×
×

Search in Mata Mata Musik

K-Pop Dorong Pasar Musik Korsel Menjadi ‘Pemain Utama’

Source: Forbes

BTS dan BLACKPINK tercatat sebagai artis yang memimpin pertumbuhan pasar musik Korea Selatan.

Industri K-Pop mengalami pertumbuhan signifikan tahun lalu, menurut laporan Global Music Report 2019 yang diterbitkan International Federation of the Phonographic Industry (IFPI). BTS dan BLACKPINK tercatat sebagai artis yang memimpin pertumbuhan pasar ini.

Di 2018, pasar musik Korea Selatan mengalami peningkatan pendapatan sebesar 17,9%, dan dinyatakan sedang “bergeser dari status pemain ‘berpotensi’ menjadi ‘pemain utama.’” Negara ini juga berada di peringkat No. 6 di antara 10 pasar musik teratas di dunia.

Sementara pendapatan penjualan musik fisik menurun sebanyak 10,1% secara global, negara-negara seperti Korea, Jepang dan India justru mencatatkan pertumbuhan yang meningkat. Bahkan, Asia menjadi wilayah kedua terbesar untuk “musik fisik dan digital yang digabungkan untuk pertama kalinya.”

Baca Juga: BLACKPINK Hadirkan Video Musik “Kill This Love”

Meskipun Spotify belum diluncurkan di Korea, artis Kpop banyak yang mengunggah karya mereka di platform streaming tersebut serta berkolaborasi di proyek-proyek seperti playlist personal.

BTS dan BLACKPINK pendorong utama meningkatnya pasar K-Pop di industri musik dunia.
BTS dan BLACKPINK pendorong utama meningkatnya pasar KPop di industri musik dunia.

Tahun lalu, BTS menjadi grup yang paling banyak di-streaming kedua di Spotify di belakang Imagine Dragons. Di tangga lagu IFPI, BTS menduduki posisi No. 2 (Love Yourself: Answer) dan 3 (Love Yourself: Tear) daftar album global teratas tahun lalu dengan masing-masing 2,7 juta dan 2,3 juta unit album. Mereka juga bertengger di No. 2 daftar 10 teratas artis rekaman global.

“Dari awal, K-Pop adalah salah satu genre fokus utama bagi editor kami di Singapura,” kata David Erlandsson, ahli data Spotify, kepada IFPI. “Playlist ini awalnya dibuat untuk pasar Asia Tenggara, tetapi, karena playlist tidak memiliki batas, popularitasnya menyebar ke seluruh dunia ada sekarang ada fokus yang lebih global di genre ini.”

Erlandsson juga mengatakan, artis K-Pop meraup lebih dari 100 juta stream dari pendengar di Peru, Kanada dan Prancis tahun lalu. Sudah jelas kalau K-Pop membuat kemajuan besar di pasar global yang lebih terhubung secara internasional daripada sebelumnya.

Keterangan Foto Utama: BTS & BLACKPINK. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Melanie Fontana, Sosok di Balik “Boy With Luv”

Melanie Fontana, Sosok di Balik “Boy With Luv”

Tidak bisa dipungkiri kalau BTS banyak meroketkan single sukses. Tapi sekarang, saatnya berkenalan dengan salah satu penulis single sukses tersebut. Setela

on Apr 22, 2019
BTS, Grup KPop Pertama Dengan Album No. 1 di Inggris

BTS, Grup K-Pop Pertama Dengan Album No. 1 di Inggris

Album terbaru BTS sukses terjual sebanyak 26.500 salinan, yang 68 persennya adalah penjualan fisik, menurut laporan Official Charts Company. Tak lama setela

on Apr 22, 2019
BTS Ingin Berkolaborasi dengan Billie Eilish

BTS Ingin Lamar Billie Eilish Jadi Kolaboratornya

Kolaborasi antara dua nama terbesar di industri musik saat ini mungkin akan terwujud. Saat ini, boyband Korea Selatan BTS dan superstar pop belia Billie Eil

on Apr 20, 2019
BTS Dinobatkan Sebagai 100 Orang Paling Berpengaruh Versi TIME

BTS Masuk Daftar TIME 100: Orang Paling Berpengaruh 2019

Boyband K-Pop ini bersanding dengan Dwayne ‘The Rock’ Johnson dan bintang Captain Marvel, Brie Larson, dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia.

on Apr 19, 2019