×
×

Search in Mata Mata Musik

Reuni Fugazi, Bisa Terjadi Atau Tidak?

Sudah lebih dari 16 tahun sejak Fugazi memainkan show terakhir mereka, dan sementara mereka tidak pernah berpisah, hiatus mereka terasa semakin permanen seiring dengan berlalunya tahun. 

Oleh: Spencer Kaufman.

Tetapi bab ini nampaknya belum sepenuhnya ditutup – setidaknya menurut bassist Joe Lally dan drummer Brendan Canty.

Pengaruh Fugazi pada musik heavy dari akhir 80-an hingga awal 2000-an adalah legenda. Dipimpin oleh frontman Minor Threat, Ian MacKaye dan mantan vokalis Rites of Spring, Guy Picciotto, band ini menjual jutaan album melalui label indie MacKaye, Dischord Records – sebuah prestasi luar biasa untuk sebuah tindakan yang menolak tawaran  dari para label raksasa pada masa itu.

Sepanjang perjalanan, mereka tampil di ribuan pertunjukan, kebanyakan dengan harga 5 USD per tiket, untuk fanbase setia yang selalu menantikan band idola mereka tersebut untuk kembali ke panggung dan studio.

Joe Lally dan Brendan Canty membuka pintu untuk reuni tanpa membangun terlalu banyak harapan. Saat mendiskusikan proyek instrumental baru mereka, The Messthetics, Lally dan Canty ditanya oleh situs UK Louder tentang kemungkinan kembalinya Fugazi.

“Kamu tidak pernah ingin mengatakan tidak pernah tentang apa pun,” jawab Joe Lally. “Karena bagaimana kalian bisa mengatakan apa yang terjadi di masa depan? Tetapi tampaknya waktunya belum cukup panjang untuk memungkinkan hal itu terjadi, karena kita berempat harus menghabiskan banyak waktu bersama untuk mencari tahu, ‘Haruskah kita memainkan lagu-lagu lama?’ ‘Siapa kita sekarang?’ ‘Ada apa sekarang?’”

Dia menambahkan, “Kami bukan jenis band yang hanya berkumpul dan berlatih lagu-lagu lama kami selama kurang lebih dua jam lagu, kemudian keluar dan memainkannya.”

Canty menimpali, “Jika kami kembali bersama, itu harus dari semangat kreativitas. Anda tidak dapat menyatukan kreativitas esensial sebuah grup kembali dan kemudian tidak memiliki elemen kreatif. Harus berbeda jika kami akan kembali bersama.”

Keterangan Foto Utama: Fugazi. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter