×
×

Search in Mata Mata Musik

17 Sejarah Singkat Mendiang Rockstar Dengan Penyebab Kematian Yang Aneh

Posted on: 06/7/20 at 6:00 am

Fakta kematian para rockstar di era-era awal akibat overdosis penyalahgunaan narkoba dan alkohol memang sesuatu yang di luar kewajaran, dan mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Namun ada deretan rockstar yang bernasib malang, meniti jalan menuju pintu keluar dari hidupnya dalam keadaan yang jauh lebih aneh. Inilah artikel yang menjelaskan secara ringkas bagaimana 17 rockstar di bawah ini saat menemui ajalnya.

Baca Juga: Sebelum & Sesudah: 23 Rocker Yang Pernah Berambut Panjang dan Pendek

1. Randy Rhoads

Randy Rhoads.
Randy Rhoads. (Foto: Fin Costello, Getty Images).

Gitaris kelahiran Amerika Serikat (AS) yang tampil di album Blizzard of Ozz-nya Ozzy Osbourne ini meninggal di usia muda, 25 tahun, dalam kecelakaan pesawat yang aneh pada 19 Maret 1982. Dalam perjalanan ke sebuah festival musik di Orlando, Florida, bus tur yang membawa rombongan band ke sana sempat berhenti di Flying Baron Estates, Leesburg, Florida untuk memperbaiki sistem pendingin udara (AC) yang rusak. Saat itu Ozzy dan istrinya Sharon Osbourne, dramer Tommy Aldridge, bassis Rudy Sarzo sedang tidur di bus.

Karena bosan menunggu, sopir bus tur ini timbul ide setelah melihat landasan udara di dekatnya. Sopir bus tur bernama Andrew Aycock ini kebetulan adalah mantan pilot komersial, dan dia nekat naik dan mengemudikan pesawat kecil tanpa izin, hanya untuk bersenang-senang. Dia mengajak kibordis Don Airey dan manager tur Jake Duncan sebagai penumpangnya. Penerbangan pertama ini, menurut keterangan Jake, Andrew usil terbang melewati atas bus untuk membangunkan Tommy Aldridge dengan suara berisik dengungan mesin pesawat. Setelah mereka mendarat, penerbangan kedua, giliran Rhandy Rhoads dan make-up & hair stylist Rachel Youngblood ikut naik pesawat. Kali ini, Andrew berhasil melintasi atas bus dua kali, namun yang ketiga kali dia gagal dan sayap kiri pesawatnya menabrak bagian atas bus yang menyebabkan sayapnya terbagi dua dan laju pesawatnya menjadi hilang kendali, kemudian menabrak pohon sebelum akhirnya menabrak garasi sebelah rumah dan meledaklah pesawat itu yang menewaskan seketika semua awak di dalamnya. Damn!

2. Keith Relf

Keith Relf.
Keith Relf. (Foto: via Pop Expresso).

Vokalis band blues rock kebangsaan Inggris, The Yardbirds ini terkenal dengan turut membantu gitaris Jimmy Page selama penulisan lagu ‘Shapes Of Thing’ dan karena menyanyikan versi awal lagu itu yang merupakan cikal bakal salah satu lagu klasik Led Zeppelin ‘Dazed And Confused’. Keith Relf meninggal pada tahun 1976 di usia 33 tahun ketika dia tersengat listrik di ruang bawah tanah rumahnya di London saat bermain gitar listrik yang tidak dikelola dengan benar.

Selama sisa hidupnya, Keith Relf berada dalam kondisi kesehatan yang buruk, dia menderita emfisema dan asma yang kemungkinan besar membuat dia tidak bisa bertahan menghadapi sengatan listrik.

3. Terry Kath

Terry Kath.
Terry Kath. (Foto: via Forestdweller).

Seorang anggota pendiri band pop rock legendaris, Chicago, gitaris Terry Kath meninggal di Woodland Hills, California di usia 31 tahun. Kebiasaan buruknya mengonsumsi obat terlarang sudah terkenal. Namun ini mengenai kecintaan Terry yang lain, dia seorang pecinta senjata, yang membuat hidupnya berakhir lebih cepat. Pada 23 Januari 1978, Terry Kath berpesta di rumah teknisi Chicago, Don Johnson.

