×
×

Search in Mata Mata Musik

5 Girl Group K-Pop Tercepat Raih Penghargaan Pertamanya!

Posted on: 02/24/19 at 1:30 pm

Keberuntungan di industri musik K-Pop memang tidak bisa ditebak….

Oleh E. Cha (Soompi)

Hanya sembilan hari setelah debut mereka, girl group K-pop terbaru JYP Entertainment, ITZY, mencatatkan rekor baru sebagai girl group K-pop tercepat yang meraih kemenangan acara musik pertama mereka!

Untuk merayakan prestasi ITZY yang mengesankan, berikut adalah lima girl group K-pop yang membawa pulang piala musik pertama mereka dalam waktu tersingkat! 

5. miss A — 22 hari

miss A. (Foto via Soompi)

Sebagai girl group K-pop kedua JYP Entertainment setelah Wonder Girls, debut miss A menjadi salah satu debut yang paling ditunggu-tunggu dalam sejarah K-pop—dan mereka tidak mengecewakan. Lagu debut mereka yang legendaris, “Bad Girl Good Girl,” tidak hanya membuat mereka memenangkan piala musik pertama mereka dalam waktu singkat, tetapi juga memenangkan Daesang untuk Song of the Year di Mnet Asian Music Awards 2010 (hanya lima bulan sejak karier mereka dimulai!).

Baca Juga: Single Yang Bikin Grup K-POP Ini Populer!

4. (G)I-DLE — 20 hari

(G)I-DLE. (Foto via Soompi)

(G)I-DLE mengguncang dunia K-pop saat mereka menjejakkan kaki ke industri ini tahun lalu dengan lagu debut mereka yang keren, “LATATA.” Turut dikomposeri oleh Soyeon, “LATATA” dengan cepat menjadi lagu hit dan membuat (G)I-DLE memenangkan piala pertama mereka dalam waktu kurang dari tiga minggu.

Baca Juga: 7 Koreografi Keren K-Pop Dengan Gerakan ‘Waacking’

3. BLACKPINK — 13 hari

BLACKPINK. (Foto via Soompi)

Penggemar K-Pop menunggu hampir lima tahun untuk debut BLACKPINK (YG Entertainment pertama kali menyebutkan rencananya meluncurkan girl group kedua di 2011)—tetapi bisa dibilang grup ini layak dinantikan. Tak lama setelah BLACKPINK merilis lagu debut mereka “BOOMBAYAH” dan “Whistle” di 2016, “Whistle” langsung memuncaki tangga lagu musik, di mana lagu tersebut bertahan di No. 1 selama berminggu-minggu. Lagu tersebut juga menghadiahkan BLACKPINK kemenangan pertama mereka di ajang musik hanya dalam waktu kurang dari dua minggu, melampaui rekor miss A di 2010.

Baca Juga: Popularitas Artis Wanita K-Pop Akhirnya Meningkat di Amerika

2. IZ*ONE — 10 hari

IZ*ONE. (Foto via Soompi)

Grup proyekan “Produce 48,” IZ*ONE, memecahkan lebih dari satu rekor dengan debut mereka tahun lalu. IZ*ONE tidak hanya mencatatkan rekor baru sebagai girl group tercepat yang memenangkan penghargaan musik pertama mereka, namun lagu debut mereka, “La Vie en Rose,” juga mematahkan rekor Stray Kids sebagai video musik debut dari grup K-Pop dengan jumlah tontonan terbanyak di YouTube dalam 24 jam pertama sejak perilisan.

Baca Juga: 25 Tahun Lalu, TLC Bikin Natal Lebih Menyenangkan!

1. ITZY — 9 hari

ITZY. (Foto via Soompi)

Kurang dari dua minggu setelah debut, ITZY telah mencatatkan nama mereka dalam sejarah K-Pop! Pada 21 Februari, girl group pendatang baru ini mengantongi piala musik pertama mereka untuk lagu debut “DALLA DALLA” dalam kemenangan yang mengharukan di M Countdown.

Meskipun WINNER saat ini memegang rekor keseluruhan sebagai grup idol tercepat yang meraih kemenangan musik pertama mereka (WINNER hanya perlu enam hari untuk memenangkan piala pertama mereka), ITZY kini mendapat gelar sebagai girl group tercepat yang membukukan kemenangan pertama mereka.

Video musik “DALLA DALLA” juga memecahkan rekor YouTube IZ*ONE sebagai video musik debut dari grup K-Pop dengan jumlah tontonan terbanyak dalam 24 jam pertama sejak perilisan, dengan meraih 13.933.725 view hanya dalam satu hari. 

Selain itu, ITZY membuat debut yang mengesankan di tangga musik baik di Korea maupun di luar negeri. Dalam beberapa jam setelah perilisannya, “DALLA DALLA” naik ke puncak tangga lagu domestik dan iTunes di seluruh dunia, di samping membuat permulaan yang kuat di tangga lagu mingguan terbaru Gaon.

Selamat buat ITZY atas prestasi luar biasa mereka!

Keterangan Foto Utama: ITZY, IZ*ONE, dan BLACKPINK. (Foto via Soompi)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

10 Grup K-Pop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!-1

10 Grup K-Pop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!

Dalam industri hiburan khususnya K-pop, tidak sedikit label/agensi yang ‘sangat terlibat’ dalam kehidupan artis mereka, bukan hanya dalam urusan pribadi te

on Sep 13, 2019
Spotify On Stage 2019

Spotify On Stage 2019 Makin Seru Dengan Kehadiran Rich Brian!

Selain Rich Brian, (G)I-DLE dan ATEEZ dijadwalkan akan menambah keseruan Spotify On Stage 2019 bersama empat musisi lokal yang sedang naik daun sebagai special

on Sep 11, 2019
BLACKPINK Garap Musik Baru dengan Produser Ariana Grande

Blackpink Garap Musik Baru dengan Produser Ariana Grande

BLACKPINK tampaknya sedang mengerjakan musik baru dengan Tommy Brown, dan penggemar K-pop tidak tahan menghadapi berita ini. Buat kalian yang selama ini tin

on Aug 17, 2019
Ariana Grande & Blackpink Akan Hadirkan Kolaborasinya?

Ariana Grande & Blackpink Akan Hadirkan Kolaborasinya?

Berbagai postingan baik di Twitter maupun Instagram semakin memperkuat isu seputar kolaborasi keduanya. Belakangan ini banyak kolaborasi ‘wah’ yang meng

on Aug 12, 2019