×
×

Search in Mata Mata Musik

20 Tahun Coachella Festival: Dari RATM Hingga Ke BLACKPINK

Posted on: 05/1/20 at 11:30 am

Coachella Festival

Film dokumenter untuk memperingati dua dekade salah satu festival seni dan musik terbesar dan prestisius di Amerika Serikat (AS), Coachella Valley Music and Arts Festival atau biasa disebut Coachella saja telah dirilis, berjudul “Coachella: 20 Years in the Desert“. Film ini membuka “lemari besi” para founder Coachella untuk pertama kalinya dan menyajikan pertunjukan legendaris serta cerita di belakang layar yang membentuk festival yang digelar tiap tahun di Empire Polo Club, Indio, California, AS ini.

Baca juga: Festival Coachella Dan Stagecoach Resmi Ditunda Karena Virus Corona

Coachella didirikan oleh Paul Tollett dan Rick Van Santen pada tahun 1999, dan dikelola oleh Goldenvoice, anak perusahaan AEG Presents. Acara ini menampilkan artis musik dari berbagai genre musik, dari rock, pop, hip hop, dan EDM, serta berbagai ekshibisi kerajinan seni.

Goldenvoice didirikan oleh Gary Tovar pada tahun 1981. Goldenvoice awalnya berkiprah di scene musik cadas sebagai promotor yang kerap menggelar konser punk rock, hardcore dan heavy metal di klub-klub di Los Angeles. Siapa sangka, ternyata orang-orang di balik festival musik paling mainstream dan “super duper gaoel” sedunia ini adalah para punk rockers veteran. Berikut ini adalah beberapa flyer gigs yang pernah diorganisir oleh Goldenvoice selama dekade 1980an.

Dag Nasty, Nuclear Assault, Uniform Choice, Excel, Ramones, Motorhead, Cro-Mags adalah hanya sedikit dari artis musik cadas yang pernah dibooking Goldenvoice untuk gigs gelarannya.

Pada 1986, Gary bertemu Paul Tollet dan Rick Van Santen yang selanjutnya bekerja di Goldenvoice. Beberapa tahun kemudian setelah Gary tersangkut banyak sekali masalah dengan hukum termasuk penyelundupan mariyuana yang menyebabkan kebangkrutannya, Gary lantas mengalihkan perusahaan Goldenvoice ke Paul dan Rick sejak 1991.

Asal usul festival Coachella ini ditelusuri kembali ke konser Pearl Jam pada tahun 1993 silam di Empire Polo Club sambil memboikot tempat yang dikendalikan oleh Ticketmaster di Los Angeles. Acara ini memvalidasi kelayakan situs di Indio, California ini untuk menjadi tuan rumah acara besar, yang mengarah ke festival Coachella perdana yang digelar selama dua hari pada Oktober 1999, tiga bulan setelah festival legendaris Woodstock ’99 yang berakhir “chaos”.

Baca juga: Coachella 2020 Line-Up Komplit: RATM, BigBang, Travis Scott, dll!

Setelah tidak ada acara yang diadakan pada tahun 2000, Coachella kembali secara tahunan yang dimulai pada bulan April 2001 sebagai acara satu hari. Pada tahun 2002, festival dikembalikan ke format dua hari. Coachella diperluas menjadi acara tiga hari di tahun 2007 dan kemudian menjadi dua akhir pekan di tahun 2012; dan akhirnya menjadi digelar menjadi tiga akhir pekan mulai bulan April 2012, dengan line-up yang sama setiap akhir pekan. Panitia mulai mengizinkan para penonton untuk berkemah di lapangan sejak tahun 2003, salah satu dari beberapa ekspansi dan penambahan dalam sejarah festival.

Diproduksi dan disutradarai oleh Chris Perkel. Eksekutif Produser oleh Raymond Leon Roker dan Paul Tollett. Untuk lebih jelas dan lengkap ceritanya, silakan tonton film dokumenternya di bawah ini.

Kalau sudah selesai nonton dokumenternya, silakan tonton konser beberapa artisnya. Inilah daftar ke bawah video konser resmi artis yang tampil di Coachella 2019:

Fisher

BLACKPINK

Tame Impala

Billie Eilish

Penulis, Kurator & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    MMM Playlist 20 Lagu International Mei #1

    MMM Playlist Mei 2021 #1: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist Mei 2021 #1. MMM Playlist edisi bulan Mei 2021 minggu pertama untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang di

    on May 9, 2021
    Britney Spears

    Britney Spears Unggah Video Pakai Lagu BLACKPINK, Rose Merespons

    Jika terjadi interaksi antara artis senior dan junior yang sama-sama beken tentu menjadi sesuatu yang menarik. Terutama bagi fans masing-masing karena bias

    on Apr 28, 2021
    Billie Eilish

    Billie Eilish Luncurkan Album Baru "Happier Than Ever" Juli Mendatang

    Billie Eilish, photo by Kelia Anne MacCluskey. Kabar menggembirakan, khususnya bagi para Avocados, Eyelashes atau whatever you call yourselves. Idola kalian

    on Apr 27, 2021
    Anggota Girlband

    30 Urutan Peringkat Anggota Girlband K-Pop Terpopuler Bulan April 2021

    Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan April 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand

    on Apr 20, 2021