Terry Kath mengambil pistol revolver 0,38 dengan peluru kosong, menodongkan ke kepalanya dan menarik pelatuknya. Dia kemudian pindah ke pistol 9mm semi-otomatis, dan yakin pelurunya kosong, dia sudah membuktikan ke Don Johnson bahwa magasin pistolnya telah kosong setelah dia memutar-mutarnya untuk mengeluarkan pelurunya, dan kemudian melakukan aksi yang sama, kali ini ditodongkan ke pelipisnya. Sayangnya, Terry Kath telah melewatkan satu putaran yang ada di magasin pistol itu, dan mati seketika ketika pistolnya meletus.

4. Steve Peregrin Took

Steve Peregrin Took.
Steve Peregrin Took. (Foto: via Ultimate Classic Rock).

Multi-instrumentalis warga negara Inggris ini beken saat bersama Marc Bolan di band rock Tyrannosaurus Rex alias T. Rex, namun dia memiliki riwayat penyalahgunaan obat terlarang yang tidak kalah beken. Selain itu dia dikenal karena sering “mengerjai” orang dengan trick ‘kocak’-nya, yaitu membubuhi minuman beralkohol dengan halusinogen kepada para korban yang tidak merasa curiga.

Musisi yang dijuluki ‘The Phantom Spiker’ ini dipecat dari Tyrannosaurus Rex pada tahun 1969. Pada tahun 1980, Steve Peregrin Took tinggal di Notting Hill bersama Valerie Billiet. Pasangan itu menyuntikkan morfin, tetapi bukan praktik berbahaya yang gila ini yang membunuhnya. Faktanya, dia meninggal karena sesak napas setelah menghirup ceri dalam koktail yang dia minum saat itu. WTF!

5. Claude Francois

Claude Francois.
Claude Francois. (Foto: via Newsbeezer).

Penyanyi pop rock Perancis beken yang menulis lagu ‘Comme D’Habitude’ (versi asli dari lagu hit Frank Sinatra, ‘My Way’) adalah bintang besar di negara asalnya, menjual 70 juta album yang cukup mengejutkan selama kariernya. Dia meninggal di apartemennya di Paris pada 11 Maret 1978 di usia 39 tahun. Penyebabnya?

Francois sedang mandi ketika dia melihat bahwa lampu di kamar mandi tidak rata di dinding. Dia memutuskan untuk mencoba meluruskannya dan ketika dia melakukannya – dengan tangannya basah semua – musisi itu terkena sengatan listrik dan meregang nyawa. Sepele namun mematikan!

6. Dennis Wilson

Dennis Wilson.
Dennis Wilson. (Foto: via BBC).

Anggota band rock The Beach Boys ini terkenal sebagai musisi yang sangat berbakat, sekaligus sebagai manusia yang tidak menentu. Ketika dia meninggal pada 28 Desember 1983, pria 39 tahun itu sebelumnya dalam kondisi kehilangan tempat tinggal di California dan dilanda kecanduan. Dennis Wilson bertengkar hebat di bar dan dilarikan ke rumah sakit untuk mengobati luka-lukanya.

Berjam-jam kemudian, dia keluar sendiri dari rumah sakit dan mulai minum minuman beralkohol di kapal pesiar seorang teman di Marina del Rey. Dia memutuskan akan lebih baik untuk menyelam ke dalam air untuk mencoba mengambil berbagai kepingan yang dia lemparkan ke laut dari kapal pesiarnya sendiri tiga tahun sebelumnya, dan naasnya, dia tenggelam dalam upayanya yang sia-sia itu.

7. Jeff Porcaro

Jeff Porcaro. (Foto: via Toto fan club).

Dramer paling beken dalam sejarah band rock Toto ini meninggal di usia 38 tahun pada 5 Agustus 1992. Ceritanya dia menyemprotkan insektisida di halaman rumahnya, sejak itu dia menderita reaksi alergi, dan meninggal malam itu juga di rumah sakit. Kantor Koroner Los Angeles, bagaimanapun, menyatakan bahwa penyebab kematiannya adalah serangan jantung yang disebabkan oleh penyalahgunaan kokain.

