×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Musisi Yang Pernah Menjadi Praktisi Ilmu Sihir, Dari Pop, Rock Hingga Metal

Posted on: 08/27/20 at 8:30 am

10 Musisi Yang Pernah Menjadi Praktisi Ilmu Sihir, Dari Pop, Rock Hingga Metal
Foto (ki-ka): Dave Mustaine, Jill Janus, Ash Costello.

Musisi rock, metal, punk dari dulu sudah sering mendapat stigma sebagai penyembah “musik iblis”. Meskipun hal itu nggak sepenuhnya benar, ternyata ada beberapa musisi tertentu yang memang betul-betul mempraktikkan ilmu sihir dalam berbagai macam cara. Entah itu artis-artis perintis musik rock and roll atau rocker zaman modern, ilmu sihir sering kali menemukan cara untuk masuk dan mempengaruhi alam bawah sadar para musisi untuk mempraktikkan “witchcraft”.

Baca juga: 10 Pemain Skateboard Profesional Yang Juga Berkarier Sebagai Musisi

Dilansir dari Altpress, di bawah ini adalah 10 musisi yang kabarnya pernah menjadi praktisi ilmu sihir. Entah penganut betulan atau sekadar iseng coba-coba. Yah, pasti ada lebih banyak musisi yang seperti ini di luar sana. Ngetik 10 saja sudah pegal, bosku, hihihi.

Ok, here you go..

Ash Costello

Vokalis New Years Day, Ash Costello memiliki sejarah panjang dengan yang namanya ilmu sihir. Neneknya adalah penganut agama kuno penyembah berhala yang disebut Wicca alias “Agama Purba”, dan doi memiliki koleksi boneka voodoo (serta koleksi gigi manusia yang aneh), jadi nggak heran jika tema okultisme atau kepercayaan supernatural menjadi pengaruh besar dalam karya musik bandnya.

Dave Mustaine

Pentolan Megadeth Dave Mustaine telah mempraktikkan ilmu hitam di sela masa remajanya, yang akhirnya menginspirasi beberapa lagu di album kedua mereka, Peace Sells… But Who’s Buying? Namun Megadeth sekarang menolak untuk memainkan lagu ‘The Conjuring’ secara live karena lirik lagunya mengandung instruksi untuk mengirim guna-guna atau santet.

Lana Del Rey

Lana Del Rey memang nggak kelihatan seperti penyihir, tetapi pada tahun 2017, penyanyi cantik ini secara terbuka mengumumkan bahwa doi mengirimkan kutukan kepada Donald Trump. Nggak lama setelah Trump menjabat jadi Presiden Amerika Serikat (AS), Lana Del Ray bisa dibilang sudah menyantet doi, dan meskipun itu nampaknya nggak berhasil sama sekali, insiden itu membuat kepribadian Lana Del Rey terasa agak misterius dan aneh.

Jill Janus

Almarhum vokalis Huntress, Jill Janus menganggap dirinya sebagai penganut agama Pagan (keyakinan yang merujuk pada keberadaan Tuhan di alam semesta dan segala hal yang terkait di alam ini seperti hewan, pepohonan, sungai, bebatuan, sungai, dan lain-lain. Keyakinan ini menolak konsep monoteisme, yang berarti hanya meyakini satu Tuhan saja). Jill pernah menggambarkan dirinya sebagai “penyihir kulit putih kecil yang suka ganja dan musik heavy metal”. Doi juga mengatakan bahwa doi ingin tinggal sendirian di gubuk penyihir di hutan sambil giting jamur psikedelik. Dan mengenai karya musiknya, Jill Janus mengakui bahwa doi membiarkan ilmu sihir untuk membimbing penulisan liriknya dan mengalami semacam momen “kesurupan” saat menulis lirik untuk lagu-lagunya.

Baca juga: 5 Musisi Lokal dan Proyek Sampingannya

Sully Erna

Vokalis Godsmack, Sully Erna adalah penganut aliran kepercayaan Wicca, meskipun doi pernah mengatakan kepada Rolling Stone bahwa doi nggak ingin menjadi poster boy-nya ilmu sihir. Doi sangat berhati-hati dalam menceritakan keyakinannya mengingat banyak orang yang memandang ilmu sihir secara negatif, tetapi doi menganggap ilmu sihir itu sama saja seperti agama lainnya, sebagai suatu hal yang membuat orang merasakan kepuasan pribadi.

King Diamond

King Diamond dikenal karena mengikuti aliran Satanisme LaVeyan alias ajaran Anton Lavey. Meskipun doi percaya bahwa aliran itu lebih mirip dengan filosofi daripada agama, sudah jelas bahwa lirik-lirik sataniknya memiliki makna yang lebih pribadi baginya daripada kebanyakan musisi metal lainnya. King Diamond mengatakan dalam sebuah wawancara pada tahun 2006 bahwa doi nggak lagi ingin mencari makna apapun dari agama, tapi setidaknya semua lagu klasiknya telah terinspirasi oleh praktik ilmu sihirnya.

