×
×

Search in Mata Mata Musik

Penjualan Musik Global Kantongi $19 Miliar di 2018

Source: Pitchfork

Laporan Musik Global terbaru dari IFPI menunjukkan peningkatan sebesar 9,7%, yang mana hampir setengahnya berasal dari streaming.

Oleh Braudie Blais-Billie (Pitchfork)

International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) merilis Laporan Musik Global tahun 2019. Menurut laporan tersebut, penjualan musik global tumbuh sebesar 9,7% di 2018, meraup total pendapatan senilai $19,1 miliar. Ini adalah tahun pertumbuhan keempat berturut-turut dan level tertinggi sejak IFPI mulai mencatat kinerja pasar di tahun 1997.

Penjualan musik global raih penjualan $19 miliar, hampir setengahnya berasal dari streaming.
Penjualan musik global raih penjualan tertingginya sejak 2007, setengahnya berasal dari streaming.

Hampir setengah (47%) dari seluruh pendapatan berasal dari streaming, yang naik sebesar 34% di 2018. Hingga akhir tahun lalu, terdapat 255 juta pengguna layanan streaming berbayar. Sebagai dampak dari meningkatnya jumlah pengguna streaming, IFPI melaporkan penurunan sebesar 10,1% pada pendapatan musik fisik dan sebesar 21,2% pada pendapatan unduhan.

Baca Juga: Broken Social Scene Luncurkan “Big Couches”

Selain itu, Amerika Latin—khususnya Brazil dan Meksiko—dilaporkan sebagai wilayah dengan pertumbuhan tercepat, disusul oleh Asia dan Australia sebagai wilayah kedua terbesar dalam hal pendapatan fisik dan digital gabungan. Penjualan musik di Korea Selatan juga tercatat naik sebesar 18%, berkat keberhasilan artis-artis seperti BTS dan BLACKPINK.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Streaming Musik Ternyata Lebih Tidak Ramah Lingkungan

Streaming Musik Ternyata Lebih Tidak Ramah Lingkungan

Ternyata, jejak karbon dari streaming musik di Spotify, Apple Music atau platform streaming lainnya jauh lebih buruk daripada piringan hitam dan CD Oleh: Ma

on Apr 11, 2019
Apple Music Ungguli Spotify Dalam Jumlah Pelanggan Berbayar

Apple Music Ungguli Spotify Dalam Jumlah Pelanggan Berbayar

Pertarungan supremasi streaming musik terus berlanjut. Menurut Wall Street Journal, sebuah laporan yang diterbitkan pada bulan Februari mengungkapkan bahwa

on Apr 9, 2019
K-Pop Dorong Pasar Musik Korsel Menjadi ‘Pemain Utama’

K-Pop Dorong Pasar Musik Korsel Menjadi ‘Pemain Utama’

BTS dan BLACKPINK tercatat sebagai artis yang memimpin pertumbuhan pasar musik Korea Selatan. Industri K-Pop mengalami pertumbuhan signifikan tahun lalu, me

on Apr 4, 2019
Industri Musik Inggris Kantongi $1,1 Miliar Berkat Streaming

Industri Musik Inggris Kantongi $1,1 Miliar Berkat Streaming

Dua Lipa, George Ezra, Paloma Faith, The 1975, Stormzy, Dave dan Calvin Harris mungkin menjadi hal besar berikutnya dalam musik, berdasarkan laporan terbaru.

on Mar 28, 2019