×
×

Search in Mata Mata Musik

Biopik David Bowie Tidak Direstui Pihak Keluarga?

Source: Pitchfork

Duncan Jones menghujat film tersebut, justru meminta Neil Gaiman dan sutradara Spider-Man Peter Ramsey untuk menulis cerita untuk film baru.

Oleh Jazz Monroe (Pitchfork)

Putra David Bowie, produser film Duncan Jones, mengatakan film biopik Bowie, Stardust, yang akan segera tayang tidak mendapat restu dari pihak keluarga. Dia juga membantah laporan bahwa film ini akan menampilkan pertunjukan Bowie. “Kalau kalian ingin melihat biopik tanpa musiknya atau restu keluarganya, itu terserah para penonton,” ujarnya di Twitter.

Dalam sebuah pernyataan kepada Entertainment Weekly, produser film biopik tersebut menanggapi, “Kami ingin mengklarifikasi bahwa film ini bukan biopik, ini adalah film yang menangkap momen khusus pada titik balik kehidupan David [Bowie], dan tidak bergantung pada musik Bowie.” Mereka melanjutkan, “Film ini ditulis sebagai ‘kisah asal-usul (origins story)’ tentang awal perjalanan David saat dia menciptakan karakter Ziggy Stardust, dan berfokus pada studi karakter sang artis, dan bukan biopik ‘musik’.”

Produser Paul Van Carter menambahkan, “Kami menawarkan untuk mengirimkan skenario dan melibatkan pihak [Bowie] dalam proses kreatifnya. Kami diberitahu kalau tidak akan ada persetujuan dari pihak itu… mereka [biasanya] tidak melisensikan musik Bowie.” Dia juga menegaskan, “Kami sama sekali tidak menggunakan musik Bowie. Kami selalu tahu kalau kami tidak akan melakukan itu.”

Di samping keluhannya terhadap film tersebut, Jones menujukan tweet kepada penulis Neil Gaiman dan sutradara Peter Ramsey (Spider-Man: Into the Spider-Verse), dan mengatakan jika mereka ingin membuat film menggunakan karakter Bowie, dia “akan mendesak semua orang di pihak[-nya] untuk memperhatikan dan memberi pertimbangan serius untuk proposal pembuatan film tersebut.”

Setelah memutuskan untuk tidak ikut membuat film Bowie, Jones menyatakan akan “berada jauh-jauh, mendukung dengan sepenuh hati” jika artis-artis seperti Gaiman dan Ramsey ingin membuatnya. Setelah Ramsey menyatakan dirinya “tidak pantas,” Jones membalas, “Semuanya milik Anda kalau Anda mau. Anda punya pilihan atas pilihan… tetapi kalau Anda mau, pertimbangkanlah. Saya rasa Anda bisa membuat sesuatu… sama spesialnya dengan apa yang baru saja Anda capai dengan Spider-Man: Into the Spider-Verse.” Ramsey menanggapinya dengan GIF wanita pingsan.

Gaiman menulis balik pada Jones, “Anda adalah yang terbaik. Terima kasih.” Kemudian, dia dengan sepenuh hati setuju dengan seorang penggemar yang mendesak bahwa proyek Bowie akan terlalu sulit untuk ditolak Gaiman, ketika dia seharusnya bisa menulis buku baru.

Di Stardust, yang berlatar belakang di awal tahun ’70-an, Johnny Flynn akan memerankan Bowie, yang ditemani oleh Marc Maron—yang memerankan jurnalis Bowie—dan Jena Malone (The Hunger Games) sebagai istri pertama Bowie dan ibu dari Duncan Jones, Angie. Penulis skenario Christopher Bell (The Last Czars) dan sutradara Gabriel Range (I Am Slave) juga gabung di film tersebut.

Keterangan Foto Utama: David Bowie, 1971. (Foto: Michael Ochs Archives/Getty Images/Earl Leaf)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Film Biopik Celine Dion Akan Tayang di 2020

Film Biopik Celine Dion Akan Tayang di 2020

Penyanyi ikonik asal Kanada itu telah mengizinkan penggunaan musiknya di film tersebut. Oleh: Evan Minsker (Pitchfork) Sebuah film baru yang didasarkan p

on Feb 1, 2019
Simak Mash-up Gila Lagu Pantera dan David Bowie

Mash-up Gila Lagu Pantera dan David Bowie

“5 Minutes of Fame” menampilkan Phil Anselmo bersanding dengan sang Thin White Duke Oleh: Kelsey Chapstick (Revolver) https://youtu.be/7RfAAJtENAg

on Dec 29, 2018
The Flaming Lips Cover Lagu Natal David Bowie!

The Flaming Lips Cover Lagu Natal David Bowie!

Di klip musik terbarunya, The Flaming Lips bawakan cover lagu Natal yang pernah direkam oleh David Bowie bersama Bing Crosby, “Peace on Earth/Little Drummer

on Dec 21, 2018
Patung David Bowie Dirusak untuk Kedua Kalinya

Patung David Bowie Dirusak untuk Kedua Kalinya

Dirusak untuk kedua kalinya sejak didirikan di bulan Maret, patung ini didanai melalui hasil sumbangan dan kampanye crowdfunding yang dibuat oleh promotor mu

on Oct 17, 2018