×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Lagu Tentang Social Distancing Yang Mewakili Perasaanmu Selama PSBB

Posted on: 04/22/20 at 1:00 pm

Suasana sunyi Terminal Blok M, Jakarta Selatan saat diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). (Foto: Liputan6).

Pandemi virus Corona memaksa kita semua mengasingkan atau mengkarantina diri di rumah sebagai bentuk social distancing alias pembatasan/penjaga-jarakan sosial.

Semakin sedikit waktu yang dihabiskan di depan umum, semakin sedikit kesempatan untuk menyebarkan virus, dan semakin baik kemungkinan memperlambat penyebaran “virus vid-covad-covid-vler-kejevid”.

Lebih banyaknya waktu kita di rumah, selain diisi dengan aktivitas belajar atau bekerja, tentunya kita memerlukan sarana hiburan yang tepat.

MMM telah mengumpulkan 10 lagu tentang social distancing untuk menemani masa swakarantina kamu. Apakah para musisi pelantun 10 lagu ini mengikuti nasihat para ahli kesehatan dan pemerintah, tentu saja tidak, karena liriknya bukan konteks Covid-19, tapi paling tidak, tema lagu-lagu berikut ini mencerminkan dan mewakili perasaanmu saat mengisolasi diri.

Baca juga: Di Masa ‘Social Distancing’, Endank Soekamti Luncurkan Album ‘Air’ Secara Virtual

Mungkin ada lebih banyak lagu lainnya yang beresonansi dengan momen teraneh dalam sejarah kehidupan manusia ini. Yang pasti kami berharap semoga lagu-lagu ini bisa sedikit menghibur kamu di masa-masa yang serba sulit ini agar tetap semangat! Jangan lupa selalu cuci tangan, tetap aman dengan di rumah saja supaya tetap sehat! Enjoy!

10. The Police ‘Don’t Stand So Close to Me’

Dalam upaya untuk menghentikan penyebaran virus Corona, para pakar kesehatan merekomendasikan orang-orang untuk menjaga jarak pribadi sejauh enam kaki ketika berada di area publik. The Police dengan lagu ‘Don’t Stand So Close to Me’ berfungsi sebagai pengingat yang sempurna untuk menjaga jarak sejauh itu. Dirilis pada tahun 1980 sebagai single utama dari album ketiga mereka, Zenyatta Mondatta, lagu tersebut mencapai No. 1 di Inggris dan memuncak pada No. 10 di Amerika Serikat (AS). Band ini juga memenangkan Grammy Award untuk lagu ini, yang sejak itu menjadi salah satu dari lagu-lagu klasik yang paling beken.

Dan belum lama ini, pentolan The Police, Sting bersama Jimmy and The Roots membawakan lagu The Police ini saat konser virtual yang terhubung dari rumah masing-masing dan disiarkan melalui kanal YouTube The Tonight Show Starring Jimmy Fallon sejak 10 April lalu. Lagu ini memang dipersembahkan untuk semua orang yang ada di rumah saja, cek deh, bray.

9. Joy Division ‘Isolation’

Selama swakarantina, banyak orang yang mengisolasi diri. Kalau ‘Isolation’ dari Joy Division ini akan lebih bermakna saat menemanimu. Diambil dari album terakhir band post-punk legendaris ini, Closer (1980).

8. Hall & Oates ‘Out Of Touch’

Semakin tidak menyentuh, semakin baik. Itu adalah refrain yang terus kita dengar dari para pakar kesehatan. Tetap tak tersentuh alias ‘Out of Touch’, lagu milik duo synth pop Hall & Oates yang nge-hit No. 1 di Billboard Hot 100, single pertama dari album studio ke-12 mereka Big Bam Boom (1984). Seperti lagu Tom Petty ‘Don’t Come Around Here No More’, lagu ini meraih eksposur di MTV. Kedua video musik lagu tersebut digarap oleh sutradara yang sama, yaitu Jeff Stein.

7. Tom Petty and the Heartbreakers ‘Don’t Come Around Here No More’

Saat berlatih menjaga jarak sosial, meskipun sulit, penting untuk memberi tahu orang-orang agar tidak kumpul-kumpul atau bebas berkeliaran. Kisah di balik lagu hit Tom Petty ini juga ada kaitannya dengan larangan untuk datang atau pergi. Dave Stewart dari Eurythmics menulis lagu setelah kencan semalam dengan Stevie Nicks. Penulis lagu Fleetwood Mac itu baru saja putus dengan gitaris Eagles, Joe Walsh dan ingin merayakan kebebasannya dengan berpesta bersama Dave Stewart di rumahnya di Los Angeles. Ketika Joe Walsh mampir untuk melihat mantan pacarnya, dia mengatakan kepadanya, “Jangan datang ke sini lagi”. Lagu ini kemudian diberikan kepada Tom Petty, yang mengubahnya menjadi hit pada tahun 1985. Video musik lagu ini juga mendapat “heavy rotation” di MTV, menjadi salah satu video klip paling populer di era itu.

6. Heart ‘Alone’

Lagu power ballad klasik milik band hard rock legendaris dengan semua personil cewek, Heart ini mudah-mudahan akan bikin kamu nyaman ketika kita membatasi interaksi kita dengan orang lain dan lebih banyak menghabiskan waktu sendirian.

