×
×

Search in Mata Mata Musik

20 Lagu K-Pop ‘Underrated’ Yang Mesti Lo Dengar Dari Tahun 2020

Posted on: 01/7/21 at 10:00 am

20 Lagu K-Pop 'Underrated' Yang Mesti Lo Dengar Dari Tahun 2020

Mengucapkan selamat tinggal kepada tahun 2020 tuh berasa lega yah, lo pasti merasakannya juga, ya bagaimana nggak, hampir di sepanjang tahun lalu kita dibikin susah oleh dampak pandemi Covid-19. Tapi meski begitu, untungnya para artis di blantika musik tetap produktif merilis musik barunya selama tahun 2020. Bahkan kita masih bisa terus menikmati musiknya sampai sekarang, dari semua genre termasuk K-pop.

Baca juga: 12 Lagu K-Pop Yang Berfungsi Sebagai Advokasi Isu Kesehatan Mental

Kalau membicarakan nama-nama besar seperti BTS atau BLACKPINK yang memegang rekor tersukses dari karya-karya tahun 2020 tentu sudah terlalu sering. Tolok ukur musik bagus atau enak didengar bukan dari berhasil atau tidaknya masuk tanggal lagu atau memenangan ajang penghargaan musik. Di luar karya-karya yang menoreh prestasi, masih banyak loh karya-karya yang tersembunyi dan kurang dihargai di tahun 2020!

Dilansir dari Soompi, berikut ini adalah daftar 20 lagu ‘underrated’ (sesuatu yang bagus tapi tidak dihargai sebagaimana mestinya/diremehkan) yang dirilis sekitar paruh kedua tahun 2020. Dari grup dan solois yang pantas mendapatkan perhatian lebih yang memiliki single dan lagu b-side yang di bawah bayang-bayang artis-artis yang jauh lebih populer. Semoga daftar di bawah ini memberikan petunjuk dan wawasan baru buat lo semua yah…

1. ‘BBUSYEO’ — ONEUS

‘BBUSYEO’ merupakan lagu yang cukup fun dan fresh, jadi pas banget untuk memulai daftar ini. Konsep cerah dan funky lagu ini adalah hal yang baru bagi ONEUS, yang sekali lagi membuktikan keserbagunaan grup ini, tapi sayangnya, lagu ini nggak mendapatkan perhatian seperti yang dimiliki oleh beberapa grup lainnya yang comeback. ‘BBUSYEO’ penuh dengan warna, unik, dan mudah untuk dicerna, jadi jangan dilewatkan:

2. ‘Tears of Chaos’ — E’LAST

E’LAST baru memulai debutnya tahun 2020, tetapi mereka sudah membuktikan bahwa mereka adalah grup yang harus kitai pantau. ‘Tears of Chaos’ adalah rilisan kedua yang berani untuk grup pemula: dramatis, gelap, dan dewasa. Dibangun dari awal yang menyedihkan hingga chorus yang kuat dan gagah, ‘Tears of Chaos’ pada akhirnya bekerja dengan sound string simfoni dan gaya vokal rap yang terengah-engah sebelum memotong instrumennya untuk fokus secara dramatis pada suara para anggotanya. Ini adalah mahakarya yang kompleks dengan video musik yang menarik dan memiliki estetika yang pas.

3. ‘Mermaid’ — Yeeun (CLC)

‘Mermaid’ adalah lagu yang gemerlap dan menggema yang mengingatkan kita pada dunia bawah laut yang ajaib, dan vokal Yeeun sama memesonanya bagaikan peri laut yang aduhai, mengingat doi adalah rapper utama grup CLC! Lagu tersebut menandai penampilan terakhir Yeeun dari reality show hip hop Mnet “Good Girl” (lo juga bisa melihat penampilan live-nya yang menampilkan Rohann), dan merupakan gem yang sangat indah dan pantang untuk dilewatkan.

4. ‘Pit A Pat’ — Kim Junsu (XIA)

Vokal khas Kim Junsu membawa kita kembali ke masa-masa awal K-pop, dan ‘Pit a Pat’ bersandar pada getaran lagu ini dengan instrumental yang mengingatkan kita pada tahun 2010-an. Tapi itu bukan satu-satunya alasan ‘Pit a Pat’ adalah lagu yang kuat: lagu ini memiliki energi positif yang luar biasa yang sulit untuk nggak disukai dan sangat dramatis yang dipertahankan dari awal hingga akhir tanpa menjadi membosankan.

5. ‘2 KIDS’ — Taemin (SHINee)

Taemin merilis begitu banyak musik yang bagus sehingga sulit untuk dilacak, dan ‘2 KIDS’ berada di bawah bayang-bayang rilisannya yang lain di tahun 2020. Sementara lagu-lagu seperti ‘Criminal’ dan ‘IDEA’ lebih merupakan gaya khas Taemin, ‘2 KIDS’ adalah karya yang indah, reflektif, dan nostalgia tentang romansa masa muda yang dulu. Dalam video klip ini, Taemin memamerkan koreografi emosional yang spektakuler saat doi bertanya-tanya bagaimana hal-hal akan berubah menjadi berbeda jika doi dan kekasihnya nggak “terlalu muda dan bodoh”.

