×
×

Search in Mata Mata Musik

25 Tahun Lalu, TLC Bikin Natal Lebih Menyenangkan!

Posted on: 12/5/18 at 1:11 pm

Pada Natal tahun 1993, TLC membawakan ulang “Sleigh Ride” dengan komposisi musik gaya mereka dan kemudian merilisnya untuk membuat Natal lebih menyenangkan!

Oleh: Alex Robert Rose (Noisey)

Untuk memastikan kalau suatu lagu bisa dengan mudah dikenal sebagai lagu Natal, produser musik pop tinggal mengikuti beberapa aturan dasarnya. Gemerincing lonceng sebagai pembuka lagu dan bunyi lonceng gereja yang tersebar adalah solusi yang pasti; sementara irama alat musik gesek dan paduan suara yang direkam tentunya bisa bikin lagu Natal jadi lebih mantap. Tapi, memberikan sentuhan yang berbeda pada remake lagu-lagu natal tidak akan menyakitkan kan?

Kalau itu belum cukup, si artis selalu bisa membuat cover salah satu lagu klasik yang populer di awal sampai pertengahan abad ke-20, seperti “White Christmas” atau “I Saw Mommy Kissing Santa Claus” atau apa pun yang disempurnakan Phil Spector di 1963. Natal hampir selalu diramaikan dengan nostalgia, pengingat di saat (setidaknya) beberapa orang terbangun dengan suguhan kado dan menikmati libur sekolah. Ada rasa seperti kembali ke masa lalu, mengenang zaman dulu, dan menciptakan kenangan baru.

25 tahun lalu, TLC melakukan ini semua di “Sleigh Ride.” Lagu ini, setidaknya secara teori, adalah cover dari lagu orkestra ringan yang terkenal. Ada gemerincing lonceng yang berbunyi di atas bunyi simbal, dan suara lonceng gereja berdentang di atas bunyi synth. Namun “Sleigh Ride” jauh lebih dari itu. Ini adalah lagu yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi lagu dengan keunikan tersendiri. Lagu ini penuh dengan lelucon sembrono dan kebahagiaan yang bercampur aduk, dan melakukan sesuatu yang begitu banyak lagu-lagu liburan modern coba hadirkan tapi gagal lakukan—lagu ini membuat Natal terdengar menyenangkan.

Lagu “Sleigh Ride” yang asli, sebuah instrumental yang ceria, diciptakan oleh Leroy Anderson di tahun 1948 dan seketika menjadi lagu hit saat dirilis setahun kemudian. The Andrews Sisters merekam penampilan vokal pertama dari lagu ini di 1950, menggunakan lirik yang ditulis oleh Mitchell Parish—orang yang sama di balik lirik lagu-lagu jazz seperti “Stardust” dan “Deep Purple.” Versi The Ronettes dari lagu ini di album A Christmas Gift to You From Phil Spector yang sempurna di tahun 1963 menjadi yang paling populer, tetapi ada lusinan lagu “Sleigh Ride” selama bertahun-tahun. Ini pun hanya lagu gereja biasa.

TLC mengambil pendekatan baru untuk lagu tersebut di 1993. Alih-alih ‘meminjam’ dari The Ronettes atau bahkan membuat remix dari versi yang lebih dulu, mereka justru sama sekali mengabaikan lagu aslinya. Mereka sepenuhnya mengolah kembali hook vokal dengan yang baru, sebuah irama yang diproduksi oleh Organized Noize dan diproduksi bersama oleh manajer lama mereka Pebbles, dan lirik yang baru. Hook-nya sangat meriah sampai-sampai banyak yang mengira kalau hook ini ada di versi tahun 1950-nya: “Let’s have a very merry Christmas / And a happy New Year / Give with love and joy and happiness / And lots of good cheer.” Namun lirik buatan Parish ini bahkan tidak menyebutkan Natal. Satu-satunya referensi ke versi aslinya datang dari T-Boz, yang menyanyikan melodi yang sepenuhnya asing: “Just hear those sleigh bells jing-a-ling / Ring-ting-ting-a-ling too / It’s lovely weather for a sleigh ride together with you.”