Baca juga: 10 Film Dokumenter Musik Revolusioner Yang Oke Ditonton Selama Social Distancing

Lagu ini sudah ada selama lebih dari empat tahun sebelum menjadi ngetop. Orisinilnya lagu ini diciptakan oleh Billy Steinberg dan Tom Kelly dengan bandnya, i-Ten pada 1983, kemudian direkam dan dinyanyikan oleh aktor John Stamos dan para pemeran sitkom TV, Dreams pada 1984. Pada tahun 1987, Heart akhirnya berhasil merekam ulang lagu ini di album Bad Animals dan menjadikannya hit di tangga lagu teratas secara global.

5. Whitesnake ‘Here I Go Again’

Kalau ada lagu yang cocok untuk berpesta sambil mengisolasi diri, ini dia lagunya. Lagu hit milik band hard rock legendaris asal Inggris, Whitesnake rilisan 1987 yang merupakan salah satu lagu yang paling dikenal di zamannya. Sampai sekarang lagu ini pun masih sering diputar dan dimainkan secara live. Belum lama, awal Maret lalu, Whitesnake menggetarkan panggung JogjaROCKarta Festival 2020 membawakan lagu ini. Liriknya memang tentang seorang penyendiri: “Here I go again on my own / Goin’ down the only road I’ve ever known / Like a drifter, I was born to walk alone”.

4. Anthrax ‘Antisocial’

Dengan ditutupnya semua tempat keramaian seperti mall, bar, restoran, dan tempat hiburan karena virus Corona, wajar untuk mengatakan bahwa populasi akan menjadi “antisosial” (setidaknya untuk sementara). Meskipun itu hal yang buruk bagi masyarakat sekarang. Untungnya, sekarang kita masih ada koneksi internet. Meskipun kita tidak bisa bertemu langsung, kita masih bisa berkomunikasi jarak jauh.

Lagu hit Anthrax dari album State of Euphoria (1988) ini memang anthemic. Lagu ini aslinya milik band punk rock Perancis, Trust, dengan lirik berbahasa Perancis pula. Berkat kepiawaian band thrash metal kelahiran New York City ini yang mengubah lagu ‘Antisocial’ menjadi jauh lebih keren dan berlirik bahasa Inggris, album State of Euphoria terjual lebih dari 500.000 kopi di AS saja.

3. Motley Crue ‘Don’t Go Away Mad (Just Go Away)’

Jarak sosial membutuhkan disiplin. Jika teman dan anggota keluarga ingin datang, kamu harus melarang mereka untuk pergi demi kebaikan mereka sendiri dan juga kamu sendiri. Motley Crue menyerang nada yang sama di single dari album Dr. Feelgood (1990) ini, liriknya fokus kepada pasangan yang putus cinta yang harus tetap terpisah demi kedua belah pihak. Lagu ini menjadi salah satu penggenjot penjualan album bersertifikat Platinum enam kali ini, yang tetap menjadi album paling sukses dalam karier band hard rock/heavy metal paling brengsek ini.

2. Nirvana ‘Stay Away’

Dari vokal penuh kegelisahan Kurt Cobain hingga gebukan dram Dave Grohl yang bersemangat, lagu ini diambil dari album Nirvana, Nevermind (1991) yang legendaris dan menjadi salah satu album esensial dan paling ikonik dalam sejarah musik dunia. Aliran nada dan alur musiknya sangat cocok untuk siapa pun yang mencoba untuk tetap terisolasi sekaligus menjadi “gila-gilaan” menghilangkan suntuk selama swakarantina.

1. Iron Maiden ‘Virus’

Lagu ini bisa mewakili ungkapan kekecewaan dan kegeraman kamu terhadap virus Corona yang telah menyusahkan hidup semua orang secara global, bahkan telah memakan korban jiwa, naiknya angka mortus. Dirilis pada 1996, lagu Iron Maiden ini adalah satu-satunya single dari album kompilasi karier terbaik band heavy metal legendaris asal Inggris ini, Best of the Beast.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Iron Maiden

    Kepala Sekolah Fans Iron Maiden Dituntut Via Petisi Orang Tua Murid

    Vokalis Iron Maiden, Bruce Dickinson (foto: Kevin RC Wilson), KepSek Sharon Burns (foto: via Change.org). Iron Maiden dan penggemarnya belum lama ini menjad

    on Oct 10, 2021
    Dave Grohl

    Dave Grohl Merespons Gugatan Model Bayi Sampul Nirvana "Nevermind"

    Nirvana Nevermind (Foto: dok. DGC Records) / Dave Grohl (Foto: Amy Harris). Dave Grohl telah bereaksi terhadap gugatan yang diajukan terhadap Nirvana oleh S

    on Oct 5, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    Nirvana

    Nirvana "Nevermind" 30th Anniversary Deluxe Edition Siap Diluncurkan

    Sampul Album Nevermind 30th Deluxe Edition. Pada 24 September, beberapa hari lalu bertepatan dengan peringatan 30 tahun momentum dirilisnya album Nevermind

    on Sep 27, 2021