×
×

Search in Mata Mata Musik

14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

Posted on: 06/9/21 at 10:00 am

15 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas banget! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya sebuah album. Klasik bukan hanya tentang usia, melainkan lebih kepada kualitasnya yang tinggi. Oleh karena itu esensial bagi setiap insan musik.

Baca juga: MataMata Musik: Top 20 Album Hard Rock & Heavy Metal Terbaik Tahun 2020

Di bawah ini adalah deretan album dari artis pop, rock, dan metal bertaraf internasional yang telah mengguncang industri musik. Di ranah arus utama maupun arus pinggir, jika mau disebut demikian pada beberapa judul album di daftar ini. Yang jelas, semua yang ada di sini berstatus legendaris dan memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap perkembangan generasi berikutnya. Mulai bulan ini, MataMataMusik akan menampilkan artikel album yang merayakan hari ulang tahunnya.

Album yang hebat sudah sepatutnya kita kenang dan rayakan karena jasanya sebagai pengisi soundtrack hidup kita, secara lintas usia, gender, dan bangsa. Terutama bagi yang mengalami era album ini berjaya dalam dekade waktu perilisannya dan romantismenya di masa mendatang. Juga yang belakangan mengenalnya dan mencintainya.

Ok, tanpa banyak bacot lagi, inilah 15 album klasik dan esensial yang sedang ‘anniversary’ di bulan Juni.

1 Juni 1967
The Beatles – Sgt Pepper’s Lonely Hearts Club Band

Album Klasik - The Beatles Sgt Pepper's Lonely Hearts Club Band

Tahun 2021, album klasik yang pertama kali dirilis di Inggris ini berusia 54 tahun. Lebih dari setengah abad. Direkam selama 129 hari mulai bulan Desember 1966, album ini secara luas dianggap sebagai salah satu yang terhebat sepanjang masa dan merupakan album The Beatles pertama di mana daftar lagunya persis sama untuk versi Inggris dan Amerika Serikat (AS). Pada 2011, album ini telah terjual lebih dari 32 juta kopi di seluruh dunia, menjadikannya salah satu album terlaris dalam sejarah. Dengarkan album ini di sini.

1 Juni 1976
The Runaways – The Runaways

Album klasik - The Runaways - The Runaways

Album studio debut “self titled” milik band hard rock/punk rock yang semua member-nya cewek. Album klasik yang dirilis oleh Mercury Records ini kini berusia 45 tahun. Lahir dan tumbuh di scene Los Angeles, AS, The Runaways memiliki tiga ikon lady rockers di dalam tubuh bandnya. Siapa lagi kalau bukan vokalis karismatik nan sexy, Cherie Currie, dan dua gitaris bad-ass, Joan Jett dan Lita Ford. Dengar album ini di sini.

3 Juni 1977
Bob Marley & the Wailers – Exodus

Album klasik - Bob Marley & the Wailers - Exodus

Album klasik milik legenda musik reggae ini berusia 44 tahun. Menampilkan lagu hits, ‘Jamming’, ‘Waiting In Vain’, ‘Three Little Birds’, dan ‘One Love’. Pada tahun 1999, majalah Time menobatkan Exodus sebagai album terbaik abad ke-20. Dengar album ini di sini.

4 Juni 1984
Bruce Springsteen – Born In The USA

Album klasik - Bruce Springsteen - Born In The USA

Born In The USA menjadi album terlaris di tahun 1985 di AS dan juga album Bruce Springsteen paling sukses selama kariernya. Album berusia 37 tahun ini menghasilkan rangkaian tujuh single yang masuk Top 10 chart. Dan hingga tahun 2021 tercatat telah terjual 30 juta kopi. Album ini juga telah dikutip oleh para kritikus sebagai salah satu album terhebat sepanjang masa. Album ini menerima nominasi untuk Album of the Year di Grammy Awards 1985. Dengar album ini di sini.