(Semua ini mungkin membuatmu berpikir kalau lagu ini bukanlah cover sama sekali, dan wajar saja. Kalau kamu menulis ulang lirik sebuah lagu dan menyanyikan lirik itu dengan nada baru dan irama yang sama sekali berbeda, bukankah itu berarti lagu baru? Jawabannya jelas ya, sama halnya dengan sapu lama dengan ujung baru dan gagang baru hanyalah sapu baru. Coba kembali ke masa lalu dan bilang itu ke LaFace Records, yang hanya mencantumkan dua penulis lagu pada salinan CD orisinal dari lagu ini: Anderson dan Parish.)

‘Versi’ TLC lebih pas dinikmati bersama videonya, yang menampilkan T-Boz, Chilli, dan Left Eye mengenakan baju overall yang longgar, menjalani pertemuan canggung dengan pacar-pacar mereka, membantu orang yang membutuhkan, dan memimpin pesta dance yang setengah layak. “I want T-Boz to get me some headphone sets, and I want Left Eye to make me a fly dress,” kata Chilli, berseri-seri, di awal lagu. Verse Left Eye menjadi tantangan terbuka bagi siapa saja yang ingin bergaul bersamanya, yang dibuka dengan lagak acuh tak acuh—“Uh-huh reindeer, presents, happiness… yeah right, check it out…”—dan kemudian menggunakan “sleigh ride (kereta luncur)” sebagai kiasan untuk romansa, karena lagu ini bukan lagu Natal dewasa. (Side B lagu “All I Want for Christmas”—tak ada hubungannya—tidak begitu ambigu.)

Ini tepat sebelum TLC mencapai puncak kejayaan mereka, setahun sebelum CrazySexyCool dirilis dan bertahun-tahun sebelum tekanan dari luar membuat semuanya menjadi tegang, jadi kita bisa berasumsi kalau chemistry trio ini benar-benar natural dan tidak dipaksakan di lagu ini. Dalam wawancara dengan Pitchfork di awal tahun ini, Chilli bahkan mengatakan kalau verse tersebut adalah momen terfavoritnya dari Left Eye: “Saya sangat suka bagaimana dia nge-rap di lagu Natal kami,” ucapnya. “Saya rindu kekonyolan kami bersama. Itulah cara kami berinteraksi, setidaknya saat kami semua menyukai satu sama lain pada saat yang sama—selayaknya hubungan kakak beradik biasanya!” Mereka memburu airplay dengan lagu ini (dan tempat utama di soundtrack Home Alone 2 juga menggiurkan), tetapi terlepas dari itu TLC benar-benar menikmati lagu ini.

“Sleigh Ride” tidak diragukan lagi adalah musik yang ‘beda’ pada masanya, tapi itulah yang jadi aset terbesarnya—di mana kebanyakan musisi pop mencoba memasuki suasana dan melodi Natal yang biasa, TLC memutuskan untuk tetap menjadi diri sendiri, kemudian memasukkan beberapa bunyi lonceng ke dalamnya. Ternyata ada lebih dari satu cara untuk menghadirkan nuansa liburan yang hangat. Terkadang, kamu hanya perlu menulis ulang lagu dari awal.

Keterangan foto utama: TLC. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

T-Boz & Chilli Akan Produksi Musikal TLC di Broadway

T-Boz & Chilli Akan Produksi Musikal TLC di Broadway

Rozonda “Chilli” Thomas dan Tionne “T-Boz” Watkins, sedang mengerjakan materi baru, tetapi bukan untuk album baru mereka. Oleh FNR TIGG (Complex)

on Mar 25, 2019
Ezra Koenig & Personil Haim Cover Lagu “Little Drummer Boy”

Ezra Koenig & Personil Haim Cover Lagu “Little Drummer Boy”

“Sesi bermusik larut malam untuk menghormati sang pangeran perdamaian,” tulis vokalis Vampire Weekend tersebut. Oleh: Jazz Monroe (Pitchfork) Ezra Ko

on Dec 29, 2018
The Flaming Lips Cover Lagu Natal David Bowie!

The Flaming Lips Cover Lagu Natal David Bowie!

Di klip musik terbarunya, The Flaming Lips bawakan cover lagu Natal yang pernah direkam oleh David Bowie bersama Bing Crosby, “Peace on Earth/Little Drummer

on Dec 21, 2018
Gerard Way Lepas Lagu Cinta Bernuansa Natal “Dasher”

Gerard Way Rilis “Dasher”!

Dengan vokal pendukung dari vokalis The Regrettes, Lydia Night, "Dasher" merupakan lagu cinta yang bernuansa natal. Oleh Ben Kaye (Consequence of Sound)

on Dec 18, 2018