6. ‘Obliviate’ — Lovelyz

Lovelyz membawakan kami konsep paling dewasa dalam ‘Obliviate’, di mana mereka mengucapkan mantra untuk menghapus kenangan akan romansa yang menyakitkan. Namun grup ini terus dianggap remeh, hanya mengumpulkan satu kemenangan acara musik untuk lagu misterius dan ajaib. ‘Obliviate’ adalah rilisan yang kuat dan menarik serta pantas mendapatkan lebih!

7. ‘Bad Guy’ — 1THE9

Pada bulan Agustus lalu kita mengucapkan selamat tinggal yang menyedihkan kepada grup proyek 1THE9, yang dibentuk melalui acara audisi untuk bertahan “Under 19”. Tetapi sebelum para anggota berpisah, mereka meninggalkan kita jejak yang kuat dan sangat diremehkan. ‘Bad Guy’ adalah salah satunya: lagu ini menawarkan ledakan intensitas dengan chorus yang berkesan, di mana cowok-cowok ini dengan berani menyatakan bahwa mereka akan melakukan apa saja untuk seorang gadis, bahkan menjadi penjahat!

8. ‘Abracadabra’ — YooA (Oh My Girl)

Setiap lagu dari EP Bon Voyage YooA adalah gem, menandai debut solo yang kuat untuk sang vokalis Oh My Girl ini. ‘Abracadabra’ menonjol karena getarannya yang funky serta cara menunjukkan bakat YooA yang luar biasa dan serba guna: doi memulai bagian chorus dengan seksi sebelum mengganti persneling untuk membiarkan vokalnya yang jernih berkilau dengan ceria, dan itu belum seberapa, lo harus melihat penampilannya di video musiknya:

9. ‘THIS IS NOT A SONG, 1929’ — Jun.K (2PM)

Jun.K dari grup 2PM menggubah, mengaransir, dan menulis lirik untuk lagu balada yang indah ini, yang menampilkan vokal yang kaya dan kuat dari penyanyi itu. Bagian refreinnya benar-benar bikin menggigil, dan judul uniknya diambil dari lukisan terkenal seniman René Magritte tahun 1929 yang menekankan frasa “Ths is not a pipe”. Dengarkan dan biarkan Jun.K menyentuh hati lo dengan suaranya yang lembut:

10. ‘HELL IN HEAVEN’ — TWICE

‘HELL IN HEAVEN’ adalah lagu b-side dari album Eyes Wide Open milik TWICE, dan memainkan tema godaan yang sama dengan judul lagu mereka ‘I CAN’T STOP ME’. Tapi dengan ketukan genit dan mengerahkan, vokal yang terengah-engah, lagu ini menjadi hit dengan sendirinya. ‘HEAVEN IN HELL’ membuat lo merasa seperti tenggelam dalam rimba belantara pesona wanita-wanita ini, dan lo bakal betah di dalamnya!

11. ‘IMAGINE’ — BROOKLYN

Kalau lo belum pernah mendengar tentang BROOKLYN, artis solo ini memulai debutnya pada 2019 dan semakin membaik, semakin panas untuk rilisan 2020-nya! ‘IMAGINE’ adalah lagu dansa yang intens dengan nuansa gelap dan edgy. Dengan instrumental yang mengemudi dengan jalur yang menarik, kami jamin lo akan memiliki pikiran “imagine that, girl” yang berjalan di kepala lo!

12. ‘9LIVES’ — Hyolyn

‘9LIVES’ nggak hanya merupakan lagu balada yang indah, tetapi juga memiliki video musik yang berfokus pada tarian memukau yang ingin lo tonton berulang kali. Lagu ini berbahasa Inggris, dan melalui vokalnya yang kuat dan sarat emosi, Hyolyn menceritakan suatu kisah tentang berada di “hidup untuk cinta” terakhirnya, berharap bahwa kesempatan terakhir ini akan berhasil daripada membuatnya hancur.

13. ‘Cartoon’ — Zico (Block B.)

Zico telah menjadi sinar matahari yang kita butuhkan di tahun 2020, dan kalau lo menyukai lagu ‘Any Song’, lo juga akan menikmati lagu lainnya yang diremehkan ini, ‘Cartoon’. Lagu ini memiliki kombinasi menawan yang sama antara energi yang infeksius dan melodi yang menarik, yang artinya pasti akan bikin lo tersenyum, seperti juga video musiknya, yang memberikan sentuhan unik pada konsep pasca-apokaliptik.