4 Juni 1996
Metallica – Load

Album klasik - Metallica - Load

Load adalah album studio keenam Metallica. Dirilis 25 tahun silam oleh Elektra Records di AS dan oleh Vertigo Records secara internasional. Album ini menunjukkan lebih banyak sisi hard rock (bahkan country di lagu ‘Until It Sleeps’) Metallica daripada gaya khas thrash metal yang dikenal sejak empat album awal mereka. Album ini dianggap “sell out” dan “berkhianat” terhadap integritas Metallica sebagai ikon metal. Walhasil Metallica teralienasi oleh sebagian basis fansnya. Banyak fans lama yang kabur, namun banyak juga fans baru yang merangkul. Dengar album ini di sini.

6 Juni 1969
Elton John – Empty Sky

Elton John - Empty Sky

Elton John merilis album debutnya, Empty Sky yang berusia 52 tahun ini di Inggris. Beberapa tahun kemudian dirilis di AS, tepatnya Januari 1975. ‘Skyline Pigeon’ adalah lagu yang paling terkenal di album ini, dan merupakan satu-satunya yang jarang dimainkan penyanyi legendaris ini dalam set list konsernya. Dengar album ini di sini.

10 Juni 1975
Eagles – One of These Nights

Album klasik - The Eagles - One of These Nights

Album studio keempat Eagles, One of This Nights yang menjadi album No.1 pertama Eagles di tangga musik Billboard. Album berusia 46 tahun ini menghasilkan tiga single Top 10 chart, yakni ‘One of This Nights’, ‘Lyin’ Eyes’, dan ‘Take It to the Limit’. Dengar album ini di sini.

10 Juni 1986
Candlemass – Epicus Doomicus Metallicus

Candlemass - Epicus Doomicus Metallicus

Album debut gerombolan doom metal Swedia Candlemass yang dirilis oleh Black Dragon Records, 35 tahun silam. Album ini menampilkan gaya musik yang sangat berbeda dari band-band heavy metal Eropa lainnya pada saat dirilis. Karena penggunaan vokal opera yang dicampur dengan riff gitar yang lambat dan berat. Album ini kandas di pasaran yang menyebabkan band ini ditendang dari labelnya di tahun yang sama saat rilis. Meski demikian, album ini menuai pujian kritis secara universal, dipandang sebagai landasan genre doom metal bagi generasi selanjutnya. Klasik dan esensial, selevel dengan album-album Pentagram, Cathedral atau Saint Vitus. Dengar album ini di sini.

11 Juni 1991
Type O Negative – Slow, Deep and Hard

Type O Negative - Slow, Deep and Hard

Album studio debut kuartet gothic metal pimpinan mendiang vokalis/gitaris Peter Steele. Berusia 30 tahun, album ini dirilis pada tahun 1991 oleh Roadrunner Records. Meskipun tidak sesukses album berikutnya, Bloody Kisses (1993), album ini menjadi fundamental bagi warisan musik Type O Negative yang luar biasa terhadap kancah metal generasi selanjutnya. Dengar album ini di sini.

12 Juni 2001
Blink-182 – Take Off Your Pants And Jacket

Blink-182 - Take Off Your Pants And Jacket

Album studio keempat trio jawara pop-punk yang dirilis oleh MCA Records, 20 tahun silam. Band ini telah menghabiskan sebagian besar tahun sebelumnya tur mendukung album mereka sebelumnya, Enema of the State (1999), yang meluncurkan karier mereka di kancah arus utama. Album ini sukses banget, menjadi album punk rock pertama yang debut di nomor satu di Billboard 200 AS. Menghasilkan tiga lagu hits, yakni ‘The Rock Show’, ‘First Date’, dan ‘Stay Together for the Kids’. Album ini telah terjual lebih dari 14 juta kopi di seluruh dunia dan disertifikasi Double Platinum oleh RIAA pada Mei 2002. Dengar album ini di sini.

13 Juni 1988
Paula Abdul – Forever Your Girl

Album klasik - Paula Abdul - Forever Your Girl

Paula Abdul, salah satu ikon penyanyi pop sekaligus pemandu sorak dan koreografer ulung di era 1980 dan 1990-an. Album debutnya ini menghasilkan empat lagu hits No. 1, yakni ‘Straight Up’, ‘Cold Hearted’, dan ‘Opposites Attract’. Album berusia 33 tahun ini menjadi salah satu album debut paling sukses kala itu. Tercatat telah terjual tujuh juta kopi di AS saja dan memecahkan rekor untuk single No.1 terbanyak dari sebuah album debut. Dengar album ini di sini.

