×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Riff Gitar Terbaik Sepanjang Masa Versi Slash (Guns N’ Roses)

Posted on: 07/4/20 at 8:00 am

10 Riff Gitar Terbaik Sepanjang Masa Versi Slash (Guns N’ Roses)
Slash. (Foto: Robert Knight Archive, Getty Images).

Gitaris legendaris Guns N’ Roses (GN’R), Slash adalah orang yang paling bertanggung jawab atas banyaknya riff dan solo gitar klasik dan ikonik yang tidak ada duanya dalam segudang karyanya di GN’R, Velvet Revolver atau Slash’s Snakepit. Dan pada tahun 2010 dia pernah mengungkapkan 10 riff gitar favoritnya sepanjang masa kepada Paste Magazine. Gitaris bernama asli Soul Hudson ini mengutip band-band favoritnya seperti The Beatles, Van Halen dan Metallica.

Baca juga: Gitar Kurt Cobain di Konser MTV Unplugged Dilelang Laku Rp 85 Miliar

Berikut ini adalah 10 riff gitar terbaik sepanjang masa versi Slash!

10. ‘I Want You (She’s So Heavy)’ oleh The Beatles

“Itu terasa trippy, (dan) itu blues. Itu terasa ringan, kemudian berubah menjadi sangat cadas. Dan itu semua karena mereka memiliki dua versi rekaman terpisah yang tidak berjalan dengan baik, sehingga mereka menyatukannya. Klasik”.

9. ‘Back in the Saddle’ oleh Aerosmith

“Aku pikir ini adalah salah satu riff gitar pertama yang aku pelajari. Aku hanya iseng saja ketika mendengar riff ini, aku rasa waktu itu aku sedang di rumah seorang cewek. Dan kemudian (lagu) ini muncul di radio, dan aku menyadari bahwa aku memiliki hal-hal yang lebih penting yang harus aku urus. Ini adalah salah satu riff gitar terseksi dan terkeren yang pernah ada sejak ‘Whole Lotta Love’ (Led Zeppelin)”.

8. ‘Show Your Love (I’m the One)’ oleh Van Halen

“Beberapa band muncul dengan album pertama yang sempurna, dan album pertama itu sangat menunjukkan suara unik sebuah band. Van Halen adalah salah satu band yang benar-benar sukses pada album pertama mereka. Ini terasa mentah, dan indah, dan memiliki energi yang benar-benar nyata, seperti tur-de-force gitar yang ditompo kepada wajahmu”.

7. ‘Superstition’ oleh Jeff Beck

Sound yang dihasilkan Jeff Beck dari bar wah wah dan pedal distorsinya, ini agak funky tapi tetap sangat gila. Salah satu sound gitar rock terbaik sepanjang masa”.

Baca juga: Corey Taylor (Slipknot) Melelang Koleksi Gitar Pribadinya Demi Korban Covid-19

6. ‘Disposable Heroes’ oleh Metallica

“Yang ini dari (album) Master of Puppets, yang merupakan album Metallica terbaik sepanjang masa. Aku suka ritem dan timing untuk yang satu ini, dan ini juga punya dorongan yang kejam di dalamnya. Seolah-olah kamu tahu sesuatu yang buruk akan terjadi”.

5. ‘Life in the Fast Lane’ oleh The Eagles

Riff yang mematikan, benar-benar gila. Ya Tuhan, aku pasti pertama kali mendengar lagu ini ketika masih di SD. Sial, benarkah (lagu) ini sudah selama itu?”.

4. ‘More of that Jazz’ oleh Queen

“Brian May menulis banyak riff keren yang luar biasa di sepanjang kariernya dengan Queen. Ketika aku mulai bermain gitar, ‘Jazz’ baru saja dirilis, dan lagu ini mengejutkanku. (Lagu) ini hampir sepenuhnya terabaikan juga”.

3. ‘Purple Haze’ oleh Jimi Hendrix

“Kamu kurang menghargainya karena kamu sudah sering mendengarnya, tapi ini hanyalah riff yang terstruktur dengan sangat baik dan hampir sempurna. Ini sangat unik, dari segi struktur dan tekniknya. Sangat orisinil untuk sebuah riff rock and roll”.

2. ‘Over Under Sideways Down’ oleh The Yardbirds

“Kamu tidak bisa tidak menyukai musik blues yang satu ini, bagaimana itu melompat agak bolak-balik dengan iramanya. Tapi ini juga terasa sedikit mengancam. Aku suka itu”.

1. ‘Black Dog’ oleh Led Zeppelin

“Kurasa ini sudah jelas ya. Lagu ini benar-benar “mengerikan”. Nyata, (dan) sangat cadas”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Jaggernaut

Stoner Rocker Juggernaut Mengajak Kembali Ke EP "Masa Pertengahan"

Jaggernaut. Setelah sebelas tahun, mini album Juggernaut dibangkitkan kembali oleh Rekam Jaya sebagai bagian dari program reissue dan dokumentasi arsip musi

on Oct 26, 2020
George Lynch dan Sebastian Bach.

George Lynch & Sebastian Bach Puji Spanduk Biden-Harris Bergaya Logo V...

George Lynch dan Sebastian Bach. Dua rocker gaek yang sangat disegani, George Lynch dan Sebastian Bach sama-sama memuji spanduk kampanye paslon capres Ameri

on Oct 24, 2020
Miley Cyrus

Miley Cyrus Sedang Di Tengah Proses Rekaman Album Lagu Cover Metallica

Miley Cyrus dan Lars Ulrich (Metallica) di tengah konser tribute to Chris Cornell. (Foto: Instagram/Lars Ulrich). Bukan rahasia lagi bahwa Miley Cyrus adala

on Oct 21, 2020
RABR

Mantan Band Tribute The Beatles, RABR Rilis EP Perdana Bernuansa Retro...

Pada hari Jum’at, 10 Oktober 2020, RABR secara resmi merilis mini album alias EP perdana dalam format digital melalui berbagai platform musik seperti Spo

on Oct 16, 2020