×
×

Search in Mata Mata Musik

7 Lagu BTS yang Terinspirasi dari Karya Sastra

Source: Soompi

Dari novel fiksi, cerita rakyat, hingga komik superhero, semuanya menjadi sumber inspirasi yang unik untuk lagu-lagu BTS.

BTS sekali lagi kembali dengan album yang bikin kita semua memutar otak dan memutarnya berulang kali untuk menganalisis dengan seksama setiap foto konsep, lagu, dan video musiknya.

Sejak awal, septet ini punya kebiasaan menyelipkan lirik-lirik yang kaya dan mendalam ke musik mereka yang merujuk pada beragam jenis seni, dan karya sastra pun menjadi andalan utama mereka.

Tidak hanya membuat para penggemarnya menciptakan berbagai teori konspirasi melalui konsep mereka, mereka juga mendorong kita untuk tetap penasaran dengan membawa perhatian mereka ke berbagai topik intelektual.

Menggabungkan pembelajaran dan hiburan, berikut adalah beberapa lagu BTS yang sangat terinspirasi dari karya sastra.

Baca Juga: Comeback & Debut Lain yang Akan Hadir Bulan April Ini

1. “Butterfly” – Kafka On The Shore oleh Haruki Murakami

Murakami Kafka on The Shore
Murakami Kafka on The Shore

Lirik lagu “Butterfly” sangat mencerminkan salah satu dari dua plot yang ada di novel Murakami Kafka On The Shore, yang melibatkan seorang anak berusia 15 tahun yang melarikan diri dari nasib buruknya. Selain itu, RM secara langsung merujuk pada novel fantasi ini dalam tiga baris verse-nya, “I don’t know if this is reality or a dream/ my Kafka on the shore/ don’t go to those woods over there.”

2. “Blood, Sweat & Tears” – Demian oleh Hermann Hesse

Demian oleh Hermann Hesse
Demian oleh Hermann Hesse

Seperti yang sudah kita saksikan melalui beberapa film pendek, album studio kedua BTS Wings sepenuhnya berdasar pada karya Hermann Hesse Demian. Rujukan dalam bentuk kutipan dan adegan tentang dunia, godaan, dan banyak topik lainnya dari kisah zaman kini dengan jelas digambarkan dalam MV “Blood, Sweat & Tears,” sehingga menarik minat kita dan meningkatkan rasa ingin tahu kita tentang alur cerita yang menarik.

3. “Serendipity” – Flower oleh mendiang Kim Chunsu

Flower oleh mendiang Kim Chunsu
Flower oleh mendiang Kim Chunsu

Karya besar yang puitis ini jelas cukup populer selama bertahun-tahun di masanya, dan kisahnya dihadirkan kembali untuk kedua kalinya melalui intro Jimin. Referensi silang utama terletak pada harapan bahwa seseorang harus menjadi bunga orang lain, yang mencerminkan keinginan untuk memvalidasi keberadaan mereka di mata orang yang mereka cintai.

4. “Pied Piper” – The Pied Piper Of Hamelin dari cerita rakyat Jerman

The Pied Piper Of Hamelin dari cerita rakyat Jerman
The Pied Piper Of Hamelin dari cerita rakyat Jerman

Ditulis secara eksklusif untuk para fans, lagu ini tentunya membuat hati banyak ARMY dipenuhi kebahagiaan! Tetapi liriknya menggambarkan dedikasi ARMY dengan cara yang agak lucu, di mana BTS membandingkan pengabdian penggemar mereka dengan mantra yang menyelimuti anak-anak Hamelin saat pied piper memainkan alat musiknya yang memikat.

5. “Sea” – 1Q84 oleh Haruki Murakami

1Q84 oleh Haruki Murakami
1Q84 oleh Haruki Murakami

BTS kembali mengambil inspirasi dari Murakami! Mungkin, inspirasi yang paling menonjol di sini adalah bahwa lirik lagu “Sea” melukiskan dunia yang sesuai bagi BTS sambil mengisyaratkan beberapa tempat yang ada di dunia novel distopia itu. Lagu tersembunyi ini juga menampilkan baris yang berasal langsung dari buku itu: “Wherever there’s hope, there’s a trial.”

6. “Anpanman” – Anpanman oleh Takashi Yanase

Anpanman oleh Takashi Yanase
Anpanman oleh Takashi Yanase

Meskipun sedikit berbeda dari buku-buku lain di daftar ini, buku ini khususnya membawa kembali begitu banyak kenangan dari masa kecil para ARMY! Lagu “Anpanman” adalah adaptasi literal dari buku komik superhero terkenal dengan judul yang sama, yang kemudian diubah menjadi anime. Dari lirik yang memberi semangat hingga koreografi yang menghibur, sang pahlawan bun man muncul di sepanjang lagu!

7. “Persona” – Jung’s Map Of The Soul: An Introduction oleh Dr. Murray Stein

Jung’s Map Of The Soul: An Introduction oleh Dr. Murray Stein
Jung’s Map Of The Soul: An Introduction oleh Dr. Murray Stein

Karya terbaru BTS memperkenalkan buku lain yang membuat ARMY langsung melahapnya begitu judul album ini diumumkan. Di sepanjang buku self-help ini, mereka tahu banyak elemen yang membentuk peta jiwa Carl Jung. Dalam comeback-nya ini, RM mengambil alih saat memperkenalkan album ini dengan “Persona,” yang menggarisbawahi komponen jiwa di sepanjang lirik dan visualnya. Pastikan untuk berhenti sebentar dan menganalisis papan tulis di antara banyak detail lainnya saat kamu menonton video musiknya di bawah ini!

Keterangan Foto Utama: BTS. (Foto: BTS/Instagram)

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS Dinobatkan Sebagai 100 Orang Paling Berpengaruh Versi TIME

BTS Masuk Daftar TIME 100: Orang Paling Berpengaruh 2019

Boyband K-Pop ini bersanding dengan Dwayne ‘The Rock’ Johnson dan bintang Captain Marvel, Brie Larson, dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia.

on Apr 19, 2019
BTS Sebut ARMY Inspirasi EP Baru Mereka

BTS Sebut ARMY Inspirasi EP Baru Mereka

Dalam konferensi pers untuk album terbaru mereka Map of the Soul: Persona pada 17 April, BTS membahas inspirasi di balik album itu dan cinta mereka kepada para

on Apr 18, 2019
bts

Ada Kejutan Lain di Map of the Soul: Persona!

Selain Halsey, BTS ternyata punya kejutan lain menanti di Map of The Soul: Persona. Baca Juga: BTS Siapkan Album Baru, Map of the Soul: Persona Mungk

on Apr 12, 2019
TXT Umumkan Tur Debut di AS-1

TXT Umumkan Tur Debut di AS

Boyband K-pop ini akan menyambangi New York City, Los Angeles, Chicago, Dallas, Orlando dan Atlanta. Boyband K-pop TOMORROW X TOGETHER (TXT) akan datang ke

on Apr 10, 2019