaman di bawah ini:

Artikel asli ditulis oleh Haley Gordon untuk Soompi dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS

BTS Akan Siarkan Langsung Konser Seoul di Bioskop

Konser BTS pada 27 Oktober mendatang di Olympic Stadium Seoul akan disiarkan secara bersamaan di bioskop beberapa negara Asia dan AS. Baca juga: Semua Prest

on Oct 16, 2019
ITZY

ITZY Catatkan VM Kedua dengan 100 Juta Views!

Grup pendatang baru K-pop, ITZY, menorehkan prestasi yang patut diacungi jempol lewat video musik untuk single “ICY” yang diambil dari mini album perdana

on Oct 15, 2019
K-Pop

Inisiatif Pemerintah Korea yang Sukses Besarkan K-Pop

Kasarnya, jika krisis finansial di Asia tahun 1998 tidak terjadi, kita mungkin tidak akan dibuat ‘segila’ ini dengan genre asal Korea Selatan tersebut.

on Oct 15, 2019
BTS

Semua Prestasi Terbesar BTS Terangkum dalam #BTSPavedTheWay

Hari Minggu kemarin (13/10) ARMY turun ke Twitter untuk merayakan kesuksesan BTS lewat serangkaian cuitan bertagar #BTSPavedTheWay yang menyoroti semua pencap

on Oct 15, 2019