×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Momen Yang Anda Wajib Nantikan Pada Grammy Awards 2020

Posted on: 01/26/20 at 11:00 am

ALICIA KEYS GRAMMY AWARDS 2019
Alicia Keys di panggung saat Grammy Awards ke-61 di Staples Center, 10 Februari 2019 di Los Angeles (Foto: Jeff Kravitz/FilmMagic)

Setiap tahun Grammy Awards diadakan, tidak ada yang tahu momen mana yang akan menjadi topik hangat pada hari berikutnya. Semua juga tidak menduga bahwa seremoni tahun 2019 lalu telah menyajikan para pemirsa dengan berbagai penampilan yang menonjol, pidato penerimaan yang menyentuh hati, dan kemenangan tidak terduga dalam kategori rap dan kategori empat besar, tetapi juga sindiran panas yang dilemparkan ke arah Recording Academy oleh dua nama terbesar dalam industri musik.

Dilansir dari Billboard, mereka menulis: sementara kami memang bukan paranormal, ada beberapa hal yang kami nantikan untuk dibahas pada hari Senin, 27 Januari, setelah semua emas Grammy telah didistribusikan pada seremoni tahunan mereka yang ke-62. Berikut adalah beberapa penampilan, kemenangan yang akan membuat sejarah, dan percakapan yang kami harap dapat kami saksikan.

1. Kemenangan berpotensial bersejarah dalam kategori Best New Artist

Kategori Best New Artist tahun ini adalah salah satu yang paling kompetitif dalam beberapa tahun belakangan ini, karena raksasa pop 2019, Lizzo, Billie Eilish dan Lil Nas X siap untuk meraih penghargaan. Jika Eilish yang berusia 18 tahun dinobatkan sebagai pemenang, ia akan menjadi pemenang artis baru termuda sejak LeAnn Rimes memenangkan penghargaan itu di tahun 1997 pada usia 14 tahun. Lizzo bisa menjadi artis solo wanita kulit hitam pertama yang memenangkan penghargaan ini sejak 2011, saat Esperanza Spalding memenangkannya, dan juga menjadi rapper wanita kulit hitam pertama yang memenangkannya sejak tahun 1999 (Lauryn Hill). Jika Rosalía menang, dia akan menjadi musisi berbahasa Spanyol pertama yang memiliki gelar artis baru terbaik dari Grammy.

2. Tribute untuk Nipsey Hussle

Menurut Recording Academy, kehidupan dan karir rapper dan aktivis asal Los Angeles, Nipsey Hussle, yang terbunuh secara tragis pada 2019, akan dihormati di atas panggung saat acara seremoni tersebut. DJ Khaled, John Legend, Meek Mill, Roddy Ricch, Kirk Franklin, dan YG dijadwalkan akan tampil di panggung selama penghormatannya. Hussle memiliki tiga nominasi anumerta tahun ini: Best Rap Song dan Best Rap Performance (untuk lagu ‘Racks In The Middle’ yang menampilkan Roddy Rich dan Hit-Boy), dan Best Rap/Sung Performance (atas kinerjanya dalam lagu karya DJ Khaled, ‘Higher’ bersama John Legend).

3. Tugas hosting kedua Alicia Keys secara berturut-turut

Tahun lalu dalam tugas pertamanya sebagai pembawa acara, Alicia Keys – yang baru-baru ini mengumumkan album terbarunya yang akan datang – berhasil menarik semua perhatian. Tidak hanya dia memainkan dua piano sekaligus dengan sangat mudah, dia juga membawa Lady Gaga, Jada Pinkett Smith, Jennifer Lopez dan mantan Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama untuk membahas kekuatan musik, dalam sebuah momen solidaritas wanita (di tengah ucapan apresiasi tunarungu yang dibuat tahun sebelumnya oleh mantan presiden Recording Academy, Neil Portnow). Kami ingin sekali lagi melihat apa yang akan dilakukan Keys kali ini, topik sosial, budaya (atau industri) apakah yang akan ia tekankan pada seremoni ini, dan siapa yang akan dapat mampir ke Staples Center pada Minggu malam mendatang.

4. Penampilan dari Aerosmith dan Run-DMC

Tahun ini, Grammy akan menjadi tempat untuk reuni band rock klasik Aerosmith dan legenda hip-hop Run-DMC. Mereka akan berkolaborasi pada ulangan mengesankan dari lagu ‘Walk This Way’ pada tahun 1986. Aerosmith, yang akan merayakan 50 tahun perjalanan mereka di industri musik tahun ini, akan dihormati dengan penghargaan MusiCares Person of the Year dari Recording Academy akhir pekan ini, yang akan memperingati prestasi, dedikasi dan upaya filantropis mereka.

5. Kembalinya Demi Lovato

Kemunculan kembali Demi Lovato yang sangat dinanti-nantikan akan terjadi pada Minggu malam itu, di mana ia akan hadir diatas panggung Grammy untuk pertama kalinya sejak 2017. Penduduk asli Texas ini, yang menderita bantuan darurat medis perihal situasi narkoba pada 2018 lalu, juga akan menyanyikan lagu kebangsaan nasional Amerika di Super Bowl LIV di Miami, Florida, seminggu setelah penampilan Grammy yang didambakannya. Lagu barunya, ‘Anyone’, yang ditulis dan direkam sesaat sebelum overdosisnya yang hampir fatal, dilaporkan akan dirilis setelah ia menyanyikannya secara live pada seremoni Minggu ini.

