×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Lagu Cover Rock Terbaik Yang Dinyanyikan Oleh Miley Cyrus

Posted on: 11/12/20 at 12:30 pm

10 Lagu Cover Rock Terbaik Yang Dinyanyikan Oleh Miley Cyrus
Miley Cyrus saat tampil membawakan ‘Heart of Glass’-nya Blondie.

Di festival musik iHeart Radio 2019, Miley Cyrus memiliki beberapa kata mengejutkan tentang lagu hits terbesarnya. Setelah membawakan lagu ‘Can’t Stop’ dan ‘Slide Away’, doi meluangkan waktu sejenak untuk turun ke panggung dan menyamakan kedudukannya dengan penonton. “Lo tahu, gue menyanyikan lagu-lagu seperti ‘Can’t Stop’ tuh buat lo,” katanya sambil tersenyum. “Tapi kemudian, gue menyanyikan beberapa lagu untuk diri gue”. Doi kemudian meluncur balik ke panggung untuk membawakan lagu cover ‘Comfortably Numb’ milik Pink Floyd.

Baca juga: Album Baru Miley Cyrus, “Plastic Hearts” Berisi 13 Lagu Yang Penuh ‘Api’

Dari situ tersirat sebuah pesan yang jelas: Miley, seorang anak kesayangan seorang superstar country (Billy Ray Cyrus), yang dipersiapkan sejak usia muda untuk menjadi ratu pop yang sukses, namun kemudian doi berubah kecewa dengan musik-musik lamanya.

Hal itu pernah terjadi sebelumnya. Doi mencoba untuk meninggalkan masa-masa Hannah Montana-nya dengan album Can’t Be Tamed tahun 2010. Saat doi beralih dari citra baik-baiknya, beberapa tahun kemudian, doi mendapati dirinya diburu oleh para orang tua yang geram dan teguran-teguran dari media profesional, di mana orang-orang tampaknya terganggu karena memikirkan seorang remaja berusia 17 tahun yang berhubungan seks gara-gara konten lirik lagu-lagu di album tersebut. Sebagai tanggapan hal tersebut, doi memperkenalkan lebih banyak lagu oleh Joan Jett ke dalam setlist konsernya, menggunakan karya Joan Jett dan bandnya, The Runaways untuk membantu menyalurkan rasa frustrasi dan kemandiriannya.

Setelah tur yang penuh gejolak, doi mengambil cuti dan kembali berakting. Doi tampaknya menemukan kembali kesukaannya pada musik, membawakan lagu-lagu klasik di The Backyard Session 2012. Miley Cyrus bersinar nggak seperti sebelumnya, dan membawakan lagu ‘Jolene’ dan ‘Lilac Wine’ yang tetap menjadi salah satu penampilan terbaik dalam kariernya. Lagu cover ini adalah langkah penting dalam perjalanan Miley Cyrus untuk menemukan sound musiknya sendiri.

Doi bangkit kembali ke musik pop dengan album Bangerz pada 2013, dan sejak itu doi mencapai kesuksesan komersial terbesarnya hingga saat ini, dan doi sudah bekerja keras mengerjakan salah satu album paling hebat dari seorang superstar muda dalam sejarah musik modern ini.

Album Miley Cyrus and Her Dead Petz rilisan tahun 2015 adalah karya psychedelia pop yang aneh, dipengaruhi oleh hip-hop dan rock and roll, dan dibuat bekerja sama dengan The Flaming Lips. Ini sangat personal, sangat eksperimental. Bekerja dengan Wayne Coyne dan The Flaming Lips memiliki efek yang besar pada pendekatan Miley terhadap musik. Doi sempat bilang pada saat itu, “Pada rekaman terakhir gue, semua yang kami lakukan adalah dengan komputer. Tetapi mereka adalah musisi sejati, mereka dapat mengubah tuts kapan saja. Gue belum pernah melihat yang seperti ini. Mereka telah memberi gue dalam perjalanan ini pengaruh yang lebih besar dari apa pun yang pernah gue alami”.

