×
×

Search in Mata Mata Musik

32 Album Klasik & Esensial Yang Berulang Tahun Di Bulan September

Posted on: 09/28/21 at 1:00 pm

32 Album Klasik & Esensial

Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya sebuah album. Klasik bukan hanya tentang usia, melainkan lebih kepada kualitasnya yang tinggi. Oleh karena itu esensial bagi setiap insan musik.

Baca juga: 14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

Di bawah ini adalah deretan album dari artis pop, rock, dan metal bertaraf internasional yang telah mengguncang industri musik. Di ranah arus utama maupun arus pinggir, jika mau disebut demikian pada beberapa judul album di daftar ini. Yang jelas, semua yang ada di sini berstatus legendaris dan memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap perkembangan generasi berikutnya.

Album yang hebat sudah sepatutnya kita kenang dan rayakan karena jasanya sebagai pengisi soundtrack hidup kita, secara lintas usia, gender, dan bangsa. Terutama bagi yang mengalami era album ini berjaya dalam dekade waktu perilisannya dan romantismenya di masa mendatang. Juga yang belakangan mengenalnya dan mencintainya.

Baca juga: 30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan “Nevermind” Sebagai ‘Game-Changer’

Ok, tanpa banyak bacot lagi, inilah 32 album klasik dan esensial yang sedang ‘anniversary’ di bulan September. Semoga ada album favorit lo ya! Kalau ada yang terlewat oleh kami, kasih tahu di kolom komentar di bawah!

1 September 1989
MOTLEY CRUE – Dr. Feelgood

Dr. Feelgood adalah album studio kelima milik “bad boys” Los Angeles Mötley Crüe. Album klasik ini menduduki puncak tangga album Billboard 200, menjadikannya satu-satunya album Mötley yang mengklaim posisi ini pada tahun 2021. Ini adalah album pertama yang direkam Mötley dalam keadaan ‘sober’ usai masa rehabilitasinya pada tahun 1989. Selain menjadi album terlaris Mötley, album yang diproduseri Bob Rock ini dianggap sebagai mahakarya terbaik, baik oleh kritikus media maupun fans. Selain lagu ‘Dr. Feelgood’, ada segudang hits lainnya termasuk ‘Without You’, ‘Kickstart My Heart’, dan ‘Same Ol’ Situation’.

Album klasik MOTLEY CRUE - Dr. Feelgood

2 September 1990
JUDAS PRIEST – Painkiller

Painkiller adalah album studio kedua belas milik legenda heavy metal Inggris Judas Priest. Ini adalah album Judas Priest terakhir yang menampilkan sang ‘Metal God’ vokalis Rob Halford sampai doi kembali ke band sejak album tahun 2005 Angel of Retribution. Album klasik ini juga yang pertama menampilkan dramer Scott Travis . Faster than a bullet, terrifying scream!

Album klasik JUDAS PRIEST - Painkiller

2 September 1993
SEPULTURA – Chaos A.D.

Chaos A.D. adalah album studio kelima ‘Brazilian Godzilla’ Sepultura, dirilis oleh Roadrunner Records. Album klasik ini menampilkan perubahan gaya dari thrash metal galak dan cepat menjadi thrash metal yang direksinya lebih mendekati groove metal. Beberapa hits seperti ‘Refuse/Resist’, ‘Territory’, dan ‘Slave New World’ menjadi menu esensial dalam set list konser mereka.

Album klasik SEPULTURA - Chaos A.D.

2 September 1996
SUEDE – Coming Up

Coming Up adalah album ketiga dari band Britpop Suede yang sukses secara komersial dan kritikal. Dan Coming Up adalah yang kedua kali band ini mencapai No. 1 di UK Albums Chart, menghasilkan lima single sepuluh besar termasuk ‘Beautiful Ones’, dan ‘Trash’. Mereka disambut baik di negaranya dan di AS. Coming Up adalah album klasik yang memperkenalkan Suede kepada audiens di seluruh dunia, dari Eropa, Amerika, Kanada, hingga Asia.

