×
×

Search in Mata Mata Musik

27 Ikon Musik Rock dan Metal Di Komunitas LGBTQ+ Yang Disegani

Posted on: 06/22/20 at 6:30 am

Selamat merayakan Pride Month semuanya! Kamu homofobik? Itu problem kamu.

Tiap bulan Juni adalah peringatan Pride Month global alias bulan perayaan komunitas LGBTQ+, untuk menghormati peristiwa kerusuhan Stonewall yang terjadi pada bulan Juni 1969. Pemberontakan itu terjadi sebagai respons massif atas serangan polisi yang terjadi di Greenwich Village, New York, AS dan dianggap sebagai satu-satunya peristiwa paling penting yang memicu gerakan pembebasan kaum gay.

Sudah 51 tahun sejak kerusuhan itu terjadi, dan kemajuan demi kemajuan telah terjadi. Selama rentang waktu panjang itu, komunitas LGBTQ telah menderita banyak sekali penindasan saat berjuang menuntut kesetaraan, dan mereka masih melakukannya sampai sekarang.

Untuk merayakan Pride Month, situs web Loudwire telah menyusun galeri tokoh LGBTQ di komunitas rock dan metal. Mereka adalah musisi-musisi brilian terlepas mereka adalah termasuk kategori atau terdefinisikan sebagai lesbian, gay, biseksual, transgender atau pun panseksual.

1. Little Richard

Little Richard.
Little Richard. (Foto: Dezo Hoffmann/REX/Shutterstock).

Di awal masa remajanya, Little Richard sudah mulai memperlihatkan perbedaan secara orientasi seksualnya dan sering memakai riasan wajah dan pakaian ibunya. Karena hal ini, ayahnya menendangnya keluar dari rumah pada usia 15 tahun. Pada 1995, Little Richard mengatakan kepada Penthouse bahwa dia selalu tahu dia gay, dengan mengatakan “Aku sudah gay seumur hidupku”.

2. Janis Joplin

Janis Joplin.
Janis Joplin. (Foto: GGM Corp.).

Sang ratu musik soul psikedelik, Janis Joplin, tidak pernah secara terbuka mengakui identitas seksualnya, kemungkinan besar karena periode waktu itu. Namun, beberapa pacar perempuannya akhirnya berbicara tentang hubungan mereka dengan mendiang penyanyi ini, Peggy Caserta, khususnya.

3. Elton John

Elton John.
Elton John. (Fot: eltonjohn.com).

Sir Elton John mungkin adalah figur pertama yang muncul di benak orang rata-rata, ketika dia mengumumkan dia biseksual pada pertengahan tahun 1970-an. Dia mengaku satu dekade kemudian sebagai gay.

4. David Bowie

David Bowie.
David Bowie. (Foto: Dylan Martinez/Reuters).

Album Ziggy Stardust laku keras pada tahun 1972, membawa komunitas LGBTQ ke dalam wilayah mainstream. Meskipun dia telah menikahi dua wanita dan juga memiliki anak selama hidupnya, David Bowie tetap menjadi ikon bagi komunitas LGBTQ karena dia memiliki pesona yang flamboyan, menginspirasi orang lain untuk percaya diri juga. Ditambah lagi, pernah dilaporkan bahwa dia berselingkuh dengan Mick Jagger.

5. Rob Halford

Rob Halford.
Rob Halford. (Foto: Theo Wargo/Getty Images).

Pentolan legendaris Judas Priest ini mungkin adalah tokoh gay paling penting dalam komunitas metal. Dia mengaku gay secara publik di akhir tahun 1990-an, dan mengenalinya sebagai salah satu hal paling membebaskan yang pernah dia lakukan dalam hidupnya.

6. Freddie Mercury

Freddie Mercury.
Freddie Mercury. (Foto: Trinity Mirror/Mirrorpix/Alamy Stock Photo).

Freddie Mercury adalah salah satu musisi legendaris yang mengaku gay secara publik pertama kali. Warisannya tetap dianggap suci oleh komunitas LGBTQ.

7. Pete Shelley

Pete Shelley.
Pete Shelley. (Foto: Getty Images).

Mendiang pentolan dan gitaris The Buzzcocks, Pete Shelley telah menulis banyak lagu tentang hubungan seksual dengan pria, tetapi dia diidentifikasi sebagai biseksual. “Aku menggambarkan diriku sebagai biseksual, sungguh, untuk tidak terlalu mempermasalahkan hal itu,” ungkapnya kepada Stuff.

8. Joan Jett

Joan Jett.
Joan Jett. (Fot: Ethan Miller/Getty Images).

Joan Jett belum mengonfirmasi atau menyangkal apakah dia biseksual atau lesbian, karena dia selalu percaya orang harus hanya fokus pada musik daripada kehidupan pribadinya. Mantan satu band saat di The Runaways, Lita Ford, bagaimanapun, mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa dia meninggalkan The Runaways ketika dia mengetahui bahwa sisa anggota band adalah gay.

9. Marcie Free

Marcie Free.
Marcie Free. (Foto: Max Murgia).

Marcie Free terkenal sebagai vokalis untuk band-band seperti King Kobra, Signal dan Unruly Child. Terlahir dengan nama Mark Free, dia muncul dengan nama transgendernya, Marcie Free pada tahun 1993 setelah pertempuran seumur hidup dengan kebingungan identitas gender.

10. Roddy Bottum

Roddy Bottum.
Roddy Bottum. (Foto: IMDb).

Roddy Bottum, kibordis Faith No More ini pertama kali mengaku dan tampil sebagai gay dalam sebuah wawancara tahun 1993 dengan Advocate, yang merupakan media publikasi LGBTQ.

11. Dug Pinnick

Dug Pinnick.
Dug Pinnick. (Foto: Rat Pak Records).

Vokalis/bassis Dug Pinnick, yang paling dikenal dari band King’s X, muncul ke publik sebagai gay pada tahun 1998 dalam sebuah wawancara dengan Regeneration Quarterly. Hal ini mengakibatkan konflik dengan toko-toko ritel musik Kristen tertentu, yang menarik album-album King’s X dari rak toko mereka. Setelah kejadian itu, dia kemudian mengungkapkan bahwa dia diidentifikasi sebagai agnostik.

12. Paul Masvidal

Paul Masvidal.
Paul Masvidal. (Foto: Filipe Estacio).

Gitaris Cynic ini mengaku gay pada 2014, bareng dramer bandnya, Sean Reinert. Cynic yang dikenal sebagai prionir progressive death metal, para fans Cynic seperti ditampar mendengar kabar itu.

13. Sean Reinert

Sean Reinert.
Sean Reinert. (Foto: Thomas Snyder).

Almarhum Sean Reinert mengumumkan bahwa dia gay pada tahun 2014 bersama Paul Masvidal. Mereka bersama-sama nge-band bareng di Cynic.

14. Brian Molko

Brian Molko.
Brian Molko. (Foto: Michael Helmz).

Vokalis dan gitaris Placebo, Brian Molko, adalah biseksual dan terkenal karena gayanya yang setengah perempuan dan setengah pria. Dia sebenarnya dulu di-bully ketika dia masih muda. Dia pernah mengatakan bahwa dia berdandan seperti perempuan untuk menyindir para homofobik.

15. Bob Mould

Bob Mould.
Bob Mould. (Foto: John Autey for Pioneer Press).

Bob Mould dikenal karena karyanya di band Husker Du and Sugar. Homoseksualitasnya terungkap dalam sebuah wawancara dengan Spin Magazine di tahun 1990-an.

16. Mina Caputo

Mina Caputo.
Mina Caputo. (Foto: Michael Loccisano/Getty Images).

Mina Caputo mengalami kesulitan berurusan dengan masalah identitas gendernya, dia mengaku bahwa dia berjuang melawan kecanduan narkoba dan hampir bunuh diri. Ketika dia keluar sebagai transgender pada tahun 2011, hidupnya benar-benar berubah, dan mengatakan bahwa sekarang dia merasa damai.

17. Billie Joe Armstrong

Billie Joe Armstrong.
Billie Joe Armstrong. (Foto: Landmark/PR Photos).

Vokalis/gitaris Green Day ini mengaku sebagai biseksual dalam sebuah wawancara pada tahun 1995, menyatakan bahwa dia selalu merasa seperti itu. Dia pikir semua manusia dilahirkan biseksual, tetapi orang tua memiliki pengaruh dalam menentukan jenis kelamin mana yang lebih mereka sukai. Bagaimanapun Billie menjalani hidup normal. Dia menikah dengan Adrienne Nesser pada 1995 dan dikaruniai dua anak laki-laki.

18. Gaahl

Gaahl.
Gaahl. (Foto: Stefan Hackländer).

Siapa sangka, di balik sosok yang sangar dan menyerupai setan, ternyata Gaahl adalah ikon gay yang secara terbuka di komunitas black metal. Dia menegaskan komunitas black metal sebenarnya tidak peduli, terlepas dari apa yang orang anggap sebagai genre yang kontroversial.

19. Otep Shamaya

Otep Shamaya.
Otep Shamaya. (Foto: YouTube).

Otep Shamaya tidak pernah menganggap dirinya seorang musisi yang tertutup. Dia tidak pernah terlalu memikirkan fakta bahwa dia adalah seorang lesbian dan mengakui bahwa dia tidak pernah merasa perlu menyembunyikannya.

20. Lzzy Hale

Lzzy Hale
Lzzy Hale (Foto: Debra Rothenberg/Getty Images).

Frontwoman cadas dari band hard rock Halestorm ini telah secara terbuka mengkonfirmasi bahwa dia adalah biseksual. Dia melakukan banyak advokasi untuk kesetaraan dan memberdayakan orang untuk merangkul seksualitas mereka. Dengarkan lagunya yang berjudul ‘Do Not Disturb’.

