×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Teori Konspirasi Musik yang Gila Banget!

Posted on: 10/4/19 at 5:00 pm

Dari merekrut jasa ‘body double’ hingga Stephen King yang dituduh melakukan pembunuhan, berikut 10 teori konspirasi musik yang bakal bikin kamu enggak habis pikir!

Baca juga: Teori Konspirasi Teraneh Tentang BTS!

Siapa sih yang tidak suka teori konspirasi? Salah satu teori yang paling populer adalah sosok Avril Lavigne yang sudah meninggal dan digantikan oleh orang yang mirip dengannya. Ada banyak teori konspirasi seputar dunia musik di luar sana, dan beberapa lebih masuk akal daripada lainnya. 

Dari darah KISS yang tidak sengaja muncul di majalah Sports Illustrated sampai Stephen King yang dituduh membunuh John Lennon, berikut 10 teori konspirasi musik gila yang bakal bikin kamu enggak habis pikir.

1. Dave Grohl memalsukan cedera kakinya

Di 2015, Dave Grohl mengalami patah kaki saat konser dengan Foo Fighters. Dia kemudian kembali, melanjutkan tur di atas singgasana yang dibuat khusus. Tidak butuh waktu lama bagi beberapa orang untuk berteori kalau Grohl memalsukan cederanya untuk meningkatkan penjualan tiket. Grohl kemudian mengomentari teori itu di salah satu konser bandnya.

“Saya sangat suka ide teori konspirasi,” ungkapnya. “Menurut saya itu sangat keren. Bagaimana kalau—bagaimana kalau saya tidak mematahkan kaki saya? Bagaimana kalau saya melompat keluar panggung dan jatuh ke tanah, dan saya membuat semua itu tampak seperti keadaan darurat? Dan kemudian mereka menyeret saya ke pinggir, dan band ini terus tampil, dan lalu 10 menit kemudian, saya dengan ajaib kembali muncul di atas panggung? Kemudian, saya mendapat hasil rontgen patah kaki orang lain, dan saya menjadikannya gambar di kaos, dan kami menghasilkan jutaan dolar. Saya mendesain singgasana yang luar biasa ini jadi saya tidak perlu berdiri lagi! Bayangkan itu!”

2. Andrew W.K.

Satu teori konspirasi yang sudah lama beredar melibatkan nama Andrew W.K. dan bagaimana dia sebenarnya tidak ada. Ada yang meyakini W.K. adalah produk bot industri yang berusaha menciptakan vokalis yang ideal. Tentunya, artis yang hobi pesta dan suka bercanda ini tidak melakukan apa pun untuk membantah rumor tersebut. Dalam wawancara dengan Larry King di 2015, W.K. ditanya apakah dia anggota Illuminati. “Tidak secara formal,” jawabnya, membuat pecinta teori konspirasi menggila. Teori yang sering beredar yaitu ada seseorang bernama Steev Mike yang merupakan salah satu dari banyak orang yang konon berperan sebagai W.K., dan Mike sebenarnya adalah Dave Grohl.

3. Avril Lavigne sudah mati dan digantikan oleh orang yang mirip dengannya

Ada beberapa detail gila untuk teori yang satu ini. Tapi singkatnya, Avril Lavigne diduga meninggal pada tahun 2003. Dia kemudian digantikan oleh seorang yang mirip bernama Melissa agar kariernya yang menjanjikan terus berjalan. Kedengarannya gila dan dibuat-buat, memang, tetapi ada banyak ahli teori di luar sana yang tidak takut untuk mengupas klaim ini. Bahkan, teori konspirasi ini sangat populer sampai Lavigne sendiri sempat menyinggung soal itu—atau mungkin itu Melissa?

4. Pete Wentz meninggal di 2010 dan digantikan oleh klon

Serupa dengan teori Avril Lavigne, teori yang satu ini menyebutkan Pete Wentz dari Fall Out Boy meninggal pada akhir 2009 atau awal 2010. Buktinya? Narator saluran YouTube Dead Celebrities & The Illuminati mengeklaim “dalam semalam, dia tidak lagi lucu,” yang mengacu pada bagaimana dia tidak lagi memakai poni dan eyeliner. Bagian terbaik dari teori gila ini? Rupanya, semua personil Fall Out Boy sudah mati, dengan Wentz sebagai orang terakhir yang berpulang.

5. Semua personil My Chemical Romance juga sudah mati

Teori kematian ini semakin menggila. Video ini mengeklaim Way bersaudara sebenarnya adalah Gerardine dan Michelle Way, serta “semua orang di industri ini sebagian besar transgender” dan “suatu waktu ada orang yang nyata [di industri ini], meskipun mereka hanya minoritas, tapi sekarang hanya ada klon dengan iblis di dalamnya.” Kalau klon mereka tidak bisa memainkan instrumen, ini mungkin menjelaskan mengapa reuni MCR masih tak kunjung ada.

