×
×

Search in Mata Mata Musik

5 Sejarah Baru Yang BLACKPINK Raih Berkat Kesuksesan ‘How You Like That’

Posted on: 07/22/20 at 9:30 am

5 Sejarah Baru Yang BLACKPINK Raih Berkat Kesuksesan ‘How You Like That’
BLACKPINK saat menggebrak panggung Coachella Festival 2019. (Foto: Timothy Norris/Getty Images for Coachella).

Pekan lalu, single baru girlband K-pop BLACKPINK, ‘How You Like That’ memulai debutnya pada peringkat Top 40 di chart Billboard Hot 100, dan saat itu muncul, kuartet cewek cantik nan sexy ini langsung membuat sejarah baru. Berikut adalah lima sejarah baru yang BLACKPINK raih berkat kesuksesan lagu comeback ‘How You Like That’.

Baca juga: BLACKPINK Lagi-lagi Ukir Sejarah Baru di YouTube Sejak Comeback

1. Samai rekor untuk lagu dengan peringkat chart tertinggi oleh girlband Korea Selatan

Bulan lalu, BLACKPINK membuat sejarah baru ketika mereka mengatur ulang rekor untuk lagu dengan peringkat chart tertinggi oleh girlband Korea Selatan ketika ‘Sour Candy’, lagu kolaborasi mereka dengan Lady Gaga, mencapai No. 33 di chart Billboard Hot 100. Hanya beberapa minggu kemudian, mereka samai rekor terbaik mereka sendiri dengan ‘How You Like That’, yang secara kebetulan juga memulai masa waktunya pada chart di posisi yang sama.

2. Artis Korea Selatan ketiga yang mendapat lebih dari satu lagu hit Top 40

Butuh bertahun-tahun bagi BLACKPINK untuk mencetak lagu hit Top 40 pertama mereka di chart Billboard Hot 100, tetapi begitu mereka memecahkan penghalang itu, sepertinya tidak ada yang bisa menghentikan mereka. Begitu mereka berhasil mendapatkan dua perilisan yang berturut-turut muncul di posisi No. 33, grup fenomena global itu menjadi artis musik Korea Selatan ketiga yang berhasil mengumpulkan lebih dari satu lagu hit Top 40 di Amerika Serikat (AS).

BTS memimpin rekor itu dengan lima lagu hit Top 100 di chart Billboard Hot 100 dengan ‘On’, ‘Boy with Luv’ fitur Halsey, ‘Fake Love’, ‘Idol’ fitur Nicki Minaj dan ‘Mic Drop’ fitur Desiigner, dan Psy adalah satu-satunya artis lainnya yang meraih lebih dari satu penempatan di chart ini termasuk dua lagu hit yang sangat viral, yakni ‘Gangnam Style’, ‘Gentleman’ dan ‘Hangover’ fitur Snoop Dogg.

3. Grup Korea Selatan kedua yang memiliki lebih dari satu lagu hit Top 40

Sebagaimana dibuktikan oleh penjelasan sebelumnya, BLACKPINK bergabung dengan BTS sebagai satu-satunya grup Korea Selatan yang muncul di antara posisi No. 1 dan 40 selama lebih dari sekali.

4. Girlband Korea Selatan pertama memiliki lebih dari satu lagu hit Top 40

Dari tiga artis musik asal negara Asia yang telah memasukkan lebih dari satu lagu dalam chart AS yang biasanya mendefinisikan ketika sebuah lagu dianggap sebagai lagu hit yang tepat, hanya ada satu yang berbentuk girlband, yakni BLACKPINK. Jadi mulai sekarang, tidak peduli berapa banyak lagu hit yang diciptakan oleh sebuah grup yang seluruhnya terdiri dari cewek, BLACKPINK akan selalu dapat mengklaim bahwa mereka lah yang pertama kali melakukannya.

5. Musisi Korea Selatan kedua dengan lagu hit Top 100 terbanyak

Ketika ‘How You Like That’ debut di chart Billboard Hot 100, itu menjadi lagu kelima BLACKPINK yang menembus chart semua-genre tersebut, dan itu merupakan salah satu yang paling mengesankan di antara semua musisi asal Korea Selatan. Hanya BTS yang telah mengalahkan angka itu, karena mereka telah memasukkan 11 lagu secara individual di chart Billboard Hot 100 dalam daftar ini.

Baca juga: BLACKPINK, Dari Raih 5 Gelar Guinness World Records Hingga Reality Show

Dengan penempatan kelima mereka dalam chart Billboard Hot 100, BLACKPINK mengalahkan rekor Psy untuk mengklaim penempatan terbanyak kedua di chart, karena penyanyi solo itu hanya menempatkan empat lagu ke dalam chart selama masa jayanya.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Irene Red Velvet

Irene (Red Velvet) Minta Maaf Setelah Ketahuan Pernah Caci Maki Seoran...

Irene (Red Velvet). (Foto: via Soompi). Irene Red Velvet telah menulis surat permintaan maaf setelah doi baru-baru ini dituduh telah mengamuk dan mencaci-ma

on Oct 24, 2020
Girlband K-Pop Underrated

5 Girlband K-Pop 'Underrated' Yang Lo Mungkin Belum Pernah Dengar

Ada sangat banyak grup K-pop baru belakangan ini yang mana hanya sebagian kecil dari mereka yang benar-benar menjadi terkenal dan sukses, dan itu sangat di

on Oct 23, 2020
Reputasi Anggota Boyband

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Okt...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Oktober 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bran

on Oct 22, 2020
Reputasi Anggota Girlband

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Girlband K-Pop Bulan Ok...

Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan Oktober 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Oct 21, 2020