×
×

Search in Mata Mata Musik

Selamat Datang di Hotel Chelsea!

Menilik beberapa musik klasik yang terinspirasi dari tempat bersejarah di kota New York tersebut

Oleh: Paul Sexton. (uDiscover Music)

Kematian Stanley Bard—yang mengelola Chelsea Hotel selama 43 tahun sampai tahun 2007—pada 14 Februari 2017 membuat kami terkenang kepada beberapa lagu klasik yang diciptakan, atau diilhami, oleh tempat bersejarah di kota New York tersebut, yang juga dikenal sebagai Hotel Chelsea.

Bard meninggal lantaran stroke di usia 82 tahun, namun telah lama meninggalkan jejaknya di salah satu tempat bohemian yang paling terkenal di Manhattan. Hotel ini sudah lebih dulu dikenal sebagai tempat bernaung bagi kaum bohemian, dengan Mark Twain dan Thomas Wolfe sebagai salah satu penghuninya, saat Bard—yang lahir di Bronx pada tahun 1934—mengambil alih pengelolaan bangunan yang terletak di West 23rd Street di 1964.

Di bawah pengawasan ketat Bard, penghuni gedung bergaya Victorian Gothic ini termasuk tokoh musik ternama seperti Bob Dylan, yang menulis “Sad Eyed Lady Of The Lowlands” di sana; Madonna, yang tinggal di sana, sebelum populer, di awal tahun ’80-an; dan orang-orang seperti Jimi Hendrix, Cher, Tom Waits dan Leonard Cohen. “Chelsea Hotel #2,” lagu dari penyanyi-penulis lagu dari Kanada tersebut, terinspirasi dari saat dia berkunjung ke hotel ini, dan kemudian dibuatkan cover oleh Rufus Wainwright, di soundtrack film tahun 2005 tentang kehidupan dan karya Cohen, I’m Your Man.

“Chelsea Girls” dari Nico, lagu utama dari album debutnya di 1967, ditulis oleh Lou Reed dan Sterling Morrison dari The Velvet Underground. Lagu ini diciptakan dengan merujuk pada film eksperimental Andy Warhol dengan judul yang sama di tahun sebelumnya, yang berfokus pada penghuni bangunan tersebut saat Warhol mengelola studionya, The Factory.

Hotel ini juga beken karena menjadi tempat di mana pacar Sid Vicious, Nancy Spungen, ditemukan tewas dengan luka tusuk pada tahun 1978. Vicious didakwa atas pembunuhannya, tetapi meninggal karena overdosis narkoba ketika dalam masa pelepasan sementara. Lagu-lagu yang secara langsung terinspirasi dari hotel ini di antaranya: “The Chelsea Hotel” – Graham Nash, “Third Week In The Chelsea” – Jefferson Airplane dan “Chelsea Hotel” – Dan Bern. Itu bahkan belum ditambahkan dengan tokoh-tokoh terkenal di lingkup artistik lain yang pernah menjadikan tempat ini sebagai rumah mereka, mulai dari Arthur C. Clarke (yang menulis 2001: A Space Odyssey di sana) sampai Arthur Miller, dan dari Jane Fonda hingga Stanley Kubrick.

Keterangan Foto Utama: Hotel Chelsea, yang terletak di West 23rd Street, New York. (Foto via uDiscover Music)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Leonard Cohen Tulis ‘Kanye West Is Not Picasso’

Leonard Cohen Tulis ‘Kanye West Is Not Picasso’

Leonard Cohen menulis ‘Kanye West Is Not Picasso’ dan bisa ditemukan dalam koleksi puisi dan lirik terbarunya, The Flame. Oleh: Alex Young. (Consequence

on Oct 12, 2018