×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Lagu Hip Hop Baru Yang Menguasai Chart Tahun 2020 Sejauh Ini

Posted on: 03/16/21 at 11:26 am

Meskipun tahun 2020 belum berakhir, sekarang tidak terlalu cepat juga untuk membahas 10 lagu hip hop terbaik selama tahun 2020. Banyak yang telah terjadi pada tahun 2020 sejauh ini di luar dunia musik karena Covid-19 dan kami sangat berterima kasih untuk tetap bisa dikarunia lagu-lagu rap baru yang keren untuk membantu kita melalui masa-masa sulit ini. Artis-artis rap ternama seperti Drake, Megan Thee Stallion, dan bahkan Eminem telah menduduki berbagai puncak tangga lagu sejauh ini pada tahun 2020. Dan juga khususnya selama tahun ini, banyak lagu yang popularitasnya telah dipengaruhi oleh aplikasi video TikTok dan banyak artis yang telah menggunakan tema karantina untuk mempromosikan lagu-lagu mereka. Kami berharap masa karantina dan social distancing tidak akan mencegah artis-artis luar biasa ini untuk merekam dan merilis lagu-lagu hit baru sepanjang sisa tahun 2020! Ok here you go…

Baca juga: 10 Riff Gitar Terbaik Sepanjang Masa Versi Slash (Guns N’ Roses)

1. ‘Savage’ oleh Megan Thee Stallion

Lagu hit Megan Thee Stallion ‘Savage’ dirilis pada 7 April 2020. Bagian lirik “classy, bougie, ratchet, sassy, moody, nasty” dengan cepat viral di internet – terutama pada aplikasi video TikTok. Gaya dansa Hip-Hop telah diciptakan untuk lagu itu dan jutaan pengguna merekam versi mereka sendiri. Versi aslinya memuncak di No. 4 di tangga lagu Billboard Hot 100 sementara versi remix yang menampilkan Beyoncé memuncak di No. 2 setelah dirilis pada 29 April 2020.

2. ‘Toosie Slide’ oleh Drake

‘Toosie Slide’ adalah lagu baru yang dirilis oleh Drake pada 3 April 2020. Sebuah video musik yang menampilkan Drake melakukan dansa khas “toosie slide” juga dirilis pada hari yang sama dengan melibatkan tema masa karantina, tema yang cukup umum dalam mayoritas musik baru hari ini. Pada tanggal 18 April 2020, lagu ini debut pada No. 1 di tangga lagu Billboard Hot 100 dan telah disertifikasi Silver di Inggris.

3. ‘Godzilla’ oleh Eminem ft. Juice WRLD

‘Godzilla’ dirilis sebagai single dari album baru sang rap god Eminem pada 31 Januari 2020. Album ini menampilkan sang emo rapper almarhum Juice WRLD, yang secara tragis meninggal pada bulan Desember karena overdosis narkoba. Juice WRLD dikenal karena lagu paling hit-nya ‘Lucid Dreams’ yang dirilis pada tahun 2018 dan telah disertifikasi Platinum sebanyak 6 kali. Eminem dikenal sebagai salah satu rapper freestyle terbaik dalam scene Hip-Hop ini. Video musik ‘Godzilla’ dirilis pada 4 Maret 2020, termasuk sebuah tribute kepada Juice WRLD di bagian akhir, dan sekarang memiliki lebih dari 147 juta views. Lagu ini juga debut di posisi No. 3 pada situs web Billboard Hot 100 dan telah mendapatkan sertifikasi Gold di Inggris.

4. ‘The Box’ oleh Roddy Ricch

‘The Box’ dirilis oleh Roddy Ricch pada 28 Februari 2020. Ini adalah single keempat dari album debutnya Please Excuse Me for Being Antisocial. Sama seperti ‘Savage’, lagu ini juga menjadi viral di TikTok dan telah digunakan dalam jutaan video di aplikasi tersebut. Lagu ini secara mengesankan bertahan pada posisi No. 1 tangga lagu Billboard Hot 100 selama 11 minggu dan sudah empat kali lipat disertifikasi Platinum di Amerika Serikat (AS).

5. ‘Life Is Good’ oleh Future ft. Drake

Sangat tidak mengejutkan bahwa kita melihat Drake lagi di daftar ini, namun kali ini bersama Future. Duet rap apik ini dirilis sebagai single dari album Future yang akan datang pada 10 Januari 2020. Lagu ini sempat berkompetisi dengan ‘The Box’ di peringkat tangga lagu Billboard, memulai debutnya di No. 2 dan menghabiskan 8 minggu di sana tanpa bisa melampaui Roddy Ricch. Namun, sama seperti ‘The Box’, lagu Future bersama Drake ini juga empat kali disertifikasi Platinum.

Baca juga: Vote Lagu Terbaik Kamu Dari Daftar 50 Lagu Pop Indonesia 2020!

