×
×

Search in Mata Mata Musik

35 Alasan Untuk Mencintai Justin Timberlake

Posted on: 04/13/20 at 11:30 am

Justin Timberlake. (Foto Fakta Justin Timberlake: RCA Records).

Apakah ada yang tidak bisa dilakukan oleh Justin Timberlake?

Sejak artis pemilik segudang bakat itu muncul dalam kehidupan kita di awal tahun 1990-an sebagai bintang cilik dalam acara Mickey Mouse Club di Disney Channel, Justin Timberlake telah menjadi seorang ikon yang sangat influential dalam dunia hiburan. Di antara masa-masa boybandnya di NSYNC, karier solonya yang fenomenal, karier filmnya yang bergengsi, dan kehidupan keluarganya yang menginspirasi, Justin Timberlake benar-benar tidak pernah berhenti berkarya. Lagipula, bagi die-hard fan “JT”, tidak ada orang lain yang bisa membuat kita menari dan membuat kita tertawa seseru dia.

Dan dengan dirilisnya film animasi Trolls World Tour, yang menampilkan Justin Timberlake sebagai peran suaranya Branch, sang karakter utama dalam film, melalui rilis digital pada hari Jum’at 10 April lalu, film ini siap menghibur para keluarga selama masa karantina mereka ketika kita semua sedang berjuang untuk memperlambat penyebaran Covid-19, dan kehadiran Justin Timberlake yang menghibur tidak pernah terasa lebih berharga daripada saat ini.

Untuk menghormati film yang telah dirilis, mari kita bahas 35 alasan terbesar untuk mencintai Justin Timberlake. Selamat menikmati fakta Justin Timberlake!

Baca Juga: Justin Timberlake dan Jimmy Fallon Hibur Pemirsa Dalam Livestream Tonight Show

1. Acara baru Mickey Mouse Club

Justin Timberlake cilik, MMC.
Justin Timberlake cilik yang mana hayo? (Foto: Disney).

Kembali pada tahun 1993, acara Mickey Mouse Club (MMC) adalah yang paling asik! Di situlah Justin Timberlake bernyanyi dan menari bersama artis cilik yang kemudian menjadi superstar seperti J.C. Chasez, Britney Spears, Ryan Gosling dan Christina Aguilera selama dua musim.

2. Membentuk NSYNC

Pada tahun 1995 boyband NSYNC telah dibentuk. Sesama mantan pemeran acara MMC, J.C., Chris Kirkpatrick, Joey Fatone, dan Lance Bass menjadi sukses terkenal bersama Justin Timberlake di Eropa, kemudian di Amerika Serikat (AS). Mereka bernyanyi, menari, dan mengenakan pakaian yang matching (selaras) setiap mereka beraksi.

NSYNC.
NSYNC. (Foto: SGranitz/WireImage).

3. Menjadi favorit kaum Hawa

Justin Timberlake tidak butuh waktu lama untuk mulai mengembangkan gaya khasnya sendiri. Rambut ikal! Kacamata gelap! Rantai celana! Semua terasa Justin Timberlake banget selama tahun 2000an.

Justin Timberlake kedua dari kanan, berambut ikal. (Foto: Ron Galella, Ltd./WireImage).

4. Film Model Behavior

Film tahun 2000 ini, yang ditayangkan di channel ABC, The Wonderful World of Disney, menandai awal suatu era untuk sang superstar! Justin Timberlake memulai karier aktingnya dengan berperan bersama Maggie Lawson dan Kathie Lee Gifford sebagai Jason Sharpe, seorang model pria dengan mimpi suatu hari nanti dapat menjadi seorang profesor astronomi.

Justin Timberlake dalam film keluaran Disney, Model Behavior. (Foto: Disney).

5. #NEVERFORGET

8 Januari 2001 adalah tanggal yang akan selamanya diingat buruk. Itulah saat Justin Timberlake dan pacarnya Britney Spears muncul di karpet merah American Music Awards dengan mengenakan kostum full berbahan denim yang matching! Aneh.. hahaha.

Justin dan Britney.
Justin dan Britney. (Foto: Lucy Nicholson/AFP/Getty Images).

6. Setiap tanggal 30 April…

Tepat sebelum awal bulan Mei setiap tahunnya, warga Internet secara kolektif bikin meme terhadap logat lucu Justin Timberlake saat mengucapkan kata-kata “It’s Gonna Be Me“.

7. Konser Super Bowl 2001

NSYNC tampil di acara paruh waktu Super Bowl tahun 2001 bersama Britney Spears, Aerosmith, Nelly dan Mary J. Blige. Justin Timberlake kemudian juga tampil sebagai artis solo selama Super Bowl 2004, tetapi karena “kecelakaan wardrobe” (alias baju nyelip) terkenal yang menimpa Janet Jackson, semakin sedikit diceritakan, semakin baik, hehehe.

