×
×

Search in Mata Mata Musik

Tashoora dan Cerita Tentang Kota Kesayangan Mereka

Debut mini album Tashoora yang bercerita tentang banyak hal di Yogyakarta

Menutup tahun 2018, Degup Detak Records bekerja sama dengan Juni Records untuk merilis mini album perdana bertajuk Ruangdari band asal Yogyakarta bernama Tashoora. Band yang namanya terinspirasi dari studio musik tempat mereka berlatih yang berlokasi di Jalan Tasura ini sudah berdiri sejak September 2016 silam, namun mereka menghabiskan satu tahun pertamanya di dalam studio.

Tashoora beranggotakan 6 personil, yaitu Danang (vokal/gitar), Gusti (bass/vokal), Dita (akordeon/keyboard/vokal), Sasi (gitar/vokal), Danu (biola/vokal), dan Mahesa (drum). Mini album ini adalah hasil rekaman dari private showcase ‘Ruang Pertama Tatap Muka’ yang berlangsung Oktober 2018 di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Yogyakarta.

Baca Juga: Andezzz Kembali dengan Single Baru

“Awalnya kami mau merekam mini album ini secara live di studio, mengundang 15-20 orang untuk menyaksikan prosesnya, tapi setelah kami bicarakan dengan tim produksiTashoora, idenya justru berkembang,” kata Gusti dalam siaran pers.

Tatap,Terang, Ruang, Sabda,dan Nista adalah 5 lagu yang terdapat di EP ini. Tashoora banyak bercerita tentang situasi sosial yang kerap terjadi di Yogyakarta. Mulai dari cerita tentang kasus penistaan agama, isu LGBTQ, isu agama yang kerap dimanfaatkan oleh para penguasa, hingga cerita tentang masih adanya kebijakan pemerintah Yogyakarta yang menggunakan label pribumi dan non-pribumi.

“Sabda” dipilih menjadi single pertama dari mini album ini. Lagu ini berawal dari kasus sosial berlatar belakang hal cukup rasis yang terjadi di Yogyakarta. Berawal dari Danang yang mendapati ada label pribumi dan non-pribumi di salah satu kebijakan pemerintah daerah Yogyakarta. Danang dan Gusti sempat ingin membahas kebijakan tersebut dengan orang-orang terkait, namun merasa tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. Mereka pun akhirnya menuangkan perasaan mereka ke dalam barisan lirik lagu.

Selain bisa dinikmati di digital musik platform seperti Spotify, Apple Music, Deezer dan lainnya, deretan lagu di dalam Ruang juga akan dihadirkan dalam bentuk video live performance di YouTube channel resmi mereka, Tashoora. Video-video tersebut akan dihadirkan dalam periode mingguan, untuk kelima lagu yang terdapat di EP Ruang.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

kief

Debut Album Kief, Cosmic Suplex Resmi Dirilis

Dibentuk sejak 2012 lalu, Kief akhirnya merilis debut album mereka sebagai trio instrumental antariksa yang memainkan musik rock secara ugal-ugalan. Bac

on May 20, 2019
Jónsi

Jónsi Hadirkan Proyek Duonya, Dark Morph

Vokalis Sigur Rós ini mendirikan grup baru bersama komposer dan artis visual asal Swedia, Carl Michael von Hausswolff. Baca Juga: Of Monsters and Men Ke

on May 2, 2019
Lolo Zouaï Lepas Album Debutnya!

Lolo Zouaï Lepas Album Debutnya!

Penyanyi berdarah Prancis-Amerika bersiap untuk rilis album perdananya, High Highs to Low Lows. Di usia 19 tahun, Lolo Zouaï terbang ke Los

on Apr 23, 2019
Zigi Zaga Rilis Video Musik "No Casualties"

Zigi Zaga Rilis Video Musik "No Casualties"

Merilis debut album Psycho Mob di momen Records Store Day beberapa waktu lalu, Zigi Zaga kali ini melepas sebuah video musik untuk single "No Casualties" Ku

on Apr 16, 2019