×
×

Search in Mata Mata Musik

Umumkan Album Baru, Jamila Woods Sekaligus Rilis “Zora”

Artis R&B asal Chicago ini akan kembali di bulan Mei dengan album keduanya

Oleh Lake Schatz (Consequence of Sound)

Pada 10 Mei mendatang, Jamila Woods akan merilis album terbarunya, LEGACY! LEGACY!, via Jagjaguwar. Album tersebut menyusul album debutnya dari tahun 2016, HEAVN.

Seperti yang diisyaratkan judul dan daftar lagunya, album terbaru ini terinspirasi dari banyak orang yang telah membuat kesan mendalam bagi penyanyi R&B itu. Setiap lagu diberi judul dengan nama salah satu dari orang-orang terkasih berikut: ada lagu yang merujuk pada penulis naskah dan kritikus sosial Jimmy Baldwin; artis terkenal Jean-Michel Basquiat; dan penyair Nikki Giovanni di “Giovanni”, single awal yang akhirnya dinobatkan sebagai salah satu lagu terbaik 2018 oleh Consequence of Sound.

“Lebih dari sekadar memberi judul lagu dengan nama-nama tokoh historis bangsa kulit hitam di bidang sastra, seni, dan musik, Jamila Woods membangun monumen sonik dan liris ke berbagai cara tentang bagaimana tokoh-tokoh ini berusaha melampaui batas yang telah ditetapkan suatu negara kepada mereka,” jelas biografi terbaru Woods, yang ditulis oleh penyair Hanif Abdurraqib.

Baca Juga: James Blake dan Travis Scott Luncurkan Video “Mile High”

Sejumlah artis lainnya dari Chicago yang turut membantu Woods di album terbarunya di antaranya Nico Segal dari The Social Experiment, theMIND, Jasminfire, Nitty Scott, dan Saba, yang album rap-nya di 2018 Care for Me mendarat di daftar album terbaik tahun ini versi COS. Produksinya didukung oleh mantan kolaboratornya Oddcouple bersama Peter Cottontale (rekan Chance the Rapper), dan artis yang sedang naik daun Slot-A.

Sebagai bocoran awal LEGACY! LEGACY!, Woods meluncurkan single baru bertajuk “Zora”, yang ditulis sebagai bentuk penghormatan kepada penulis dan antropolog ternama, Zora Neale-Hurston. Dalam sebuah pernyataan, Woods membahas tentang lagu ini:

“Senjataku adalah energiku … Sebuah penangkal bagi perasaan dihakimi pada pandangan pertama. Obat penawar di saat orang-orang merasa mereka mengenal diri Anda lebih baik dari Anda sendiri. Lagu ini adalah tentang menolak untuk diperas dan tidak membiarkan identitas Anda dipaksa tunduk. Anda adalah sosok yang besar. Anda terus berkembang. Lagu untuk terbebas dari stereotip dan asumsi…”

Dengarkan “Zora” di bawah ini, via video musik yang disutradarai oleh Vincent Martell. “Dalam masyarakat kita, tubuh hitam yang mengambil ruang bersifat revolusioner dalam sendirinya. Jamila melangkah lebih jauh dengan mengeluarkan lagu yang diberi judul dari nama Zora Neale Hurston di perpustakaan yang diisi ratusan ribu karya sastra orang kulit hitam,” jelas Martell. “Album ini adalah perayaan bagi orang kulit hitam yang hidup dalam esensi mereka dan energi yang tak terbantahkan itu terpancar di kamera.”

Pre-order album baru Jamila Woods. Untuk versi vinyl-nya, cek web ReverbLP.

Sampul album Jamila Woods, LEGACY! LEGACY! (Foto via Consequence of Sound)

Daftar Lagu LEGACY! LEGACY!:
01. Betty
02. Zora
03. Giovanni
04. Sonia (feat. Nitty Scott)
05. Frida
06. Eartha
07. Miles
08. Muddy
09. Basquiat (feat. Saba)
10. Sun Ra (feat. theMIND dan Jasminfire)
11. Octavia
12. Baldwin (feat. Nico Segal)
13. Betty (for Boogie)

Keterangan Foto Utama: Jamila Woods. (Foto: Bradley Murray)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Khalid Dominasi Tangga Lagu R&B

Khalid Dominasi Tangga Lagu R&B

Musisi berusia 21 tahun ini menjadi artis pertama dengan lima lagu R&B teratas berturut-turut di AS, menurut Billboard. Sudah tidak diragukan lagi kala

on Apr 17, 2019
DEAN Hadirkan VM “dayfly” Ft. Rad Museum dan Sulli

DEAN Hadirkan VM “dayfly” Ft. Rad Museum dan Sulli

Visual pertama di 2019 dari artis R&B ternama asal Korea ini. DEAN, yang sering dijuluki sebagai Prince of Asian R&B, kembali dengan visual pertama

on Apr 1, 2019
Penyanyi-Penulis Lagu R&B James Ingram Tutup Usia

Penyanyi-Penulis Lagu R&B James Ingram Tutup Usia

Seniman yang terkenal akan karyanya bersama Quincy Jones, Michael Jackson (“P.Y.T.”), Michael McDonald (“Yah Mo B There”), Patti Austin, dan lainnya.

on Jan 30, 2019