×
×

Search in Mata Mata Musik

Ariana Grande Dituntut Karena Posting Fotonya Sendiri!

Source: Dazed

Grande diharuskan membayar sekitar Rp361 juta per foto.

Baca Juga: Ariana Grande Dinobatkan Sebagai ‘Woman of the Year’ oleh Billboard

Berita teraneh di dunia musik saat ini datang dari Ariana Grande, yang dituntut oleh seorang paparazzi karena memposting foto dirinya sendiri di Instagram dan Twitter.

Robert Barbera melayangkan gugatan hukum terhadap penyanyi pop ini setelah Grande mengunggah dua foto miliknya secara online untuk menandai perilisan albumnya, Sweetener, pada Agustus lalu.

Foto-foto tersebut menampilkan Ariana Grande dengan sweater kebesaran sambil membawa tas tembus pandang yang bertuliskan ‘Sweetener,’ dan diambil dari jauh – alias tanpa persetujuannya.

Sekarang, Barbera menuntut Grande sebesar $25.000 (Rp361.500.000) per foto atau semua keuntungan yang dia peroleh dari foto-foto itu, yang mungkin saja bernilai sebesar penjualan hari pertama Sweetener. Gugatannya menyatakan, “(Grande) melanggar hak cipta (milik Barbera) dalam foto-foto tersebut dengan memperbanyak dan secara publik menampilkan foto-foto tersebut di halaman Instagram… (Grande) tidak, dan tidak pernah, diberikan lisensi atau izin untuk memperbanyak, secara publik menampilkan, mendistribusikan dan/atau menggunakan foto-foto itu.”

Tentunya, fotografer harus mendapatkan kredit untuk karya mereka, tetapi sulit bersimpati untuk para paparazzi yang mengambil foto selebriti tanpa izin, menjual foto-foto ‘memalukan’ untuk jumlah uang yang besar, dan secara umum berkontribusi pada pemolisian tubuh perempuan dalam tabloid pers.

Baca Juga: Ariana Grande Rilis Piringan Hitam!

Ini bukan pertama kalinya Grande berurusan dengan fotografer, karena di bulan Maret lalu dia menyebabkan kekisruhan di antara organisasi media atas kebijakan foto Sweetener World Tour.

Grande membuat fotografer menyerahkan semua hak atas foto-foto mereka kepada perusahaan turnya, dan hanya akan membiarkan mereka mengambil gambar dari area yang ditentukan selama tiga lagu pertama.

Keterangan Foto Utama: Ariana Grande. (Foto: Ariana Grande/Instagram)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Every Time I Die Digugat Penggemar yang Kehilangan Jari Kaki

Every Time I Die Digugat Penggemar yang Kehilangan Jari Kaki

Penggemar tersebut mengaku kakinya tertimpa monitor panggung yang ditendang band, yang membuat jari kakinya harus diamputasi. Nasib sial itu rupanya disebab

on Jun 16, 2019
Gagal Puncaki Tangga Lagu, DJ Khaled Akan Gugat Billboard Chart

Gagal Puncaki Tangga Lagu, DJ Khaled Gugat Billboard Chart

Album baru Khaled kalah dari IGOR (album Tyler, The Creator) sebanyak 30.000 salinan. DJ Khaled dilaporkan menggugat Billboard Chart setelah album barunya,

on Jun 11, 2019
iTunes

Pelanggan iTunes Gugat Apple Karena Dugaan Penjualan Informasi

Gugatan perwakilan kelompok (class action) mengklaim bahwa Apple memperoleh dan menjual informasi pengguna iTunes ke perusahaan lain. Baca Juga: GFRIEND Pun

on Jun 3, 2019
Nipsey Hussle

Tersangka Pembunuh Nipsey Hussle Didakwa Tuduhan Baru

Kasus Eric Holder ditinjau kembali dengan dewan juri yang menambahkan dua tuduhan tambahan terkait penyerangan menggunakan senjata api. Baca Juga: Tersangka

on May 22, 2019