×
×

Search in Mata Mata Musik

16 Musisi Top Yang Sukses Menjadi Bintang Film Selain Lady Gaga

Posted on: 08/15/21 at 10:00 am

16 Musisi Bintang Yang Sukses Sebagai Bintang Film Selain Lady Gaga

Lady Gaga bukan satu-satunya musisi beken yang sukses di dunia akting. Ada sederet musisi pendahulu dan seangkatannya yang melakukan lompatan besar yang sama, dari musik ke film. Contohnya, Jennifer Lopez yang sebaliknya justru mengawali kariernya di dunia akting terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia tarik suara.

Lady Gaga
Lady Gaga dalam film A Star is Born.

Film A Star is Born mungkin menjadi peran terbesar dan terpenting Lady Gaga hingga saat ini. Tetapi ini bukan pertama kalinya doi tampil di layar lebar. Ketika doi berusia 15 tahun, popstar bernama asli Stefani Germanotta ini muncul di episode serial TV tahun 2001, The Sopranos. Di situ doi berperan sebagai teman sekelasnya A.J. Soprano.

Bertahun-tahun kemudian, setelah makin populer, Lady Gaga muncul di film Sin City: A Dame to Kill For pada tahun 2014. Di situ doi berperan sebagai pelayan bernama Bertha dan kemudian muncul dalam dua musim serial antologi American Horror Story garapan Ryan Murphy. Lady Gaga memenangkan Golden Globe Awards untuk perannya sebagai Countess di American Horror Story: Hotel.

Film terbaru mendatang yang dibintangi Lady Gaga, House of Gucci, digadang-gadang akan mengulangi kesuksesan A Star is Born. Sebuah biopik Maurizio Gucci, di mana Lady Gaga berperan sebagai Patrizia Reggiani. Patrizia diadili dan dihukum karena mengatur pembunuhan mantan suami dan mantan kepala rumah mode Gucci tersebut.

Baca juga: St. Vincent & Carrie Brownstein Bintangi Film DokFiksi “The Nowhere Inn”

Selain Lady Gaga, ada Jennifer Lopez

16 Musisi Bintang Yang Sukses Menjadi Bintang Film Selain Lady Gaga: J.Lo
J.Lo dalam film The Boy Next Door.

Jennifer Lopez yang biasa dipanggil J.Lo mulai muncul sebagai penari Fly Girl di serial sitkom TV tahun 1991, In Living Color, di mana doi tetap menjadi pemain reguler sampai doi memutuskan untuk mengejar karier akting sejak 1993. Lopez dapat peran utama pertamanya dalam film biopik Selena tahun 1997. Lopez menjadi aktris Latin pertama yang menghasilkan lebih dari US$1 juta untuk sebuah film. Doi kemudian membintangi Anaconda (1997) dan Out of Sight (1998). Dan membuktikan dirinya sebagai aktris Latin dengan bayaran tertinggi di Hollywood.

Lopez berkelana ke industri musik dengan album studio debutnya On the 6 (1999). Yang membantu mendorong gerakan pop Latin dalam kancah musik Amerika Serikat (AS). Dan kemudian membintangi film horor psikologis The Cell (2000). Perilisan album studio keduanya, J.Lo bersamaan dengan film komedi romantisnya The Wedding Planner pada tahun 2001. Sejak itu, Lopez menjadi wanita pertama yang memiliki album dan film nomor satu di minggu yang sama. Album tahun 2002, J to tha L–O! The Remixes, menjadi album remix pertama dalam sejarah yang debut di puncak Billboard 200 AS. Belakangan tahun itu, doi merilis album studio ketiganya This Is Me…Then dan membintangi film Maid in Manhattan.

Setelah membintangi Gigli (2003), Lopez kemudian membintangi film komedi romantis Shall We Dance? (2004) dan Monster-in-Law (2005). Album studio kelimanya, Como Ama una Mujer (2007), meraih penjualan minggu pertama tertinggi untuk album debut Spanyol di AS. Selain itu, Lopez makin terkenal pada tahun 2011 dengan penampilannya sebagai juri di American Idol dan merilis album studio ketujuh Love?. Dari 2016 hingga 2018, doi membintangi serial drama Shades of Blue. Pada tahun 2019, doi mendapat pujian kritis atas penampilannya sebagai penari telanjang dalam drama kriminal Hustlers.