Sisa anggota band yang masih hidup dan keluarga Jeff dengan keras menyangkal hal ini, mengatakan bahwa saat itu Jeff memang menggunakan kokain, tidak mungkin dia adalah pecandu berat kokain. Namun pada akhirnya gitaris Steve Lukather berasumsi bahwa Jeff memiliki kondisi jantung bawaan mengingat dua pamannya yang meninggal karena penyakit jantung ketika mereka berusia 40 tahun.

8. Michael Hutchence

Michael Hutchence.
Michael Hutchence. (Foto: Michael Putland/Getty Images).

Vokalis band rock INXS yang sempat jadi simbol seks di Australia ini meninggal dengan cara bunuh diri pada 27 November 1997 di usia 37 tahun. Pemeriksaan atas kematian Michael Hutchence di Hotel Ritz-Carlton di Sydney menyimpulkan bahwa dia bunuh diri ketika stres berat dan di bawah pengaruh alkohol dan “obat-obatan lain”.

Kenapa dia depresi? Karena Michael Hutchence terperangkap di tengah perpisahan yang berantakan antara pacarnya Paula Yates akibat tuntutan secara legal Bob Geldof yang melarang Paula dan anak-anak hasil pernikahannya dengan Bob untuk bertemu dengan Michael lagi. Saat itu Paula sedang berencana mengunjungi Michael ke Australia bersama anak hasil hubungannya dengan Michael dan tiga anak dari Bob Geldof.

Michael ditemukan dalam posisi berlutut menghadap pintu. Dia telah menggunakan sabuk kulit ularnya untuk mengikat simpul pada penutupan pintu otomatis di bagian atas pintu, dan telah menundukkan kepalanya ke depan ke dalam simpul itu sedemikian keras sampai sabuknya patah”.

9. Randy California

Randy California.
Randy California. (Foto: Frans Schellekens/Redferns/Getty Images via JTA).

Gitaris band rock Spirit ini adalah salah satu wajah dari gerakan hippies 1960-an di AS. Namun terlepas dari penyalahgunaan zat yang terkenal pada zaman itu, Randy California meninggal pada tahun 1997 di usia 45 tahun dalam kecelakaan tragis.

Saat berenang di Samudra Pasifik pada tanggal 2 Januari di Molokai, Hawaii, dekat rumah ibunya, musisi dan putranya yang berusia 12 tahun, Quinn, mengalami kesulitan berenang ketika arus kencang menggeliat di laut. Randy California berhasil menyelamatkan putranya dengan mendorongnya ke pantai, tetapi tidak bisa menyelamatkan dirinya dan tenggelam. Randy meninggal sebagai pahlawan yang dikenang dan dihormati sepanjang hidup putranya.

10. Jeff Buckley

Jeff Buckley. (Foto: Hans van den Bogaard).

Putra dari artis solo 1960-an Tim Buckley, adalah seorang gitaris, penyanyi dan penulis lagu kelahiran California yang meninggal di usia 30 tahun pada tanggal 29 Mei 1997. Jeff Buckley dicintai fans karena penulisan lagunya yang penuh penjiwaan yang luar biasa, namun sayangnya Jeff membuat keputusan fatal untuk pergi berenang mengenakan pakaian dan sepatu bot di Wolf River Harbor, sebuah saluran air di sungai Mississippi dekat Memphis, Tennessee.

Teknisi bandnya Jeff, Keith Foti sedang ada di bank ketika dia menyadari bahwa penyanyi itu menghilang. Mayatnya akhirnya ditemukan pada 4 Juni oleh dua penduduk setempat. Otopsi menetapkan bahwa tidak ada tanda-tanda obat atau alkohol dalam sistem tubuh Jeff.

11. Dimebag Darrell

Dimebag Darrell.
Dimebag Darrell. (Foto: Vaughn Youtz).

Diamond “Dimebag” Darrell, gitaris ikonik band thrash metal ugal-ugalan Pantera ini meninggal dalam keadaan yang paling tragis pada 8 Desember 2004. Pantera bubar pada tahun 2003 dan Dimebag saat itu sedang tampil live dengan band barunya bersama sang kakak, dramer Vinnie Paul, Damageplan, di Villa Alrosa di Columbus, Ohio, AS.

