×
×

Search in Mata Mata Musik

32 Aktor/Aktris Yang Bertransformasi Jadi Musisi Legendaris Di Film Biopik

Posted on: 09/1/21 at 1:00 pm

32 Aktor/Aktris Yang Bertransformasi Menjadi Musisi Legendaris Di Film Biopik
Deretan aktor dan musisi legendaris yang diperankannya.

Musisi legendaris yang memiliki karya-karya abadi di sepanjang zaman telah digiring ke layar lebar sejak beberapa dekade silam. Bukan film dokumenter seorang artis atau sebuah grup/band, melainkan film biopik yang mengangkat kisah perjalanan kariernya sebagai musisi. Sekaligus untuk merayakan kejayaan semasa hidupnya bagi para musisi legendaris yang sudah almarhum.

Baca juga: 16 Musisi Top Yang Sukses Menjadi Bintang Film Selain Lady Gaga

Dan tidak ada satu pun artis orisinalnya atau bagian dari lingkaran artis tersebut yang turut berakting dalam film. Semuanya diperankan oleh para aktor dan aktris pilihan. Sebelum memulai produksi, harus melalui proses yang panjang yang tidak mudah dan tidak sebentar. Untuk menemukan aktor dan aktris yang dapat secara akurat menggambarkan para musisi legendaris tersebut. Yang tentunya sangat membutuhkan pelatihan menyanyi atau bermain instrumen musik, koreografi, mempelajari tingkah laku, dan mentransformasi dirinya secara fisik agar terlihat benar-benar mirip seperti si musisi legendaris aslinya. Mengimpersonasi sang musisi legendaris secara total.

Dari 32 aktor dan aktris film biopik dalam listicle ini mungkin film-film yang mereka bintangi sebagian sudah lo tonton. Coba deh lo perhatikan foto-foto perbandingannya, yang mana di antara mereka yang paling mirip? Dan mana yang paling enggak mirip alias gagal? Lebih asoy lagi kalau lo sudah nonton filmnya, lo juga bisa komentar tentang akting dan lain-lainnya. Tulis di kolom komentar di bawah ya!

Baca juga: 5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Mengenal Punk Rock

Nowhere Boy (2009)

Nowhere Boy adalah sebuah film drama biopik Inggris tahun 2009, disutradarai oleh Sam Taylor-Wood sebagai debut penyutradaraannya. Naskah skenarionya ditulis oleh Matt Greenhalgh, film ini didasarkan pada biografi Julia Baird, adik tirinya John Lennon. Nowhere Boy adalah tentang masa remaja Lennon (Aaron Johnson), hubungannya dengan bibinya, Mimi Smith (Kristin Scott Thomas) dan ibunya, Julia Lennon (Anne-Marie Duff). Serta penciptaan band pertamanya, The Quarrymen, yang berevolusi menjadi The Beatles.

Musisi legendaris: John Lennon

Jimi: All Is by My Side (2013)

Jimi: All Is by My Side adalah film drama biopik Amerika Serikat (AS) tahun 2013 tentang Jimi Hendrix, sang dewa gitar. Ditulis dan disutradarai oleh John Ridley. Film ini menceritakan kisah awal karier Hendrix, melalui kedatangannya di London, penciptaan bandnya, The Jimi Hendrix Experience dan awal ketenarannya sebelum penampilan ikoniknya di Monterey Pop Festival, California, AS. Festival musik yang merupakan awal terciptanya “Summer of Love” bagi era dan gerakan Flower Generation kaum Hippie.

Musisi legendaris: Jimi Hendrix

What’s Love Got to Do with It (1993)

What’s Love Got to Do with It (di beberapa wilayah dipasarkan dengan judul Tina: What’s Love Got to Do with It) adalah sebuah film drama musikal biopik AS tahun 1993 yang disutradarai oleh Brian Gibson. Dari sebuah skenario yang ditulis oleh Kate Lanier, berdasarkan kehidupan Tina Turner. Film ini dibintangi Angela Bassett sebagai Turner, dan Laurence Fishburne sebagai Ike Turner. Diadaptasi dari buku otobiografi Turner berjudul I, Tina (1986), film ini mengikuti sepak terjang kehidupan Turner, dari miskin, hingga sukses menjadi superstar, bersama dengan pernikahan yang kacau dan sarat “KDRT” dengan Ike.

