×
×

Search in Mata Mata Musik

15+ Comeback & Debut Artis K-Pop Yang Diantisipasi Pada Bulan Juli

Posted on: 06/29/21 at 11:30 am

15+ Comeback & Debut Artis K-Pop Yang Diantisipasi Pada Bulan Juli

K-pop lagi, K-pop lagi, hehehe. Industri hiburan di kancah K-pop memang sangat subur dalam dasawarsa terakhir. Tidak terkecuali di tengah situasi pandemi yang membuat konser offline suatu hal yang mustahil dilaksanakan. K-pop selalu mampu bertahan melalui berbagai manuvernya yang terbukti efektif menjaga show biz mereka tetap menjadi lahan basah.

Baca juga: 30 Urutan Peringkat Boyband K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Juni 2021

Tiap bulan pun ada saja artis yang melakukan comeback dengan rilisan terbarunya, bisa berupa single atau album. Bahkan bermunculan terus artis-artis pendatang baru yang melakukan debutnya.

Berikut ini adalah lebih dari 15 artis K-pop yang sebagian melakukan comeback dan sebagian lagi debut pada bulan Juli 2021. Yah bulan Juni tinggal sedikit lagi habis. Silakan disimak dan dicatat tanggalnya jika perlu.

1 Juli: AleXa Comeback

Pada 1 Juli, AleXa akan merilis album single keduanya, ‘ReviveR!’. Ini akan menjadi rilisan musik pertamanya sejak doi muncul dengan OST ‘I Miss You Every Day’ untuk Drakor yang berjudul Somehow Family.

1 Juli: CIX Comeback

Juga pada 1 Juli pukul 6 sore waktu Korean Selatan / 5 pagi waktu standar Asia, CIX akan merilis album baru, TESSERACT, yang akan diproduseri oleh Minit dan Hui dari PENTAGON!

5 Juli: BXK Comeback

Pada tanggal 5 Juli pukul 12 siang waktu Korea Selatan / 4 Juli pukul 11 malam waktu standar Asia, boygroup pendatang baru BXK akan merilis album single digital pertama mereka, ‘Excuse Me’! Ini adalah comeback pertama mereka sejak mereka debut dengan ‘Fly High’ pada November tahun lalu.

5 Juli: Soyeon ((G)I-DLE) Solo Comeback

Juga pada tanggal 5 Juli pukul 6 sore waktu Korea Selatan / 5 pagi waktu standar Asia, leader (G)I-DLE Soyeon berencana merilis mini album pertamanya, Windy. Judul lagunya adalah ‘Beam Beam’, dan ini akan menjadi comeback pertamanya sebagai artis solo (di luar kolaborasi) sejak doi merilis ‘The Loveless’ pada Juni 2019.

5 Juli: Kyuhyun (Super Junior) Solo Comeback

Kembali lagi pada 5 Juli pukul 6 sore waktu Korea Selatan / 5 pagi waktu standar Asia, Kyuhyun akan merilis single ketiganya dari 2021 Project: ๅญฃ series-nya, ‘Together’, yang akan mewakili tema musim panas. Doi sebelumnya merilis single pertama, ‘Moving On’, mewakili tema musim dingin pada 26 Januari tahun ini, dan single kedua, ‘Coffee’, mewakili tema musim semi pada 13 April.

5 Juli: SF9 Comeback

Dan terakhir, SF9 juga akan comeback pada tanggal 5 Juli dengan mini album ke-9 mereka yang berjudul TURN OVER dan lagu utamanya, ‘Tear Drop’. Ini akan menjadi comeback pertama mereka sejak mereka merilis Special History Book pada Oktober tahun lalu.

7 Juli: GIRLKIND Comeback

Pada tanggal 7 Juli pukul 12 siang waktu Korea Selatan / 6 Juli pukul 11 malam waktu standar Asia, GIRLKIND berencana untuk merilis album single digital kelima mereka, Good Vibes Only.

7 Juli: Yebin (DIA/UNI.T) Solo Debut

Juga pada tanggal 7 Juli, anggota DIA dan UNI.T, Yebin akan melakukan debut solonya dengan lagu ‘Yes I Know’.

8 Juli: Jongup (former B.A.P) Solo Comeback

Pada tanggal 8 Juli pukul 6 sore waktu Korea Selatan /5 waktu standar Asia, mantan anggota B.A.P dan sekarang artis solo Jongup akan merilis mini album pertamanya, US. Ini akan menjadi comeback pertamanya sebagai artis solo sejak debut dengan single ‘Headache’ pada Mei 2020.