NSYNC, Britney Spears, Joe Perry (Aerosmith) sedang beraksi. (Foto: Scott Gries/ImageDirect/Getty Images).

8. Bersama sang Raja Pop

Setelah NSYNC menampilkan single mereka ‘Pop’ di acara MTV VMA 2001, mereka didatangi di atas panggung oleh Michael Jackson. Dunia pop bersatu dan bertabrakan ketika Justin Timberlake melakukan beatbox sementara Michael Jackson menari.

NSYNC bersama King of Pop, Michael Jackson.
NSYNC bersama King of Pop, Michael Jackson. (Foto: Jeff Kravitz/FilmMagic).

9. Album solo Justified

Justin Timberlake merilis album solo pertamanya, yang berjudul Justified dan menampilkan lagu hit ‘Like I Love You’, pada 5 November 2002. Dengan memulai debutnya di posisi No. 2 pada chart Billboard 200, album ini menjadi album full length terpopuler ke-11 pada tahun 2003.

Gambar: RCA Records.

10. ‘Cry Me A River’

Ini adalah single kedua Justin Timberlake dari album Justified. Ada spekulasi yang merajalela bahwa lagu ikonik ini adalah tentang seorang mantan pacarnya…

JT dalam video kip ‘Cry Me a River’.

11. Acara Punk’D

Kini giliran Justin Timberlake untuk “menangis” selama episode pertama acara Punk’d ketika seri komedi MTV itu debut pada tahun 2003. Dengan bantuan Ashton Kutcher melalui earphone, Dax Shepard yang waktu itu belum terkenal menipu Justin Timberlake untuk mempercayai bahwa semua rumah, mobil dan hewan peliharaannya telah disita oleh pemerintah karena tagihan pajak sebesar US$ 900,000 (RP 14 miliar) yang belum dibayar.

Foto: MTV.

12. Tertawa lega…

Ketika Ashton Kutcher akhirnya keluar dan memberi tahu sang penyanyi bahwa dia telah ditipu oleh Punk’d, Justin Timberlake tidak bisa menahan tawanya. “Kamu sialan!” ujar Justin Timberlake sambil tertawa, tepat sebelum dia tosan dengan Ashton Kutcher dan memberikan ucapan selamat. Justin Timberlake jelas merasa tertarik dan kemudian membantu mengelabui Kelly Osbourne untuk episode lain dari seri tersebut.

Ashton Kutcher dan Justin. (Foto: MTV).

13. Omletteville!

Pada tahun 2003, Justin menjadi pembawa acara Saturday Night Live untuk pertama kalinya. Dia membuktikan bahwa bakat komedinya memang benar-benar spontan, terutama pada acara ini saat dia memberikan punchline, “Bawa semuanya turun ke Omletteville!” Pada tahun 2013, ia menjadi anggota Five-Timers Club yang sangat dipuji, bergabung dengan host ikonik lainnya seperti Alec Baldwin, Scarlett Johansson, dan Melissa McCarthy.

Foto: NBC / Saturday Night Live.

14. Penghargaan Grammy pertama

Pada tahun 2004, Justin Timberlake memenangkan penghargaan Grammy pertamanya! Dia mendapat piala Best Male Pop Vocal Performance (‘Cry Me a River’) dan Best Pop Vocal Album (Justified). Secara total Justin Timberlake telah memenangkan 10 penghargaan Grammy.

Justin meraih piala Grammy pertamanya. (Foto: Frederick M. Brown/Getty Images).

15. ‘Sexyback’

Pada tahun 2006, Justin Timberlake secara terkenal merilis ‘SexyBack’ dan kemudian album FutureSex/LoveSounds. Memulai debutnya di No. 1 pada chart Billboard 200, album ini berhasil memenangkan Justin Timberlake empat dari 10 total piala Grammy-nya, dua piala di tahun 2007 dan dua lagi di tahun berikutnya.

16. Sketsa D**k In a Box

Pada tahun 2006, Justin Timberlake dan sobatnya Andy Samberg memberi kami sketsa SNL yang ia akui pada tahun 2020 ini bahwa itu secara tidak sengaja didasarkan pada masa Justin Timberlake sebagai personil *NSYNC. “Kami, seperti, ‘Bagaimana jika kami datang dengan, seperti, duo orang yang masih terjebak dalam waktu dan fesyen tertentu, seperti, jas sutra dan kalung rantai herringbone dan blewok yang terpahat secara teliti’, apakah saya menggambarkan *NSYNC? Ini aneh,” kenang Justin Timberlake saat tampil di acara Hot Ones pada bulan April. “Aku baru sadar bahwa kita mengambil begitu banyak inspirasi dari kelompok itu. Wah sialan”.

Foto: NBC / Saturday Night Live.