Musisi legendaris: Tina Turner

Get on Up (2014)

Get on Up adalah film drama musikal biopik AS tahun 2014 tentang perjalanan hidup the king of soul, James Brown. Disutradarai oleh Tate Taylor dan naskahnya ditulis oleh Jez dan John-Henry Butterworth. Diproduseri oleh Brian Grazer, Mick Jagger, Taylor dan Victoria Pearman, film ini dibintangi oleh pemain ansambel yang menampilkan Chadwick Boseman sebagai Brown, Nelsan Ellis sebagai Bobby Byrd, Dan Aykroyd sebagai Ben Bart, Viola Davis sebagai Susie Brown, Craig Robinson sebagai Maceo Parker, dan Octavia Spencer sebagai Bibi Madu.

Musisi legendaris: James Brown

The Runaways (2010)

The Runaways adalah sebuah film drama biopik AS tahun 2010 tentang The Runaways, band hard rock dengan semua personelnya cewek yang ngetop di tahun 1970-an. Naskah skenarionya ditulis oleh Floria Sigismondi yang merangkap sutradara. Film ini diangkat dari buku Neon Angel: A Memoir of a Runaway oleh vokalis band Cherie Currie. Film ini dibintangi oleh Dakota Fanning sebagai Currie, Kristen Stewart sebagai gitaris dan vokalis Joan Jett, dan Michael Shannon sebagai produser rekamannya, Kim Fowley. The Runaways menggambarkan pembentukan band ini pada tahun 1975 dan berfokus pada hubungan antara Currie dan Jett sampai hengkangnya Currie dari band.

Musisi legendaris: Cherie Currie
Musisi legendaris: Joan Jett

The Dirt (2019)

The Dirt adalah film drama biopik AS tahun 2019 yang disutradarai oleh Jeff Tremaine dari skenario oleh Rich Wilkes dan Amanda Adelson, tentang ikon glam metal Mötley Crüe. Film ini dibintangi oleh Douglas Booth (Nikki Sixx), Colson Baker a.k.a Machine Gun Kelly (Tommy Lee), Daniel Webber (Vince Neil) dan Iwan Rheon (Mick Mars).

Wacana tentang film biopik Mötley Crüe dimulai pada tahun 2006, ketika Paramount Pictures dan MTV Films membeli hak atas buku The Dirt: Confessions of the World’s Most Notorious Rock Band oleh band dan Neil Strauss. Namun, proyek tersebut kemudian dikembangkan selama lebih dari satu dekade, melalui banyak sutradara dan pemeran sebelum Netflix membeli haknya pada Maret 2017. Pembuatan film dimulai di sekitar New Orleans pada Februari 2018 dan mulai tayang di Netflix pada 22 Maret 2019.

Musisi legendaris: Vince Neil
Musisi legendaris: Nikki Sixx
Musisi legendaris: Mick Mars
Musisi legendaris: Tommy Lee

All Eyez on Me (2017)

All Eyez on Me adalah film drama biopik AS tahun 2017 tentang rapper legendaris Tupac Shakur. Disutradarai oleh Benny Boom dan naskah skenarionya ditulis oleh Jeremy Haft, Eddie Gonzalez dan Steven Bagatorian. Judul film ini diambil dari album studio keempat Shakur tahun 1996. Film ini dibintangi oleh Demetrius Shipp Jr. sebagai Shakur dengan Kat Graham, Lauren Cohan, Hill Harper dan Danai Gurira sebagai pemeran pendukung, dengan Jamal Woolard yang mengulangi perannya sebagai Christopher “The Notorious B.I.G.” Wallace dari film biopiknya, Notorious (2009).

Musisi legendaris: Tupac Shakur

Great Balls of Fire! (1989)

Great Balls of Fire! adalah sebuah film biopik AS tahun 1989 yang disutradarai oleh Jim McBride. Dibintangi oleh Dennis Quaid sebagai pionir rockabilly Jerry Lee Lewis. Berdasarkan biografi Lewis oleh Myra Lewis dan Murray M. Silver Jr.. Skenarionya ditulis oleh McBride dan Jack Baran.

Miles Ahead (2015)

Miles Ahead adalah sebuah film drama biopik AS tahun 2015 yang disutradarai oleh Don Cheadle sebagai debut penyutradaraannya. Skenarionya ditulis Cheadle bersama Steven Baigelman, Stephen J. Rivele, dan Christopher Wilkinson, yang menginterpretasikan kehidupan dan komposisi legenda jazz Miles Davis. Film ini dibintangi oleh Cheadle sendiri bersama Emayatzy Corinealdi, dan Ewan McGregor. Judul film ini mengambil dari album Miles Davis tahun 1957.