6. David Bowie memprediksi kebangkitan Kanye West

Teori ini bermula dengan album David Bowie di 1972, The Rise And Fall Of Ziggy Stardust And The Spiders From Mars. Kalau kamu perhatikan sampul albumnya, kamu akan melihat Bowie berdiri di bawah tanda bertuliskan “K. West.” Lagu pembukanya berjudul “Five Years,” yang memprediksi akhir dari dunia kecuali “Starman” datang ke Bumi dan menyelamatkan kita semua. Lima tahun setelah album dirilis, Kanye West lahir.

Baca juga: 7 Lagu BTS yang Terinspirasi dari Karya Sastra

Tidak hanya sampai di situ—album terakhir Bowie, Blackstar, diduga mengukuhkan West sebagai penerusnya di lagu utama. “Something happened on the day he died/Spirit rose a metre and stepped aside/Somebody else took his place and bravely cried/I’m a blackstar, I’m a blackstar.”

7. Darah KISS menjadi tinta majalah Sports Illustrated

Dari menjual senar air guitar hingga peti mati, KISS tidak pernah malu-malu menghadirkan merchandise yang unik dan humor yang gelap. Menurut teori ini, band ini mencampurkan darah mereka dengan tinta merah yang akan digunakan untuk buku komik Super Special KISS di 1977. Konon, karena tertukar, tinta merah yang mengandung darah mereka akhirnya justru digunakan sebagai tinta majalah Sports Illustrated

8. John Lennon dibunuh oleh Stephen King

Teori ini berasal dari Steve Lightfoot yang percaya Stephen King adalah orang yang membunuh John Lennon. Klaimnya berasal dari foto Lennon yang diambil pada hari dia dibunuh. Di foto itu, dia memberikan tanda tangan untuk Mark Chapman (tersangka pembunuhan Lennon). Lightfoot percaya pria di foto itu lebih mirip King. Argumen ini sejalan dengan argumen bahwa pemerintah punya andil dalam kematian Lennon karena sikap anti-perangnya yang blak-blakan.

9. Paul McCartney sudah lama mati

Teori ini bermula dari tahun 1969, yang menduga mantan personil The Beatles ini tutup usia pada pertengahan ’60-an. Kematiannya diduga ditutupi dengan menggunakan jasa orang yang mirip. Bagian teranehnya? Ada yang bilang The Beatles mulai meninggalkan petunjuk bagi para fans untuk mengetahui “penipuan” ini. Meskipun McCartney telah membantah klaim tersebut, masih ada, lho, orang yang percaya dengan teori ini.

10. Jay-Z adalah vampir penjelajah waktu

Sementara ada banyak teori seputar Beyoncé dan Jay-Z, salah satu yang paling gila adalah dugaan bahwa sang rapper sebenarnya adalah vampir penjelajah waktu. Konsep ini muncul setelah foto dari tahun 1933 yang diambil di Harlem tersebar di internet. Di foto tersebut, seorang pria terlihat sangat mirip dengan Jay-Z. Rapper ini sendiri baru lahir pada Desember 1969, jadi jelas satu-satunya penjelasan adalah dia vampir penjelajah waktu. 

Keterangan Foto Utama: KISS, Fall Out Boy, My Chemical Romance, dan Avril Lavigne.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Hari Terakhir Kurt Cobain Yang Tragis.

Mengenang 26 Tahun Silam: Hari-Hari Terakhir Kurt Cobain Yang Tragis

Kurt Cobain, ikon Grunge yang karyanya terus berdengung sepanjang zaman. (Foto: CoS). Kurt Cobain memang salah satu musisi legendaris "live fast die young".

on Apr 6, 2020
Rihanna dan Jay-Z

Rihanna dan Jay-Z Donasikan US$ 1 Juta Untuk Bantuan Covid-19 di LA da...

Jay-Z dan Rihanna (Foto: Istimewa). Rihanna dan Jay-Z melakukan bagian mereka untuk membantu dampak dari krisis virus Corona. Yayasan mereka masing-masing m

on Apr 2, 2020
Kanye West

Kanye West Bahas Rencana Album Baru Dan Bisnis Dalam Wawancara Terbaru

Kanye West dalam video klip 'Follow God' (Foto: CoS). Empat tahun setelah Taylor Swift dicap sebagai “ular” oleh netizen dan Kim Kardashian West mendapa

on Mar 31, 2020
Dave Grohl.

Dave Grohl Rilis Cerita Pertama Dari Seri ‘True Story’ Barunya Di ...

Dave Grohl (Foto: Tom Barnes). Rockstar paling keren pentolan Foo Fighters, Dave Grohl, bercerita seru tentang kembang api dan konsol rekaman musiknya dalam

on Mar 30, 2020