17. Cameron Diaz

Justin Timberlake dan Cameron Diaz sempat berkencan pada pertengahan tahun 2003 hingga akhir 2006. Namun, setelah mereka berpisah, mereka tetap menjadi mantan yang sangat akrab. Keduanya menjadi peran suara karakter dalam film Shrek the Third pada 2007, dan mereka kemudian ikut membintangi film komedi Bad Teacher pada 2011.

Justin dan Cameron Diaz. (Foto: Gareth Davies/Getty Images).

18. Datanglah Jessica Biel

Justin Timberlake dan Jessica Biel mulai berkencan pada 2007.

Justin dan Jessica Biel. (Foto: Chris Polk/Getty Images).

19. Menjadi bintang film

Meskipun Justin Timberlake telah muncul pada film-film seperti Alpha Dog (2006), Black Snake Moan (2006) dan The Love Guru (2008), penggambaran karakternya sebagai Sean Parker di film The Social Network (2010) lah yang benar-benar melegitimasi dia sebagai aktor serius. Sejak itu dia muncul dalam film lebih bergengsi termasuk Inside Llewyn Davis dan Wonder Wheel.

Justin dalam film ‘The Social Network’. (Foto: Merrick Morton/Columbia Pictures).

20. Anak mami

Bocah asal Tennessee, AS ini tidak pernah lupa dengan darimana dia berasal atau siapa yang membesarkannya. Justin Timberlake membawa sang ibu Lynn Harless sebagai teman kencannya pada seremoni Oscars 2011.

Justin bersama ibundanya. (Foto: Jason Merritt/Getty Images).

21. “Saya bersedia”

Pada 19 Oktober 2012, Justin Timberlake dan Jessica Biel menikah di Fasano, Italia dan memberi kami foto yang benar-benar luar biasa ini dalam prosesnya.

Justin dan Jessica menjadi cover majalah People. (Foto: People Magazine).

22. Cinta lain Justin Timberlake

Kita tidak bisa melupakan bromance antara Justin Timberlake & Jimmy Fallon yang sangat sejiwa ini.

Justin dan Jimmy Fallon. (Foto: Jamie McCarthy/Getty Images for The Tonight Show Starring Jimmy Fallon).

23. ‘Suit & Tie’

Single pertama dari album The 20/20 Experience milik Justin Timberlake ini menampilkan sang rapper Jay Z. Diikuti oleh lagu hit ‘Mirrors’ dan ‘Tunnel Vision’.

JT in black and white. (Foto: justintimberlake.com).

24. Masih NSYNC

Justin Timberlake dihormati dengan penghargaan Video Vanguard Honor di acara MTV VMAs 2013. Dia menyanyikan campuran lagu hit terbesarnya, termasuk reuni yang sangat dinanti-nantikan dengan J.C., Joey, Chris dan Lance di atas panggung. Itu merupakan momen yang sangat spesial.

NSYNC reunion show. (Foto: Kevin Mazur/WireImage for MTV).

25. Superstar musik country

Justin Timberlake membuat debut musik country-nya di CMA Awards 2015, di mana ia menampilkan lagu ‘Tennessee Whiskey’ di atas panggung bersama Chris Stapleton.

Foto: Rick Diamond/Getty Images.

26. Bayi Silas telah lahir

Setelah mengkonfirmasi pada ulang tahunnya yang ke-34 bahwa mereka sedang mengharapkan bayi, Justin Timberlake dan Jessica Biel menyambut putra pertamanya, Silas Randall Timberlake, pada 8 April 2015.

Bayi Silas Randall Timberlake baru lahir. (Foto: Twitter).

27. Trolls

Hampir satu dekade setelah peran suara pertamanya di Shrek the Third, Justin Timberlake membantu meluncurkan film animasi baru sebagai salah satu karakter utama dari film Trolls (2016). Dibintangi berlawanan dengan Anna Kendrick, Justin Timberlake menghidupi karakter Branch yang terlalu berhati-hati. Film ciptaan Dreamworks Animation ini menjadi hit besar, dengan meraih keuntungan sebesar US$ 346 juta (Rp 5,4 triliun) dari seluruh dunia.

Foto: 20th Century Fox.

28. ‘Can’t Stop The Feeling’

Tidak hanya Justin Timberlake meminjamkan suaranya kepada karakter Branch, tetapi dia juga menjadi produser eksekutif untuk soundtrack film itu juga. Single utamanya ‘Can’t Stop the Feeling!’ telah menjadi hit besar sendirinya, dengan mendapatkan nominasi Oscars untuk Best Original Song sambil menjadi lagu terlaris pada tahun 2016 di AS.

Foto: Vevo.

