×
×

Search in Mata Mata Musik

Demo “I’m Waiting For The Man” Lou Reed Perdana Disiarkan!

Source: Uncut

Walking The Wild Mind akan memutarkan versi awal “I’m Waiting For The Man.” yang belum pernah didengar sebelumnya. 

Oleh: Sam Richards. (Uncut)

Lou Reed – I’m Waiting For My Man – 9/25/1984 – Capitol Theatre

Walking The Wild Mind, sebuah radio show baru keluaran Radio 4 tentang Lou Reed akan mengudarakan demo dari tahun 1965 yang belum pernah didengar sebelumnya di mana Lou Reed membawakan lagu The Velvet Underground, “I’m Waiting For The Man.”

Cuplikan dari demo tersebut akan diputar di radio show yang dipandu oleh Suzanne Vega ini pada pukul 20:00 (GMT), hari Sabtu (2/3), kalian bisa mendengarnya lewat BBC Radio 4 serta aplikasi BBC Sounds

Kaset reel-to-reel sebesar lima inci tersebut ditemukan dalam paket tertutup, yang tersembunyi di balik beberapa CD di ruang kerja Reed. Banyak yang meyakini Reed mengirimkan paket itu ke alamatnya sendiri pada bulan Mei 1965 dalam upaya mendapatkan hak cipta.

Baca Juga: Slipknot Ungkap Kemungkinan Tanggal Rilis Album & Jadwal Tur

Arsiparis Lou Reed, Don Fleming, membuka kaset tersebut di awal tahun lalu dan menemukan bahwa kaset itu berisi apa yang diyakini sebagai versi rekaman pertama dari lagu “I’m Waiting For The Man,” di antara lagu-lagu lainnya yang sebelumnya belum pernah didengar.

“Itu adalah salah satu dari 11 demo penulisan lagu yang sepertinya sudah direkam Lou pada suatu hari,” jelas produser dokumenter ini, Judith Kampfner. “Seperti yang dibilang Don, itu ‘sudah dalam bentuk sempurna’ meskipun bagi saya Lou terdengar sangat polos. Don tidak tahu siapa yang ada di lagu itu bersama Lou. Harmoninya menurut saya ada sedikit dari Simon & Garfunkel walaupun Don mengatakan ada banyak pengaruh dari Bob Dylan di situ. Suara lainnya kemungkinan besar adalah suara orang yang bekerja sama dengan Lou di Pickwick Records. Demo itu sangat berbeda dengan versi yang dirilis TVU. Saya merinding setiap kali mendengarnya.

Baca Juga: Weezer Garap Dua Album Baru Lainnya!

“Menurut Don, awalnya agak sulit memutar kaset itu. Mereka mendengar lagu-lagu itu dimulai tetapi tak lama kemudian lagu lainnya mulai. Mereka mengundang ahli pelestarian musik yang memutuskan bahwa kaset itu tidak dibuat pada jenis deck kaset studio biasa. Dilihat dari cara pengaturannya, kaset itu dibuat di deck rumahan yang memiliki pelacak aneh di head-nya. Dia harus mengkonfigurasi ulang kasetnya.

“Saat saya mewawancarai Don, dia juga memainkan beberapa detik dari beberapa lagu lainnya tetapi saya tidak membahasnya di acara ini karena kami tidak memiliki musiknya. Dia mengatakan lagu-lagu itu akan dirilis suatu hari. Saya bisa bilang dia memberitahu saya ada dua lagu yang tidak pernah dirilis tetapi hanya itu yang bisa saya katakan.”

Baca Juga: Bibio Umumkan Album Baru, Ribbons!

Untuk tahu seperti apa lagunya, bisa dilihat dari video live Lou saat menyanyikannya yang tersedia di atas.

Keterangan Foto Utama: Lou Reed. (Foto: Adam Ritchie/Redferns)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Karen O dan Danger Mouse Cover “Perfect Day” Milik Lou Reed

Karen O dan Danger Mouse Hadirkan “Perfect Day” Mereka!

Cover yang lebih serius dan lembut dari versi asli yang dibawakan oleh Lou Reed. Awal tahun ini, Karen O dari Yeah Yeah Yeahs, bersama produser Danger Mouse

on Jun 16, 2019