Elvis Presley

Elvis Presley sudah menjadi salah satu musisi paling terkenal pada masanya karena doi menuai banyak kritik atas gerakan dansanya yang bernuansa seksual, tetapi selain semua itu, doi dulu sebenarnya pernah mempraktikkan ilmu sihir. Istrinya, Priscilla Presley, mengatakan bahwa doi jadi terpesona dengan ilmu-ilmu gaib untuk menemukan “kesadaran diri yang lebih tinggi” ketika hasil penjualan albumnya menurun seiring dengan kesuksesan The Beatles.

David Bowie

Meskipun doi bukan penyihir, David Bowie sangat percaya pada ilmu sihir, dan ketakutannya membuatnya mempraktikkan ilmu itu sendiri dalam berbagai bentuk. Meskipun hal ini mungkin terkait dengan delusi dari penyalahgunaan narkoba jenis kokain, David Bowie pernah menyewa seorang penyihir untuk membantu menghilangkan kutukan yang doi percaya telah menghantui jiwanya, yang doi khawatirkan akan memaksa dirinya untuk menghamili seseorang untuk menciptakan bayi iblis.

Matt Skiba

Pentolan Alkaline Trio sekaligus vokalis/gitaris Blink-182, Matt Skiba pernah mengklaim bahwa doi menggunakan ilmu sihir untuk mengutuk Fyre Festival, sebuah festival musik kontroversial yang nggak pernah digelar dan terkenal atas kegagalan, penipuan dan kebangkrutannya. Dalam sesi wawancara dengan NME, Matt Skiba mengatakan bahwa doi menganggap dirinya penganut agama Pagan dan seorang penyihir serta menggunakan “semua listrik dan energi di tubuh gue untuk menahan (festival) itu agar nggak terjadi”.

Gerard Way

Comeback-nya My Chemical Romance (MCR) telah diredam dengan estetika yang bernuansa ilmu sihir dan aliran satanisme, jadi nggak mengherankan ya jika Gerard Way tertarik dengan ilmu sihir, meskipun doi mengatakan bahwa doi sendiri bukanlah seorang penyihir atau semacamnya. Dalam sesi podcast Carry The Fire milik pentolan Thrice, Dustin Kensrue, vokalis MCR itu mengatakan bahwa ikatannya dengan agama Katolik akhirnya menyebabkan doi membutuhkan unsur spiritual dalam hidupnya setelah doi nggak lagi percaya dengan Tuhan, dan doi akhirnya mempraktikkan ilmu sihir dalam berbagai macam bentuk.

“Gue percaya pada fakta bahwa alam semesta adalah suatu kekacauan dan lahir dari kekacauan, dan itu nggak bisa dikendalikan, dan segala hal seperti nggak ada ritmenya, dan tragedi dan kecelakaan serta hal buruk terjadi begitu saja begitu juga dengan hal baik, dan itu benar-benar kacau banget bagi gue untuk menjadi sesuatu yang konstan di alam semesta, dan gue mempelajari itu melalui studi gue tentang ilmu sihir, okultisme dan hal-hal semacam itu,” ungkap Gerard Way.

Doi kemudian lanjut menjelaskan bahwa doi pernah belajar tentang ilmu gaib dan sihir melalui Grant Morrison. Dan juga, doi mengatakan bahwa istrinya bukanlah seorang penyihir atau semacamnya tetapi “secara alami doi mahir dalam hal-hal semacam itu. Doi sangat selaras dengan alam lho. Doi tahu banyak hal tentang herbologi, (dan) banyak hal-hal penting dalam ilmu sihir yang sudah menjadi bagian dari kehidupannya”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Musisi Rock

12 Artis Rock & Metal Yang Berprofesi Sangat Berbeda Sebelum Jadi Musi...

Secara de facto, jarang banget ada rockstar di dunia yang dari awal cita-citanya sudah tahu dan merasa bahwa suatu hari doi akan menjadi rockstar yang beke

on Aug 26, 2020
Bruce Springsteen

Bruce Springsteen Puji Lana Del Rey Sebagai Salah Satu Penulis Lagu Te...

Bruce Springsteen (Foto: Ben Kaye) / Lana Del Rey (Foto: David Brendan Hall). Siapa sangka musisi senior seperti Bruce Springsteen selalu memasukkan lagu-la

on Aug 18, 2020
Mark Wahlberg / Mandy Moore / Ice-T

Inilah 10 Bintang Film Terkenal Yang Awalnya Sukses Sebagai Musisi

Mark Wahlberg, Mandy Moore, Ice-T. Bisnis hiburan jelas menghasilkan kemungkinan karier yang nggak terbatas, bahkan nggak terduga. Banyak yang nggak harus h

on Aug 6, 2020
Lana Del Rey

Lana Del Rey Rilis ‘Violet Bent Backwards Over the Grass’, Buku Au...

Lana Del Rey. Lana Del Rey telah resmi merilis buku audio puisi pertamanya, Violet Bent Backwards Over the Grass. Baca juga: Lana Del Rey Umumkan Tanggal

on Jul 29, 2020