21. Brendon Urie

Brendon Urie.
Brendon Urie. (Foto: John Lamparski/Getty Images).

Brendon Urie secara terbuka menyatakan bahwa dia panseksual. Padahal dia menikah dengan seorang perempuan, dia mengatakan dia memandang manusia sebagai manusia, dan jika dia suka seseorang, dia tidak peduli apa jenis kelamin atau orientasi seksual mereka.

22. Laura Jane Grace

Laura Jane Grace.
Laura Jane Grace. (Foto: Getty Images).

Laura Jane Grace, vokalis/gitaris band punk rock, Against Me! ini mengaku bahwa dia mulai berjuang dengan masalah identitas gendernya di usia muda, dan akhirnya membuat transisi gender pada tahun 2012.

23. Marissa Martinez

Marissa Martinez.
Marissa Martinez. (Foto: Pinterest).

Marissa Martinez, gitaris band grindcore Cretin (sempat juga bermain di Repulsion) ini memiliki rumah tangga dengan seorang istri sebelum memutuskan menjadi transgender. Dia mengaku identitas seksualnya di banyak artikel majalah, dan menerima dukungan penuh dari istri dan bandnya untuk menjalani masa transisi gender.

24. Tyler Carter

Tyler Carter.
Tyler Carter. (Foto: Mark Fore).

Tyler Carter secara terbuka muncul sebagai biseksual pada tahun 2015. Pada tahun lalu, dia bertunangan dengan Trent Morey Leffler, dan mengatakan kepada pengikut Twitter-nya bahwa orientasi seksual tidak berpengaruh ketika kamu menemukan orang yang kamu ingin hidup bersamanya selamanya.

25. Lynn Gunn

Lynn Gunn.
Lynn Gunn. (Foto: Andrew Benge/Redferns via Getty Images).

Vokalis band rock PVRIS, Lynn Gunn mengaku dia lesbian kepada ibunya ketika dia berusia 18 tahun. Penyanyi ini telah menjadi pendukung kuat komunitas LGBTQ sejak itu.

26. Angel Vivaldi

Angel Vivaldi.
Angel Vivaldi. (Foto: DiMarzio).

Gitaris Angel Vivaldi, adalah pria gay terbuka yang berbicara untuk komunitas LGBTQ. “Aku tidak bisa mengatakan aku bangga menjadi gay atau bangga menjadi Hispanik karena terus terang, kami hanya bisa bangga dengan hal-hal dalam kehidupan yang telah kami capai,” tulisnya dalam sebuah postingan Facebook. “Dilahirkan menjadi sesuatu BUKANLAH sebuah pencapaian. Namun aku “sangat” bangga dengan apa yang telah kami capai sebagai komunitas, apa yang telah kami korbankan dan apa yang akan terus kami lakukan untuk suatu hari mendapatkan kesetaraan bagi semua saudara dan saudari LGBT-ku”.

27. Tegan and Sara Quin

Tegan and Sara Quin.
Tegan and Sara Quin. (Foto: Mark Sommerfeld for The New York Times).

Tegan dan Sara Quin adalah saudara kembar yang sama-sama lesbian. Duo pentolan band pop rock asal Kanada ini memiliki dampak luas pada komunitas LGBT dengan advokasi publik dan gerakan feminis mereka.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Dave Mustaine (Megadeth).

Dave Mustaine (Megadeth) dan 10 Album Yang Menjadi Titik Balik Hidupny...

Dave Mustaine (Megadeth). (Foto:  Total Guitar Magazine/Getty Images). Hello me, meet the real me! Dave Mustaine adalah dewa gitar dan legenda heavy metal

on Jul 6, 2020
Motley Crue.

Motley Crue Ungkap Alasan Kenapa Mereka Ingin Reuni Setelah Bubar Pada...

Motley Crue saat mengumumkan Reunion Stadium Tour 2020 pada Desember 2019. (Foto: YouTube). Tommy Lee mengatakan bahwa kesempatan bagi band hard rock Motley

on Jun 15, 2020
Rob Halford (Judas Priest).

Rob Halford (Judas Priest) Akan Rilis Otobiografi Blak-Blakan Kehidupa...

Rob Halford (Judas Priest). (Foto: Steven J. Messina). Pentolan Judas Priest, Rob Halford akan "mengekspos setiap segi" dari kehidupan dirinya dalam buku ot

on Jun 2, 2020
Rocker Rambut Panjang dan Pendek

Sebelum & Sesudah: 23 Rocker Yang Pernah Berambut Panjang dan Pendek

Gaya potongan rambut bagaikan sebuah merek dagang atau ciri khas bagi banyak orang, terutama di komunitas musik rock dan metal di mana para musisi cenderung bu

on Jun 2, 2020