Album klasik SUEDE - Coming Up

3 September 1984
IRON MAIDEN – Powerslave

Powerslave adalah album studio kelima legenda heavy metal Inggris Iron Maiden, dirilis melalui EMI Records di Eropa dan Capitol Records di Amerika Utara. Kemudian dirilis ulang oleh Sanctuary dan Columbia Records di AS pada tahun 2002. Artwork sampul album klasik ini terkenal dengan tema Mesir Kunonya. Tema itu, yang diambil dari judul lagu, dibawa ke tur pendukung album, World Slavery Tour. Tur ini dimulai di Warsawa, Polandia, pada 9 Agustus 1984, dan dianggap sebagai tur band yang paling lama dan paling menantang hingga saat ini, dan mengarah ke album live Live After Death. Dua lagu hits di album ini apalagi kalau bukan ‘Aces High’ dan ‘2 Minutes 2 Midnight’.

Album klasik IRON MAIDEN - Powerslave

3 September 1991
PESTILENCE – Testimony Of The Ancients

Testimony of the Ancients adalah album ketiga pentolan death metal Belanda, Pestilence, dirilis melalui Roadrunner Records. Album ini menandakan pertama kalinya gitaris Patrick Mameli mengambil alih tugas merangkap vokal setelah hengkangnya bassis/vokalis Martin Van Drunen. Direksi musik album ini lebih teknikal daripada sebelumnya, namun diimbangi dengan porsi melodius yang jumbo. Sejak album ini, Pestilence mendapat julukan sebagai Death (yang dikomandani Chuck Schuldiner)-nya Eropa, lantaran persamaan gaya dan kualitas musik antara kedua band tersebut. Album ini masih belum tertandingi oleh album Pestilence mana pun sejauh ini.

Album klasik PESTILENCE - Testimony Of The Ancients

4 September 2001
SYSTEM OF A DOWN – Toxicity

Toxicity adalah album studio kedua oleh kuartet alternative metal Armenia-Amerika System Of A Down (SOAD). Siapa yang tidak tahu hits paling terkenal mereka seperti ‘Chop Suey’, ‘Toxicity’, dan ‘Aerials’ yang sering diputar di MTV. Toxicity menampilkan elemen dari berbagai genre musik: folk, progressive metal, progressive rock, jazz, musik Timur Tengah, dan musik Yunani. Banyak lirik album ini yang bersifat politis, tentang topik-topik seperti kelebihan populasi penjara, CIA, dan lain-lain. Musik metal SOAD yang cadas namun easy listening serta orisinal dan distingtif membuatnya mudah dikenal di seluruh dunia.

Album klasik SYSTEM OF A DOWN - Toxicity

5 September 2003
MUSE – Absolution

Absolution adalah album studio ketiga trio alternative rock Inggris Muse. Album ini mencapai nomor satu di UK Albums Chart dan juga menghasilkan top 10 single hits pertama band, dengan ‘Time Is Running Out’ memuncak di nomor 8 di UK Singles Chart. Tidak sedikit yang menjuluki Muse sebagai versi alternative rock-nya legenda progressive rock Rush yang juga tampil trio.

Album klasik MUSE – Absolution

7 September 1984
MERCYFUL FATE – Don’t Break The Oath

Gaya musik Mercyful Fate di album Don’t Break the Oath menyerupai campuran heavy metal dengan elemen progresive rock. Liriknya berkutat seputar setan dan okultisme yang disembur melalui vokal falsetto nan teatrikal King Diamond. Mercyful Fate juga disebut sebagai proto-black metal karena telah memberi pengaruh bagi terciptanya genre black metal di masa depan karena konten lirik dan citra seram dan gelapnya. Meski demikian musiknya sendiri lebih mengarah ke heavy metal tradisional.

