×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Artis yang Terinspirasi Freddie Mercury

Source: Billboard

Lady Gaga dan Brendon Urie turut masuk ke daftar ini. 

Oleh: Joshua Bate.

Freddie Mercury meninggalkan dampak yang kekal pada musik populer, jauh setelah kepergiannya di 1991.

Peninggalan yang ia wariskan ke beragam artis, dari semua genre dan era, adalah bukti dari musikalitas abadi sang vokalis Queen, kepercayaan diri dan gaya panggungnya yang tak ada bandingannya, dan sentuhan khas yang dia tanamkan di setiap lagu dan setiap penampilan.

Artis-artis ini – melalui musik, gaya, dan karisma mereka – telah membawa obor Mercury ke masa ini. Inilah 10 artis modern yang terinspirasi oleh Mercury.

Adam Lambert

Alumni American Idol yang memiliki suara besar ini telah mengukuhkan posisinya sebagai ahli waris peninggalan Freddie Mercury di sepanjang kariernya, saat dirinya dengan berani membawakan “Bohemian Rhapsody” untuk audisi Idol-nya dan tampil bersama Brian May dan Roger Taylor dari Queen di malam final acara tersebut. Penampilan Lambert begitu mengesankan sampai May dan Taylor mengundangnya untuk tampil di tur keliling Eropa di 2012, dan dia aktif menjalani tur bersama band ini sejak saat itu.

Lady Gaga

Dari namanya – yang terinspirasi dari lagu hit Queen “Radio Ga Ga” – sampai persona panggungnya yang luar biasa, Lady Gaga menghabiskan sebagian besar kariernya melanjutkan warisan yang membesarkan nama Queen dan Mercury. Mother Monster bahkan berkolaborasi dengan May (yang memainkan gitar elektrik) di single dalam album Born This Way “You & I,” yang kebetulan memakai sample “We Will Rock You.”

Mika

Bintang asal Inggris ini mempunyai beberapa persamaan dengan legenda Queen itu sendiri – suaranya bahkan mendekati tingkat nada hampir empat oktaf milik Mercury. Dia juga sudah sering mengacu pada Freddie, meneriaki nama vokalis ini di single besarnya “Grace Kelly” dan, baru-baru ini, di lagunya “Last Party” di tahun 2015. Kepada Billboard dia mengatakan bahwa “Last Party” terinspirasi dari kisah terkenal tentang pesta liar yang diselenggarakan Mercury setelah dia divonis menderita HIV positif.

Wiz Khalifa

Wiz Khalifa mungkin menjadi salah satu ahli waris peninggalan Freddie Mercury yang paling tidak disangka-sangka, tetapi di antara selera gaya eksperimental dan kepribadiannya yang meyakinkan, masuk akal mengapa rapper ini begitu kagum dengan sosok Mercury. “Freddie Mercury Luar Biasa,” tulisnya di Twitter pada 2012 silam. Kegemaran Khalifa terhadap Queen diturunkan ke anak laki-lakinya juga. Bash, anaknya bersama Amber Rose, dengan menggemaskan membawakan lagu Queen di acara pencarian bakat sekolah awal tahun ini.

Yeah Yeah Yeahs

Ketua Yeah Yeah Yeahs yang tak kenal takut, Karen O, meraih reputasi setelah memancarkan energi rock ’n’ roll yang murni di penampilan live-nya – sesuatu yang tampaknya, setidaknya sebagian, terinspirasi dari sang vokalis Queen. “Saya selalu memandang dia sebagai orang yang tangguh dan penghibur yang luar biasa, benar-benar menjadi kontradiksi dalam banyak hal juga,” ujarnya dalam sebuah wawancara di 2009.

Brendon Urie

Persona panggung teatrikal ala vokalis Panic! at the Disco mengikuti jejak Mercury. Dalam salah satu wawancara, dia terang-terangan menyatakan ingin menjadi Freddie Mercury. “Saya harap saya Freddie Mercury, jujur deh,” katanya kepada majalah Interview di 2015Di atas panggung, Urie pernah meng-cover “Bohemian Rhapsody” selama bertahun-tahun – termasuk penampilan yang disambut hangat di acara American Music Awards tahun ini – dan menyumbang versi studio untuk soundtrack film Suicide Squad.

Alabama Shakes

Brittany Howard, ketua dan gitaris bersuara emas dari band blues-rock ini, menyebut Mercury sebagai inspirasi awal untuk vokalnya sendiri. “Sewaktu saya kecil, saya pikir lagu-lagu[-nya] keren,” ujarnya dalam wawancara di tahun 2015 dengan Premier Guitar.

Dave Grohl

Vokalis Foo Fighters, sama seperti mantan teman sejawatnya di Nirvana Kurt Cobain, mengagumi energi Freddie Mercury di atas panggung. Dia pernah mengatakan pada Washington Post kalau obat gugupnya sebelum naik ke atas panggung adalah dengan memandangi dua foto: fotonya saat sedang berjabat tangan dengan Presiden Obama dan foto Freddie Mercury di tengah-tengah penampilan.

Psy

Bintang asal Korea Selatan menyatakan cintanya kepada Freddie Mercury tepat saat penyanyi lagu viral “Gangnam Style” ini mulai menarik perhatian dunia. “Panutan hidup dan pahlawan saya adalah Freddie Mercury,” katanya kepada The New York Times di 2012, dan menyebutkan gaya penulisan lagu dan kecakapan aksi panggung Mercury sebagai standar kariernya sendiri.

Katy Perry

Sepanjang kariernya, Katy Perry telah gamblang menjelaskan betapa pentingnya sosok Freddie Mercury – bahkan dia sampai meng-cover “Don’t Stop Me Now” dalam tur-tur awalnya. “Saya punya tempat khusus untuknya,” kata Perry kepada Fuse dalam wawancara di 2008. “Dia adalah wujud kehebatan bintang rock. Dia begitu flamboyan dan memiliki kepribadian yang luar biasa.”

Posted on November 6, 2018

Mata Mata Musik's Newsletter