Cher, Ikon Artis Wanita “Old School”

16 Musisi Bintang Yang Sukses Menjadi Bintang Film Selain Lady Gaga: Cher
Cher dalam film Moonstruck. (Foto: dok. MGM/Everett Collection).

Cher adalah musisi dan akris paling senior dalam listicle ini. Artis yang sekarang pas dipanggil Oma ini sudah beken di kancah musik sebagai member duo Sonny & Cher pada pertengahan 1960-an. Peran akting pertama Cher adalah pada dekade yang sama. Doi berperan sebagai model dalam serial TV The Man from U.N.C.L.E.. Tidak lama kemudian, doi membuat debut Broadway-nya di Come Back to the Five and Dime karya Robert Altman, Jimmy Dean, Jimmy Dean. Dan mengulangi perannya dalam versi filmnya di tahun 1982, di mana doi mendapatkan nominasi Golden Globe Awards. Selanjutnya doi bersama Meryl Streep dan Kurt Russell membintangi film Silkwood tahun 1983. Dua tahun kemudian doi memenangkan penghargaan Aktris Terbaik di Festival Film Cannes untuk perannya dalam film Mask karya Peter Bogdanovich tahun 1985.

Cher terus membintangi film-film seperti The Witches of Eastwick, Moonstruck, Mermaids, Mamma Mia! Here We Go Again, dan yang terbaru, Bobbleheads: The Movie (2020). Pada tahun 1988, doi memenangkan Academy Award pertamanya (untuk Moonstruck). Cher kini berusia 75 tahun, dan telah mengantongi 26 album studio solo, plus 5 album sebelumnya dari proyek Sonny & Cher.

Madonna, Panutan Lady Gaga

16 Musisi Bintang Yang Sukses Menjadi Bintang Film Selain Lady Gaga: Madonna
Madonna dalam film Evita (Foto: Buena Vista Pictures/Courtesy Everett Collection).

Siapa yang tidak kenal Tante sexy yang satu ini. Madonna adalah seorang ikon kultur pop. Popstar sekaligus aktris yang sensasional. Pada tahun 1985, kurang dari setahun setelah Madonna merilis albumnya yang fenomenal, Like A Virgin, doi juga membawakan salah satu peran filmnya yang paling ikonik, saat membintangi Desperately Seeking Susan karya Susan Seidelman bersama Rosanna Arquette. Madonna memenangkan Golden Globe Award untuk Aktris Terbaik, dari peran utamanya sebagai Evita Peron dalam film Evita tahun 1996. Doi juga bermain dengan Rupert Everett dan Benjamin Bratt dalam drama tahun 2000 berjudul The Next Best Thing. Dan menjadi cameo dalam film James Bond tahun 2002, Die Another Day.

LL Cool J

16 Musisi Bintang Yang Sukses Menjadi Bintang Film Selain Lady Gaga: LL Cool J
LL Cool J (Foto: Getty Images).

Setelah meluncurkan kariernya sebagai rapper melalui label rekaman Def Jam pada tahun 1984, LL Cool J kemudian merilis 13 album studio dan memenangkan dua Grammy Awards. Doi juga mengambil beberapa peran akting di sepanjang jalan karier musiknya. Pertama di film Wildcats (1986), filmnya bersama Wesley Snipes, Goldie Hawn, dan Woody Harrelson. Selanjutnya, Toys (1992), di mana doi menjadi lawan mainnya Robin Williams. Pada tahun 1995, LL Cool J membintangi sitkom TV-nya sendiri, In the House. Tahun 1998 main di film Halloween H20 dan 1999, Deep Blue Sea dan filmnya Oliver Stone, Any Given Sunday. Sejak 2009, LL Cool J telah membintangi serial TV NCIS: Los Angeles.