Album klasik MERCYFUL FATE - Don't Break The Oath

7 September 1988
METALLICA – …And Justice For All

…And Justice For All adalah album studio keempat raksasa heavy metal di era kejayaan mereka sebagai pionir thrash metal. Album ini menandakan pertama kali menampilkan bassis baru Jason Newsted sebagai pengganti mendiang Cliff Burton. Pertama kalinya Metallica memiliki video musik dengan lagu ‘One’ dan masuk nominasi Grammy Awards 1989 tetapi kalah oleh Jethro Tull. Para kritikus dan fans menilai penyebabnya karena kesalahan panitia The Recording Academy yang memasukkan Jethro Tull ke kategori Best Hard Rock/Metal Performance. Namun tetap saja, album klasik ini memuncak di No. 6 Billboard 200 dan meraih 8 sertifikat platinum dari RIAA pada tahun 2003 setelah terjual 8 juta kopi di AS saja. Seperti tiga album sebelumnya, semua lagu di album Justice fenomenal dan ikonik.

Album klasik METALLICA - ...And Justice For All

8 September 1992
UGLY KID JOE – America’s Least Wanted

Judul album ini merupakan parodi dari frasa terkenal “America’s Most Wanted”. Album ini adalah satu-satunya album band yang menampilkan dramer Mark Davis. Album ini sukses secara komersial, memetakan tiga single di Mainstream Rock Tracks (‘Neighbor’, ‘Busy Bee’ dan ‘Cats in the Cradle’). ‘Everything About You’ memuncak di No. 3 di UK Singles Chart dan di No. 9 di Billboard Hot 100. ‘Cats in the Cradle’ (lagu cover folk rock 1974 oleh Harry Chapin), juga masuk Billboard Hot 100, memuncak di No. 6. Album ini meraih dua top 10 Billboard hit single. Lagu terakhir juga berhasil mencapai No. 11 di Top 40 Mainstream. Pada 1995, album ini telah disertifikasi double platinum alias terjual 2 juta kopi. So won’t you be my fuckin’ neighbour?

Album klasik UGLY KID JOE - America's Least Wanted

11 September 1990
WARRANT – Cherry Pie

Cherry Pie adalah album studio kedua jawara glam metal Warrant pimpinan vokalis Jani Lane. Single-nya yang berjudul sama dengan album sukses masuk ke dalam Top Ten hit di Billboard Hot 100. Mencapai No. 10 dan juga mencapai No. 19 di Mainstream Rock Tracks. Lagu ini termasuk oleh banyak orang dianggap sebagai lagu anthem-nya para penganut “hair metal”. Dua lagu hits lainnya termasuk ‘I Saw Red ‘ dan ‘Blind Faith’ juga tidak kalah sukses dan sempat nongkrong di tangga Billboard dan lainnya.

Album klasik WARRANT - Cherry Pie

11 September 2001
SLAYER – God Hates Us All

God Hates Us All adalah album studio kesembilan oleh legenda thrash metal Slayer, dirilis melalui American Recordings. Lagu ‘Disciple’ masuk nominasi Grammy Awards. Gitaris Kerry King menulis sebagian besar liriknya, mengambil pendekatan yang berbeda dari album-album sebelumnya dengan mengeksplorasi topik-topik seperti agama, pembunuhan, balas dendam, dan pengendalian diri. Band ini juga bereksperimen, merekam sebagian besar album ini dengan tuning gitar ke C♯, dengan tiga lagu di drop B dan dua lainnya dengan gitar tujuh senar di B♭.

Rilis album ini tertunda karena gambar sampul albumnya yang eksplisit, sehingga terdapat slipcase luar rekaman fisik albumnya untuk sebagian gerai. Meskipun demikian, God Hates Us All memuncak di No. 28 di Billboard 200. Kalau tidak ekstrim, bukan Slayer namanya, konsisten ngeri dari awal sampai mereka menutup kofin untuk selamanya.