Butuh beberapa tahun lagi untuk kembali ke dunia rock and roll, dan dalam setengah dekade berikutnya doi merilis EP Younger Now yang kurang dikenang orang dan EP She Is Coming yang menjanjikan tapi nggak seimbang. Suara vokalnya berubah, hasil dari lebih banyak pengalaman musikalnya, lebih banyak keterampilan, namun lebih banyak kekurangan, doi sempat operasi pita suara namun nggak menguntungkan, dan meski demikian, akhirnya doi menemukan ketenangan. Lagu-lagu cover-nya selama periode ini mulai berubah juga. Doi menjadi kurang setia pada lagu-lagu aslinya, doi seperti lebih bersedia untuk menata ulang furnitur sebuah lagu dan menamparnya dengan lapisan cat baru.

Sekarang, Miley Cyrus telah mencoba hampir semua hal. Doi berkeliaran lebih jauh dari kebanyakan rekan musisinya, dan, dalam prosesnya, doi berisiko mengalami kegagalan dan penghinaan pribadi. Dan baru di usia 27 tahun, doi menuai hasilnya.

Penyanyi enerjik itu muncul pada tahun 2020 ini tampil dengan Joan Jett dan single barunya, ‘Midnight Sky’. Miley Cyrus telah membawa kembali glam rock, dan doi melakukannya dengan baik. Tahun ini doi telah mempersembahkan dua pertunjukan hebat selama masa karantina: pertama, The Backyard Session untuk MTV Unplugged, kedua, #SOSFest. Kedua pertunjukan tersebut sangat menunjukkan standar rock and roll. Doi tahu doi pandai dalam hal-hal yang cadas. Dan doi sedang mengerjakan album spesial cover Metallica, serta doi mengatakan album barunya, Plastic Hearts, terinspirasi oleh Britney Spears dan Metallica.

Baca juga: Miley Cyrus Sedang Di Tengah Proses Rekaman Album Lagu Cover Metallica

Untuk merayakan kebangkitan jiwa rock and roll Miley Cyrus, CoS telah mengumpulkan daftar 10 lagu cover rock terbaiknya. Lagu-lagu berikut ini telah menjangkau seluruh kariernya, meskipun ada bias terhadap penampilannya di kemudian hari yang sudah matang. Yang pasti, penggemar mungkin senang mengikuti Miley Cyrus kemana pun doi memilih untuk berkeliaran dalam ranah musikalnya yang luas.

10. “Why’d You Only Call Me When You’re High?” (Arctic Monkeys Cover)

09. “Smells Like Teen Spirit” (Nirvana Cover)

08. “Just Breathe” (Pearl Jam Cover)

07. “Wish You Were Here” (Pink Floyd Cover)

06. “Nothing Else Matters” (Metallica Cover)

05. “Cherry Bomb” (Runaways Cover)

04. “Head like a Hole” (Nine Inch Nails Cover)

03. “Heart of Glass” (Blondie Cover)

02. “Wildflowers” (Tom Petty Cover)

01. “Zombie” (Cranberries Cover)

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Terbaik

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

Tahun 2020 memang penuh tragedi dan menyebalkan tentunya, terutama sejak dimulainya pandemi Covid-19 alias Kopad-Kopid Kagak Jelas ini, di mana seluruh sek

on Nov 23, 2020
Saturia

Terinspirasi Dari Mimpi, Saturia Lepas Single 'Lucid' Yang Lebih Melan...

Saturia. Bagi pembaca lama MataMata Musik, pasti belum lupa ingatan dengan Saturia, band rock asal Yogyakarta yang menjadi juara Turnamen 32 Lagu Rock Indon

on Nov 23, 2020
Miley Cyrus

Jelang Album Baru, Miley Cyrus Rilis Single Kedua, 'Prisoner' Fitur Du...

Miley Cyrus / Dua Lipa. Akhir bulan ini, Miley Cyrus akan merilis album barunya, Plastic Hearts. Hari ini, 20 November, popstar bad-ass ini merilis single k

on Nov 20, 2020
Tirant

Unit Rock Malang Tirant Berbagi Sudut Pandang Lewat Album Perdana “A...

Band rock kelahiran kota Malang, Tirant, berhasil merilis album perdana mereka pada 13 November 2020. Selama lebih dari setahun eksis di scene musik kota M

on Nov 17, 2020