×
×

Search in Mata Mata Musik

Gugatan Hak Cipta Kanye West

Kanye West menyelesaikan gugatan hak cipta dengan DJ veteran asal New York Junior Vasquez atas lagu yang dirilis Vasquez di tahun 1989. 

Oleh: Matt Unicomb (Resident Advisor)

“WTP,” lagu yang muncul di album kedua Teyana Taylor—yang diproduksi West—K.T.S.E., menampilkan vokal dan musik dari lagu Junior Vasquez “Work This Pussy,” lagu yang sempat populer yang diproduksi di bawah nama lain Vasquez, Ellis D. Di “WTP,” yang juga diproduksi oleh artis hip-hop Mykki Blanco, Vasquez kini tercatat sebagai penulis lagu dan akan menerima royalti dan kredit penerbitan.

Vasquez awalnya setuju dengan biaya lisensi kecil setelah didatangi oleh tim West namun memutuskan untuk meminta kredit dan pembayaran yang lebih sesuai setelah mendengarkan versi akhir “WTP.” “Mereka menyebut [WTP] sebagai sample, jadi saya minta dengar lagu yang mereka buat dan saya kaget karena lagu itu lebih seperti lagu asli saya dengan tambahan rap di atasnya,” ucap Vasquez kepada Towleroad. “Saya tidak mencoba menghujat siapa pun atau membuat marah siapa pun. Saya hanya mengejar perjanjian lisensi yang adil untuk lagu itu.”

Aktif sejak tahun ’80-an, Vasquez adalah seorang DJ dan produser yang berpengaruh dan memiliki hubungan erat dengan dunia gay di New York City. Dia membantu mendirikan Sound Factory, sebuah klub kota New York yang pernah menjadi rumah bagi acara afterhour dan voguing yang terkenal.

Dengarkan kedua lagunya berikut ini.

Keterangan Foto Utama: Junior Vasquez (kiri) dan Kanye West (kanan). (Foto via Resident Advisor)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Ariana Grande Dituntut Karena Posting Fotonya Sendiri

Ariana Grande Dituntut Karena Posting Fotonya Sendiri!

Grande diharuskan membayar sekitar Rp361 juta per foto. Berita teraneh di dunia musik saat ini datang dari Ariana Grande, yang dituntut oleh seorang papara

on May 21, 2019
Keterangan Foto Utama: Arty Marshmello (via @youredm)

Arty Gugat Marshmello Karena Pelanggaran Hak Cipta

Selain Marshmello, Daniel Campbell Smith dari Bastille, Steve Mac dan Kobalt Music juga masuk dalam gugatan. Oleh Matthew Meadow (Your EDM) Baca Juga:

on May 8, 2019
Jual Tiket Konser K-Pop Palsu, Seorang Wanita Dipenjara

Jual Tiket Konser K-Pop Palsu, Seorang Wanita Dipenjara

Dalam waktu tujuh bulan saja, pelaku berhasil menipu 19 orang dan meraup hingga 8,6 juta won.   Baca Juga: Tiffany, Mantan Girls’ Generation Hadirkan Dok

on May 4, 2019
Omniverse

Omniverse, Seri Antologi Yang Eksplor Ego Kanye West

Jaden Smith ditunjuk untuk memerankan Kanye West versi muda di seri antologi produksi Showtime yang akan datang tersebut. Baca Juga: Of Monsters and Men K

on May 3, 2019