6. Kemungkinan Tanya Tucker memenangkan Grammy pertamanya

Legenda country yang berusia 61 tahun ini berpotensi memenangkan empat penghargaan tahun ini: Best Country Song, Best Country Solo Performance dan Song of The Year untuk lagu ‘Bring My Flowers Now’, serta Best Country Album untuk While I’m Livin’. Jika dia berhasil, dia akan memperoleh Grammy pertamanya. Nominasi pertamanya datang pada tahun 1973, ketika dia bahkan belum berusia 15 tahun. Sejak itu, dia sudah dinominasikan sebanyak 13 kali.

7. Penampilan inovatif oleh para pemula Grammy

Recording Academy telah mengumumkan bahwa Tyler, the Creator, Billie Eilish, Lizzo dan Rosalía sedang bersiap-siap untuk tampil di panggung selama seremoni itu. Keempat artis, yang akan mengadakan penampilan Grammy pertama mereka pada hari Minggu, dikenal atas gaya artistik ‘out-of-the-box’ mereka; Eilish pernah tampil di dalam ruang berputar di SNL, sementara Lizzo dan Rosalía sering membawa koreografi beroktan tinggi ke dalam set mereka. Sedangkan untuk sang musisi IGOR, kami datang untuk mengharapkan yang tak terduga, dan tidak ada keraguan, apa pun yang akan dilakukan keempat artis ini pasti akan membuat semua orang membicarakan mereka pada hari berikutnya.

8. Penampilan debut di Grammy bagi BTS

Sementara banyak media dan penggemar yang berspekulasi tentang berita tersebut, sudah dikonfirmasi bahwa BTS akan menemani Lil Nas X, Billy Ray Cyrus, Diplo dan Mason Ramsey di panggung Grammy, dalam yang sepertinya akan menjadi penampilan super besar untuk ‘Old Town Road’, yang menampilkan anggota all-star dari berbagai macam versi remix berprofil tinggi. Superstar K-pop itu baru-baru ini mengumumkan album baru mereka, Map of the Soul: 7, yang akan dirilis pada bulan Februari, dan mereka bersiap-siap untuk melakukan tur dunia untuk menemani proyek tersebut.

9. Obrolan dan komentar tentang drama Recording Academy

Sebuah keluhan tajam yang diajukan baru-baru ini oleh presiden/CEO Recording Academy, Deborah Dugan (yang baru-baru ini dipecat), dengan tuduhan adanya pelecehan seksual, diskriminasi rasial dan berbasis gender di dalam Academy menjadi topik panas awal pekan ini. Sementara para anggota Academy menyangkal kesalahan dan membantah klaim Dugan, itu pasti menempatkan Grammy Awards tahun ini dalam eksposur yang menarik. Kami tertarik untuk melihat apakah ada komentar halus (mudah-mudahan berkelas) yang akan diangkat mengenai drama yang sedang berlangsung ini, perihal adanya beberapa artis dan genre tertentu yang disebutkan dalam keluhan tersebut.

10. Album Of The Year yang sulit diprediksi untuk tahun ini

Tahun ini, artis R&B, rock, pop, hip-hop, dan alternatif semuanya siap untuk meraih kehormatan terbesar malam itu, dan itu benar-benar masih bisa diraih siapa pun. Apakah Academy akan memberikan suara berdasarkan pengakuan kritis? Berdasarkan kesuksesan dalam chart? Atau berdasarkan reputasi para nominator dan persepsi publik? Semua akan segera terungkap.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Prince

Konser Tribute Untuk Prince: Foo Fighters, Coldplay Dan Lainnya, Tonto...

Foo Fighters tampil bersama Sheila E. di panggung Grammy Awards 2020. (Foto: The Recording Academy). Pada peringatan tahunan keempat dari kematian Prince, o

on Apr 23, 2020
Lewis Capaldi

Lewis Capaldi Terlibat Kasus ‘Keliru Identitas’ Saat Sedang Mengha...

Lewis Capaldi di karpet merah Grammy Awards 2020 (Foto: E!) Suatu momen yang sangat canggung telah menimpa penyanyi asal Skotlandia, Lewis Capaldi, saat ia

on Jan 28, 2020
BTS

BTS Buat Sejarah Baru Setelah Sukses Menjadi Grup Asal Korea Pertama Y...

BTS, the biggest boyband on the planet (Foto: BigHit Entertainment) BTS sukses menulis sejarah baru ketika mereka tampil untuk pertama kalinya di Grammy Awa

on Jan 28, 2020
GRAMMY AWARDS 2020

Grammy Awards 2020 Sukses Menampilkan Aksi Berbagai Macam Artis Di Ata...

Billie Eilish, fenomena pop berusia 18 tahun yang memiliki album terlaris pada tahun 2019 ini, telah berhasil menyapu bersih Grammy Awards pada Minggu mala

on Jan 28, 2020