×
×

Search in Mata Mata Musik

5 Momen Debut iKON di Amerika Serikat!

Posted on: 03/18/19 at 5:15 pm

Tampil di SXSW, iKON dan artis K-pop lainnya berhasil membuat gaduh arena.

Oleh: Deborah Sengupta Smith. (Austin 360)

Puluhan artis dari seluruh penjuru dunia datang ke South by Southwest Music Festival (SXSW) untuk tampil besar-besaran di panggung internasional. Jadi, secara teori, ini adalah tempat yang sempurna bagi grup idol asal Korea, iKON, untuk memulai debut mereka di Amerika Serikat.

iKON melakukan debut mereka di Amerika Serikat dengan tampil di SXSW 2019. (Foto: Dylan O’ Connor via Twitter SXSW)

Tapi penyelenggara acara jelas membuat estimasi yang berlebihan untuk penampilan artis-artis K-pop di SXSW karena pada pukul 23:00, sudah tidak terlalu banyak penonton yang bersesakan arena. Sementara penggemar yang bersemangat memenuhi barisan depan, ada banyak ruang yang tersisa di lantai. Balkonnya hanya diisi sekitar dua pertiga dan sebagian besar area mezzanine hampir kosong.

Baca Juga: NU’EST Ungkap Kisah Lagu Baru dan Proses Penulisan Liriknya

Di minggu-minggu menjelang acara, kehebohan terus menghiasi komunitas penggemar iKON, tetapi kebanyakan penggemar artis K-Pop adalah kaum muda, dan acara ini mungkin dirugikan dengan tidak sesuainya jadwal SXSW dan libur musim semi tahun ini. Meskipun konser ini adalah pertunjukan resmi SXSW, venue-nya dengan mudah menjual sekitar 1.000 tiket yang disisihkan untuk publik dan grup penggemar K-Pop banyak membahas acara ini.

Berikut adalah 5 hal yang terjadi di acara ini.

1. iKONIC hadir lebih awal dan dengan antusiasme tinggi.

Ingat tiket pre-sale yang dijual di festival? Tiket-tiket itu habis dibeli penggemar sejati yang mengantre berjam-jam sebelum pintu lokasi dibuka. Mereka datang lengkap dengan kostum. Mereka dengan gembira menyanyikan versi sepenuh hati lagu “Love Scenario.” Mereka memulai tagar di Twitter. Mereka membeli stik yang menyala merah seharga $40. Arena pun bergetar dengan energi mereka.

Baca Juga: Lay EXO & Far East Movement Rilis Lagu Kolaborasi “Lovebird”

2. Artis pembuka, Chung Ha, memanaskan acara.

Meskipun iKON adalah penampil utama di konser itu, mantan personil girl group I.O.I ini sukses menarik perhatian. Teriakan liar menembus kerumunan penonton saat video untuk lagunya “Rollercoaster” diputar di layar besar di belakang panggung untuk mengumumkan penampilannya. Chung Ha naik ke atas panggung disambut dengan histeria yang memekakkan telinga.

Bersama satu tim yang berisi empat penari wanita, setnya menampilkan perpaduan antara bernyanyi dan “dance cover.” Dia memikat para penonton, mengingatkan kami bahwa dirinya pernah tinggal di Dallas. Dia dengan ramah berfoto dengan para penggemarnya dan mengucapkan selamat ulang tahun kepada seorang penggemar muda. Ketika dia menutup setnya dengan lagu “Bang Bang,” penonton menggila sambil bersamaan menyerukan namanya.

3. Malam itu menampilkan beberapa “Love Scenario”

Love Scenario” jelas merupakan lagu hit. Video musiknya sudah ditonton lebih dari 270 juta kali di YouTube. Kami mendengar lagu ini dimainkan berkali-kali di konser itu. Videonya diputar dua kali berturut-turut untuk mengumumkan kedatangan grup ini. Para penggemar menyanyikan hook yang catchy dalam Bahasa Korea yang berantakan seiring level hype di arena meledak. (Saat iKON naik ke atas panggung, teriakan membanjiri lokasi konser. iKON mungkin tidak memiliki penonton terbanyak di SXSW 2019, tetapi mereka hampir dipastikan punya penonton yang paling ramai.)