Ice-T

16 Musisi Bintang Yang Sukses Menjadi Bintang Film Selain Lady Gaga: Ice-T
Ice-T dalam film New Jack City.

Yoi, rapper legendaris nih. Ice-T memulai kariernya sebagai rapper underground pada 1980-an dan menandatangani kontrak dengan Sire Records ketika doi merilis album debutnya Rhyme Pays pada 1987. Pada 1991, doi berperan sebagai detektif polisi dalam filmnya Mario Van Peebles, New Jack City. Kemudian pada tahun yang sama, doi memainkan peran sebagai pemimpin geng di film Ricochet, main bareng aktor Denzel Washington dan John Lithgow. Film lain doi yang berperan sebagai pemimpin geng, yaitu di Trespass tahun 1992, diikuti oleh peran utamanya dalam Surviving the Game tahun 1994 dan peran pembantu di film Johnny Mnemonic dan Tank Girl, tahun 1995. Vokalis band hardcore veteran Body Count ini juga pernah berperan sebagai detektif NYPD sebagai sersan Odafin Tutuola di serial TV NBC, Law & Order: Special Victims Unit sejak tahun 2000.

Will Smith

Will Smith dalam serial The Fresh Prince of Bel-Air (Foto: Chris Cuffaio/NBCU).

Yoi, aktor favorit nih. Will Smith berawal sebagai rapper yang sukses bersama rekannya, Jeff Townes di bawah moniker DJ Jazzy Jeff & the Fresh Prince ketika mereka masih remaja. Pada tahun 1986, single pertama pasangan ini, ‘Girls Ain’t Nothing But Trouble’ menjadi hit, dan album debut mereka tahun 1987, Rock the House, tembus posisi teratas Billboard Top 200. Pada tahun 1991, NBC mengembangkan serial sitkom dengan peran utama Will Smith, The Fresh Prince of Bel-Air, di mana doi membintangi selama enam musim. Itulah batu loncatan doi masuk ke daftar A Hollywood dengan film seperti Bad Boys tahun 1995, Independence Day tahun 1996, dan Men in Black tahun 1997. Doi kemudian mendapatkan nominasi Oscar untuk film Ali tahun 2001 dan The Pursuit of Happyness tahun 2006.

Ice Cube

Ice Cube dalam film Boyz n the Hood (Foto: dok. Columbia Pictures/Everett Collection).

Sebagai mantan member grup rap legendaris N.W.A yang berbasis di Los Angeles, Ice Cube termasuk di antara tokoh paling berpengaruh dalam sejarah hip-hop. Tetapi peran akting pertamanya sebagai Doughboy di filmnya John Singleton, Boyz n the Hood juga cukup berpengaruh. Ice Cube melanjutkannya dengan peran dalam beberapa serial TV, yakni Friday (1995, 2000, 2002), Barbershop (2002, 2004, 2016), 21 Jump Street (2012), dan 22 Jump Street (2014).

Queen Latifah

Queen Latifah dalam film Star (Foto: Wilford Harewood/FOX).

Nah ini salah satu rapper cewek beken awalnya. Queen Latifah adalah salah satu dari lima artis hip-hop atau R&B yang pernah menerima nominasi Academy Award dalam kategori akting. Namun sebelum doi membintangi film seperti Chicago, Barbershop 2: Back in Business, Beauty Shop, Hairspray, dan Girls Trip, doi adalah seorang rapper yang merilis album debutnya, All Hail the Queen (menampilkan single hit ‘Ladies First’) melalui Tommy Boy Records pada tahun 1989. Perannya sebagai Miss Carlotta dalam serial Fox Star merupakan salah satu akting terbaiknya.

Mark Wahlberg

Mark Wahlberg dalam film Transformers: Age of Extinction.

Ini dia nih aktor film laga paling favorit. Setelah menjalani hukuman singkat di penjara ketika doi berusia 16 tahun karena berpartisipasi dalam pemukulan bermotivasi ras pada 1988 di Boston, Mark Wahlberg mengikuti langkah abangnya, Donnie Wahlberg (member boyband New Kids on the Block) ke kancah musik. Doi tampil sebagai rapper di bawah moniker Marky Mark and the Funky Bunch dan cepat beken karena bodinya yang atletis dan kegemarannya untuk pamer. Album pertama Marky Mark, Music for the People menampilkan hits seperti ‘Good Vibrations’ dan ‘Wildside’, dan meraih sertifikat Platinum dari RIAA.

