×
×

Search in Mata Mata Musik

320 Festival Online Digelar Demi Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Mental

Posted on: 05/9/20 at 6:00 am

Pada hari Jum’at, 8 Mei, 320 Festival telah dimulai secara online demi meningkatkan kesadaran yang lebih mengenai kesehatan mental melalui berbagai seminar online, sesi tanya jawab, dan penampilan dari berbagai artis.

Festival ini dibuat oleh pendiri Warped Tour, Kevin Lyman, dan salah satu pendiri organisasi 320 Changes Directions, Talinda Bennington. Pasangan ini bermitra dengan lebih dari 40 organisasi nirlaba termasuk MusiCares, To Write Love on Her Arms, dan banyak lagi untuk mencoba mengubah cara orang mendiskusikan topik kesehatan mental dan membawa lebih banyak kesadaran kepada masyarakat luas melalui panel yang menangani berbagai aspek kesehatan mental dan bagaimana hal itu mempengaruhi orang-orang dari semua lapisan masyarakat.

320 Festival akan menyiarkan berbagai sesi edukasi dan penampilan musik online demi menyebarkan kesadaran mengenai kesehatan mental.

“Ide untuk membuat 320 lahir dari pengalaman pribadiku dan fakta bahwa kita bisa berbuat lebih baik untuk memenuhi kebutuhan mereka yang menderita masalah kesehatan mental dan kecanduan,” ujar Talinda Bennington dalam sebuah siaran pers. “Kita perlu mengubah budaya kesehatan mental sehingga mereka yang membutuhkan – dan anggota keluarga mereka – dapat berbicara secara terbuka tentang perjuangan mereka sehingga mereka dapat mencari perawatan yang layak mereka terima”.

Talinda Bennington mengatakan bahwa dia ingin membantu orang-orang yang bermasalah dengan kesehatan mental setelah suaminya, sang vokalis legendaris Linkin Park, Chester Bennington meninggal akibat bunuh diri pada tahun 2017. “Banyak yang sudah tahu bahwa aku menyaksikan almarhum suamiku Chester menderita penyakit mental dan kecanduan,” ujar Talinda Bennington dalam sebuah video. “Tragisnya, pada 2017, kami kehilangannya karena bunuh diri. Sejak saat itu, aku merasa terdorong untuk membantu mereka yang berjuang dengan kesehatan mental mereka untuk menormalisasi percakapan di sekitarnya dan mendidik orang tentang cara mengatasinya”.

Digelar pada 8, 9, 10 Mei, masing-masing dari tiga hari selama festival virtual ini akan dimulai dengan sesi “Mindfulness Daybreak” pada pukul 8:30 pagi waktu setempat sebelum berbagai panel dan pertunjukan untuk setiap harinya dimulai. Sesi pendidikan untuk festival ini menangani berbagai aspek kesehatan mental termasuk efek dari nutrisi (8 Mei pukul 2 siang) dan musik (9 Mei pukul 2 siang) terhadap kesehatan mental. Sesi lainnya termasuk informasi tentang efek media sosial terhadap kecemasan (9 Mei pukul 12 malam), kecanduan (9 Mei pukul 9 pagi), dan kesehatan mental wanita yang melibatkan kasus pelecehan dan trauma (10 Mei pukul 12 malam).

Di antara setiap sesinya, berbagai musisi akan tampil secara virtual untuk para hadirin termasuk sang punk rocker Frank Turner, vokalis Every Time I Die, Keith Buckley, rapper Gnash dan banyak lagi pada hari Jum’at. Vokalis Coldplay, Chris Martin, bassis Guns n’ Roses, Duff McKagan, Art Alexakis dari Everclear, dan lebih banyak artis lagi akan tampil pada hari Sabtu. Sang popstar Kiiara, gitaris Hoobastank, Dan Estrin, dan banyak lagi akan menyiarkan penampilan mereka pada hari Minggu.

Festival ini akan dapat kamu streaming melalui halaman Facebook 320 Festival, kanal YouTube mereka, dan KNEKT.TV.. Kalian juga akan dapat mengakses festival itu melalui Roku dan Apple TV melalui KNEKT.TV.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Mike Shinoda

    Mike Shinoda (Linkin Park): Sebelum Ada Nu-Metal, Metal Terlalu "Kulit...

    Mike Shinoda. (Foto: Greg Doherty, Getty Images). Nu-metal adalah mikro-genre dari heavy metal yang merupakan hasil dari hibrida berbagai elemen musik dari

    on Oct 22, 2020
    Linkin Park

    Linkin Park Rilis Versi Demo 'In The End' Dari 20th Anniversary Hybrid...

    Boleh dibilang Linkin Park adalah band nu-metal/alternative rock yang berhasil menguasai blantika musik rock di era awal millenium alias pada tahun 2000. A

    on Oct 2, 2020
    Linkin Park

    Dalam Box Set ‘Hybrid Theory 20th Anniversary’, Linkin Park Memili...

    Linkin Park. Linkin Park menandakan perayaan ulang tahun ke-20 dari mahakarya debutnya, Hybrid Theory dengan merilis ulang album tersebut dalam format box s

    on Aug 14, 2020
    Toni Cornell

    Toni, Putri Alm Chris Cornell (Soundgarden) Nyanyikan Lagu ‘Black’...

    Toni Cornell saat menyanyikan lagu 'Black' Pearl Jam. (Foto: Toni Cornell, putri dari vokalis legendaris Soundgarden, almarhum Chris Cornell, telah menyany

    on Jul 31, 2020