×
×

Search in Mata Mata Musik

5 Fakta Menarik IU: Dari Rumahnya Yang Penuh Kecoa Sampai Jadi Ratu K-Pop

Posted on: 05/15/20 at 11:30 am

IU.
IU, penyanyi dan aktris Korea Selatan yang populer, harus mengatasi kesulitan sebelum menjadi besar di industri hiburan. (Foto: Instagram/dlwlrma).

Sebelum menjadi salah satu superstar K-pop yang paling disayang di Korea Selatan, IU harus mengatasi banyak kesulitan dalam perjalanan hidupnya dari para kerabat yang mengejek mimpinya, hingga 20 audisi yang gagal sebelum dia akhirnya menemukan seorang agen.

Baik di depan layar atau di dalam lagu, bintang multi-talenta Korea Selatan ini tidak pernah jauh dari pusat perhatian. Lagu ‘I Give You My Heart’ miliknya dari soundtrack drakor terkenal Crash Landing on You telah menduduki puncak berbagai chart (tangga lagu) dalam waktu hanya tiga jam setelah rilis! Sementara itu, drakor yang dibintanginya di Hotel del Luna dan My Mister memperoleh rating acara yang sangat tinggi.

Baca juga: Menutup 2019, IU Donasi Rp 1,2 Miliar Untuk Kesejahteraan Anak

Nah, untuk memperingati ulang tahun IU yang ke-27 pada 16 Mei, kami akan beri lima hal yang perlu kalian ketahui tentang seorang selebriti yang harus berjuang penuh tekad melalui berbagai macam kesulitan dan cobaan!

1. IU tumbuh di keluarga yang kurang mampu

Terlahir dengan nama Lee Ji-eun dalam keluarga yang awalnya stabil secara finansial, namun setelah memiliki hutang yang semakin tinggi menyebabkan keluarganya bangkrut, yang akhirnya memaksa IU dan saudara lelakinya untuk pergi dan tinggal bersama nenek mereka untuk menghindari penagih hutang yang terus-menerus meneror rumah lama mereka yang penuh dengan kecoa.

Sementara IU bermimpi menjadi seorang entertainer dan secara teratur kerap melatih nyanyiannya, kerabatnya meragukan kemampuannya dan mengejek cita-citanya itu. Namun, kritik itu hanya malah memotivasi IU untuk bekerja lebih keras dan mengejar mimpinya menjadi seorang penyanyi.

2. IU pernah gagal audisi sampai 20 kali

Jauh sebelum perilisan berbagai lagu hit-nya seperti ‘Palette’, ‘Bbibbi’ dan ‘Blueming’, IU sangat kesulitan dalam menemukan seorang agen – hingga gagal audisi 20 kali selama dua tahun.

CEO JYP Entertainment Park Jin-young hingga sekarang masih menyesal karena pernah menolak IU, berbicara kepada KBS 2TV bahwa, “Hatiku hancur setiap kali aku melihat IU. Aku akan menemukan orang yang menolak IU dari audisi kami dan menghukumnya”.

3. IU pernah ditipu oleh agensi hiburan palsu

Penderitaannya sepertinya hanya semakin lengkap karena IU pernah dibohongi oleh sebuah agensi hiburan palsu. Seorang penipu menyuruhnya untuk mengirim banyak uang dengan imbalan akan diberi kesempatan penampilan di TV dan masa pelatihan idol. Pada saat IU mengetahui bahwa itu palsu, semuanya sudah terlambat dan dia telah kehilangan uang yang diperoleh neneknya dengan menjual aksesoris. Untungnya, Loen Entertainment menawarinya kontrak pada tahun 2007, dan IU memulai debutnya setahun kemudian pada usia 15 tahun.

Baca juga: IU Jadi Salah Satu Heroes Of Philanthropy Asia 2019 Versi Forbes

4. IU menjadi aktris kelas atas

Selain menjadi penyanyi yang hebat, IU juga merupakan seorang aktris dengan peringkat teratas dan telah membintangi berbagai drakor populer seperti Dream High, Scarlet Heart Ryeo, My Mister dan Hotel del Luna.

Di Hotel del Luna, IU berperan sebagai seorang CEO yang centil bernama Jang Man-wol. Penampilannya yang menjiwai sebagai karakter yang modis, pemarah namun rentan mendapat banyak pujian dan apresiasi.

5. Menjadi Ratu K-pop yang disegani

IU sering dipuji atas bakat beragamnya sebagai penyanyi. Dia dapat dengan cepat beralih dari suara soprano yang manis ke tiba-tiba nada vokal yang kuat. Berkat rentang vokalnya yang luas, IU dapat membawakan genre yang beragam seperti jazz, R&B kontemporer, pop-folk dan electro-pop. Tidak seperti banyak artis lainnya, IU menulis dan memproduksi musiknya sendiri. Dia telah menulis lebih dari 50 lagu untuk albumnya sendiri, drakor atau film Korea Selatan, dan berbagai musisi lainnya.

Sumber: SCMP
Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lagu K-pop

20 Lagu K-Pop 'Underrated' Yang Mesti Lo Dengar Dari Tahun 2020

Mengucapkan selamat tinggal kepada tahun 2020 tuh berasa lega yah, lo pasti merasakannya juga, ya bagaimana nggak, hampir di sepanjang tahun lalu kita dibi

on Jan 7, 2021
BTS ARMY

Big Hit Menjawab Kebingungan BTS ARMY Pada Video Iklan Coca Cola Indon...

Baru-baru ini muncul video iklan baru Coca Cola di akun media sosial Coca Cola Indonesia yang bikin heboh para penggemar BTS alias BTS ARMY. Coba lo dengar

on Jan 5, 2021
Grup K-pop Paling Populer

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Desembe...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Dec 29, 2020
Anggota Boyband K-Pop

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Des...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Dec 28, 2020