×
×

Search in Mata Mata Musik

4 Bukti Kesuksesan Fear Inoculum Milik Tool!

Posted on: 09/11/19 at 12:00 pm

Fear Inoculum yang diluncurkan akhir bulan lalu masih membuktikan kalau Tool adalah band besar segala zaman.

Baca Juga: TOOL Sempat Terima Ancaman Pembunuhan Karena Fear Inoculum!

Setelah absen selama 13 tahun, tidak heran kalau band hard rock Tool sekarang kembali menjadi sorotan karena mereka akhirnya kembali dengan album baru. Fear Inoculum, album kelima Tool, debut di No. 1 Billboard 200 minggu ini, menjadi album kedua mereka yang memuncaki daftar tersebut. 

Kesuksesan mereka meninggalkan dampak yang signifikan, tidak hanya sebagai pemuncak daftar, tetapi juga sebagai salah satu pencapaian paling mengesankan di era ini. Berikut adalah empat statistik yang menggarisbawahi betapa populernya Fear Inoculum sejak peluncurannya.

Minggu Pembuka Terbesar Kelima di 2019

Dengan 270.000 unit setara yang diperoleh pada saat perilisannya, Fear Inoculum dengan mudah merebut posisi teratas Billboard 200, mengambil alih tempat Taylor Swift, yang sebelumnya mencetak pencapaian terbesar tahun ini dengan proyek anyarnya, Lover (yang kemungkinan akan bertahan di No. 1 seandainya tidak digeser Tool). Total itu cukup untuk memberikan album terbaru Tool debut terbesar kelima di antara semua album di 2019.

Fear Inoculum berada di belakang album Swift Lover (867.000), Happiness Begins dari The Jonas Brothers (414.000), Thank U, Next dari Ariana Grande (360.000) dan When We All Fall Asleep, Where Do We Go? dari Billie Eilish (313.000). 

Album Kelima dengan Jumlah Salinan Terbanyak dalam Satu Minggu Tahun Ini

Fear Inoculum tidak hanya merasakan debut terbesar kelima di tahun 2019, tetapi juga mengumpulkan cukup banyak salinan untuk menjadi album kelima tahun ini yang mendapat setidaknya seperempat juta unit dalam satu periode tujuh hari. Jumlah salinan satu minggu terbesar keenam dipegang oleh DNA dari Backstreet Boys, yang dibuka di No. 1 tahun ini dengan 234.000 salinan, berbeda sedikit dari perolehan album Tool.

Minggu Penjualan Terbesar Ketiga Tahun 2019

Jika streaming dan unit setara trek dihapus dari perhitungan, dan penjualan murni saja yang dipertimbangkan, album kelima Tool naik di daftar album paling sukses tahun ini. Dalam tujuh hari pertamanya, Fear Inoculum berhasil menjual 248.000 salinan, dan itu cukup untuk memberinya minggu penjualan terbesar ketiga do 2019.

Dua album lainnya yang menjual lebih banyak salinan dalam satu minggu sejauh ini di 2019 adalah Lover daru Taylor Swift (679.000) dan Happiness Begins dari The Jonas Brothers (357.000). 

Baca Juga: Setelah 13 Tahun, TOOL Hadirkan Single “Fear Inoculum”

Minggu Terbesar untuk Album Rock dalam Lebih Dari Satu Tahun

Menurut Billboard, album terakhir yang masuk ke dalam kategori “rock” yang menjual lebih banyak unit dalam satu periode waktu adalah Come Tomorrow dari Dave Matthews Band, yang menghasilkan 292.000 salinan setara saat dirilis pada Juni lalu. Album itu juga terjual lebih banyak daripada Fear Inoculum Tool, yang mencatatkan 285.000 salinan ketika dirilis.

Keterangan Foto Utama: Tool tampil live di festival musik Rock en Seine. (Foto: Eric Catarina/Gamma-Rapho via Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Tool

Adam Jones (Tool) Unggah Demo Lagu ‘Descending’ Dari Album ‘Fear...

Tool. (Foto: Travis Shinn). Adam Jones, gitaris dari band alternative/progressive metal kawakan Tool, telah membagikan demo awal untuk lagu dari album Fear

on May 20, 2020
Sepultura

Sepultura Tampil Brutal di Single Baru ‘Last Time’

Hampir 35 tahun setelah merilis album pertama mereka, evolusi band thrash metal fenomenal asal Brasil, Sepultura, terus berjalan sebagaimana dibuktikan dalam s

on Dec 23, 2019
Lana Del Rey

Lana Del Rey Akan Isi Album Baru dengan Puisi Bebas

Lana Del Rey baru saja mengumumkan album barunya melalui postingan di Instagram. Berbeda dengan album-album sebelumnya, album yang akan mendarat pada 4 Januari

on Dec 20, 2019
Ozuna

Ozuna Ceritakan Evolusi Albumnya, Dari Odisea Hingga Nibiru

Ozuna lagi-lagi membuktikan kalau dirinya tidak bisa dipandang sebelah mata. Selama tiga tahun berturut-turut, dia debut di posisi No. 1 Top Latin Albums Billb

on Dec 20, 2019