×
×

Search in Mata Mata Musik

Madonna Rilis “Medellín,” Single Pertama Madame X

Lagu ini mungkin memiliki nuansa reggaeton, tetapi sepertinya Madonna sedang tidak bertekad mengejar lagu hit.

Sebagai artis, Madonna selalu berbicara tentang ketidaksukaannya melihat ke belakang dan mengenang masa lalu, dan lebih memilih untuk fokus ke masa depan.

Sekarang, menarik rasanya melihat sang ‘Ratu Pop’ memilih untuk meluncurkan album studionya yang ke-14, Madame X, dengan “Medellín,” yang dikemas dengan lirik reflektif tentang tahun-tahun yang sudah berlalu—dan yang lebih mengejutkan, momen refleksi ini terdengar seperti, mungkin, dipengaruhi unsur kimia.

Baca Juga: 5 Tahun Eksis, Pill Bubar!

Madonna meluncurkan “Medellín” pada hari Selasa kemarin (16/4), dan meskipun sudah berulang kali mendengarkan lagu ini, kami masih tidak yakin harus mulai dari mana.

Lagu ini adalah hasil kolaborasi dengan bintang asal Kolombia, Maluma, yang banyak muncul di sepanjang lagu.

Madonna, dengan alter ego-nya sebagai Madame X.
Madonna, dengan alter ego-nya sebagai Madame X. (Foto: Interscope)

Dan meskipun lagu ini banyak dipengaruhi tren reggaeton yang mendominasi tangga lagu dalam beberapa tahun terakhir—seperti di lagu-lagu Cardi B, Justin Bieber dan Little Mix—tidak adil kalau kami menyebut “Medellín” sebagai upaya transparan bagi Madonna untuk melahirkan lagu hit yang radio-friendly.

Berdurasi hampir selama lima menit, kami rasa tidak akan banyak stasiun radio yang akan berbondong-bondong memutar lagu ini secara penuh.

Demikian pula, meskipun susunannya jelas membuat lagu ini menarik untuk didengarkan, lagu ini berpotensi sedikit membosankan saat pertama kali diputar, yang mungkin akan membuatnya sulit memenangkan hati pendengar musik kasual yang tidak sengaja memainkan lagu ini di layanan streaming.

Dan kemudian ada liriknya, yang dimulai dengan Madonna menyanyikan: “I took a pill and had a dream/ I went back to my 17 year/ allowed myself to be naïve/ to be someone I’ve never been.”

Meskipun lagu ini mungkin tidak mudah didengarkan, menurut kami lagu ini adalah sebuah pernyataan bahwa Madonna tidak main-main dengan materi barunya. 

Madonna dan Maluma, di cover art lagu kolaborasi mereka "Medellin."
Madonna dan Maluma, di cover art lagu kolaborasi mereka “Medellin.” (Foto: Interscope)

Selain itu, pendirian Madonna di lagu ini juga tidak bisa disangkal. Kalau kamu termasuk orang yang menilai Madonna tampak sedikit tidak nyaman di album-album terakhirnya seperti Hard Candy dan MDNA, dia sekarang lebih terdengar seperti dirinya sendiri daripada di tahun-tahun terakhir.

Hal ini tercermin dalam liriknya, yang menunjukkan sisi dirinya yang lebih vulnerable daripada yang biasa dia tampilkan.

Diselingi dengan vokal Maluma dalam Bahasa Spanyol, Madonna terdengar melantunkan tentang bagaimana “another me can now begin” dan “for once doesn’t have to hide herself”, seiring dia melanjutkan “trip” rahasianya.

“Medellín” mungkin bukan sesuatu yang diharapkan (atau, malah, diinginkan) semua orang dari comeback Madonna, tetapi kapan dia pernah menjadi penyanyi yang melakukan apa yang diharapkan darinya? Madame X akan rilis pada 14 Juni 2019.

Keterangan Foto Utama: Madonna di trailer album barunya, Madame X. (Foto: Madonna/Youtube)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

The Raconteurs Kembali dengan “Help Me Stranger”

The Raconteurs Kembali dengan “Help Me Stranger”

Semacam jalan pembuka menuju album pertama mereka dalam 11 tahun. The Raconteurs—band yang digawangi Jack White, Brendan Benson, Jack Lawrence, dan Patric

on May 20, 2019
Ra Ra Riot Rilis “Flowers” dari Album Baru Mereka Superbloom

Ra Ra Riot Rilis “Flowers” dari Album Barunya!

Superbloom, merupakan album pertama yang akan dirilis via label Rob the Rich Recordings/Caroline. Ra Ra Riot mengumumkan album studio kelima mereka, Superbl

on May 20, 2019
Dengarkan Single Baru Machine Gun Kelly “Hollywood Whore”

Machine Gun Kelly Luncurkan “Hollywood Whore”

Kabarnya Machine Gun Kelly akan hadirkan album barunya bulan depan! Machine Gun Kelly baru saja merilis lagu baru, “Hollywood Whore,” single pertama da

on May 20, 2019
PJ Harvey Luncurkan Lagu yang Mengerikan, “The Crowded Cell”

PJ Harvey Luncurkan Lagu Mengerikan, “The Crowded Cell”

Single ini diambil dari scoring yang dikuratori Harvey untuk serial drama asal Britania Raya, The Virtues. PJ Harvey meluncurkan lagu barunya, "The Crowded

on May 19, 2019