×
×

Search in Mata Mata Musik

Rebutan Royalti Donald Glover & Glassnote Selesai!

Source: Complex

Donald Glover berhasil menyelesaikan perselisihan hukumnya dengan Glassnote Records, label indie yang merekam tiga album pertamanya.

Oleh: Joshua Espinoza. (Complex)

Pada Juli 2018, Glassnote Entertainment Group pergi ke pengadilan untuk menyelesaikan perselisihan royalti mereka dengan artis yang juga dikenal sebagai Childish Gambino. Pihak label mengklaim memiliki hak cipta atas materi yang dipermasalahkan dan, karenanya, berhak atas 50% dari royalti yang dihasilkan oleh layanan streaming non-interaktif.

Publisis Donald Glover, McDJ Recording, menolak tuntutan itu dan mengatakan kalau Donal Glover berhak atas semua rekaman master-nya dan Glassnote hanya berfungsi sebagai label saja. Dijelaskan bahwa Donald Glover berhak atas lebih dari setengah royalti karena dia adalah musisi rekaman sekaligus pemilik karya tersebut. Di bawah perjanjian ini, 45% royalti diberikan kepada musisi yang bersangkutan, 50% kepada pemilik hak cipta, dan 5% lainnya untuk pihak-pihak yang membantu proses rekaman, seperti produser dan sound engineer. 

Baca Juga: BBC Radio 2 Berhenti Putar Lagu-Lagu Michael Jackson

Glassnote menyatakan bahwa sebagai bagian dari perjanjian lisensi yang mereka sepakati awalnya, mereka akan menerima 50% dari royalti digital. McDJ Recording tidak menyetujui hal itu, menurut dokumen pengadilan yang diajukan pada September 2018.

Hampir delapan bulan setelah perselisihan ini tersiar ke publik, Variety melaporkan perselisihan royalti ini berhasil diselesaikan dan kasus ini ditutup. Kesepakatan yang mereka tentukan bersama, masih belum dibuka ke publik, tetapi mereka masing-masing sepakat untuk menutup kasus ini  dan menutup biaya pengacara mereka masing-masing.

Keterangan Foto Utama: Donald Glover alias Childish Gambino. (Foto:via Getty/Paras Griffin/VMN18)


Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

“This Is America” Buat Sejarah Baru di Grammy Awards 2019!

“This Is America” Buat Sejarah Baru di Grammy Awards 2019!

Untuk pertama kalinya, hip-hop berhasil menangkan Song of The Year dan Record of The Year di Grammy Awards 2019 lewat “This Is America” milik Childish Gamb

on Feb 11, 2019
Donald Glover Gugat Mantan Label dalam Perselisihan Royalti Childish Gambino

Donald Glover Gugat Mantan Label dalam Perselisihan Royalti Childish G...

Sumber: https://pitchfork.com/news/donald-glover-sues-former-label-in-childish-gambino-royalties-dispute/ Posted on September 15, 2018 Glover mengklaim bahwa

on Sep 16, 2018

Kapan Childish Gambino Mulai Banyak Disukai Orang?

Childish Gambino telah banyak berubah sejak kemunculan pertamanya di industri hiburan. Sempat dikenal sebagai penulis lirik yang ‘cringe-worthy’, sekarang i

on May 10, 2018