14. ‘Let Me Go’ — Crush dan Taeyeon (Girls ‘Generation)

Seperti judulnya, ‘Let Me Go’ adalah lagu perpisahan, karena penyanyi R&B Crush dan Taeyeon menceritakan dua sisi perpisahan yang akan datang. Meskipun sedih, lagu balada ini juga menenangkan dan yang terpenting, indah: suara Crush dan Taeyeon masing-masing cukup surgawi, tetapi ketika keduanya bersatu untuk berduet di paruh kedua lagu, itu benar-benar suguhan yang lezat bagi telinga.

15. ‘RIDE’ — KNK

KNK adalah grup yang selalu diremehkan, dan ‘RIDE’ adalah yang terbaru: lagu dance yang dipoles dengan synth yang segar, lagu tersebut adalah perjalanan yang mulus sesuai dengan konsep mini album untuk “KNK AIRLINE”. Biarkan cowok-cowok ini mengajak lo menikmati lagu keren ini, dan pastikan lo nggak melewatkan koreografi mereka yang rumit.

16. ‘MISS YOU’ — B.O.Y

Mendengarkan ‘MISS YOU’ seperti dibungkus selimut lembut: lagu itu yang menenangkan, dengan kehangatan yang menyenangkan. Lagunya sederhana, tapi itulah yang membuatnya menjadi pernyataan perasaan manis yang sempurna. Lagu ini adalah rilisan keempat B.O.Y sebagai duo, setelah pembubaran MYTEEN, dan cukup senang melihat apa yang grup ini persiapkan untuk penggemar K-pop di masa mendatang.

17. ‘D.B.D.B.DIB’ — SATURDAY

‘D.B.D.B.DIB’ merupakan suatu bentuk kesenangan murni, dan energi infeksiusnya memang sulit untuk ditolak! Cewek-cewek ini bergantian antara konsep grup gadis muda yang lebih khas dan bagian yang menggoda dengan bass dan rap yang cadas, menjaga hal-hal yang mereka mainkan tetap menarik. Namun riff saksofon di bagian reffrain lah yang membuat lagu ini menonjol dan menjadikannya salah satu lagu dance yang lebih unik di tahun 2020.

18. ‘Run Away’ — Song Mino (WINNER)

‘Run Away’ adalah lagu utama dari album solo kedua Song Mino, tapi entah bagaimana tetap nggak mendapatkan perhatian yang sama seperti single tahun 2018-nya, ‘Fiance’. Ini mungkin karena ‘Run Away’ lebih emosional dan apa adanya, karena Mino memohon sang kekasih untuk menjauh darinya sebelum romansa mereka menyebabkan lebih banyak rasa sakit. Dengan nada kekosongan, bait rap yang mantap, dan chorus yang sangat kuat, ‘Run Away’ sangat menyentuh.

19. ‘OOPSY’ — Weki Meki

Weki Meki telah memiliki serangkaian rilisan yang solid tahun ini, dan sementara mereka akhirnya menarik perhatian dengan ‘COOL’ yang berani, rilisan sebelumnya, ‘OOPSY’ juga menjadi hit dengan sendirinya! Dengan lirik tentang ketidaksengajaan mulai naksir seseorang, lagu ini mengungkapkan rasa malu-malu bahagia dan yang pasti akan terjebak di kepala lo.

Baca juga: 15 Lagu K-Pop Berbahasa Inggris Yang Esensial Untuk Didengar!

20. ‘Like a Movie’ — B1A4

‘Like a Movie’ adalah comeback pertama B1A4 sebagai trio, dan kedengarannya seperti dongeng. Lagu ini memiliki nuansa sinematik kuno yang cocok untuk para pangeran K-pop ini, dan getarannya yang hangat dan kabur menjadikannya nggak hanya salah satu hit terkuat dan diremehkan di tahun 2020, tetapi juga lagu menyenangkan yang abadi.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Boyband

    30 Urutan Peringkat Boyband K-Pop Terpopuler Edisi Bulan April 2021

    30 urutan peringkat boyband K-pop terpopuler edisi bulan April 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand ali

    on Apr 13, 2021
    Rosé Blackpink

    Rosé Sulit 'Move On' Setelah Putus Yang Terpapar Dalam MV 'Gone'

    Rosé (Foto: via YouTube). Bulan lalu, anggota BLACKPINK, Rosé merilis single solo baru berjudul 'Gone'. Lagu tentang kesulitan untuk 'move on' setelah put

    on Apr 5, 2021
    BTS Film Out

    BTS Lepas MV Single 'Film Out' Dari Album Berbahasa Jepang Mendatang

    BTS telah meluncurkan lagu baru mereka yang berjudul 'Film Out'. Tonton video musik pengiringnya di bawah artikel ini. Baca juga: BTS: Semua Hal Yang Pe

    on Apr 4, 2021
    BTS

    BTS: Semua Hal Yang Perlu Lo Tahu Tentang Tujuh Bangtan Boys

    BTS (Foto: Big Hit Entertainment). BTS adalah artis Asia pertama yang meraih prestasi tertinggi dalam sejarah musik. Di sepanjang kariernya, boyband K-pop i

    on Mar 30, 2021