The Buddy Holly Story (1978)

The Buddy Holly Story adalah film biopik AS tahun 1978 yang menceritakan kisah hidup Buddy Holly. Film ini menampilkan musik scoring pemenang Academy Award, diadaptasi oleh Joe Renzetti dan penampilan utama nominasi Oscar oleh Gary Busey. Dan film ini juga dibintangi oleh Don Stroud, Charles Martin Smith, Conrad Janis, William Jordan, dan Maria Richwine, yang memerankan Maria Elena Holly. Film yang disutradarai oleh Steve Rash ini diadaptasi oleh Robert Gittler dari Buddy Holly: His Life and Music, buku otobiografi Holly tahun 1975 oleh John Goldrosen.

Sid and Nancy (1986)

Sid and Nancy (juga dikenal dengan judul Sid dan Nancy: Love Kills) adalah film biopik Inggris tahun 1986 yang disutradarai oleh Alex Cox. Naskah skenarionya ditulis Cox bersama Abbe Wool. Film ini dibintangi oleh Gary Oldman (Sid Vicious) dan Chloe Webb (Nancy Spungen). Film ini menggambarkan kehidupan Sid Vicious, bassis ikonik legenda punk rock Sex Pistols. Dan hubungannya yang destruktif dengan pacarnya, Nancy Spungen. Film ini memaparkan secara jelas betapa kecanduan heroin benar-benar destruktif hingga mati overdosis secara tragis. Film ini wajib buat penggemar punk, karena banyak adegan konser Sex Pistols memainkan lagu-lagu bekennya.

Ray (2004)

Ray adalah sebuah film drama musikal biopik AS tahun 2004 yang berfokus pada 30 tahun kehidupan legenda R&B Ray Charles. Film yang diproduksi secara independen ini diproduksi bersama dan disutradarai oleh Taylor Hackford, dan skenarionya ditulis oleh James L. White dari sebuah cerita oleh Hackford and White. Film ini dibintangi Jamie Foxx sebagai sang musisi legendaris Ray Charles.

Straight Outta Compton (2015)

Straight Outta Compton adalah film drama biopik AS tahun 2015 yang disutradarai oleh F. Gary Gray, yang menggambarkan pasang surutnya grup rap gangsta N.W.A dan anggotanya Eazy-E, Ice Cube, Dr. Dre, MC Ren, dan DJ Yella. Anggota N.W.A asli terlibat dalam produksi film ini termasuk Ice Cube dan Dr. Dre sebagai produser, begitu juga janda mendiang Eazy-E, Tomica Woods-Wright. Sementara MC Ren dan DJ Yella bertindak sebagai konsultan kreatif. Ice Cube dimainkan oleh putranya sendiri, O’Shea Jackson Jr., dengan Corey Hawkins sebagai Dr. Dre dan Jason Mitchell sebagai Eazy-E. Paul Giamatti juga berperan sebagai manajer N.W.A, Jerry Heller.

Respect (2021)

Respect adalah sebuah film drama musikal biopik AS tahun 2021 yang menyoroti kehidupan sang “queen of soul” Aretha Franklin. Disutradarai oleh Liesl Tommy sebagai debut penyutradaraannya, dari skenario yang ditulis oleh Tracey Scott Wilson. Film ini dibintangi oleh Jennifer Hudson sebagai sang musisi legendaris Aretha Franklin. Forest Whitaker, Marlon Wayans, Audra McDonald, Marc Maron, Tituss Burgess, dan Mary J. Blige sebagai pemeran pendukung.

Selena (1997)

Selena adalah sebuah film drama musikal biopik AS tahun 1997 yang ditulis dan disutradarai oleh Gregory Nava. Film ini tentang kehidupan dan karier popstar muda Latin, Tejano Selena Quintanilla-Pérez sebelum doi dibunuh oleh manusia tengik Yolanda Saldívar pada usia 23 tahun. Film ini dibintangi Jennifer Lopez (J.Lo) sebagai sang musisi legendaris Selena Quintanilla-Pérez. Selena adalah idola terbesar J.Lo selain Gloria Estefan yang menginspirasinya hingga sukses membuat musik Latin besar di pasar Amerika.

Walk the Line (2015)

Walk the Line adalah sebuah film drama romantis musik biopik AS tahun 2005 yang disutradarai oleh James Mangold. Skenarionya, yang ditulis oleh Mangold dan Gill Dennis, didasarkan pada dua buku otobiografi yang ditulis oleh Johnny Cash, Man in Black: His Own Story in His Own Words tahun 1975 dan Cash: The Autobiography tahun 1997. Film ini mengikuti kehidupan awal Cash, percintaannya dengan June Carter, dan pendakiannya di kancah musik country. Film ini dibintangi Joaquin Phoenix sebagai Cash, Reese Witherspoon sebagai Carter.

