×
×

Search in Mata Mata Musik

4 Rahasia Besar Dalam Industri K-Pop Yang Ditelanjangi Oleh Mantan Idolnya

Posted on: 08/29/20 at 6:30 am

4 Rahasia Besar Dalam Industri K-Pop Yang Ditelanjangi Oleh Mantan Idolnya

Fans punya banyak pertanyaan penting seputar seluk-beluk industri musik K-pop, dan nggak ada yang bisa menjelaskannya lebih baik daripada para idol K-pop itu sendiri. Berikut adalah 4 rahasia industri K-Pop yang “ditelanjangi” alias diungkapkan secara buka-bukaan oleh mantan idol K-pop mengenai kebenaran di balik industri raksasa tersebut.

Baca juga: 7 Boyband K-Pop Terkocak Yang Dijamin Bikin Lo Terhibur Walau Lo Bukan Fans

1. Bisnis manipulasi chart (tangga lagu)

G.O. dari boyband MBLAQ mengungkapkan bahwa ada suatu bisnis lengkap yang didedikasikan untuk mempromosikan sebuah grup sambil menjatuhkan popularitas grup-grup saingannya. Mereka melakukan manipulasi itu dengan cara memblokir beberapa traffic server domestik Korea Selatan dan mengontrolnya dari luar negeri.

Kembali pada tahun 2010, ketika rumor manipulasi chart sedang hangat-hangatnya di industri musik, beberapa “manipulator chart” mengunjungi agensinya G.O. dan menawarkan dia untuk menjadi No. 1 di tangga lagu, tentu saja dengan penawaran harga tertentu.

“Jika kamu membayar kami US$ 375 ribu (sekitar Rp 5,5 miliar), kami akan membuat penyanyi kamu raih peringkat No. 1 di berbagai tangga lagu selama satu bulan,” kata manipulator chart tersebut,

Setelah agensi G.O. menolak tawaran tersebut, G.O menemukan insiden yang serupa terjadi pada boyband 2PM.

“Saat itu, kami sedang di ruang tunggu bersama 2PM dan salah satu member-nya mengatakan kepadaku, ‘Hei G.O. coba tebak deh? Seseorang datang ke perusahaan kami dan bilang bahwa dia akan memanipulasi chart untuk kami selama sebulan jika kami membayarnya (sekitar) US$ 500 ribu (Rp 7,3 miliar) hingga US$ 600 ribu (Rp 8,8 miliar)’,” kata G.O.

2. Fancams

Pernahkah lo bertanya-tanya bagaimana seorang idol K-pop tanpa susah payah bisa menatap langsung kepada fancams (cuplikan video grup/idol K-pop yang direkam fans) mereka? Ada ribuan fans yang merekam mereka selama konser live, jadi, bagaimana mereka tahu ke mana mereka harus melihat? Mantan anggota girlband Blady, Tina mengungkapkan rahasia di balik hal tersebut di kanal YouTube pribadinya, soobeanie_.

Operator fancams biasanya menarik perhatian seorang idol di atas panggung dengan menggunakan papan tanda elektronik dengan nama idol itu di atasnya. Karena timing alias pengaturan waktu adalah faktor yang sangat penting, fans sering menunjukkan papan tanda mereka di awal konser untuk menarik perhatian idol sebelum mereka mulai menyanyi dan menari.

3. Idol K-pop yang pacaran di ISAC (Idol Star Athletics Championships)

Tina (sekarang dikenal bernama Soobin) juga mengungkapkan rincian tentang beberapa idol K-pop yang pacaran selama acara TV Idol Star Athletics Championships (ISAC). Doi mengatakan beberapa idol ketahuan sedang menjalin hubungan cinta karena mereka mencoba menyembunyikannya selama proses syuting acara itu.

Baca juga: 4 Momen Misterius Yang Belum Terjawab Dalam Sejarah Musik K-Pop

Misalnya, ketika seorang anggota girlband Blady sedang pacaran dengan seorang idol laki-laki, keduanya berusaha untuk sama sekali nggak berinteraksi, tetapi cara mereka diam-diam sering melirik satu sama lain membuat Soobin merasa bahwa mereka sebenarnya sedang pacaran.

4. Alasan kenapa grup K-pop dibubarkan

Mantan anggota boyband MADTOWN, H.O dan mantan idol K-pop Siwan dari boyband TwiLight telah menceritakan rincian di balik layar yang serupa tentang kenapa grup K-pop biasanya dibubarkan.

Ternyata, alasan utamanya adalah hutang. Sebelum sebuah grup K-pop melakukan debut, mereka harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk produksi musik, pakaian, dan lain-lain, yang artinya itu akan sangat sulit untuk menghasilkan keuntungan dari karya musik mereka.

“Agensi menagih grup yang mau melakukan debut untuk segala hal mulai dari produksi musik, produksi video, produksi album hingga biaya pakaian dan makan. Biayanya minimal 500 juta KRW (sekitar Rp 6,1 miliar) untuk mengurus kebutuhan satu grup. Jika ada tujuh anggota, setiap anggota akan punya hutang sekitar US$ 70 ribu atau sekitar Rp 1 miliar setelah mereka baru saja melakukan debut. Para anggota akan mulai menghasilkan keuntungan hanya setelah hutangnya telah lunas,” ungkap H.O.

“Setelah grup melunasi semua biaya investasi (yang disediakan) agensi, agensi dan anggota grup baru bisa menghasilkan keuntungan,” kata Siwan. “Bahkan grup yang paling rookie (pemula) pun dibayar minimal US$ 3 ribu (sekitar Rp 44 juta) untuk tampil di satu venue. Jadi untuk membayar hutang sebesar 500 ribu KRW, grup itu harus menjalani jadwal konser yang sangat padat”.

Jika sebuah grup nggak berhasil cukup cepat untuk melunasi hutang debut mereka dan mulai menghasilkan keuntungan bagi agensi dan mereka sendiri, kemungkinan besar mereka akan dibubarkan.

Mantan idol K-pop lainnya, Mir dari MBLAQ, menyebut uang sebagai alasan paling umum atas bubarnya sebuah grup. Terlepas dari apa yang diyakini sebagian orang, pembubaran grup K-pop jarang terjadi karena masalah kerja sama tim atau hubungan antar anggotanya.

“Ketika sebuah grup bubar, orang mengira itu karena anggotanya sudah nggak akur lagi. Aku rasa itu nggak pernah terjadi sih. Maksud aku, anggota MBLAQ dari dulu sangat akrab lho. Dan jika kamu menonton konser-konser yang dimainkan beberapa tim ini sebagai satu grup, kamu dapat menyadari bahwa semua anggotanya tampak baik-baik saja dan mereka nggak bertindak seperti itu (nggak akur),” ungkap Mir.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lagu K-pop

20 Lagu K-Pop 'Underrated' Yang Mesti Lo Dengar Dari Tahun 2020

Mengucapkan selamat tinggal kepada tahun 2020 tuh berasa lega yah, lo pasti merasakannya juga, ya bagaimana nggak, hampir di sepanjang tahun lalu kita dibi

on Jan 7, 2021
BTS ARMY

Big Hit Menjawab Kebingungan BTS ARMY Pada Video Iklan Coca Cola Indon...

Baru-baru ini muncul video iklan baru Coca Cola di akun media sosial Coca Cola Indonesia yang bikin heboh para penggemar BTS alias BTS ARMY. Coba lo dengar

on Jan 5, 2021
Grup K-pop Paling Populer

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Desembe...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Dec 29, 2020
Anggota Boyband K-Pop

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Des...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Dec 28, 2020