×
×

Search in Mata Mata Musik

3 Lagu Paling Menyeramkan dari The Beatles

Posted on: 11/12/19 at 5:10 pm

Di masanya, The Beatles menciptakan perpaduan yang ikonik dari lagu-lagu pop yang ceria dan eksperimen bernuansa psikedelik.

Baca juga: Artis Musik Terlaris Tahun 1969-1996: Dari The Beatles Hingga Madonna

Meskipun mereka tidak pernah menulis lagu yang mengerikan sebanyak yang ditulis Alice Cooper, Rob Zombie atau Marilyn Manson, band yang dijuluki The Fab Four ini pernah menghadirkan beberapa lagu yang menyeramkan.

Inilah tiga lagu paling menyeramkan yang pernah ditulis The Beatles.

“A Day in the Life”

“A Day in the Life” tetap menjadi salah satu lagu The Beatles yang paling populer dan mendapat banyak pujian. Popularitas lagu ini sedikit mengejutkan mengingat nadanya yang mengerikan.

Lagu ini menampilkan John Lennon dan Paul MCartney menceritakan empat sketsa yang sepertinya tidak berhubungan. Satu tentang seorang pria yang meninggal dalam kecelakaan mobil, satu lagi tentang film Perang Dunia II, yang ketiga tentang rutinitas sehari-hari seseorang, dan yang keempat tentang “four thousand holes in Blackburn, Lancashire.”

The Beatles
The Beatles. (Foto: Getty Images)

Tidak satu pun dari lirik lagu ini yang secara khusus menakutkan, namun masing-masing diikuti dengan jeda instrumental yang terdengar seperti gerbang neraka yang sedang dibuka. Lagu ini memang sengaja dibuat aneh, seperti kebanyakan karya mereka dari periode ini.

Penjelasan sederhana tentang makna lagu ini—dan disonansi yang jelas antara liriknya yang biasa dan instrumentalnya yang super aneh—adalah, ada banyak hal mengerikan yang tersembunyi di bawah permukaan kehidupan sehari-hari yang kita semua pilih untuk abaikan. Siapa yang bakal sangka band yang merilis lagu-lagu imut seperti “She Loves You” dan “Penny Lane” bisa menulis lagu seperti ini?

“Revolution 9”

Seiring karier The Beatles terus melaju, band ini mulai lebih merangkul musik avant-garde. Karya paling avant-garde yang pernah dirilis The Beatles adalah “Revolution 9.”

Ini adalah lagu yang bukan benar-benar lagu—ini adalah kumpulan suara random termasuk suara simbal, obrolan yang tidak jelas, dan suara monoton seorang pria yang terus mengulang kata “number nine.” Tidak ada yang tahu maksud asli lagu ini.

Baca juga: Rahasia The Beatles Tetap Populer Bahkan di Kalangan Gen Z

Berkat judul lagu ini, beberapa pendengar menduga lagu ini tentang kekacauan dan kekerasan yang melekat dalam semua revolusi. Lagu ini juga bisa dijelaskan sebagai cara The Beatles meledek para pendengar mereka atau berusaha mengalahkan setiap lagu aneh yang mereka tulis sebelumnya.

Apa pun tujuannya, lagu ini lebih meresahkan daripada hampir semua lagu lain yang pernah dirilis. Di dunia yang sedikit lebih sempurna, “Revolution 9” mungkin akan menjadi lagu wajib Halloween ketimbang lagu Michael Jackson “Thriller” atau “Ghostbusters” dari Ray Parker Jr. Seperti yang bisa ditebak, “Revolution 9” tidak pernah menjadi salah satu lagu paling populer dari The Beatles karena tidak adanya lirik yang jelas.

“Blue Jay Way”

Di antara merilis dua album yang paling dicintai sepanjang masa—Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band dan White Album—The Beatles menghadirkan soundtrack dari Magical Mystery Tour. Karena filmnya tidak terlalu disambut baik, soundtrack-nya terkadang diabaikan begitu saja.

Baca juga: The Beatles Sempat Rencanakan Album Lain Setelah Abbey Road

The Beatles
The Beatles membawakan lagu di Magical Mystery Tour (Foto: Keystone-France/Gamma-Keystone via Getty Images)

Salah satu lagu bagus dari soundtrack tersebut adalah komposisi buatan George Harrison berjudul “Blue Jay Way.” Lagu ini tentang George yang menunggu teman-temannya untuk kembali dari liburan, tetapi aransemen musiknya membuat lagu ini terasa jauh lebih menyeramkan. Lagu ini menampilkan tempo yang sangat lambat dan time signature aneh yang membuatnya terasa membingungkan dan tidak biasa.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

C'est La Vie cover album

Knuckle Bones Mengubah Wajah Metalcore Menjadi Lebih Impresif

Cover album "C'est La Vie" milik Knuckle Bones (dok. Undying Music) Oleh Dharma Samyayogi Fakta: Dibentuk di Jakarta pada 2017, Knuckle Bones yang terdir

on Dec 10, 2019
Mick Jagger

Mick Jagger Awalnya Ingin Ronnie Wood Gantikan Brian Jones

Dalam wawancara terbaru dengan surat kabar Jerman Spiegel, Ronnie Wood mengungkapkan pentolan The Rolling Stones Mick Jagger awalnya membidik Ronnie—yang

on Dec 10, 2019
Dave Grohl

Ini Alasan Dave Grohl Tidak Punya Akun Media Sosial Pribadi

Mengingat semua hal aneh dan indah yang dilakukan Dave Grohl dalam kariernya yang sangat sibuk, pentolan Foo Fighters ini mungkin punya banyak hal yang bisa d

on Nov 30, 2019
Liam Gallagher

Liam Gallagher Bakal Gelar Konser Besar-Besaran di Kampung Halaman

Liam Gallagher mengumumkan akan kembali ke kampung halamannya di Manchester untuk menggelar konser besar-besaran di Heaton Park musim panas mendatang. Pent

on Nov 28, 2019