9 Juli: BTS Comeback

Pada tanggal 9 Juli pukul 1 siang waktu Korea Selatan / 12 dini hari waktu standar Asia (tepat pada hari peringatan 8 tahun fandom ARMY), BTS telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan merilis album single fisik untuk ‘Butter’! Bersamaan dengan hit terbaru mereka, itu juga akan menyertakan lagu baru “yang akan membuat jantung Anda berdetak mengikuti irama energi positif BTS”. Wow! Kalau bisa sih dibuatkan paketan McD-nya lagi, dan bikin kemacetan jalanan kota di seantero Indonesia. BTS bahayaw! Hahahaha.

11 Juli: Minzy Comeback

Pada 11 Juli pukul 12 siang waktu Korea Selatan / 10 Juli pukul 11 malam waktu standar Asia, solois Minzy akan merilis single ketiganya, ‘Teamo’. Ini akan menjadi comeback pertamanya sebagai artis solo di bawah labelnya sendiri, MZ Entertainment, sejak doi merilis lagu ‘Lovely’ pada Mei tahun lalu.

28 Juli: ATEEZ Japanese Comeback

Pada tanggal 28 Juli, ATEEZ akan merilis album single versi Jepang pertama mereka, Dreamers, dengan judul lagu yang sama. ‘Dreamers’ juga akan digunakan sebagai lagu tema penutup terbaru untuk anime Digimon Adventure.

Akan Diumumkan: Taeyeon (Girlsโ€™ Generation) Solo Comeback

K-pop: Taeyeon (Girlsโ€™ Generation) Solo Comeback

Meskipun tanggalnya belum diumumkan, Taeyeon dipastikan akan merilis lagu baru di bulan Juli! Ini akan menjadi comeback domestik pertamanya sejak doi merilis mini album What Do I Call You pada Desember tahun lalu.

Akan Diumumkan: D.O. (EXO) Solo Debut

K-pop: D.O. (EXO) Solo Debut

D.O EXO juga akan membuat debut solonya yang telah lama ditunggu-tunggu di bulan Juli! SM Entertainment telah mengkonfirmasi bahwa dia akan merilis album debutnya di akhir bulan.

Baca juga: 30 Urutan Peringkat Girlband K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Juni 2021

Akan Diumumkan: Lisa (BLACKPINK) Solo Debut

K-pop: Lisa (BLACKPINK) Solo Debut

Dan akhirnya, Lisa dari BLACKPINK juga berencana untuk membuat debut solonya yang telah lama ditunggu-tunggu sekitar bulan Juli. Dilansir menurut Yoo Jae Suk dari Hangout With You setelah melihat daftar mereka yang akan datang. Meskipun YG Entertainment belum membuat pengumuman resmi, mereka mengatakan bahwa Lisa sedang bekerja keras untuk album pertamanya! Wow! Lisaaaa… aku akan setia menunggumu! Hehehe.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lisa

    Lisa Tampil 'Edgy' Pakai Kostum Iron Maiden, LALISA Trending #1!

    'LALISA' sengaja kami pilih sebagai materi episode perdana MMM REACTION di kanal YouTube MataMata Musik. MV (Music Video) 'LALISA' sempat trending #1 selam

    on Oct 7, 2021
    Penyanyi K-pop

    30 Urutan Peringkat Penyanyi K-Pop Terpopuler Edisi September 2021

    30 urutan peringkat penyanyi K-pop paling populer edisi bulan September 2021. Penyanyi K-pop! Yup, The Korean Business Research Institute telah mengungkapka

    on Sep 26, 2021
    BTS di PBB

    BTS Tampil Kembali Di Majelis Umum PBB Sebagai Duta Kebaikan Global

    BTS di depan kantor PBB (Foto: dok. Big Hit). BTS memang tidak pernah luput dari pemberitaan. Pada bulan September 2018, sang juru bicara BTS, Kim Namjoon d

    on Sep 21, 2021
    ENHYPEN

    ENHYPEN Siap Comeback Oktober Via Album "DIMENSION : DILEMMA"

    Foto: dok. BE:LIFT. ENHYPEN adalah boyband pertama yang diciptakan oleh BELIFT LAB. Mereka beranggotakan JUNGWON, HEESEUNG, JAY, JAKE, SUNGHOON, SUNOO, dan

    on Sep 20, 2021