Mereka membawakan lagu hit ini pada pertengahan set, membuat penggemar berteriak layaknya Beatlemania. Kemudian mereka meminta para iKONIC menyanyikan lagu ini dengan akapela. Lalu mereka membawakannya kembali untuk encore. Bisa dibilang, semua “Love Scenario” dijelajahi secara menyeluruh di konser ini.

4. Tarian mereka sama pentingnya dengan nyanyian mereka.

Yang satu ini jelas bagi penggemar K-Pop, tetapi bagi mereka yang kurang paham dengan kekhasan musik pop Korea, hidangan tarian dengan koreografi yang rapi mengisi setengah keajaiban yang ditampilkan. “Dance cover,” pembuatan ulang koreografi video secara live yang tidak terfokus pada vokal, mengisi sebagian besar set Chung Ha.

Dengan tujuh personil yang menjadi vokal utama, set iKON merupakan perpaduan yang seru dari rap, tarian dan pop yang memikat. Bahkan ketika mereka melompat-lompat di atas panggung, mereka mempertahankan kesadaran akan citra panggung yang mereka buat.

5. Kerja keras grup ini terbayarkan.

iKON menyuguhkan energi yang luar biasa dan keterampilan yang tak terbantahkan ke atas panggung di semua bidang. Mereka tampil seperti sekelompok anak-anak yang menyulap konser mereka menjadi kesempurnaan mutlak, karena memang itulah mereka. Musik mereka diciptakan dengan hati-hati dan itu sukses dieksekusi. Lagu-lagu mereka sangat catchy.

Mereka juga memiliki daya tarik boyband standar yang diperkuat oleh pelatihan media yang ekstensif. Mereka berfoto dengan para penggemar di barisan depan. Mereka masing-masing menciptakan momen solo. Mereka memahami audiens mereka dan memberikan apa yang penggemar inginkan.

Baca Juga: Album Baru BTS Pimpin Daftar Best Sellers di Amazon!

Meskipun sebagian besar lagu mereka menghadirkan hook pop, iKON disebut sebagai grup hip-hop dan semua personilnya punya bakat nyata sebagai MC. Mereka tampil dengan sepenuh hati, dan sangat mudah terhanyut dalam energi mereka.

Tentu, ada sesuatu yang diperhitungkan tentang bentuk musik yang dikelompokkan dengan penuh hati-hati untuk menciptakan tontonan yang mendebarkan, tapi mau bagaimana lagi? Dalam hal ini, perhitungan mereka benar.

Keterangan Foto Utama: iKON tampil di pameran K-Pop di ACL Live untuk SXSW 2019 pada hari Kamis, 14 Maret 2019 di Austin, Texas. (Foto: American-Statesman/Nick Wagner)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

NCT Dream, EXO-SC, TWICE & Chungha Raih Sertifikat Platinum Gaon Chart-1

NCT Dream, EXO-SC, TWICE & Chungha Raih Sertifikat Platinum Gaon Chart

Gaon Chart baru saja mengumumkan sertifikasi baru untuk lagu-lagu populer. Sejak tahun lalu, Gaon Chart telah menerapkan sistem sertifikasi untuk penjualan

on Sep 13, 2019
88rising Pamer Keragaman di Lineup Festival Head In The Clouds-1

88rising Pamer Keragaman di Lineup Festival Head In The Clouds

Untuk edisi keduanya, festival Head in The Clouds akan menambahkan panggung musik elektronik. Pada 17 Agustus nanti, 88rising akan menggelar edisi kedua dar

on Aug 3, 2019
KCON

KCON Tambah 6 Nama Baru Untuk Pertunjukan di LA

Konvensi tahunan ini akan menampilkan total 17 artis pada 15-18 Agustus mendatang. Baca Juga: Chung Ha Akan Reuni dengan I.O.I Bulan Oktober Ini! KCON bar

on Jul 11, 2019
Chung Ha Akan Reuni dengan I.O.I Bulan Oktober Ini!

Chung Ha Akan Reuni dengan I.O.I Bulan Oktober Ini!

Lebih dari dua tahun sejak perpisahan mereka, girl group K-pop I.O.I mengumumkan akan reuni dan melakukan comeback mereka pada bulan Oktober nanti. “Di ko

on Jul 1, 2019