Peran akting terobosan pertama Mark adalah di The Basketball Diaries tahun 1995, di mana doi muncul bersama Leonardo DiCaprio. Peran utama pertamanya dalam film Paul Thomas Anderson tahun 1997, Boogie Nights (di mana doi berperan sebagai pencuci piring yang menjadi bintang porno dengan adegan bugil yang tanpa sensor, frontal banget) yang memperkuat kemampuan aktingnya. Mark terus muncul di film pemenang Academy Awards seperti The Departed dan The Fighter, dan terus-menerus menghasilkan peran utama dalam film-film seperti Planet of the Apes, The Italian Job, Transformers: Age of Extinction, Ted, Daddy’s Home, dan All the Money in the World.

Mandy Moore

Mandy Moore dalam film A Walk to Remember.

Pada tahun 1999, di tengah popularitas para ratu pop seperti Britney Spears dan Christina Aguilera, Mandy Moore yang saat itu berusia 15 tahun merilis album popnya, So Real, dengan single hit ‘Candy’. Album perdana itu pun meraih sertifikasi Platinum dari RIAA. Single sekaligus judul dari album studio keduanya, I Wanna Be With You (2000), menjadi lagu Top 30 pertama Moore di AS, memuncak di nomor 24 di Billboard Hot 100. Moore kemudian merilis album studio Mandy Moore (2001), Coverage (2003), Wild Hope (2007), Amanda Leigh (2009) dan Silver Landings (2020).

Salah satu peran film pertama Moore adalah pada tahun 2001 (sebagai gadis jahat di The Princess Diaries sebagai lawan main Anne Hathaway). Setelah itu doi lanjut akting pada tahun berikutnya dengan filmnya yang paling berkesan, A Walk to Remember. Kemudian membintangi film Chasing Liberty (2004), Saved! (2004), Racing Stripes (2005), Because I Said So (2007), License to Wed (2007), Love, Wedding, Marriage (2011), 47 Meters Down (2017), The Darkest Minds (2018), dan Midway (2019). Moore juga mengisi suara Princess Rapunzel dalam film komedi musikal fantasi animasi Disney Tangled (2010). Selain itu, Moore juga membintangi drama NBC nge-hit, This is Us sejak 2016.

Beyoncé

Beyoncé bersama Mike Myers dalam film Austin Powers in Goldmember.

Saat masih menjadi member Destiny’s Child, Beyoncé sudah membintangi film besar pertamanya (tidak termasuk film TV Carmen: A Hip Hopera buatan MTV) di film komedi Austin Powers in Goldmember tahun 2002. Dilanjutkannya dengan The Fighting Temptations dan The Pink Panther tahun 2003 sebelum mendapatkan salah satu peran utama dalam Dreamgirls (bareng Jennifer Hudson), film pemenang Academy Award dari tahun yang sama. Doi kemudian membintangi Cadillac Records (2008), Obsessed (2009), dan muncul sebagai suara Nala dalam film animasi The Lion King bersama Donald Glover pada 2019.

Ludacris

Ludacris (Foto: dok. Universal/Everett Collection).

Ludacris menghabiskan masa akhir 1990-an dan awal 2000-an menjadi hit di berbagai tangga lagu. Yaitu dengan lagu-lagu seperti ‘Rollout’, ‘Stand Up’, “Act a Fool,” dan fitur di lagunya Missy Elliott ‘One Minute Man’. Tetapi doi juga mulai berakting dengan nama aslinya, Chris Bridges, pada awal 2000-an. Yaitu untuk film-film seperti Law & Order: Special Victims Unit (di mana doi bermain sebagai anak tiri dari peran yang dimainkan Ice-T), RocknRolla (2008), dan paruh kedua dari seri Fast and the Furious.

Jennifer Hudson

Jennifer Hudson dalam teater Broadway The Color Purple.

Dua tahun setelah Jennifer Hudson menempati posisi ketujuh di American Idol, Hudson memenangkan Oscar untuk perannya sebagai Effie White di film Dreamgirls tahun 2006. Menyusul kesuksesan tersebut, Hudson menandatangani kontrak dengan Arista Records dan merilis album studio debut self-titled-nya pada 2008, yang bersertifikat Emas di AS, terjual lebih dari satu juta kopi di seluruh dunia, dan memenangkan Grammy Award untuk Album R&B Terbaik. Album studio berikutnya, I Remember Me (2011) dan JHUD (2014), kembali mendapatkan sertifikasi Emas di AS. Peran akting Hudson lainnya termasuk dalam film Sex and the City (2008), The Secret Life of Bees (2008), Winnie Mandela (2011), Black Nativity (2013), Sing (2016), Cats (2019). Kemudian beberapa serial TV, yakni Smash (2012), Empire (2015), Confirmation (2016), dan debut Broadway-nya dengan teater musikal The Color Purple. Doi juga dipilih sendiri oleh Aretha Franklin untuk memerankan mendiang penyanyi legendaris itu dalam film biopiknya, Respect (2021).

