×
×

Search in Mata Mata Musik

Ariana Grande Butuh 2 Minggu Kerjakan Thank U, Next

Source: Rolling Stone

Setelah kekacauan pribadi, Ariana Grande pergi ke New York dengan para kolaborator handal untuk membuat album terbaiknya dan yang paling mengejutkan, hingga saat ini.

Oleh: Elias Leight. 

Dua minggu lalu, penyanyi dan penulis lagu Victoria Monét melakukan perjalanan ke Disneyland bersama temannya dan para kolaborator lama Ariana Grande. “Kami sering pergi, dan selalu ada penggemar,” kata Monét. “Tetapi pada waktu khusus ini, dia [seperti] Michael Jackson. Keamanan adalah seperti, ‘tidak ada gambar, tolong, terima kasih,’ dan seorangpenggemar berkata, ‘terima kasih, selanjutnya’, ” mengutip single nomor satu terbaru Ariana Grande. “Orang-orang kehilangan akal.”

Hanya dua penyanyi lain dalam sejarah, Mariah Carey dan Drake, yang telah merilis single nomor satu berturut-turut menjelang album, menurut Billboard. Ariana Grande merilis “Thank U, Next” pada hari Jumat, dan penyanyi itu kemungkinan akan jadi yang terbaik untuk penjualan minggu pertama meskipun album ini datang kurang dari enam bulan setelah album nomor satu terakhirnya, Sweetener

Ini semua luar biasa mengingat “Thank U, Next” hampir tidak terjadi. Setelah kematian tragis mantan pacar Ariana Grande, rapper Mac Miller, pada September 2018,” ada satu titik di mana Ariana tidak ingin melakukan apa pun,” kata Monét. Penulis lagu dan multi-instrumentalis Jameel Roberts dijadwalkan untuk pergi ke studio bersama Ariana Grande untuk mengerjakan tindak lanjut Sweetener. “Ketika kami mendengar bahwa [Miller meninggal] kami tidak yakin sesi-sesi itu masih akan berlangsung,” katanya.

“Dia tidak akan tur,” Monét mengakui. “Rasanya, beberapa bulan berikutnya dibatalkan, ini sangat sulit bagi saya, saya tidak ingin bergerak.'”

Tetapi kira-kira dua minggu setelah Ariana Grande berpikir untuk membatalkan pekerjaan, penyanyi itu terbang ke New York untuk menulis dengan pasangan kolaborator lamanya, Max Martin dan Savan Kotecha. Monét menyusul tidak lama kemudian. “Tak perlu dikatakan bahwa itu adalah waktuyang sangat sulit, tetapi musik secara alami adalah mekanisme penyembuhan,” jelas Monét, yang ikut menulis enam lagu di Thank U, Next. “Itulah yang kami pertahankan – bersama dengan beberapa gelas sampanye.”

“Saya masih berduka karena kehilangan salah satu teman terbaik saya,” tambah Njomza Vitia, rekan penulis di “Thank U, Next” dan “7 Rings,” dan juga artis pertama yang merilis musik melalui label Miller Remember Music. “Itu pengalihan yangbagus untuk berada di ruang [studio] itu.”

Di New York, Grande dan teman-temannya sangat produktif. “Minggu pertama kami sudah memiliki sembilan lagu atau lebih,” kata Monét. “Lalu kami menghabiskan minggu berikutnya membersihkan semua, menambahkan lebih banyak hal, melakukan produksi, memotong beberapa lagu lagi.”

Album yang dihasilkan menonjol dari sisa katalog Grande. “Anda terbiasa mendengar rekaman pop-nya, mungkin rekaman berbasis soul,” jelas Roberts. 

Beberapa dari perubahan itu bersifat struktural. Sebagian besar album beranggaran besar modern, termasuk Sweetener. Tapi “Thank U, Next” dimulai dengan tenang,dengan trio ballad, dan berakhir dengan badai: “Thank U, Next” dan”7 Rings,” hit aliran steroid, plus “Break up With Your Girlfriend, I’m Bored,” yang keduanya nakal dan malu-malu. Grande belum pernah membuat album seperti ini sebelumnya.

Keistimewaan struktural juga berlaku untuk masing-masing trek. Roberts, yang ikut menulis “Imagine” dan “In My Head” dan memainkan instrumen, termasuk Fender Rhodes dari Alicia Keys, di “Fake Smile,” menyatakan terkejut bahwa Grande memutuskan untuk merekam “Imagine.” “Ini dalam triple meter – Anda tidak mendapatkan banyak  rekaman itu lagi, terutama untuk penyanyi pop,” ia menjelaskan. Tapi Grande membuat trek 6/8 hal pertama yang Anda dengar di “Thank U, Next,” “Rekaman ‘In My Head’, jika Anda menyetelnya, hal pertama yang Anda dengar [voicemail yang direkam dan beat rap yang kejam dengan bass], saya tidak akan pernah berpikir, ‘ini adalah rekaman Ariana,'” Roberts melanjutkan.”Bahkan di ‘Imagine’ ketika dia menyanyikan nada whistle pada akhirnya – dia semakin berkembang.”