Album klasik SLAYER - God Hates Us All

12 September 1989
AEROSMITH – Pump

Pump adalah album studio kesepuluh milik legenda rock Amerika Aerosmith, dirilis oleh Geffen Records. Album ini memuncak di No. 5 di tangga Billboard 200, dan disertifikasi 7 platinum oleh RIAA pada tahun 1995. Album ini menampilkan hits seperti ‘Love in an Elevator’, ‘The Other Side’, ‘What It Takes’, Janie’s Got a Gun’, yang semuanya masuk Top 40 of the Hot 100. Album klasik ini juga meraih penjualan 7 juta kopi di AS hingga saat ini.

Album klasik AEROSMITH - Pump

14 September 1993
CYNIC – Focus

Setelah bertahun-tahun disegani di kancah death metal Florida, Cynic merilis album Focus, sebuah album yang menggabungkan death metal dengan elemen lain, terutama jazz. Alih-alih memilih pendekatan brutal dan cepat terhadap musik metal seperti kebanyakan band di era mereka, Focus justru lebih nyaman bereksperimental. Album ini termasuk sebagai pengaruh terbesar terhadap perkembangan subgenre progressive death metal di masa mendatang. Di samping Death, Pestilence tentu saja.

Album klasik CYNIC - Focus

16 September 1997
MARIAH CAREY – Butterfly

Butterfly adalah album studio keenam sang Diva Amerika Mariah Carey. Dalam album ini Carey bekerja dengan banyak produser dan rapper beken seperti Sean “Puffy” Combs, Q-Tip, Missy Elliott dan Trackmasters. Butterfly menyimpang dari suara kontemporer karya Carey yang lebih lama, dan dipuji sebagai album ikonik yang menentukan dekade 1990-an dan musik pop dan R&B secara general. Beberapa hits-nya yang paling populer adalah ‘Honey’, ‘Butterfly’ dan ‘My All’.

16 September 1997
BUSTA RHYMES – When Disaster Strikes

When Disaster Strikes adalah album studio kedua milik rapper Amerika Busta Rhymes yang meraih kesuksesan komersial dan pujian kritis. Lagu hits-nya adalah ‘Put Your Hands Where My Eyes Could See’ dan ‘Dangerous’. Semuanya meraih kesuksesan di tangga lagu Billboard 100.

18 September 1970
BLACK SABBATH – Paranoid

Gila lo sampai enggak tahu Mbahnya Heavy Metal ini. Paranoid adalah album studio kedua Black Sabbath, dirilis melalui Vertigo Records di Inggris dan Warner Bros. Records di AS. Album ini menampilkan tiga lagu legendaris ‘Iron Man’, ‘War Pigs’ dan ‘Paranoid’, yang merupakan satu-satunya hit yang masuk Top 20 Chart Inggris, mencapai No. 4. Inilah album paling berpengaruh dalam perkembangan awal genre heavy metal. Paranoid adalah satu-satunya album Sabbath yang memuncaki UK Albums Chart hingga album terakhirnya, 13 yang dirilis pada tahun 2013.

19 September 1988
ANTHRAX – State Of Euphoria

“Be all, and you’ll be the end all, life can be a real ball, state of mind, eu4eeeaaahhh!” lantun vokalis Anthrax, Joey Belladonna di lagu ‘Be All End All’, lagu pertama di album ini. Album ini mencapai No. 30 di Billboard 200 pada akhir 1988 dan disertifikasi gold oleh RIAA pada 8 Februari 1989. Lagu hit paling bekennya apalagi kalau bukan ‘Antisocial’ (lagu cover band Prancis Trust) yang sebelumnya dirilis sebagai single dengan video musik yang menyertainya.

19 September 1990
OBITUARY – Cause Of Death

Cause of Death adalah album studio kedua legenda death metal Florida, AS Obituary. Album ini dirilis oleh Roadrunner Records dan dianggap sebagai salah satu album klasik terbesar dalam sejarah death metal. Artwork sampul album ini digarap oleh Michael Whelan, yang awalnya untuk album Sepultura Arise tetapi batal. Ini adalah rilisan pertama mereka dengan personel orisinal Frank Watkins (almarhum) pada bass, dan juga album pertama dan satu-satunya mereka dengan gitaris James Murphy.

