×
×

Search in Mata Mata Musik

12 Lagu Hit K-Pop yang Kini Sudah Berumur 10 Tahun

Posted on: 01/22/19 at 5:23 pm

Lagu-lagu dari sederet band generasi kedua yang mendorong popularitas K-pop

Oleh Esmee L (Soompi)

Menengok ke satu dekade terakhir, kita sudah diberkahi dengan sejumlah karya musik luar biasa dari idol favorit kita. Saat K-pop masih baru menjajaki kancah internasional, banyak lagu hit yang dirilis pada saat itu yang membantu genre ini menjadi salah satu gaya musik yang paling banyak didengar di dunia.

Pencapaian ini tidak akan terjadi tanpa karya dari sederet artis K-pop generasi kedua yang super keren, yang tidak hanya membuka mata dunia tentang K-pop tapi juga memperkenalkan konsep dan aturan baru dari generasi ini.

Berikut 12 lagu yang menginjak usia 10 tahun di 2019 ini!

1. Girls’ Generation – “Gee”

10 tahun lalu, “Gee” dinobatkan sebagai “Song of the Decade” oleh Melon, dan lagu ini memang pantas mendapat gelar tersebut! Lagu hit yang pernah memuncaki berbagai tangga lagu dan menyabet sejumlah penghargaan ini benar-benar mendongkrak karier Girls’ Generation, karena mereka tetap menjadi salah satu girl group paling populer hingga saat ini.

2. Super Junior – “Sorry, Sorry”

Super Junior telah memikat banyak fans ke dunia K-pop, sebagian dengan jajaran personilnya yang sangat menakjubkan! Kita harus bersyukur sudah dianugerahi dengan salah satu rilisan paling legendaris dari grup ini.

3. 2PM – “Again & Again”

Ini dia lagu hit terbesar lainnya dari tahun 2009! Dengan “Again & Again,” personil 2PM, yang saat itu masih pendatang baru, mulai naik daun! Berkat lagu ini, 2PM meraih kemenangan pertama mereka di acara musik dan memenangkan “Song of the Year” di KBS Song Festival 2009.

4. Wonder Girls – “Nobody” (English version)

Tidak ada yang mengira lagu ini bakal meledak, tapi wanita-wanita hebat ini membuktikan sebaliknya! Setelah sebelumnya dirilis di 2008, lagu ini kembali muncul setahun kemudian dan menjadi lagu debut grup ini di AS, karena seluruh liriknya dalam Bahasa Inggris.

5. 2NE1 – “I Don’t Care”

Cara 2NE1 menggemparkan dunia K-pop belum pernah terjadi sebelumnya. Di tahun yang sama dengan debut mereka, lagu ini mendominasi tangga lagu online dan offline, membuat nama grup ini tetap bertahan di industri musik. Karena keberhasilan komersialnya, beberapa versi dan remix “I Don’t Care” akhirnya dirilis.

6. FTISLAND – “I Hope”

Selain menjadi juara pertama setelah hanya 13 hari dirilis, “I Hope” adalah karya besar yang indah dan menjadi salah satu lagu terbaik dari FTISLAND hingga saat ini.

7. Brown Eyed Girls – “Abracadabra”

Ganas dan berapi-api, pemandangan di balik “Abracadabra” menandai perubahan penting dari konsep grup ini. Hasilnya, gaya baru mereka menerima sambutan positif dari para penggemar. Koreografi utama mereka, “tarian arogan,” begitu terkenal sampai PSY membayar biaya hak cipta untuk memasukkannya ke dalam video musik miliknya di lagu “Gentleman.”

8. KARA – “Mister”

Lagu dan koreografi catchy lainnya yang akan menyangkut di otak kalian yaitu dari KARA, “Mister.” Tak hanya disambut dengan baik di Korea, lagu ini benar-benar mendominasi tempat karaoke di Jepang sebagai lagu yang paling populer dinyanyikan. Lagu ini juga awalnya menjadi lagu debut mereka di Jepang.

9. G-Dragon – “Heartbreaker”

G-Dragon semakin dicintai saat dirinya meluncurkan karier solonya, yang membuat senang banyak penggemarnya. Sebagai single utama dari album pertamanya, “Heartbreaker” memberikan pengaruh yang signifikan setelah terjual lebih dari tiga juta unduhan digital di tahun 2009.

10. 4Minute – “Hot Issue”

Girl group menjadi tren yang hangat di 2009 lalu, tidak terkecuali 4Minute. Sebagai single debut, “Hot Issue” adalah kesuksesan yang besar, yang memungkinkan grup ini menampilkan bakat mereka ke semua audiens K-pop.

11. SHINee – “Ring Ding Dong”

Lagu ini jelas tidak perlu diperkenalkan lagi karena setiap penggemar K-pop, baik yang lama maupun baru, sudah pasti tahu. “Ring Ding Dong” adalah salah satu dari banyak lagu hit yang dihadirkan SHINee untuk kita semua. Lucunya, chorus yang menarik di lagu ini sangat bikin ketagihan sampai lagu ini sempat dilarang didengarkan sebelum ujian masuk perguruan tinggi di Korea Selatan.

12. T-ara – “Bo Peep Bo Peep”

Dinilai berpotensi sebagai lagu hit pertama grup ini oleh para kritikus, T-ara mempromosikan “Bo Peep Bo Peep” saat comeback mereka. Sesuai prediksi, lagu ini membuat nama mereka terkenal dan membantu  mengamankan posisi mereka di pasar musik Korea dan Jepang.

Lagu ‘jadul’ mana yang menjadi favoritmu? Apa ada di daftar ini? Tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ini!

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Seventeen

Seventeen Sindir Musik Pop dengan Album Baru, An Ode

An Ode adalah album pop yang menarik dan melukiskan narasi yang lebih rumit daripada kebanyakan grup K-pop di luar sana. Mereka bukan lagi remaja mabuk cin

on Sep 18, 2019
YG Entertainment Dirundung Masalah Finansial

YG Entertainment Dirundung Masalah Finansial?

Berbagai pengamat industri K-Pop beri penilaian terhadap kondisi finansial YG saat ini dan di masa mendatang. YG Entertainment saat ini dilaporkan sedang me

on Sep 18, 2019
exo

EXO Bakal Segera Kembali Masuk Studio?

Kabar gembira ini dilontarkan langsung oleh Baekhyun lewat Instagram Live. Baca Juga: NCT Dream, EXO-SC, TWICE & Chungha Raih Sertifikat Platinum Gaon Ch

on Sep 16, 2019
Group Kpop

10 Group Kpop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!

Dalam industri hiburan khususnya K-pop, tidak sedikit label/agensi yang ‘sangat terlibat’ dalam kehidupan artis mereka, bukan hanya dalam urusan pribadi te

on Sep 13, 2019