Tidak lama setelah Damageplan memulai set mereka, seorang mantan marinir berusia 25 tahun, Nathan Gale, menembak Dimebag dengan pistol Beretta 9mm. Tiga peluru menembus ke kepala Dimebag yang membuatnya mati seketika. Mati di atas panggung yang membuat geger seluruh orang dan penonton yang ada di venue, berlari kocar-kacir menghindari orang sinting memegang pistol ini. Nathan Gale kemudian membunuh korban lainnya dengan total empat orang dan melukai tujuh lainnya sebelum petugas polisi menembaknya hingga mati. Damn!

12. Mike Edwards

Mike Edwards.
Mike Edwards. (Foto: Getty Images).

Pemain cello kelahiran Inggris, Mike Edwards mungkin mengalami kematian paling aneh dari musisi rock mana pun. Musisi yang meniti karier bersama band rock ELO alias Electric Light Orchestra dari tahun 1972 hingga 1975, telah pindah ke Devon untuk mengerjakan sejumlah proyek, dan untuk mengajar cello dan violin. Dia meninggal pada 3 September 2010 di usia 62 tahun, berlokasi di jalan A381 antara Harbertonford dan Halwell, dekat dengan rumahnya di Totnes.

Mike Edwards mengendarai sebuah mobil van ketika sebuah bola jerami berbentuk silinder dengan berat 1.300 pound berguling menuruni bukit dan bertabrakan dengan mobil yang dikendarainya itu yang membuat Mike meninggal di tempat. Pengadilan kasus bola jerami yang menewaskan Mike berikutnya memutuskan bahwa dua terdakwa tidak bersalah atas pelanggaran kesehatan dan keselamatan karena murni kecelakaan.

13. Samong Traisattha

Samong Traisattha.
Samong Traisattha. (Foto: Facebook).

Samong Traisattha adalah vokalis merangkap bassis band black metal yang berasal dari Thailand bernama Surrender of Divinity. Samong meninggal mengenaskan setelah ditikam berkali-kali di rumahnya sendiri pada 8 Januari 2014. Dia berusia 36 tahun. Menurut istri musisi ini, seorang penggemar bernama Prakam Harnphanbusakorn telah datang untuk minum bareng dan untuk membicarakan tentang mencetak beberapa t-shirt Surrender of Divinity.

Beberapa saat kemudian, sang istri spontan histeris saat menemukan suaminya tergeletak berlumuran darah di ruang tamu. Seorang pengguna Facebook kemudian memposting foto tubuh tersebut di situs jejaring sosial dan menulis sebuah pengakuan yang mengatakan bahwa mereka telah membunuh musisi itu karena Samong bermain musik black metal, tetapi dia bukan seorang satanik sejati. Goddamnit!

14. Sandy Denny

Sandy Denny.
Sandy Denny. (Foto: Steve Wood/Hulton Archive/Getty Images).

Vokalis band folk rock Fairport Convention yang sangat disegani ini sempat berduet dengan Robert Plant di lagu Led Zeppelin ‘The Battle of Evermore’, dan saat rekaman lagu itu, Sandy sedang tidak dalam kondisi kesehatan yang baik, saat itu dia berusia 30 tahun. Dikenal karena kebiasaan minum alhohol dan penyalahgunaan kokain, perilaku Sandy Denny menjadi tidak menentu ketika dia pergi berlibur dengan orang tuanya dan anaknya yang masih bayi, Georgia pada bulan Maret 1978.

Dia jatuh dari tangga dan kepalanya terbentur beton. Dokter yang merawatnya meresepkan obat penghilang rasa sakit yang bernama distalgesic, yang berbahaya jika dicampur dengan alkohol. Pada 17 April, Sandy pingsan di rumah temannya, Miranda Ward dan meninggal empat hari kemudian di rumah sakit Wimbledon di usia 31 tahun.

15. Stiv Bators

Stiv Bators.
Stiv Bators. (Foto: Edward Colver).

Vokalis band punk rock AS, The Dead Boys dan Lords of New Church sudah hampir mati di panggung sekali, ketika suatu aksi yang dirancang agar terlihat seperti dia menggantung dirinya terjadi kesalahan. Stiv Bator dinyatakan mati secara klinis selama beberapa menit, tetapi secara ajaib selamat.