Stardust (2020)

Stardust adalah film biopik Inggris-Kanada tahun 2020 tentang David Bowie dan alter-egonya Ziggy Stardust. Film ini disutradarai oleh Gabriel Range, dan diproduseri oleh Paul Van Carter, Nick Taussig dan Matt Code. Dari skenario yang ditulis bersama oleh Range dengan Christopher Bell. Johnny Flynn berperan sebagai sang musisi legendaris David Bowie.

Elvis (1979)

Elvis adalah sebuah film biopik AS tahun 1979 yang disutradarai oleh John Carpenter, dan dibintangi oleh Kurt Russell sebagai Elvis Presley. Awalnya ditayangkan di stasiun TV, ABC. Film ini menandakan peran terakhir Russell di film TV, dan kolaborasi pertama antara dia dan Carpenter.

La Bamba (1987)

La Bamba adalah film biopik AS tahun 1987 yang ditulis dan disutradarai oleh Luis Valdez yang menceritakan tentang hidup dan karier Ritchie Valens. Film ini dibintangi oleh Lou Diamond Phillips sebagai Valens, sang pelantun tembang rock and roll Meksiko yang paling beken, ‘La Bamba’.

Michael Jackson: Searching for Neverland (2017)

Michael Jackson: Searching for Neverland adalah sebuah film televisi biopik AS berdasarkan buku tahun 2014, Remember the Time: Protecting Michael Jackson in His Final Days, yang ditulis oleh pengawal pribadi Jackson, Bill Whitfield dan Javon Beard. Film ini mendramatisir kehidupan Jackson di tahun-tahun terakhir hidupnya. Navi berperan sebagai Jackson secara prima di film ini.

Love & Mercy (2014)

Love & Mercy adalah film drama biopik AS tahun 2014 yang disutradarai oleh Bill Pohlad tentang salah satu pendiri dan pemimpin The Beach Boys, Brian Wilson dan perjuangannya dengan penyakit mental selama tahun 1960-an dan 1980-an. Film ini dibintangi Paul Dano sebagai Wilson muda dan John Cusack sebagai Wilson setengah baya, dengan Elizabeth Banks sebagai istri keduanya, Melinda Ledbetter dan Paul Giamatti sebagai psikolognya, Dr. Eugene Landy. Judul film ini berasal dari lagu Wilson tahun 1988.

Bessie (2015)

Bessie adalah film TV HBO tentang penyanyi blues AS Bessie Smith, dan berfokus pada transformasinya sebagai penyanyi muda yang berjuang menjadi “The Empress of the Blues”. Film ini disutradarai oleh Dee Rees, dengan naskah skenario oleh Rees, Christopher Cleveland dan Bettina Gilois. Rapper dan aktris Queen Latifah berperan sebagai Smith.

Bohemian Rhapsody (2018)

Bohemian Rhapsody boleh dibilang film drama musikal biopik tersukses dalam sejarah film “box office”. Film yang dirilis tahun 2018 ini disutradarai oleh Bryan Singer dari skenario oleh Anthony McCarten, dan diproduseri oleh Graham King dan manajer Queen, Jim Beach. Film ini menyoroti kisah kehidupan Freddie Mercury, salah satu penyanyi terbaik dalam sejarah umat manusia. Vokalis legenda rock Inggris Queen, dari pembentukan band hingga penampilan Live Aid 1985 mereka di Stadion Wembley yang ikonik. Film ini dibintangi oleh Rami Malek sebagai Mercury, bersama Lucy Boynton (Mary Austin), Gwilym Lee (Brian May), Ben Hardy (Roger Taylor), Joe Mazzello (John Deacon), Aidan Gillen, Tom Hollander, Allen Leech dan Mike Myers sebagai pemeran pendukung. Dua anggota orisinal Queen, Brian May dan Roger Taylor juga terlibat sebagai konsultan film tersebut.

Judy (2019)

Judy adalah film drama biopik tahun 2019 yang didasarkan pada kehidupan penyanyi AS Judy Garland. Disutradarai oleh Rupert Goold, film ini adalah adaptasi dari drama West End dan Broadway yang dinominasikan oleh Olivier dan Tony, End of the Rainbow oleh Peter Quilter. Film ini dibintangi oleh Renée Zellweger sebagai Garland, dengan Jessie Buckley, Finn Wittrock, Rufus Sewell, dan Michael Gambon sebagai pemeran pendukung.

