×
×

Search in Mata Mata Musik

12 Lagu K-Pop Yang Berfungsi Sebagai Advokasi Isu Kesehatan Mental

Posted on: 10/19/20 at 9:30 am

12 Lagu K-Pop Yang Berfungsi Sebagai Advokasi Isu Kesehatan Mental

Artis K-pop merasakan banyak tekanan saat mereka membangun karier mereka dan terhubung dengan publik. Hingga beberapa tahun yang lalu, membahas isu kesehatan mental secara terbuka dianggap tabu, tetapi itu nggak pernah menghentikan para idol K-pop untuk membahas dan mengekspresikannya dalam karya musik mereka secara berulang kali.

Baca juga: 15 Artis K-Pop Dengan Pendengar Terbanyak di Spotify Bulan Oktober 2020

Tanggal 10 di bulan Oktober mewakili Hari Kesehatan Mental Sedunia dan merupakan kesempatan untuk saling mengingatkan tentang pentingnya kesehatan mental dan dampaknya terhadap kesejahteraan seseorang secara keseluruhan. Dilansir dari Soompi, berikut adalah beberapa lagu K-pop pilihan yang membahas dan mengadvokasikan isu kesehatan mental.

1. B.A.P – “Wake Me Up”

Lagu ‘Wake Me Up’ dari B.A.P ini menggambarkan isu kesehatan mental dengan sangat jelas. Video musiknya memvisualisasikan beberapa masalah kesehatan mental yang paling umum seperti citra tubuh, depresi, dan kecemasan, liriknya mengirimkan pesan harapan yang kuat untuk mempermudah perjuangan orang-orang yang sedang sakit secara mental.

2. San E – “Counselor”

San E membahas perjuangan pribadinya dengan kesehatan mental melalui lagu tulus ini di mana doi benar-benar berjuang untuk akhirnya mencari bantuan counseling untuk menjadi lebih baik dan kembali mengendalikan hidupnya secara teratur.

3. Dynamic Duo dan Chen (EXO) – “Nosedive”

Dynamic Duo dan Chen menawarkan sarana kenyamanan bagi orang-orang yang berjuang melawan depresi dengan lagu ini. Mereka mengungkapkan dukungan mereka dan mengirimkan dukungan yang tulus melalui lirik lagu mereka.

4. 2NE1 – “Ugly”

Nggak ada standar untuk kecantikan, namun banyak orang yang merasa berhak untuk menilai penampilan fisik orang lain untuk menyakiti perasaan mereka dan merendahkan harga diri mereka. 2NE1 selalu bersikap out-of-the-box dengan konsep mereka, dan ‘Ugly’ adalah lagu yang menunjukkan rasa insecure alias nggak nyaman dan percaya diri yang kerap dirasakan oleh banyak orang.

5. Sunmi – “Borderline”

Sunmi bernyanyi blak-blakkan dalam single emosional ini di mana doi menceritakan kesehatan mentalnya secara detail dan menggarisbawahi harga yang harus dibayar para idol K-pop atas ketenaran mereka. Sunmi juga mengungkapkan kerentanannya dan rasa sakit yang doi alami saat doi dihakimi oleh publik.

6. SEVENTEEN – “Trauma”

Terinspirasi oleh perjuangan pribadi mereka, unit hip hop SEVENTEEN memperlihatkan kerentanan mereka dalam lagu yang menyayat hati ini. Dalam liriknya, mereka membuka tentang pengalaman mereka sendiri dengan kesepian, keraguan diri, dan menyalahkan diri sendiri atas kejadian di masa lalu.

7. Amber Liu – “Borders”

Artis lainnya yang tahu semua tentang kritik yang menjatuhkan harga diri seseorang adalah Amber Liu. Namun itu nggak menghentikannya untuk berjuang keluar dari setiap rintangan dan tetap jujur ​​pada dirinya sendiri terlepas dari apa yang dikatakan orang lain.

8. Stray Kids – “Mirror”

Rekonsiliasi dengan diri sendiri adalah salah satu hal tersulit untuk dicapai dan anggota Stray Kids secara sempurna telah mencerminkan seperti apa rasanya perasaan itu dalam lagu mereka. Ketakutan, kebingungan, dan keraguan sering muncul dan mengaburkan persepsi seseorang tentang berbagai hal, yang pasti memengaruhi kesehatan mental mereka.

9. Kim Jonghyun ft. Taeyeon – “Lonely”

Lagu balada melankolis yang dibuat oleh almarhum Jonghyun SHINee ini menyentuh topik rasa kesepian dan rasa takut yang membebani orang lain dengan masalah kita. Pada saat yang sama, melodinya mengantarkan sensasi yang nyaman seiring kita memahami pesan inti di balik duet ini.

10. Lee Hi – “Breathe”

Lagu indah lainnya yang diciptakan oleh Jonghyun adalah ‘Breathe’ yang doi berikan untuk Lee Hi. Berbicara dari pengalaman pribadi, doi membuka diri tentang rasanya menderita gangguan panik ringan yang membuatnya sulit bernapas. Doi menulis liriknya dengan harapan bisa membantu orang-orang yang juga kesulitan bernapas saat merasakan panik.

11. Agust D – “The Last”

Suga telah melalui banyak hal dalam hidupnya, dan doi memilih untuk membicarakannya sebagai Agust D di proyek mixtape pertamanya. Salah satu lagunya ‘The Last’ adalah surat terbuka yang mengungkapkan masalah kesehatan mental yang dengan berani doi tangani seperti depresi, OCD, dan kecemasan sosial.

Baca juga: 5 Idol K-Pop Cewek Yang Membuat Pengakuan Mengejutkan Tahun Ini

12. Epik High ft. Sunwoo JungA – “In Seoul”

Berurusan dengan dunia luar terkadang bisa melelahkan, dan Epik High menyadarinya. Menurut mereka, kecemasan bisa terasa sangat melumpuhkan dan intens sehingga mengganggu waktu tidur lo dan menyebabkan insomnia.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BLACKPINK

BLACKPINK Ungkap Alasan Kenapa Mereka Beri Judul Album Debutnya “The...

Empat tahun setelah mereka pertama kali debut, BLACKPINK akhirnya merilis album full-length pertama mereka yang berjudul The Album. Terdiri dari delapan la

on Oct 28, 2020
Pengacara K-pop

Para Pengacara K-Pop Ungkap Komentar Jahat Apa Saja Yang Termasuk Aksi...

Ko Seung Woo dan Jeong Chong Myeong. Setiap idol K-pop pasti pernah menerima komentar jahat, dari kritik terhadap bakat mereka hingga topik lelucon yang kej

on Oct 27, 2020
Video Musik K-Pop

15 Urutan Peringkat Video Musik K-Pop Dengan Views Paling Banyak Saat ...

Video musik K-pop sering kali mendapatkan views paling banyak pada saat baru dirilis, tetapi beberapa video terus mendapatkan jutaan views bahkan berbulan-

on Oct 25, 2020
Irene Red Velvet

Irene (Red Velvet) Minta Maaf Setelah Ketahuan Pernah Caci Maki Seoran...

Irene (Red Velvet). (Foto: via Soompi). Irene Red Velvet telah menulis surat permintaan maaf setelah doi baru-baru ini dituduh telah mengamuk dan mencaci-ma

on Oct 24, 2020