Setelah lolos dari kematian yang begitu beruntung, Stiv Bator akhirnya meninggal di usia 40 tahun dan terkesan banal. Dia ditabrak oleh mobil taksi di Paris, dan dikirim ke rumah sakit. Stiv Bator menunggu selama berjam-jam, tetapi akhirnya pergi mendahului sebelum bertemu dokter. Dia meninggal dalam tidurnya pada tanggal 4 Juni 1990 sebagai akibat dari gegar otak.

16. Kirsty MacColl

Kirsty MacColl.
Kirsty MacColl. (Foto: via CBC).

Duet penulis lagu Inggris yang tak terlupakan ini dengan vokalis Pogues, Shane MacGowan di lagu ‘Fairytale Of New York’ telah mengubahnya menjadi nama yang familiar. Sayangnya, dia meninggal di usia 41 tahun ketika sebuah speedboat menabraknya pada 18 Desember 2000, Kristy MacColl sedang berlibur di Cozumel, Meksiko bersama putra dan rekannya.

Meskipun berada di zona penyelaman yang ditunjuk dengan entri terbatas, speedboat memasuki area tersebut. Kristy MacColl melihat bahwa itu mengarah langsung ke putra sulungnya, Jamie, dan berhasil mendorongnya untuk terhindar dari situ. Tapi sayangnya, Kristy malah tertabrak oleh perahu berkecepatan tinggi itu dan mati seketika. Lagi-lagi, orang tua yang meninggal sebagai pahlawan anaknya.

Baca Juga: Ketika Musik Hip-Hop Rap dan Rock Metal Kawin Hingga Melahirkan Anak

17. Euronymous

Euronymous.
Euronymous. (Foto: Mayhem fan club).

Oystein Aarseth, yang memiliki nama panggung Euronymous, adalah gitaris black metal Norwegia legendaris, Mayhem. Setelah terlibat pertikaian konyol dengan sesama musisi black metal Norwegia, Varg Vikernes alias Count Grisnackh, segala sesuatunya kian memburuk hingga pada titik di mana pada malam 10 Agustus 1993, Varg Vikernes pergi ke apartemen Oystein di Toyengata, dan menikamnya di luar pintu depan apartemennya.

Tubuh Oystein ditemukan dengan 23 luka tusukan – dua di kepala, lima di leher dan 16 di belakang. Dia berusia 25 tahun. Varg Vikernes ditangkap sembilan hari kemudian dan akhirnya dihukum 21 tahun penjara. Selengkapnya, tonton saja film biopik Lords of Chaos buat hiburan, atau kalau kamu seorang “purist black metal”, baca saja buku Lords of Chaos atau nonton film dokumenter Until the Light Takes Us, yang menceritakan garis besar scene awal black metal Norwegia.

Sumber: Classic Rock, beberapa literatur
Penerjemah, Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Slash

10 Riff Gitar Terbaik Sepanjang Masa Versi Slash (Guns N’ Roses)

Slash. (Foto: Robert Knight Archive, Getty Images). Gitaris legendaris Guns N' Roses (GN'R), Slash adalah orang yang paling bertanggung jawab atas banyaknya

on Jul 4, 2020
#LetTheMusicPlay

Iron Maiden, Enter Shikari dan 1500 Artis Lebih Dukung Kampanye #LetTh...

Iron Maiden. (Foto: via Kerrang!). Lebih dari 1.500 artis telah menandatangani surat terbuka kepada pemerintah Inggris sebagai bagian dari kampanye #LetTheM

on Jul 3, 2020
Mike Shinoda

Mike Shinoda Umumkan Album Baru Yang Dibuat di Twitch Bersama Fans

Mike Shinoda. (Foto: Frank Maddocks). Di awal masa karantina, salah satu pendiri Linkin Park, Mike Shinoda jatuh cinta dengan layanan livestream Twitch. Dia

on Jul 1, 2020
Antartick & Bogorian Voices.

Antartick & 17 Musisi Bogor Serukan Bangkit Dari Pandemi Lewat ‘Indo...

Antartick & Bogorian Voices 'Indonesia Kita'. Perubahan kini terjadi di segala penjuru. Alih-alih mengeluh dan berhenti berkarya bukankah sebaiknya kita

on Jun 25, 2020