Justin Timberlake

Justin Timberlake dalam film Alpha Dog. (Foto: dok. New Line Cinema/ Everett Collection).

Justin Timberlake memulai kariernya di serial TV anak-anak The Mickey Mouse Club (bareng Ryan Gosling, Britney Spears, Christina Aguilera, dan JC Chasez yang kemudian menjadi rekan satu grupnya di NSync). Tetapi karier aktingnya sebagai aktor belum melesat sebelum karier boybandnya, NSync yang sangat sukses mulai memudar. Dari berakting, Timberlake memenangkan dua Emmy Awards untuk penampilan tamunya di Saturday Night Live dan membintangi film-film seperti The Social Network, Bad Teacher, Friends With Benefit, Alpha Dog, dan Inside Llewyn Davis. Semuanya sambil mempertahankan karier solo musiknya yang mencakup lima album studio, dua kompilasi album, dan 39 single (termasuk 18 di antaranya sebagai artis fitur).

Rihanna

Rihanna dalam film Ocean’s Eight. (Foto: Barry Wetcher/dok. Warner Brothers/Everett Collection).

Film pertama Rihanna terkait dengan karier musiknya, saat doi muncul di film Bring It On: All or Nothing (yang juga menampilkan Solange Knowles sebagai pemandu sorak) tahun 2006. Kemudian doi mengambil peran yang lebih kompleks, seperti peran sebagai perwira rendahan Cora Raikes di Battleship (2012), “Dewi Bulan” dalam film Annie (2014), Marion Crane di serial TV Bates Motel, penyanyi lounge di Valerian and the City of a Thousand Planets (2017). Dan sebagai seorang hacker jago bernama Nine Ball di film Ocean’s Eight.

Baca juga: Lady Gaga Ungkap Trauma Pasca Diperkosa Produser Di Awal Kariernya

Harry Styles

Harry Styles dalam film Dunkirk. (Foto: dok. Warner Bros/ Everett Collection).

Mantan member boyband One Direction, Harry Styles membuat debut layar lebarnya dalam film garapan Christopher Nolan yang dipuji secara kritis, Dunkirk. Sebuah film epik tentang Perang Dunia II yang memenangkan Academy Awards pada tahun 2017.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lady Gaga

    Lady Gaga Rilis "Dawn Of Chromatica" Yang Sarat Gebrakan Baru

    Sampul album terbaru Dawn Of Chromatica Hari ini adalah hari yang spesial bagi Lady Gaga karena secara resmi album versi remix Chromatica dirilis. Versi rem

    on Sep 4, 2021
    Lady_Gaga_02

    Lady Gaga Umumkan Album Remix "Chromatica" Fitur Lebih Banyak Artis

    Lady Gaga dalam MV Stupid Love (Foto: dok. Lanny Cordola). Baru-baru ini melalui akun resmi media sosialnya Lady Gaga mengumumkan jadwal rilis album remix-n

    on Sep 1, 2021
    Jennifer Lopez

    Jennifer Lopez & Ben Affleck Ciuman di Foto Instagram Baru

    Bennifer 2.0 telah resmi dikonfirmasi dengan ciuman yang dibagikan di akun Instagram Jennifer Lopez sendiri. "5 2 … apa yang dilakukannya," tulis Lopez

    on Jul 24, 2021
    Friends Reunion BTS Lady Gaga Justin Bieber

    Lady Gaga, Justin Bieber, BTS Tampil Di Film "Friends" Disensor Di Chi...

    Lady Gaga, Justin Bieber, dan BTS sukses tampil di film Friends: The Reunion. Namun sayangnya adegan film yang menampilkan ketiga artis top dunia tersebut

    on May 31, 2021