×
×

Search in Mata Mata Musik

5 Podcast Wajib Buat Penggemar Musik Elektronik

Posted on: 12/8/18 at 11:00 am

Inilah beberapa podcast paling menghibur dan informatif yang membahas segala hal yang berkaitan dengan musik elektronik secara mendalam.

Oleh: Evan Plake (Forbes)

Seiring pasar podcast telah berkembang secara eksponensial dalam beberapa tahun terakhir, acara yang ditujukan untuk membahas olahraga, politik, dan berbagai topik lainnya ini telah melesat ke puncak papan pemimpin iTunes dan Patreon. Sama seperti acara yang mencakup area lainnya telah menjadi bahasan nasional dalam berbagai cara, podcast yang berfokus pada musik juga telah menarik perhatian secara signifikan.

Selain program populer yang didedikasikan untuk segala sesuatu mulai dari musik klasik hingga heavy metal, acara yang berfokus pada produksi dan apresiasi musik elektronik juga semakin meningkat popularitasnya. Terlepas dari pertumbuhan jumlah dan pendengarnya, mencari podcast yang pas untuk didengar bagi pemula bisa menjadi hal yang cukup menakutkan terutama dengan banyaknya program yang tersedia. Untuk membantumu memulai, inilah beberapa podcast paling menghibur dan informatif yang membahas segala hal yang berkaitan dengan musik elektronik secara mendalam.

Couch Wisdom

Untuk membiasakan diri dengan sejarah musik elektronik yang lengkap dan mendengar dari para tastemaker kontemporer, cek Couch Wisdom dari Red Bull Music Academy. Di sini, RBMA menyusun unduhan audio hit mingguan terbesar yang diambil dari seri ceramah musisi terkenal mereka. Dari komposer dan DJ asal Kuwait yang jago memadukan genre Fatima al Qadiri hingga pelopor techno Richie Hawtin, Couch Wisdom telah menjadi tuan rumah bagi para visioner musik dari segala jalur. Untuk pelajaran sejarah lisan yang tak tertandingi dari DJ, produser, dan label yang paling berpengaruh, coba dengarkan podcast RBMA ini.

NOT 97

Sebagai sumber untuk menemukan musik elektronik dari artis yang mungkin belum pernah kamu dengar, NOT 97 bisa jadi podcast andalanmu. Setiap minggunya, tiga pembawa acara program ini dan seorang tamu spesial masing-masing memilih dua lagu—yang semuanya dirilis dalam waktu delapan bulan sejak tanggal rekaman dari artis-artis yang hanya mempunya jumlah pengikut di bawah 10.000—untuk dibahas dan dianalisis secara on air. Selama segmen berdurasi satu jam ini, kalian bisa mendapatkan introduksi ahli ke berbagai gaya elektronik yang beragam, termasuk footwork, electropop, dancehall dan lainnya. Untuk menjadi yang terdepan dalam mendengarkan lagu-lagu keren sebelum lagu tersebut menjadi mainstream, jangan lupa dengarkan setiap episode barunya.

Sound + Process

Dalam banyak hal, Sound + Process merangkum semangat do-it-yourself dari beberapa musik elektronik yang paling menarik yang diciptakan di zaman ini. Acara ini berisi kontributor aktif untuk LINES, sebuah papan pesan musik elektronik yang ditujukan sebagai tempat saling tukar ide dan informasi praktis yang sepenuhnya berasal dari publik. Karena itu, percakapan di sini bisa sangat mendalam seperti halnya saat dua artis dengan investasi kreatif yang sama saling berdiskusi. Entah itu melihat proses kreatif dari sang perancang perangkat lunak dan komposer Rodrigo Constanzo atau merenungkan hubungan antara orang dan instrument dari multi-instrumentalis Ezra Buchla, setiap episodenya mungkin memiliki efek transformatif pada caramu mendekati musik elektronik dan orang-orang yang menciptakannya.

Song Exploder

Bersama Song Eploder, pembawa acara multi-talenta seperti Hrishikesh Hirway memberikan para pendengar pandangan yang sangat mendalam tentang komposisi musik dan proses produksi. On air, para tamu berkisar dari visioner afrofuturist Janelle Monáe sampai bassist legendaris dan andalan Brainfeeder, Thundercat. Di sepanjang setiap program, kalian akan mendapatkan akses ke intrik batin dari beberapa musisi yang paling berpengaruh dan berpikiran maju dari semua genre. Meskipun Hirway menampilkan artis-artis yang berkarya dalam berbagai genre dan medium, banyak episode menampilkan analisis mendetail dari perangkat lunak produksi dari sudut pandang orang-orang yang telah menguasai perangkat tersebut. Karena itu, Song Exploder mendidik para pendengarnya tentang alat utama yang menghasilkan musik elektronik mutakhir dan keterampilan yang diperlukan alat ini.

BlapChat

Selain wawancara yang menarik dengan beberapa penggerak dan pengguncang terbesar dalam hip hop kontemporer, BlapChat dari !Illmind layak untuk didengarkan semata-mata karena sarannya bagi produser muda. Di sini, si ahli pembuat hit multi-platinum ini membahas keseluruhan masalah yang dihadapi produser pemula, termasuk kemungkinan bekerja untuk diri sendiri, proses menemukan manajer yang kompeten, dan kunci memperoleh visibilitas dan penempatan dari label besar. Di samping itu semua, BlapChat menyediakan sumber yang tak ternilai harganya bagi artis muda yang ingin masuk ke dalam produksi rap dan musik elektronik, yang banyak di antaranya tidak memiliki infrastruktur pendidikan musik formal.

Untuk penggemar baru maupun yang sudah berpengalaman, produser atau kalian yang tertarik memasuki sisi bisnis dari industri ini, podcast menyediakan media yang sempurna bagi para penggemar untuk belajar lebih lanjut. Podcast secara umum gratis, mudah diakses, dan menyajikan analisis lisan tentang musik yang dengan sengaja tetap tanpa kata. Dengan bantuan acara-acara ini, konsumen musik yang paling ‘kasual’ pun bisa menjadi pendengar yang berpengetahuan mendalam dalam waktu singkat.

Keterangan Foto Utama: Hrishikesh Hirway dari ‘Song Exploder’ dan Will Butler dari Arcade Fire di SXSW Festival 2015. (Foto: Gerry Hanan/Getty Images for SXSW)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Armin van Buuren

Armin van Buuren Rilis Single Baru dari Album Mendatang

“All Comes Down”—rilisan keenam dari album baru Armin van Buuren, Balance—menampilkan vokal dari Cimo Fränkel dan hadir dalam dua versi. Baca juga:

on Oct 18, 2019
Diplo

Diplo Bakal Hibur Tentara AS di Greenland untuk Halloween

Diplo: “Suatu kehormatan bisa bermain untuk pasukan kita yang bertugas di Greenland. Saya harap saya bisa membuat mereka menari saat Halloween.”  Baca

on Oct 17, 2019
Jennifer Lopez

Jennifer Lopez Adaptasi Lagu Hit dari Amerika Latin “Baila Conmigo...

Versi orisinal “Baila Conmigo” dari Dayvi sempat viral sepanjang musim panas ini. Baca juga: Beberapa Hasil Mengejutkan Warnai Teen Choice Awards 2019!

on Oct 15, 2019
saham spotify

3 Alasan Kenapa Investasi Spotify Bagus Buat Kamu

Sejak terdaftar sebagai perusahaan publik di NYSE pada April 2018 dengan harga $165,90 per saham, saham Spotify telah mengalami pasang surut, dan sekarang dudu

on Oct 14, 2019