20 September 1980
OZZY OSBOURNE – Blizzard Of Ozz

Blizzard of Ozz adalah album studio debut solo Ozzy Osbourne, dirilis pada 20 September 1980 di Inggris dan pada 27 Maret 1981 di AS. Album ini adalah rilisan pertama Ozzy sejak dipecat dari Black Sabbath pada 1979. Blizzard of Ozz adalah yang pertama dari dua album studio yang direkam Ozzy dengan gitaris Randy Rhoads sebelum kematian Rhoads pada tahun 1982. Pada tahun 2017, album ini menduduki peringkat ke-9 dalam daftar “100 Album Metal Terbaik Sepanjang Masa” di majalah Rolling Stone.

21 September 1993
SCORPIONS – Face The Heat

Face the Heat adalah album studio ke-12 milik legenda hard rock Jerman Scorpions. Dan diproduseri oleh band dan mendiang Bruce Fairbairn. Album ini menandakan status mereka sebagai semacam band politis dengan lagu ‘Alien Nation’, yaitu tentang penyatuan kembali Jerman. Serta menampilkan lagu hit ‘Under the Same Sun’. Album ini memiliki sentuhan gaya kontemporer, karena band ini tidak terpengaruh oleh trend saat itu, sebelum akhirnya kembali ke gaya aslinya di album Unbreakable pada tahun 2004. Ini adalah album terakhir yang menampilkan dramer Herman Rarebell, dan yang pertama dengan bassis Ralph Rieckermann.

22 September 1993
CANNIBAL CORPSE – Tomb Of The Mutilated

Tomb of the Mutilated adalah album studio ketiga legenda death metal Amerika Cannibal Corpse. Album ini dirilis melalui Metal Blade Records dan merupakan album Cannibal terakhir yang direkam dengan formasi lengkap band yang asli. Dikarenakan gitaris dan founder Bob Rusay dipecat setelah album ini dirilis. Tomb of the Mutilated dicekal di Jerman, karena artwork sampul albumnya yang brutal, vulgar dan liriknya yang terlalu ekstrim.

Lagu pembuka ‘Hammer Smashed Face’ di album ini dengan cepat menjadi lagu paling terkenal dan khas dari Cannibal Corpse. Lagu ini ditampilkan dalam penampilan cameo band ini dalam film Ace Ventura: Pet Detective yang dibintangi aktor jagoan slapstick Jim Carrey. Serta lagunya dipakai sebagai konten yang dapat diunduh untuk seri video game Rock Band. Sedangkan lagu ‘I Cum Blood’ juga ditampilkan dalam video game Grand Theft Auto IV: The Lost and Damned.

22 September 1997
BJORK – Homogenic

Homogenic adalah album solo internasional ke-3 milik Bjork. Lima single dari album ini adalah ‘Jóga’, ‘Bachelorette’, ‘Hunter’, ‘Alarm Call’, dan ‘All Is Full of Love’. Album ini adalah gaya baru bagi Bjork, dan menandakan tonggak sejarah dalam evolusi musiknya, terutama dengan kolaborasinya dengan Mark Bell, yang doi sebut sebagai pengaruh besar dalam kariernya.

23 September 1991
PIXIES – Trompe Le Monde

Trompe le Monde adalah album studio keempat milik band alternative rock Amerika Pixies, dirilis pada 23 September 1991 melalui 4AD di Inggris dan pada 24 September 1991 melalui Elektra Records di AS. Direkam di Burbank, California, Paris dan London, album ini diproduseri oleh Gil Norton, dan merupakan album studio terakhir Pixies sebelum mereka bubar dua tahun kemudian. Trompe le Monde adalah album terakhir yang menampilkan gitaris dan founder Kim Deal. Dan Pixies adalah salah satu band favorit Kurt Cobain yang sangat memengaruhi penulisan lagu doi di Nirvana.

