×
×

Search in Mata Mata Musik

Andy Anderson Meninggal Dunia

Source: Pitchfork

Andy Anderson, yang juga pernah bermain bersama Iggy Pop, tutup usia setelah beberapa waktu lalu menceritakan perjuangannya melawan kanker.

Oleh: Noah Yoo. (Pitchfork)

Andy Anderson—mantan drumer The Cure—meninggal dunia di usia 68 tahun. Berita duka ini diumumkan oleh mantan rekan sebandnya, Lol Tolhurst. Anderson tutup usia setelah berjuang melawan kanker stadium akhir, prognosis yang dia ungkap kepada publik dalam sebuah postingan di Facebook awal bulan ini. “Jangan bersedih di sini, tetaplah bersikap positif,” tulisnya. “Bagi saya, ini hanyalah pengalaman dan rintangan hidup lainnya, yang harus dilalui seseorang, namun pilihan lain dalam hidup. Tenang saja, saya pasti tetap positif dalam situasi ini.” Anderson dilaporkan meninggal di kediamannya, dikelilingi teman-teman terdekatnya.

“Andy Anderson adalah seorang pria sejati dan musisi hebat dengan selera humor yang luar biasa yang dia jaga sampai akhir hidupnya, sebuah bukti dari semangatnya yang indah di perjalanan terakhirnya,” tulis Tolhurst di Twitter. “Kami bersyukur telah mengenalnya.”

Dalam pernyataan lain kepada Pitchfork, Tolhurst mengatakan:

“Andy adalah drumer hebat dan manusia yang baik. Saya bersyukur bisa berbicara dengannya di hari-hari terakhirnya di sini. Dia selalu punya kisah hebat untuk diceritakan! Dia terus bersemangat sampai akhir hidupnya, yang tidak mengejutkan buat orang-orang yang mengenalnya. Dia memiliki pendekatan positif yang luar biasa untuk banyak hal. Anda tidak bisa menurunkan semangat Andy untuk waktu lama. Dia baik kepada para penggemarnya dan selalu berkomunikasi dengan mereka jauh setelah dia keluar dari The Cure. Andy adalah orang yang rendah hati di dunia yang tidak selalu menghargai kerendahan hati. Tetapi itulah kekuatannya. Dan itulah mengapa dia akan sangat dirindukan oleh banyak orang termasuk saya.”

Baca Juga: Deafheaven Kembali Dengan “Black Brick”

Terlahir dengan nama Clifford Leon Anderson di London, Anderson pertama kali bergabung dengan The Cure saat Tolhurst melakukan transisi dari drum ke keyboard setelah rekaman album Pornography. Penampilan resmi pertamanya sebagai personil The Cure adalah di lagu “Love Cats” dari kompilasi single, Japanese Whispers. Album studio pertama yang menampilkan aksi drum Anderson yaitu The Top di 1984. Di tahun yang sama, penampilannya dengan The Cure di Hammersmith Odeon didokumentasikan di album live pertama band ini, Concert. Selain The Cure, Anderson pernah bekerja sama dengan Iggy Pop, Peter Gabriel, Isaac Hayes, dan banyak lainnya.

Keterangan Foto Utama: Andy Anderson (paling kiri) bersama The Cure. (Foto: Getty Images/Brian Rasic)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Robert Smith Album Baru The Cure Sudah Rampung

The Cure Selesaikan Rekaman Album Baru

Robert Smith mengkonfirmasi The Cure sudah selesai rekaman album terbaru mereka dan rekaman mereka ini akan menjadi yang pertama untuk kurun waktu lebih dari s

on Mar 21, 2019
Andy Anderson Lawan Kanker Stadium Akhir!

Andy Anderson Lawan Kanker Stadium Akhir!

Mantan drummer The Cure, Andy Anderson mengungkapkan bahwa dia sedang berjuang melawan kanker stadium akhir. Oleh: Damian Jones. (NME) Andy Anderson berg

on Feb 22, 2019
Robert Smith Kabarkan Album Baru The Cure!

Robert Smith Kabarkan Album Baru The Cure!

“Kami sudah masuk ke enam minggu terakhir untuk menyelesaikan album The Cure berikutnya, yang akan menjadi album baru kami setelah lebih dari sepuluh tahun.

on Dec 15, 2018

The Cure Akan Kembali Gelar Konser di Skotlandia

The Cure umumkan akan tampil di Glasgow Summer Sessions bersama tamu spesial Mogwai dan The Twilight Sad pada 16 August 2019 Oleh Laura Stavropoulos (ud

on Oct 25, 2018