Coal Miner’s Daughter (1980)

Coal Miner’s Daughter adalah sebuah film musik biopik AS tahun 1980 yang disutradarai oleh Michael Apted dari skenario yang ditulis oleh Tom Rickman. Film ini mengikuti kisah penyanyi musik country Loretta Lynn dari awal masa remajanya di keluarga miskin dan menikah pada usia 15 tahun hingga doi naik tahta sebagai salah satu musisi country paling berpengaruh. Berdasarkan biografi Lynn tahun 1976 dengan judul yang sama oleh George Vecsey, film tersebut dibintangi oleh Sissy Spacek sebagai Lynn. Tommy Lee Jones, Beverly D’Angelo dan Levon Helm muncul sebagai pemeran pendukung.

Rocketman (2019)

Rocketman adalah film drama fantasi musik biopik Inggris tahun 2019 yang didasarkan pada kehidupan dan musik legenda Inggris Elton John. Disutradarai oleh Dexter Fletcher dan ditulis oleh Lee Hall, film ini dibintangi oleh Taron Egerton sebagai Elton John, dengan Jamie Bell sebagai Bernie Taupin, Richard Madden sebagai John Reid, dan Bryce Dallas Howard sebagai Sheila Eileen, ibu John. Film ini mengikuti kisah John di hari-hari awalnya di Inggris sebagai anak ajaib di Royal Academy of Music melalui kemitraan proyek musiknya dengan Taupin. Judul filmnya diambil dari lagu Elton John tahun 1972, ‘Rocket Man’.

I Saw the Light (2015)

I Saw the Light adalah sebuah film drama biopik AS tahun 2015 yang disutradarai, ditulis, dan diproduksi oleh Marc Abraham. Dibintangi oleh Tom Hiddleston sebagai legenda musik country Hank Williams dan Elizabeth Olsen sebagai istri pertamanya, Audrey Williams. Film ini diangkat dari buku Hank Williams: The Biography oleh Colin Escott, George Merritt, dan William MacEwen.

The Doors (1991)

The Doors adalah sebuah film musik biopik AS tahun 1991 yang disutradarai oleh Oliver Stone yang juga bersama J. Randal Johnson menulis skenarionya. Film ini dibintangi oleh Val Kilmer sebagai vokalis utama dan penulis lagu The Doors, Jim Morrison, Meg Ryan sebagai Pamela Courson (pacar Morrison), Kyle MacLachlan sebagai kibordis Ray Manzarek, Frank Whaley sebagai gitaris utama Robby Krieger, Kevin Dillon sebagai dramer John Densmore, Billy Idol sebagai Cat dan Kathleen Quinlan sebagai jurnalis Patricia Kennealy. Dan film ini menceritakan kisah ikon rock The Doors, yang menonjolkan kehidupan sang vokalis ikonik, Jim Morrison.

Yang pasti, film ini menggambarkan Morrison sebagai ikon rock and roll dan counter culture tahun 1960-an yang besar. Serta penggambaran penggunaan narkoba Morrison, seks bebas, gaya hidup Hippie, alkoholisme, minat pada obat halusinogen sebagai entheogens, dan, khususnya, obsesinya dengan kematian. ‘Break on Through (To the Other Side)’!

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Elton John

    Elton John Rilis Album Kolaboratif Dengan Sederet Musisi Beken Lainnya

    Elton John dan sederet musisi yang akan berkolaborasi di album terbarunya. Sekali lagi kabar mengenai kolaborasi antar artis alias seniman yang terealisasi

    on Sep 3, 2021
    5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Punk Rock

    5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Mengenal Punk Rock

    Punk Rock lagi nih bray. Industri film Hollywood dan musik rock nampaknya tidak selalu cocok jika bersatu dalam sebuah proyek. Sering kali saling berlawana

    on Aug 23, 2021
    MMM Playlist Internasional Agustus 2021 Week 3

    MMM Playlist Agustus 2021 #3: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Char...

    MMM Playlist edisi bulan Agustus 2021 minggu ketiga untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun

    on Aug 23, 2021
    Metallica

    Metallica The Black Album Dicover 53 Artis Top Lintas Genre & Generasi

    Metallica circa 1992 (Foto: Midori Tsukagoshi/Shinko Music/Getty Images). Metallica merayakan ulang tahun ke-30 "The Black Album" dengan cara yang keren ban

    on Jun 23, 2021