29. Man of the Woods

Ketika dia kembali ke karier musiknya sendiri pada tahun 2018 dengan merilis album studio kelimanya, dinamai sesuai dengan putranya Silas (yang namanya berarti “man of the forest”), Justin Timberlake merilis album yang memperkenalkan sentuhan genre Americana ke gaya musik khasnya. Hasil akhirnya membuatnya menjadi artis dengan streams terbanyak tahun itu di Amazon Prime dengan album terlaris keenam pada tahun 2018. Lumayan dan tetap harus disyukuri.

Foto: Vevo/YouTube.

30. Kembali ke Super Bowl

Pada tahun 2018, Justin Timberlake  juga kembali ke acara paruh waktu Super Bowl, kali ini sebagai headliner di Minneapolis sendirian, dan kemudian berduet dengan almarhum Prince yang muncul dalam proyeksi video.

Foto: NBC.

31. Hindsight

Pada tahun 2018, Justin Timberlake juga menambahkan “penulis” ke dalam CV-nya dengan merilis buku Hindsight & All the Things I Can’t See in Front of Me, sebuah kurasi pengamatan, kenangan dan foto-foto dari kehidupan pribadi dan profesionalnya. Buku ini mencapai No. 2 di daftar buku fisik non-fiksi terlaris di The New York Times.

Foto: Paul Marotta/Getty Images for Berklee.

32. Pahlawan Halloween

Dunia menyukai momen saat seorang mantan bintang boyband bisa menertawakan dirinya sendiri, bergabung dengan istrinya, Jessica Biel, dan melakukan ide kostum terbaik saat sang istri bergaya sebagai Justin Timberlake era NSYNC pada pesta Halloween 2019, dan Justin Timberlake sendiri sebagai mikrofonnya Jessica Biel.

Foto: Michael Kovac/Getty Images for Casamigos.

33. Trolls World Tour

Membangun kesuksesan film Trolls, Justin Timberlake kembali ke peran Brach untuk sekuel Trolls World Tour yang sangat dinanti-nantikan, yang menjadi salah satu film pertama yang beralih dari rilis teater tradisional ke rilis penyewaan digital mengingat pandemi global virus Corona 2020. Film ini tersedia pada hari Jumat 10 April lalu.

Baca Juga: Justin Timberlake Beri Tribute Untuk Salah Satu Idola Terbesarnya, Bill Withers

Foto: Universal Pictures.

34. Tidak boleh bermalas-malas

Seperti dengan film Trolls pertama, Justin Timberlake kembali ke peran produser eksekutif untuk soundtrack film Trolls World Tour sementara dia juga muncul pada delapan lagu, termasuk single utamanya, ‘The Other Side’ (menampilkan SZA) dan ‘Don’t Slack’ bersama Anna Kendrick dan Anderson Paak.

Anna Kendrick dan Justin. (Foto: YouTube).

35. Salah satu artis terbaik sepanjang masa

Sebagai hanya satu dari dua orang yang pernah dianugerahi penghargaan Contemporary Icon Award oleh Songwriters Hall of Fame, didirikan untuk mengenali para artis/penulis lagu yang memperoleh status ikonik dalam budaya pop – Lady Gaga adalah yang satunya – Justin Timberlake telah menaruh jejak yang tak terhapuskan pada budaya musik pop. Dengan lebih dari 88 juta album terjual, Justin Timberlake tanpa diragukan lagi adalah salah satu artis terlaris di dunia.

Foto: Angela Weiss/AFP via Getty Images.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Mark Wahlberg / Mandy Moore / Ice-T

    Inilah 10 Bintang Film Terkenal Yang Awalnya Sukses Sebagai Musisi

    Mark Wahlberg, Mandy Moore, Ice-T. Bisnis hiburan jelas menghasilkan kemungkinan karier yang nggak terbatas, bahkan nggak terduga. Banyak yang nggak harus h

    on Aug 6, 2020
    Justin Timberlake

    Hormati Orang Kulit Hitam, Justin Timberlake Dukung Perobohan Patung K...

    Justin Timberlake. (Foto: Jamie McCarthy/FilmMagic). Ketika banyak orang Amerika Serikat (AS) berdebat apakah patung monumen dari para pemilik budak, termas

    on Jul 10, 2020
    Justin Timberlake dan Britney Spears.

    Britney Spears Posting Tentang Putus Hubungan Dengan Justin Timberlake

    Justin Timberlake dan Britney Spears, tahun 2001 lalu. (Foto: Jeff Kravitz). Rasa cinta mereka mungkin sudah lama hilang, tetapi tampaknya masih ada banyak

    on Apr 19, 2020
    Justin Timberlake dan Jimmy Fallon.

    Justin Timberlake dan Jimmy Fallon Hibur Pemirsa Dalam Livestream Toni...

    Justin Timberlake dan Jimmy Fallon. (Foto: The Tonight Show). Justin Timberlake dan Jimmy Fallon tunjukkan betapa eratnya persahabatan mereka pada Selasa (7

    on Apr 10, 2020