×
×

Search in Mata Mata Musik

“Q&A” Cherry Bullet Tembus Daftar World Digital Song Sales Billboard

Source: Billboard

Grup baru tersebut mengatakan, masuk daftar Billboard adalah salah satu impian tahun pertama mereka

Oleh Jeff Benjamin (Billboard)

Tahun baru di ranah K-pop berarti babak baru bagi artis pendatang yang mencari celah untuk merebut hati para penggemar dan menembus tangga lagu. Dan di awal tahun ini, satu girl group sudah memperoleh pencapaian penting tersebut.

Baru saja memulai debut, Cherry Bullet berhasil memasuki daftar World Digital Song Sales Billboard minggu ini lewat single pertama mereka “Q&A,” yang duduk manis di No. 17. Ini menandai awal yang kuat untuk grup yang berisikan 10 anggota di bawah naungan FNC Entertainment karena, secara historis, sebagian besar girl group K-pop tidak mampu menembus tangga lagu Billboard dengan single debut mereka—meskipun tahun 2018 membuktikan tren ini bisa berubah dengan banyaknya grup wanita baru yang mendaratkan single pertama mereka ke daftar World Digital Song Sales.

Dari tahun 2012-2017, hanya satu atau dua grup wanita baru yang berhasil menerobos daftar tersebut dengan single debut mereka, tetapi di 2018, angka itu naik menjadi lima. Ini tidak hanya menunjukkan minat yang semakin tinggi pada ranah K-pop secara umum di AS, tetapi juga pada artis wanita karena debut artis pria cenderung mendapat perhatian yang lebih besar.

Secara khusus, banyak dari girl group ini yang single debutnya memasuki tangga lagu lewat sub-unit mereka. Hal ini berarti personil dari grup tersebut sudah menjalankan debut dan, dengan demikian, menjadi terkenal. Tidak termasuk sub-unit, Cherry Bullet adalah girl group ke delapan yang masuk ke daftar Billboard dengan single debut mereka. Lihat rincian historis debut girl group di World Digital Song Sales dari tahun ke tahun di bawah ini:

Artis, single Debut (Posisi Tertinggi di World Digital Songs):

2012 – Girls’ Generation-TTS – “Twinkle” (No. 4)
2013 – T-ara N4 – “Jeon Won Diary” (No. 5)
2014 – Red Velvet – “Happiness” (No. 4)
2015 – Twice – “Like OOH-AHH” (No. 6)
2016 – AOA Cream – “I’m Jelly Baby” (No. 4), BLACKPINK – “Boombayah”(No. 1)
2017 – Pristin – “Wee Woo” (No. 11)
2018 – (G)I-DLE – “Latata” (No. 4), Pristin V – “Get It” (No.6), LOONA – “favOriTe” (No. 4) – Girls’ Generation-Oh!GG – “Lil’ Touch” (No. 3), IZ*ONE – “La Vie en Rose” (No. 6)
2019 – Cherry Bullet, “Q&A” (No. 17)

Ini juga menjadi prestasi yang spesial bagi Cherry Bullet yang secara khusus memiliki impian untuk masuk ke tangga lagu Billboard di tahun pertama mereka. Dalam sebuah siaran pers pada 21 Januari untuk memperkenalkan diri dan album debut mereka, Cherry Bullet mengungkapkan ambisi mereka. “Kami selalu dinasihati untuk bermimpi besar,” ucap Bora (seperti dilansir Soompi). “Impian lain kami adalah, kami ingin memasuki tangga lagu Billboard. Sejak Billboard menandai kami sebagai grup pendatang yang wajib dinantikan di 2019, kami bertekad untuk masuk ke daftar Billboard.”

Dan setelah melakukan debut yang telah lama dinantikan—termasuk menunggu lebih dari satu tahun setelah awalnya mereka direncanakan debut di 2017—tidak diragukan lagi kalau cewek-cewek ini punya mimpi yang besar dan sudah menyaksikan salah satu impian mereka terwujud. 

Tonton aksi Cherry Bullet membawakan “Q&A” pada penampilan pertama mereka di program musik Korea, M Countdown, berikut ini:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Simak Debut TREI di Video Musik “Gravity”

Simak Debut TREI di Video Musik “Gravity”

Lagu funk pop yang bercerita tentang jarak antara pasangan yang baru berpisah Oleh D. S. Kim (Soompi) TREI akhirnya memulai debut mereka! Pada 19 Febr

on Feb 20, 2019
NU’EST Segera Rilis Musik Baru!

NU’EST Segera Rilis Musik Baru!

Lagu baru ini akan menandai pertama kalinya NU’EST tampil ‘full team’ dalam hampir tiga tahun Oleh D. Kim (Soompi) NU’EST sedang bersiap untuk me

on Feb 19, 2019
7 Koreografi Keren K-Pop Dengan Gerakan ‘Waacking’

7 Koreografi Keren K-Pop Dengan Gerakan ‘Waacking’

Waacking adalah gaya tarian jalanan dengan banyak gerakan tangan yang cepat.  Oleh: U. Kim. (Soompi) Kalau kebetulan kamu belum kenal dengan istilah

on Feb 16, 2019
Saksikan Comeback DreamCatcher di Video “PIRI”

Saksikan Comeback DreamCatcher di Video “PIRI”

Lagu dari mini album keempat DreamCatcher, The End of Nightmare Oleh D. S. Kim (Soompi) DreamCatcher merilis video musik untuk lagu utama mereka “PIRI

on Feb 14, 2019