23 September 1996
FATBOY SLIM – Better Living Through Chemistry

Better Living Through Chemistry adalah album studio debut milik produser big beat Inggris Fatboy Slim. Ada tiga single dari album ini, yakni ‘Everybody Needs a 303’, ‘Punk to Funk’, ‘Going out of My Head’. Album tersebut termasuk dalam buku “1001 Albums You Must Hear Before You Die”.

24 September 1990
AC/DC – The Razors Edge

The Razors Edge adalah album studio ke-12 legenda hard rock Australia AC/DC. Ini adalah album studio ke-11 band yang dirilis secara internasional dan ke-12 yang dirilis di Australia. Album ini adalah comeback besar bagi band, dan menampilkan hits ‘Thunderstruck’ dan ‘Are You Ready’, yang mencapai #5 dan #16 masing-masing di Billboard Mainstream Rock Tracks Chart. Dan lagu ‘Moneytalks’ memuncak di #23 di Billboard Hot 100.

24 September 1990
MEGADETH – Rust In Peace

Rust in Peace adalah album studio keempat legenda thrash metal Amerika Megadeth, dirilis oleh Capitol Records. Dinobatkan sebaga salah satu album thrash metal terbaik sepanjang masa oleh publikasi seperti Decibel dan Kerrang!. Serta terdaftar dalam buku “1001 Albums You Must Hear Before You Die”. Album ini masuk nominasi Grammy Awards untuk Best Metal Performance di Grammy Awards ke-33. Dan tentu saja juga menandakan album pertama mereka yang menampilkan gitaris Marty Friedman dan dramer Nick Menza. Mahakarya Megadeth yang belum tertandingi hingga kini. Belum ada lagu metal yang semaut ‘Holy Wars…the Punishment Due’.

24 September 1991
NIRVANA – Nevermind

Tidak perlu dibahas apalagi diperkenalkan lagi. Ada artikel lain di website MataMataMusik yang membahas lebih detail, hehehehe.

26 September 2000
SOULFLY – Primitive

Primitive adalah album studio kedua band metalnya mantan pentolan Sepultura, Max Cavalera sejak doi menetap di AS. Album ini dirilis oleh Roadrunner Records dan menampilkan hits paling beken Soulfly yang musiknya meneruskan gaya tribal metal di album Sepultura Roots. Sebut saja ‘Back to the Primitive’ yang terdapat instrumen tradisional Afrika berimbau. Kemudian ‘Son Song’ dan ‘Jumpdafuckup’ yang menampilkan Corey Taylor (Slipknot).

29 September 1997
PORTISHEAD – Portishead

Portishead adalah album studio kedua band trip hop Inggris Portishead. Album ini menampilkan 3 single, yakni ‘Only You’, ‘All Mine’, dan ‘Over’”. Self-titled album ini menerima pujian kritis setelah dirilis dan mencapai No. 2 di UK Album Chart dan No. 21 di Billboard 200.

29 September 1997
THE VERVE – Urban Hymns

Urban Hymns adalah album studio ketiga milik band alternative rock Inggris The Verve. Album ini menampilkan single ‘Bitter Sweet Symphony’, ‘Lucky Man’, dan ‘The Drugs Don’t Work’. Dan album ini mendapatkan pujian kritis saat dirilis, dan kemudian menjadi rilisan terlaris band dan salah satu album terlaris tahun itu.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    LOVEBITES Heavy Reaction

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021
    Rahmania Astrini

    Rahmania Astrini Curcol Kisah Cintanya Di Single 'When You, Were Mine'

    Foto: dok. WMI. Rahmania Astrini yang akrab disapa Astri adalah penyanyi R&B dan penulis muda berbakat. Gadis kelahiran 4 Juli 2001ini tercatat sudah me

    on Oct 11, 2021
    Alcatrazz

    Alcatrazz Comeback Via Album Epik "V" Bersama Vokalis Doogie White

    Foto: Alex Solca. Alcatrazz baru saja meluncurkan MV (Music Video) single baru 'Grace Of God' yang bisa lo dengar di akhir artikel ini. Lagu itu diambil dar

    on Oct 10, 2021