13 Juni 1995
Alanis Morissette – Jagged Little Pill

Album klasik - Alanis Morissette - Jagged Little Pill

Album ini sukses gila, terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia. Dan membuat Alanis Morissette menjadi wanita Kanada pertama yang mencetak album No. 1 di AS. Jagged Little Pill menampilkan empat lagu hits besar, ‘You Ooughta Know’, ‘Hand in My Pocket’, ‘Ironic’, dan ‘You Learn’. Dengar album ini di sini.

15 Juni 1989
Nirvana – Bleach

Nirvana - Bleach

Yoi album debut milik sang pendekar grunge yang musiknya lebih mentah dan kasar. Dirilis oleh Sub Pop Records setelah single ‘Love Buzz’, judul album ini berasal dari poster ‘Bleach Your Works’ yang mendesak pengguna narkoba untuk “memutihkan” jarum mereka. Kurt Cobain mengklaim bahwa sebagian besar lirik di album ini ditulis sehari sebelum rekaman saat doi merasa “kesal banget”.

Saat pertama kali rilis, Bleach tidak meledak. Ketika di-reissue secara internasional oleh Geffen Records pada tahun 1992, Bleach melesat pesat, menyusul kesuksesan album kedua Nirvana, Nevermind. Bleach memuncak di nomor 89 di Billboard 200, memuncak di nomor 33 di UK Albums Chart dan nomor 34 di chart album Australia. Pada tahun 2009, Sub Pop merilis edisi ulang tahun ke-20 Bleach yang menampilkan rekaman live dari pertunjukan Nirvana tahun 1990 di Portland, Oregon sebagai materi bonus.

Bleach telah terjual 40.000 kopi di AS sebelum Nevermind nongol. Sejak itu melonjak drastis dan telah disertifikasi Platinum oleh RIAA karena terjual lebih dari 1,9 juta kopi di AS saja. Dengar album ini di sini.

Baca juga: 50 Album Terfavorit Dalam Jurnal Sang Legenda Grunge, Kurt Cobain

16 Juni 1972
David Bowie – The Rise And Fall Of Ziggy Stardust And The Spiders From Mars

Album studio kelima David Bowie, The Rise And Fall Of Ziggy Stardust And The Spiders From Mars. Sebuah album konsep yang menceritakan kisah bintang rock alien biseksual fiktif bernama Ziggy Stardust. Album ini mencapai No. 5 di Inggris dan No. 75 di AS secara konsisten dan dianggap sebagai salah satu album terhebat sepanjang masa. Dengar album ini di sini.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Metallica Slayer Pantera

    Seorang Ibu Di Selandia Baru Namai 3 Anaknya Metallica, Slayer, Panter...

    Metallica (Foto: Philip Cosores), Slayer (Foto: Antonio Marino Jr.), Pantera (Foto: Amy Harris). Sudah enggak terhitung orang tua di dunia yang menamai anak

    on Jul 8, 2021
    Dave Grohl Nirvana Disko

    Dave Grohl Blak-Blakan Soal Isian Dram Nirvana "Nevermind" Ngejiplak

    Dave Grohl (Foto: via From Cradle to Stage (Paramount+)). Dave Grohl mengungkapkan secara blak-blakan bahwa doi menjiplak dari musik disko lawas dan R&B

    on Jul 5, 2021
    St. Vincent

    St. Vincent Mengcover Metallica 'Sad But True' Versi Beda Banget & Ker...

    St. Vincent (Foto: Getty Images). St Vincent adalah adalah salah satu dari jajaran artis top yang terlibat dalam proyek The Metallica Blacklist. Bertepatan

    on Jun 30, 2021
    Metallica

    Metallica The Black Album Dicover 53 Artis Top Lintas Genre & Generasi

    Metallica circa 1992 (Foto: Midori Tsukagoshi/Shinko Music/Getty Images). Metallica merayakan ulang tahun ke-30 "The Black Album" dengan cara yang keren ban

    on Jun 23, 2021