6. ‘What’s Poppin’ oleh Jack Harlow

Jack Harlow merilis single ‘What’s Poppin’ melalui label Atlantic Records pada 21 Januari 2020. Video musik untuk lagu yang memiliki flow sederhana namun asik ini dirilis pada hari yang sama dan lagu tersebut juga sempat viral di TikTok, karena beberapa orang terkejut saat mengetahui bahwa rapper itu ternyata berkulit putih. Lagu itu memuncak di No. 35 pada tangga musik Billboard Hot 100.

7. ‘Sum 2 Prove’ oleh Lil Baby

‘Sum 2 Prove’ adalah single ketiga dari album terbaru dan tersukses Lil Baby, My Turn. Single ini dirilis pada 10 Januari 2020, dan video musik yang menyertainya dirilis pada 18 Februari 2020. Lagu ini memuncak di No. 16 pada tangga lagu Billboard Hot 100 dan telah disertifikasi sebagai Platinum dengan penjualan lebih dari satu juta kopi sehingga pasti termasuk dalam daftar lagu rap terbaik tahun 2020.

8. ‘B.I.T.C.H.’ oleh Megan Thee Stallion

Megan Thee Stallion benar-benar telah unjuk gigi selama tahun 2020! ‘B.I.T.C.H.’ sebenarnya dirilis sebelum ‘Savage’ pada 24 Januari 2020. Meskipun tidak sepopuler ‘Savage’, lagu tersebut adalah single utama dari EP Suga. Megan Thee Stallion sebenarnya memiliki beberapa masalah dengan merilis album rap terbaiknya saat dia terpaksa harus menegosiasikan ulang kontraknya dengan labelnya 1501 Certified Entertainment. Label itu tidak ingin dia merilis Suga tetapi rapper itu untungnya berani datang ke pengadilan dan meminta hakim untuk memihaknya dan mengizinkan pembebasan kontraknya. Video musik lagu ‘B.I.T.C.H.’ dirilis pada 6 Maret 2020, dan Megan Thee Stallion bahkan membawakan lagu itu di acara TV The Tonight Show Starring Jimmy Fallon saat lagu itu memuncak di No. 31 pada tangga lagu Billboard Hot 100.

9. ‘Find My Way’ oleh DaBaby

‘Find My Way’ dirilis sebagai single utama dari album ketiga DaBaby. Diproduksi oleh Interscope Records, lagu ini dirilis pada 1 April 2020, dan video musiknya dirilis pada hari yang sama. Lagu itu memuncak di No. 22 pada tangga lagu Billboard Hot 100.

10. ‘Say So’ oleh Doja Cat

‘Say So’ adalah single yang dirilis oleh Doja Cat pada 28 Januari 2020, setelah viral di TikTok. Awalnya bagian dari album keduanya, lagu itu menjadi viral ketika suatu koreografi terbuat untuk lagu itu dan menjadi sangat populer sehingga sebuah versi remix dibuat yang menampilkan Nicki Minaj dan dirilis pada 1 Mei 2020. Lagu ini jelas memiliki sedikit sound yang pop di dalamnya, dan meskipun masih cocok dengan musik hip hop, Rolling Stone menggambarkan lagu ini sebagai “retro” alias jadul. Orang-orang tampaknya menyukai sound yang retro, ketika lagu itu memuncak pada No. 1 di tangga lagu Billboard Hot 100 – yang pertama untuk Nicki Minaj dan Doja Cat, menjadikannya lagu kolaborasi antara artis wanita yang sangat sukses. Namun, kalian harus tetap menunggu kolaborasi yang lebih menakjubkan yang melibatkan Doja Cat di masa depan karena sepertinya rapper unik itu dan Ariana Grande akan segera merilis lagu bersama – 2020 akan segera menjadi jauh lebih baik berkat dua wanita ini!

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    DJ Khaled

    DJ Khaled Rilis Album Baru Fitur Jay-Z, Drake, Justin Bieber, Lil Wayn...

    DJ Khaled bersama kedua putranya, Asahd dan Aalam. (Foto: via Twitter). DJ Khaled hadir kembali menggelindingkan karya terbaru yang dikemas dalam album deng

    on Apr 30, 2021
    Doja Cat

    Doja Cat Dicekal Gegara Iklan Fesyen Vulgar Setelah Rilis 'Kiss Me Mor...

    Doja Cat. (Foto: PrettyLittleThing). Video iklan PrettyLittleThing yang menampilkan Doja Cat dilaporkan telah kena cekal karena penyanyi ini dianggap "terla

    on Apr 24, 2021
    Polo G

    Polo G, Raja Rap Baru Yang Kuasai Billboard Hot 100 Via 'Rapstar'

    Polo G. (Foto: Daniel Prakopcyk). Polo G sedang ramai diperbincangkan. Rapper muda ini debut di peringkat 1 tangga lagu tertinggi Billboard Hot 100 lewat la

    on Apr 23, 2021
    Shock G

    Shock G, Rapper Legendaris Mentor Tupac Shakur Meninggal Dunia

    Shock G (Foto: Earl Gibson III/Getty Images). Shock G, pendiri dan vokalis dari grup hip-hop legendaris Digital Underground meninggal dunia di usia 57 tahun

    on Apr 23, 2021