Lalu ada “NASA”. Ketika berbicara tentang menjalin hubungan, pop cenderung memilah mereka menjadi yang baik vs yang buruk, tetapi trek ini menangkap zona tengah romantis yang hiper-spesifik, menggunakan kekonyolan (metafora eksplorasi ruang angkasa) untuk menyampaikan hal yang serius (please-don’t-come-over-tonight-but-I-still-like-you). Monét, yang mulai menulis melodi untuk “NASA” dengan Tayla Parx, menjelaskan, “Kami tidak mengakhiri ini, dan Anda tidak melakukan kesalahan, hanya saja ada hal khusus yang ingin saya sampaikan.”pertahankan malam ini atau hari ini sendiri. Itu hanya mengatakan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang wanita perlu dengar.”

“Thank U, Next” juga merupakan album langka yang dibuat oleh banyak wanita. Sembilan dari 12 lagu album memiliki dua penulis wanita atau lebih, adalah merupakan yang pertama di proyek Ariana Grande. (Secara teknis lagu lain, “Break up With Your Girlfriend, I’m   Bored,” juga memiliki dua penulis wanita, tetapi Kandi Buruss dikreditkankarena dia ikut menulis sampel lama lagu NSync track Grande.) Demiperbandingan, kurang dari satu seperempat dari 36 penulis untuk Grammy Record of the Year pada hari Minggu adalah wanita.

“Banyak lagu [Grande] telah digerakkan oleh pria, tetapi banyak dari lagu ini benar-benar memiliki perspektif wanita – itu penting,” kata Denisia Andrews, anggota penulis – produser duo Nova Wav dengan Brittany “Chi” Coney. “Chi dan aku berproduksi, dan kami dapat menambahkan produksi pada rekaman yang kami kerjakan di ‘In My Head’ juga.”

Koneksi dekat antara Grande dan banyak kolaboratornya – dia bekerja dengan Monét, misalnya, di setiap albumnya – jugaberfungsi sebagai tameng ketika keadaan sebelum “Thank U, Next”jadi luar biasa. Lagu “Ghostin” adalah tentang bersama dengan satu pasangan sementara masih berpaling dengan yang lain; internet dengan cepat memetakan karakter-karakter ini ke dalam biografi terbaru Grande, menghubungkannya dengan Miller dan mantan lainnya, Pete Davidson. “[Topik] itu sangat dibutuhkan untuk disentuh,” kata Monét. “Ini subjek yang sangat sensitif. Anda berusaha untuk menghormati kedua belah pihak dengan liriknya. Ini adalah garis yang bagus, terutama dengan hal-hal yang benar-benar baru dan emosi yang melayang-layang. Ketika [Grande] ingin berhenti, dia berhenti. Ketika dia ingin datang dan muncul, atau hanya berbicara, kami berbicara.”

Ketika mereka bekerja, mereka bekerja dengan cepat – banyak dari lagu-lagu di “Thank U, Next” datang dalam kebingungan.”In My Head” hanya butuh 12 jam dari awal hingga akhir, menurut Andrews dan Coney. Dengan “7 Rings,” “begitu kami memutuskan kami akan menggunakan melodi itu [“Hal Favorit Saya” dari The Sound of Music], kata-kata mulai masuk ke tempatnya,” kata Vitia. “Itu semua terjadi begitu cepat.” Dan “NASA” ditulis pada hari yang sama.

Sekarang setelah albumnya habis, Monét sudah merencanakan perjalanan berikutnya ke Disneyland. Hanya beberapa minggu sejak kunjungan terakhirnya dengan Grande, tetapi sekarang ia memiliki tujuan baru.”Saya benar-benar ingin mendengar ‘NASA’ saat di perjalanan Space Mountain,” kata Monét. “Aku hanya harus masuk ke sana dengan headphone.”

Keterangan Foto Utama: Ariana Grande. (Foto: Chris Pizzello/Invision/AP/REX/S)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Ariana Grande Menangkan Grammy pertamanya!

Ariana Grande Menangkan Grammy pertamanya!

Ariana Grande membawa pulang Grammy pertama dalam karirnya untuk Best Pop Vocal Album lewat Sweetener. Oleh: Agence France-Presse.  Ariana Gran

on Feb 11, 2019
“7 Rings” Undang Banyak Tuduhan Penjiplakan!

“7 Rings” Undang Banyak Tuduhan Penjiplakan!

Sejak “7 Rings” dirilis, banyak tuduhan-tuduhan plagiarisme ditujukan ke Ariana Grande. Penyanyi perempuan ini dituduh menjiplak Soulja Boy, 2 Chainz, dan

on Jan 21, 2019
Princess Nokia Tuduh Ariana Grande Tiru Lagunya!

Princess Nokia Tuduh Ariana Grande Tiru Lagunya!

Princess Nokia mengatakan kalau single “7 Rings” milik Ariana Grande adalah jiplakan dari lagu miliknya “Mine”. Oleh: Matthew Strauss. (Pitchfork)

on Jan 20, 2019
Single Baru Ariana Grande, “7 Rings”!

Single Baru Ariana Grande, “7 Rings”!

Ariana Grande mengatakan kalau “7 Rings” merupakan favoritnya dibandingkan dengan lagu-lagu lain yang pernah dia buat. Oleh: Randall Colburn. (Conseque

on Jan 18, 2019